Pages

Jumat, 08 Maret 2024

TEMA 9 SUBTEMA 3 PB 3 DAN 4

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 08 MARET 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan membaca bacaan tentang salah satu tokoh penjelajah angkasa luar, Peserta didik dapat mengambil sikap dan nilai yang dimiliki oleh Buzz Aldrin.

2.     Dengan membaca: “Modernisasi Teknologi Transportasi”, Peserta didik dapat menuliskan perbedaan antara transportasi darat sebelum dan sesudah modernisasi.

3.     Dengan berdiskusi dan mencari informasi, Peserta didik dapat menuliskan dampak positif dan negatif modernisasi terhadap sistem transportasi darat.

TEMA 9                             : MENJELAJAH ANGKASA LUAR

SUBTEMA 3                     : TOKOH PENJELAJAH ANGKASA LUAR

       PEMBELAJARAN           : 3 DAN 4

 

MUATAN IPS (KD.3.2 DAN 4.2)

PERBEDAAN ANTARA TRANSPORTASI DARAT SEBELUM DAN SESUDAH MODERNISASI

Alat transportasi Menurut Siti Fatimah dalam buku Pengantar Transportasi (2019), transportasi merupakan sarana yang bermanfaat bagi kehidupan manusia, baik dalam segi interaksi serta kemudahan manusia dalam berpindah tempat atau memindahkan barang. Banyak manfaat yang bisa didapat dari penggunaan alat transportasi. Apa sajakah manfaatnya? Memperpendek waktu tempuh. Contohnya dengan menggunakan mobil, pesawat atau kereta, waktu tempuh dari satu kota ke kota lainnya dapat lebih singkat. Membantu perpindahan manusia dan atau barang. Membuka lapangan pekerjaan, sebagai sopir kendaraan umum, masinis, pilot, dan lain-lain. Memperlancar angkutan kebutuhan, seperti sayuran, makanan, pakaian, dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Baca juga: Perkembangan Teknologi Transportasi di Indonesia Becak dalam Pameran Harmonisasi dalam Sistem Transportasi di DIY di yogyakarta. Lihat Foto Becak dalam Pameran Harmonisasi dalam Sistem Transportasi di DIY di yogyakarta.(Monika Novena) Secara garis besar, alat transportasi dibagi menjadi dua jenis, yaitu: Alat transportasi tradisional Mengutip dari buku Naskah Sumber Arsip Moda Transportasi Tradisional (2017) karya Dharwis Widya Utama Yacob, alat transportasi tradisional menggunakan tenaga manusia atau tenaga hewan sebagai penggerak utamanya. Alat transportasi modern Alat transportasi ini menggunakan mesin sebagai penggerak utamanya. Alat transportasi tradisional hingga saat ini masih mudah ditemui di berbagai daerah di Indonesia. Contohnya becak, andong atau delman, gerobak dan sepeda. Sedangkan untuk alat transportasi modern juga banyak digunakan di Indonesia dan negara lainnya, seperti mobil, motor, pesawat, kereta, kapal, bus, dan lain-lain. Perbedaan alat transportasi tradisional dan modern Alat transportasi tradisional dan modern memiliki banyak perbedaan. Apa sajakah perbedaannya? Pembeda Alat transportasi tradisional Alat transportasi modern Sumber tenaga Dihasilkan dari tenaga manusia atau tenaga hewan. Dihasilkan dari tenaga mesin canggih Efektivitas waktu Perpindahan tempat membutuhkan waktu yang lebih lama Perpindahan tempat dapat dilakukan dalam waktu yang singkat Dampak ke lingkungan Lebih ramah lingkungan, karena tidak menghasilkan polusi udara Kurang ramah lingkungan, karena bisa menghasilkan polusi udara Bahan bakar Tidak memerlukan bahan bakar Memerlukan penggunaan bahan bakar Biaya Biaya penggunaannya tergolong murah Biaya penggunaannya mahal Baca juga: Nama-nama Alat Transportasi dalam Bahasa Inggris

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perbedaan Alat Transportasi Tradisional dan Modern", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2021/03/31/152954269/perbedaan-alat-transportasi-tradisional-dan-modern.


Kompascom+ baca berita tanpa iklan: https://kmp.im/plus6
Download aplikasi: https://kmp.im/app6

Buzz Aldrin adalah salah seorang astronaut yang pertama kali menginjakkan kakinya di Bulan pada tahun 1969. Penjelajahan Buzz dan peneliti lain ke Bulan menggunakan pesawat ulang-alik. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi kemajuan teknologi di bidang transportasi. Manusia telah mampu menciptakan suatu alat transpostasi yang sebelumnya tidak ada untuk memebrikan kesempatan manusia melakukan penjelajahan ke angkasa luar.

Transportasi sebelum modernisasi ketika akan berpindah tempat memerlukan waktu tempuh yang lama karena transportasi masih sederhana. Sedangkan sesudah modernisasi berpindah tempat memerlukan waktu yang cepat karena sudah ditemukan mesin sehingga mempercepat waktu tempuh.

Transportasi masa kini telah menunjukkan kemajuan yang pesat baik transportasi darat, air, dan udara.

Sarana dan prasarana transportasi semakin lengkap dan baik.

Sarana transportasi berupa alat angkutan, seperti sepeda motor, mobil, kereta api, kapal, dan pesawat terbang.

Prasarana transportasi adalah penunjang kelancaran pengangkutan antara lain jalan, jembatan, terminal, stasiun, lapangan terbang, dan pelabuhan.

Transportasi atau angkutan pada masa lalu awalnya menggunakan tenaga manusia.

Contohnya dengan cara dipikul, digendong atau didorong.

Lalu berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti kuda, keledai, dan gajah.

Alat transportasinya sederhana, baik transportasi darat maupun transportasi air.

Alat transportasi darat semula menggunakan tenaga manusia, seperti sepeda, becak, dan gerobak dorong.

Kemudian berkembang menggunakan tenaga hewan, seperti pedati ditarik sapi, delman ditarik kuda, dan sebagainya.

Transportasi laut yang menggunakan tenaga alam atau angin, yaitu perahu layar.

Transportasi laut yang menggunakan tenaga manusia, misalnya rakit dan perahu dayung.

Alat transportasi tradisional umumnya tidak bermesin.

Contohnya, antara lain sepeda, becak, cikar dan gerobak.

Sepeda, becak dan dokar dapat digunakan sebagai alat angkutan barang dan penumpang.

Sedangkan gerobak digunakan untuk alat angkutan barang.

Alat angkutan darat tradisional pada umumnya hanya melayani pengangkutan jarak dekat.

Alat angkutan darat modern pada umumnya menggunakan mesin dengan kekuatan dan kemampuan yang berbeda-beda.

Alat transportasi modern terdiri atas kendaraan penumpang dan kendaraan angkutan barang.

Sepeda, becak dan dokar dapat digunakan sebagai alat angkutan barang dan penumpang.

Sedangkan gerobak digunakan untuk alat angkutan barang.

Alat angkutan darat tradisional pada umumnya hanya melayani pengangkutan jarak dekat.

Alat angkutan darat modern pada umumnya menggunakan mesin dengan kekuatan dan kemampuan yang berbeda-beda.

Alat transportasi modern terdiri atas kendaraan penumpang dan kendaraan angkutan barang.


MUATAN PPKN (KD.3.4 DAN 4.4)

PENGARUH PERSATUAN DAN KESATUAN TERHADAP DIRI SENDIRI

Salah satu dampak peristiwa persatuan dan kesatuan terhadap diri sendiri adalah munculnya sikap tenggang rasa, dan rasa senasib sepenanggungan. Ketika berbagai pihak bersepakat untuk menyatukan tujuan bersama, setiap anggota akan merasa diuntungkan karena tujuan bersama mereka tercapai.

















 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...