Pages

Senin, 14 Oktober 2019


Materi Ajar Untuk Hari Selasa Tanggal 15 Oktober 2019

MUATAN BAHASA INDONESIA
Menulis informasi penting suatu teks menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif


Kata baku adalah kata yang sesuai dengan ejaan kaidah Bahasa Indonesia. Kata baku sering kita gunakan saat percakapan resmi, misalnya pidato atau saat berbicara dengan orang yang lebih dihormati. Sedangkan kata tidak baku adalah kata yang tidak sesuai dengan ejaan kaidah bahasa Indonesia atau yang biasa kita gunakan untuk berkomunikasi dengan teman-teman sehari-sehari.
Kaidah bahasa Indonesia ini lebih dikenal sebagai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD). Selain pedoman EYD, kamus Bahasa Indonesia juga menjadi salah satu rujukan dalam penentuan baku atau tidaknya suatu kata.

Fungsi Kata Baku dan Tidak Baku

Fungsi Kata Baku
  1. Pemersatu
Pemakaian kata baku sesuai EYD dapat menjadi pemersatu dari beragam suku, etnis, atau kelompok yang beranekaragam di Indonesia. Kekhasan dialek bahasa pada masing-masing daerah dapat dipersatukan dengan bahasa baku sehingga menjadi satu kesatuan, yakni Bahasa Indonesia.
  1. Pembeda
Penggunaan bahasa baku menjadi pembeda dari bahasa yang lain. Maka, penerapan bahasa baku atau Bahasa Indonesia yang benar dapat memperkuat rasa nasionalisme masyarakat Indonesia.
  1. Pemberi Wibawa
Penggunaan kata baku dalam bahasa Indonesia dapat memperlihatkan kewibawaan masyarakat Indonesia itu sendiri. Masyarakat yang bertutur kata dengan baik dan benar akan memperoleh wibawa dan kehormatan di mata orang lain. Dan pada akhirnya dapat membuat orang lain kagum atas bahasa Indonesia.
  1. Kerangka Acuan
Kaidah dalam penggunaan kata baku menjadi tolak ukur tentang benar atau tidaknya pemakaian dan penerapan bahasa seseorang.
Fungsi Kata Tidak Baku
Kata tidak baku berfungsi dalam menciptakan kenyamanan, keakraban, dan suasana santai ketika bercengkerama atau berkomunikasi dengan keluarga dan teman.

Ciri-Ciri Kata Baku dan Tidak Baku

Ciri-Ciri Kata Baku 
  • Kata baku tidak dapat berubah setiap saat
  • Tidak terpengaruh bahasa daerah
  • Bukan bahasa percakapan sehari-hari
  • Tidak terpengaruh bahasa asing
  • Penggunaan kata baku sesuai dengan konteks di dalam kalimat
  • Kata baku tidak mempunyai arti yang rancu
  • Kata baku tidak mengandung arti pleonasme (lebih dari apa yang diperlukan)
Ciri-Ciri Kata Tidak Baku
  • Kata tidak baku dapat terpengaruh bahasa daerah atau bahasa asing
  • Kata tidak baku dapat terpengaruh oleh perkembangan zaman
  • Kata tidak baku digunakan pada percakapan santai
  • Kata tidak baku dapat dibuat oleh siapa saja sesuai kkeinginan

MUATAN PPKN
Bangga menggunakan barang buatan dalam negeri

Wujud rasa bangga menggunakan barang buatan dalam negeri adalah mencintai barang-barang produksi dalam negeri.

Membeli barang-barang produksi dalam negeri.
Menggunakan barang-barang produksi dalam negeri dengan bangga.
Menanamkan sikap bahwa barang-barang produksi dalam negeri lebih baik daripada barang-barang produksi luar negeri.
Mengembangkan barang-barang produksi dalam negeri agar lebih berkembang dan terkenal di luar negeri
Memanfaatkan sumber daya alam yang ada di Indonesia untuk menghasilkan barang-barang produksi dalam negeri yang lebih berinovasi.

Muatan Matematika Tentang Mengidentifiksi Lingkaran

Lingkaran merupakan salah satu dari sekian banyak bangun datar.  Lingkaran mempunyai bagian bagian yang menjadi pembentuk lingkaran itu. Bagian bagian sebuah lingaran antara lain jari-jari, diameter, titik pusat, busur, tembereng,  tali busur, juring, apotema, sudut pusat dan sudut lingkaran. Agar lebih jelas mengetahui bentuk dan wujud unsur unsur sebuah lingkaran silahkan lihat gambar di bawah ini.

Bagian-bagian/Unsur-unsur Lingkaran


Pada penjelasan di bawah ini kami akan memberikan penjelasan dari masing-masing unsur tersebut sehingga nantinya kita bisa lebih memahami unsur  pembentuk sebuah lingkaran. Uraian unsur-unsur lingkaran sebagai berikut
ini :

Unsur-Unsur Pembentuk Bangun Datar Lingkaran 


Titik Pusat

Titik pusat pada lingkaran merupakan sebuah titik yang terletak tepat ditengah-tengah lingkaran. Pada gambar di atas titik pusat lingkarannya terletak di huruf O.

Jari-jari

Garis OC, OD, OB dan OA pada gambar di atas merupakan jari jari lingkaran. Jari jari lingkaran yaitu garis yang menghubungkan titik pusat lingkaran dengan titik pada keliling lingkaran.

Diameter

Garis AB dan CD pada gambar diatas di sebut garis tengah atau diameter lingkaran . Diamater adalah panjang garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran yang melalui titik pusat lingkaran. Dari hal ini kita dapat mengambil kesimpulan yaitu jari-jari lingkaran mempunyai nilai setengah dari diameter atau diameter mempunyai nilai dua kali jari-jari. Sehingga bisa di tulis d = 2r.

Busur

Garis lengkung AC, CB, BD, AD pada gambar di atas disebut dengan busur lingkaran. Busur lingkaran adalah garis lengkung yang menjadi bagian dari keliling lingkaran . Busur terbagi menjadi dua yaitu busur kecil dan busur besar. Disebut busur kecil jika panjangnya kurang dari setengah lingkaran dan disebut busur besar jika panjangnya lebih dari setengah lingkaran.

Tali Busur 

Garis AD adalah contoh tali busur lingkaran, tali busur yaitu ruas garis lurus yang menghubungkan dua titik pada keliling lingkaran dan tidak melewati titik pusat lingkaran. Jika kita ibaratkan maka tali busur umpama tali pada busur panah.

Tembereng

Tembereng merupakan daerah yang di dalam lingkaran yang di batasi oleh tali busur dan busur lingkaran. Pada gambar di atas tembereng di batasi oleh busur AD dan tali busur AD.

Juring

Juring merupakan daerah yang di batasi oleh dua garis jari-jari dan sebuah busur lingkaran yang posisinya diapit oleh dua buah jari-jari tersebut. Pada gambar di atas daerah yang dinamakan juring sebagai contoh adalah daerah yang di warnai hijau yaitu juring BOC. Juring terbagi menjadi dua yaitu juring besar dan juring kecil.

Apotema

Garis OF pada gambar di atas disebut apotema, yaitu jarak terpendek antara tali busur dengan titik pusat lingkaran. Garis apotema tegak lurus dengan tali busur.

Sudut Pusat

Pada gambar di bawah ini, Sudut pusat adalah sudut yang terbentuk dari perpotongan dua buah jari-jari (OA dan OB) di titik pusat lingkaran. Sudut yang terbentuk antara titik A, O, dan B merupakan sudut pusat lingkaran yakni ∠AOB.

Bagian-bagian/Unsur-unsur Lingkaran Dan Penjelasannya

Sudut Keliling

Sudut keliling pada lingkaran adalah sudut yang terbentuk oleh pertemuan antara dua tali busur pada satu titik di keliling lingkaran. Jika kamu perhatikan gambar di atas tali busur AC dan tali busur BC yang bertemu di titik C dan membentuk sudut keliling ACB. 

5 komentar:

  1. Ini sudah yg kedua Kali anak2 disuruh print materi dari blog ibu..
    Bagai Mana jika dirumah murid tdk Ada komputer dan printer..
    Apakah harus setiap malam kerental komputer dan ngeprint..??
    Apakah materi ini tidak Ada di buku2 pelajaran ??
    Maaf ini saya Tanya Karena saya bingung aja Karena Ada materi pelajaran yg harus di Cari di blog Dan itu harus di cetak..
    Klo emang seperti itu Cara belajarnya menurut saya lebih baik anak2 disuruh bawa android Saja..
    Repot juga bu jika setiap malam harus ngeprint bagi kamui yg tdk Ada printer Dan komputer dirmh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betul bu, saya juga heran. apalagi bapak saya sering tidak ada dirumah dan laptopnya sering dibawa keluar kota. dengan menyuruh murid ngeprint bahan ajar agak tidak efektif karena buang buang kertas dan waktu.

      saya ada usul bu, lebih baik setiap muridnya untuk menjadi bukti kalau dia baca blog murid muridnya tinggalkan komentar di blog yang ibu posting. misalnya seperti si murid abis baca bahan ajar, suruh menyimpulkan bahan ajar tersebut dan tulis di komentar blog. itu saran saya ya bu. Terima kasih

      Hapus
  2. Sebenernya meminta anak2 utk membuka blog itu positip..membuat anak2 jd pny wawasan aktif jg kreatif..
    Sebagai org tua sya tdk keberatan anak2 pny wawasan luas
    Mngkn klo sesekali ibu memberikan materi disini sih g pp buk..tp klo tiap hari hrs membuka blog ibu..trs apa fungsi buku pelajaran yg diwajibkan utk dimiliki..klo memang tujuannya spy belajarnya efektif dan mudah knp anak2 tdk diperkenankan membawa android masing2..tanpa hrs di print (krn gak smw anak pny fasilitas yg sma )
    Dan klo memang ini semua masuk ke dlm kurikulum sekolah kenapa tdk ada pemberitahuan kpd org tua..
    Mngkn bila anak2 meninggalkan komentar disini bs dijadikan sbgi bukti klo mereka sdh membuka membaca dan belajar di blog ibu..
    Trs terang ni buk saya agak kerepotan jg keberatan klo hrs bolak balik ke warnet utk nge print materi pelajaran slama 2 malam ini gak cm waktu yg dibuang tp materi jg wlw mngkn gak seberapa..tp klo setiap hari begini ya budget nya jg bs bengkak buk
    Mdh2 komentar ini bs dijadikan pertimbangan utk ibu utk bs memberi alternativ bljr yg lbh efektif jg kreatif
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. Usul bu guru, gimana kalau blog d gunakan sebagai sarana mengerjakan tugas rumah, yg jawabannya bisa d kirim via email bu guru saja. Kalau materi pelajaran, ada baiknya menggunakan buku yg sudah terbeli, atau blog hanya d jadikan refrensi bacaan anak2 murid

    BalasHapus
  4. Terima kasih bu sarannya...tujuan kita membuat blogger supaya anak2 bisa belajar materi tambahan di rumah bu..yg buku yg sdh di beli jg tetap dipakai bu. Isi blogger yg saya buat jg untuk bahan ajar dari materi yg akan diajarkan untuk bsok harinya bu,gpp bu gk d print,dibaca ja gpp...dan saya mohon maaf bu.

    BalasHapus

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...