Pages

Jumat, 15 Maret 2024

PENDALAMAN MATERI

 

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 15 MARET 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

 1.Setelah membaca materi peserta didik mampu membedakan organ pencernaan manusia dengan baik dan benar.

 SISTEM PENCERNAAN MANUSIA

Selain pada hewan yang memiliki sistem pencernaan manusia pun juga sama memiliki sistem pencernaan karena manusia juga membutuhkan makanan sehingga ada sistem pencernaan.  Mari diskusikan dengan orang tua kalian tentang sistem pencernaan pada manusia seperti contoh berikut:

Sistem pencernaan pada tubuh manusia berfungsiuntuk menghancurkan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Makanan yang semula dalam bentuk kasar dapat berubah menjadi bentuk yang lebih halus dengan bantuangigi dan enzim. Dalam hal ini, enzim pencernaan dapatmempermudah proses penyerapan sari makanan.

Selain itu, sistem pencernaan juga berfungsi untuk membuang sisa–sisa makanan yang sudah tidak diperlukan tubuh. Keberadaan zat-zat sisa tersebut dapat menjadi racun bagi tubuh manusia jika tidak dikeluarkan.

Berikut ini adalah proses pencernaan makanan pada manusia.

a.    Proses memasukkan makanan ke mulut. Disebut  Ingesti

b.    Proses mengunyah makanan dengan menggunakan gigi. Disebut  Mastikasi

c.    Proses menelan makanan di kerongkongan. Disebut Deglutisi

d.   Proses pemecahan makanan dari zat yang kompleks menjadi molekul–molekul yang lebih sededenganbantuan enzim yang ada di lambung. Disebut Digesti

e.    Proses penyerapan sari-sari makanan yang terjadi diusus halus. Disebut  Absorpsi

f. Proses pengeluaran sisa sisa makanan yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh melalui organ anus di sebut Defekasi

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...