Pages

Senin, 28 Oktober 2019

Materi Ajar Untuk Hari Selasa Tanggal 29 Oktober 2019

Muatan SBdP Tentang Bagian-Bagian Poster

Poster atau plakat adalah karya seni atau desain grafis yang memuat komposisi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat poster adalah sebagai berikut:

1. gambar dibuat mencolok sesuai dengan ide yang hendak disampaikan.
2. kata-kata efektif, sugestif, dan mudah diingat.
3. tulisan dibuat besar-besar dan mudah dibaca.
4. poster dipasang di tempat yang strategis.
5. Tidak menggunakan kata-kata pujian yang berlebihan terhadap barang atau kegiatan yang diinformasikan.


Muatan PPKn Tentang Mengidentifikasi Manfaat Keberagaman Wirausaha di Lingkungan Sekitar

Perlu kamu ketahui bahwa  negara dikatakan hebat jikalau memiliki pengusaha atau entrepreneur setidak-tidaknya 2% dari jumlah penduduk yang ada, dan Indonesia memiliki kurang dari itu (kurang dari 2%).
Sebagai acuan kalau kita melihat negara-negara maju, Amerika dan Jepang memiliki lebih dari 10% sedangkan negara tetangga kita memiliki 7%, tentunya kita masih jauh tertinggal dengan mereka-mereka semua.
Tapi, jangan khawatir kita tetap memiliki asa untuk menjadikan bangsa Indonesia ini negara berdaulat dengan penduduk yang berjiwa entrepreneurship yang banyak. Tentunya kamu harus tahu apa saja manfaat dari kewirausahaan itu, silahkan baca tulisan dibawah ini:
  1. Meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat sekitar.
  2. Mengurangi tingkat pengangguran dalam lingkungan tersebut.
  3. Program CSR sangat bermanfaat untuk warga sekitar.
  4. Melatih individu untuk dapat memanfaatkan peluang.
  5. Melatih individu untuk menjadi lebih baik lagi.

Muatan IPA Tentang Kegunaan Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

Ada 10 manfaat kegunaan magnet dalam kehidupan sehari-hari adalah :

.       Jarum kompas adalah dari magnet permanen.
 
2.       Pintu kulkas memiliki magnet permanen agar selalu tertutup. Magnet di lemari es memastikan pintu lemari es kedap udara, dengan itu menghindari pemborosan energi. Merapatkan Dua Benda sehingga pintu lemari es dapat menutup dengan kuat dan rapat? Hal tersebut dikarenakan di sekeliling sisi pintu lemari es terdapat magnet. Sebuah magnet yang panjang diletakkan di dalam karet sepanjang pintu lemari es. Lemari es terbuat dari baja, jadi magnet akan membuat pintu lemari es menutup dengan rapat ketika kamu menutupnya. Pintu lemari es yang tertutup rapat dapat menjaga suhu di dalam tetap dingin sehingga makanan dan minuman di dalamnya tetap segar.

         
3.       kartu atm.jpgKartu ATM dan kartu kredit memiliki jalur magnet yang berisi informasi. Kartu kredit, kartu debit, dan kartu ATM. Semua kartu ini memiliki jalur bermagnet pada sisi-sisnya. Jalur ini mengandung informasi yang dibutuhkan untuk menghubungi institusi keuangan pribadi dan menghubungkan dengan rekening bank
 .









4.       TV dan monitor komputer menggunakan elektromagnetik untuk menghasilkan gambar.
   
5.   BI_retro30_front.pngMikrofon dan speaker menggunakan kombinasi magnet permanen dan elektromagnetik. Loudspeaker merupakan kombinasi magnet permanen dan elektromagnetik. Loudspeaker pada dasarnya perangkat yang mengkonversi energi listrik (sinyal) ke energi mekanik (suara). Elektromagnetik membawa sinyal, yang menghasilkan perubahan bidang megnet dan menarik bidang yang ada pada magnet permanen. Pergerakan penarikan dan penolakan menggerakkan kon, yang menghasilkan suara. Kebanyakan speaker tergantung kepada teknologi ini, tetapi ada juga yang menggunakan konsep yang berbeda.Mikrophon memiliki kon atau selaput yang terlekat pada gelongan kabel. Gelung itu terletak dalam megnet berbentuk khusus. Bila suara mengegarkan selaput maka gelung itu turut bergetar dan menghasilkan voltage saat ia melalui medan magnet. Voltage dalam kabel ini adalah sinyal listrik yang mewakili suara asal.






6.       Media rekaman magnetik: Tape VHS biasa mengandung golongan tape bermagnet. Informasi yan memproduksi video dan suara dikodekan pada lapisan bermagnet pada tape.


7.       Kaset audio kompak mengandung magnet untuk menghasilkan audio.
8.       Motor listrik dan generator: Motor listrik (seperti speaker) tergantung pada kombinasi eletromagnet dan magnet permanen, dan seperti speaker, mengganti energi listrik ke energi mekanis. Generator bertindak merubah energi mekanis ke energi listrik.



9.       Transformer / trafo : Transformator merupakan perangkat yang mengkonversi energi listrik antara dua perangkat yang terpisah mengngunakan listrik melalui konektor magnet.
10.   Ujung obeng, Ujung obeng dibuat bermagnet agar sekrup yang akan dipasangkan menempel pada ujung obeng sehingga mudah memasangnya.

Muatan Bahasa Indonesia Tentang Menulis Daftar Riwayat Hidup

Poin yang Perlu Diperhatikan

Beberapa di antaranya, contoh :
1. Identitas Diri
Identitas diri ini disebutkan sedetail mungkin mulai dari nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, alamat, dan lain – lain.
2. Riwayat Pendidikan
Mencantumkan riwayat pendidikan yang pernah anda tempuh. Mulai dari awal hingga pendidikan terakhir. Riwayat pendidikan ini biasanya terdiri dari 2 kategori yaitu pendidikan formal dan pendidikan non-formal (jika ada).
3. Pengalaman Kerja dan Pengalaman Organisasi
Jika sebelumnya anda sudah pernah bekerja, tidak ada salahnya jika kita mencantumkan riwayat pengalaman kerja kita. Terkadang sebuah perusahaan menginginkan seseorang yang pernah memiliki pengalaman kerja. Namun apabila anda belum pernah bekerja, alangkah baiknya jika mencantumkan pengalaman organisasi yang pernah diikuti. Hal ini akan menjadi nilai plus tersendiri.
4. Keahlian Khusus
Cantumkan juga keahlian khusus yang anda miliki, keahlian khusus yang dimaksud di sini adalah keahlian khusus yang berkaitan dengan pekerjaan atau posisi yang anda inginkan. Biasanya seorang HRD perusahaan akan melihat daftar keahlian khusus ini sebagai bahan pertimbangannya.
Berikut beberap contoh CV (Curriculum Vitae) yang dapat anda contoh jika sewaktu-waktu hendak digunakan untuk melamar sebuah pekerjaan.

Contoh Daftar Riwayat Hidup Fresh Graduate

Berikut  contoh daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja:
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
Saya yang bertanda tangan dibawah ini:
  1. Nama: Julda Ahmad
  2. Tempat Tanggal Lahir: Yogyakarta, 15 Februari 1984
  3. Jenis Kelamin: Laki-Laki
  4. Status: Belum Kawin
  5. Alamat: Jl. Merdeka No 14 Kel. Pancoran Kec. Medan Barat Jakarta Barat 5000
  6. Kewarganegaraan: Indonesia
  7. Agama: Islam
  8. Nomor Handphone: 0811 2233 4433
  9. Email: juldaa@gmail.com
Pendidikan:
  1. SD Alwashliyah 19 Jakarta 1993 – 1998
  2. SMP Negeri 1 Jakarta 1998 – 2001
  3. SMA Pelita Harapan 2001 – 2004
  4. Universitas Indonesia (Ekonomi) 2004 – 2008
Pengalaman Organisiasi:
  1. Anggota badan esekutif mahasiswa (BEM) di Universitas Indonesia dari tahun 2004 – 2007.
Minat dan keahlian:
  1. Mampu berbicara dengan baik
  2. Menguasai penggunaan sistem aplikasi marketing
  3. Suka menulis

Hormat saya

Julda Ahmad

Muatan Matematika Tentang Soal Cerita Pecahan
Soal No. 1
Pak Danu membeli pipa untuk membuat saluran air sepanjang 5 1/2m. Di rumah masih ada sisa pipa sepanjang 2 1/4 m. Panjang pipa yang dimiliki Pak Danu seluruhnya adalah...
A. 6 1/2
B. 6 11/18
C. 7 5/14
D. 7 3/4

Soal No. 2
Ibu membeli 6 5/8 kg jagung di pasar. Ayah membawa 3 3/4 kg jagung yang dipetik dari kebun. Jika 4 2/3 kg dari jagung-jagung itu digunakan untuk memberi makan burung merpati, sisa jagung yang masih ada berjumlah....kg
A. 5 17/24
B. 5 16/24
C. 5 13/24
D. 5 22/24

Soal No. 3
Pak Husin memiliki kebun karet seluas 1/4 ha, kebun durian seluas 0,75 ha dan kebun salak seluas 1 3/4ha. Jika Pak Husin menjual kebunnya 2 ha, maka luas kebun Pak Husin sekarang adalah....
A. 0,25 ha
B. 0,75 ha
C. 1,75 ha
D. 1,95 ha

Soal No. 4
Ibu membawa 2,5 kg gula pasir, 3/5kg daging sapi dan 4/10 kg cabai rawit dari pasar. Jumlah kilogram barang yang dibawa Ibu adalah....
A. 3 1/12 kg
B. 3 1/8 kg
C. 3 1/4 kg
D. 3 1/2 kg

Soal No. 5
Di dalam kaleng terdapat 12,5 liter minyak tanah. Ibu menggunakan 7,85 liter minyak tanah dari kaleng tersebut untuk mengisi kompor. Sisa minyak tanah yang ada di dalam kaleng adalah....
A. 5,65 liter
B. 5,53 liter
C. 4,65 liter
D. 4,35 liter

Soal No. 6
Kakak mempunyai 4 1/2 m pita. Diberikan kepada Yanti 2 1/4 m. Ayah membelikan 1 1/5 pita untuk kakak. Panjang pita kakak sekarang adalah....
A. 2 1/20
B. 2 2/15
C. 3 9/20
D. 3 1/3

Soal No. 7
Tante membeli 5 5/6 kg gula pasir kemudian membeli lagi 3 1/3 kg. Gula tersebut digunakan untuk membuat kue sebanyak 6 3/5 kg. Sisa gula adalah....
A. 2 2/13
B. 2 17/30
C. 2 3/4
D. 2 9/14

Soal No. 8
Truk pak Jono mengangkut 15 1/4kuintal jagung dan 16 1/2 kuintal beras. Berat seluruh muatan truk pak Jono adalah.....kuintal.
A. 31 1/8
B. 31 2/6
C. 31 1/12
D. 31 3/4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...