Senin, 21 Juli 2025

MATEMATIKA DAN BAHASA INDONESIA

By elfida fida - Juli 21, 2025

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 22 JULI 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

MAPEL MATEMMATIKA

ELEMEN: BILANGAN

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Peserta didik mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:

1.  Peserta didik dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.

2.  Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.

MATERI AJAR MATEMATIKA

Bilangan Cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0 dan seterusnya:
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, …

Dalam sebuah bilangan, setiap angka memiliki:

  • Nilai Tempat → posisi angka dalam bilangan (satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dst)

  • Nilai Angka → nilai sebenarnya dari angka tersebut sesuai posisi tempatnya


NILAI TEMPAT

Nilai tempat menunjukkan posisi angka dalam bilangan. Berikut urutan nilai tempat dari kanan ke kiri

PosisiNama Tempat
Angka ke-1                            Satuan
Angka ke-2Puluhan
Angka ke-3Ratusan
Angka ke-4Ribuan
Angka ke-5Puluh Ribu
Angka ke-6Ratus Ribu
Angka ke-7Jutaan

MEMBANDINGKAN BILANGAN CACAH

Cara Membandingkan:

  1. Lihat jumlah angka (digit)

    • Bilangan yang digitnya lebih banyak biasanya lebih besar.
      Contoh: 456 > 78

  2. Jika digit sama, bandingkan dari kiri ke kanan

    • Bandingkan angka dari nilai tempat tertinggi (ratusan, puluhan, satuan).
      Contoh:
      352 dan 328

      • Sama-sama 3 ratusan → bandingkan puluhan: 5 > 2 → jadi 352 > 328

Simbol Perbandingan:

  • > (lebih besar dari)

  • < (lebih kecil dari)

  • = (sama dengan)

Contoh Soal:

  1. 340 ___ 298 → 340 > 298

  2. 785 ___ 785 → 785 = 785

  3. 120 ___ 150 → 120 < 150


MENGURUTKAN BILANGAN CACAH

1. Dari KECIL ke BESAR (Naik / Ascending):

  • Urutkan dari bilangan yang paling kecil ke paling besar.
    Contoh:
    Urutkan: 432, 219, 101, 850
    Jawaban: 101, 219, 432, 850

2. Dari BESAR ke KECIL (Turun / Descending):

  • Urutkan dari bilangan yang paling besar ke paling kecil.
    Contoh:
    Urutkan: 125, 487, 391, 74
    Jawaban: 487, 391, 125, 74


LATIHAN SOAL

A. Berilah tanda <, >, atau = pada perbandingan berikut:

  1. 456 ___ 654

  2. 789 ___ 789

  3. 998 ___ 889

  4. 310 ___ 301

  5. 1.000 ___ 999

B. Urutkan bilangan berikut dari KECIL ke BESAR:

  1. 345, 123, 567, 234

  2. 765, 543, 678, 345

  3. 890, 120, 999, 300

C. Urutkan bilangan berikut dari BESAR ke KECIL:

  1. 111, 999, 444, 222

  2. 800, 700, 600, 900

  3. 150, 250, 50, 350

MAPEL BAHASA INDONESIA

ELEMEN: MENYIMAK

TUJUAN PEMBELAJARAN:
Melalui kegiatan menyimak cerita yang dibacakan, peserta didik dapat menemukan, menyimpulkan informasi, serta menyampaikan kembali simpulannya dengan tepat.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik dapat mengidentifikasi ide pokok (gagasan) lisan, informasi dari media audio, teks aural (teks yang dibacakan dan/atau didengar)

M  MATERI AJAR:
   - Mendiskusikan hubungan kakak adik pada teks "tak muat lagi"
-    dan bagaimana perasaan nya. 
   



PPengertian:

MMenyimak adalah mendengarkan dengan penuh perhatian.

TTeks aural adalah pesan atau informasi yang disampaikan secara lisan, bisa dari guru, teman, rekaman suara, atau video.


l Langkah Menyimak yang Baik:

  1. Dengarkan dengan sungguh-sungguh.

  2. Fokus pada topik utama pembicaraan.

  3. Catat hal-hal penting, seperti:

    • Siapa yang berbicara?

    • Apa yang dibicarakan?

    • Kapan dan di mana kejadian berlangsung?

    • Mengapa itu penting?

  4. Jangan memotong pembicaraan.

  5. Ulangi dalam hati atau tuliskan poin-poinnya.


CContoh Teks Aural Pendek:

A"Anak-anak, besok hari Jumat kita akan melakukan kerja bakti di kelas. Bawalah sapu, kain pel, dan lap. Kegiatan dimulai pukul 07.00 pagi. Jangan lupa memakai pakaian olahraga ya!"

I  Informasi Penting:

  • Kegiatan: Kerja bakti

  • Waktu: Hari Jumat, pukul 07.00 pagi

  • Alat yang dibawa: Sapu, kain pel, lap

  • Pakaian: Pakaian olahraga

     MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

- PPT

METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

R REFLEKSI/KESIMPULAN:   

A Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan  para peserta didik mengikuti pelajaran dengan serius dan semangat dalam mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Kegiatan pembelajaran diadakan yaitu berupa gym MTK kemudian diskusi dan melakukan ice breaking di kelas. Hasil dari pelatihan para siswa Tadi Alhamdulillah para siswa memahami materi yang telah diajarkan.

BBerikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini:

















3 Comments:

Naura mengatakan...

Assalamualaikum, Naura hadir dan sudah membaca

Mikhayla Qaireen mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Mikhayla Qaireen mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Posting Komentar

MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 25 AGUSTUS 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea