Pages

Kamis, 31 Oktober 2019

Materi Ajar Untuk Hari Jumat Tanggal 1 November 2019

Muatan PPKn Tentang Sikap Tanggung Jawab dalam Wirausaha

Setiap pemilik wirausaha bertanggung jawab terhadap kualitas barang yang diproduksinya. Sikap tanggung jawab mengantarkwn suatu wirausaha ke gerbang kesuksesan dan berkembang pesat. Oleh karena itu setiap pemilik wirausaha semestinya melakukan tanggung jawabnya. Sikap tanggung jawab yang diterapkan oleh pemilik wirausaha adalah :
1. Menghasilkan barang yang memenuhi persyaratan dagang.
2. Menjaga dan meningkatkan kualitas barang.
3. Menciptakan kemasan yanv unik sehingga diingat oleh konsumen.
4. Melakukan inovasi terhadap kemasan dan isi agar tidak ketinggalan zaman.
5. Menjaga kelestarian sumber daya alam agar dapat menggunakannya sebagai bahan baku.
6. Mengurangi pengangguran dengan memberdayakan warga sekitar untuk bekerja dalam usahanya.
7. Menjaga kelestarian lingkungan sekitar dengan tidak membuang limbah sembarangan.

Muatan Bahasa Indonesia Tentang Menceritakan Riwayat Hidup

Contog menceritakan riwayat hidup :

RIWAYAT HIDUP  


 Assalamu'alaikum Wr.Wb

   Haloo, Namaku ENTIK ROHMAHWATI. Aku terlahir dari keluarga yang sederhana,dan mempunyai seorang yang sangat berarti bagi hidup aku,yaitu ibu dan bapak ku. aku juga mempunyai seorang 3 kakak dua cwe dan satu cowo..
   Pada waktu itu ibuku mengandung ku dalam keadaan susah payah,sampai 9 bulan.setelah 9 bulan ibuku melahirkan ku kedunia ini, sampai mempertaruhkan nyawanya antara hidup dan mati. kemudian akhirnya alhamdulillah ibuku dan aku bisa selamat. dan kelahiranku bertepatan pada jam 10 malam tanggal 25 maret tahun 1997 hari selasa.setelah itu aku diberi asi oleh ibuku.
setelah aku berumur 4tahun aku disekolahkan ke TK AISYAH II jalaksana. pertamanya aku kesekolah diantarkan oleh ibuku karna takut.hehe..tp setelah banyak teman aku tidak takut lagi,aku dan teman-teman main bersama,dan akupun tidak diantar kesekolah lagi oleh ibuku. aku pun selalu berangkat bertiga sama teman-temanku,karna cuma mereka yang dekat rumahnya dengan ku.,hehe..
   Esok harinya teman-teman datang kerumahku, untuk berangkat sekolah bersama dengan berjalan kaki lewat sawah,karna sekolah TK ku deket sawah :)
setelah sampai disekolah TK, aku bermain" ayunan,kuda"an,dll. bersama teman"ku,,Pokoknya seru banget deh.,:)
   Kemudian pas waktu acara perpisahan terakhir ku disekolah TK,aku nari bersama teman"  yang sudah dibagi" kelompoknya oleh ibu guru. Setelah selesai acara perpisahan aku difoto sama badut" yang sangat lucu".,dan memberikan sebuah kado kepadaku.,:) hehe..
dan dengan akhirnya, aku meninggalkan sekolah TK ku. kemudian aku melanjutkan kesekolah dasar (SD) umur 5 tahun. dan aku diterima disekolah SD tersebut,nama sekolahgnya yaitu SDN 1 Jalaksana. awal pertama masuk kelas 1 juga sama seperti TK ,aku diantarkan ibuku ke sekolah. tapi enggak tau kenapa aku kepengen selalu diantarkan oleh ibuku aku selalu nangis dan takut, padahalkan orangnya baik". mungkin orangnya pada gede" kali yah? jadi aku selalu nangis, begitupun umurku masih 5 tahun.hmm.. apa aku yang cengeng yah? :D haha...
   Tapi setelah seminggu itu Alhamdulilah aku udah mulai berani kesekolah sendiri, enggak diantar oleh ibuku lagi.,hehe..aku bisda bercanda main bareng",ketawa bareng, enggak perlu nangis dan ketakutan lagi seperti yang sudah" :P wlee. dan akhirnya aku juga mempunyai teman" baru juga sekolah baru dan aku di SD  sampai kelas 6.
  Lanjut kekelas 6.waah kelas 6 banyak banget kenangan" indah bersama teman", udah ,mulai berasa.,hehe..
yang aku ingat, waktu aku dan teman"ku berwisata ke afika. ceritanya aku dan teman"ku lagi berenang, terus aku dan teman"ku naik sorodotan,ikhh gak tau nya dibelakang banyak anak" cowo,apalagi ada cowo yang waktu kelas 3 nembak aku.aduhh..wkwk. tp ya mw gimana lagi pas udah nyampe kolam aku dan teman'ku langsung nyebur kekolam, ekh gak tau nya malah tenggelam semua.,hehe..,tp yang lucunya pas udah nyebur kekolam, aku liat temenku lagi berdiri, gk tau nya dibelakang ada cowo, ekh malah diceburin kekolam temen ku nya.,:D haha. kan kasian mana orangnya gendut lagi.,xixi. langsung marah",tp ketawa".,haduh. setelah itu pulang deh.
   Pas pembagian amplop hasil ulangan ku selama ini, disitu aku mulai dagdigdug dan pas giriku menyuruh membuka amplopnya, dan lagi" tersa dagdigdug. pas dibuka alhamdulillah, akhirnya aku dan teman" ku LULUS pada tahun 2007 horee..
dimana saat itu, disaat hati sedang bercampuraduk. ada sedih,senang, dan detik" berpisah dengan teman" ku dan sekolah SD .,heu .
   Setelah aku lulus dari sekolah dasar, aku melanjutkan ke madrasah Tsanawiyah (MTS). aku di mts 3 tahun dari kelas 7 sampai kelas 9. aku waktu pas pertama masuk MTS ada acara MOS, tp pas acara MOS tersebut aku enggak datang dikarenakan sakit. setelah itu seminggu sesudah MOS, aku masuk sekolah MTS, enggak tau kenapa aku bingung , ko udah pada kenal dengan aku, padahal aku enggak kenal mereka., hehe..
  Kemudian beberapa minggu kemudian ada pemilihan EKSKUL, dan aku memilih Ekskul PASKIBRA. setelah aku masuk dan resmi jadi anggota PASKIBRA aku ditunjuk dan dipercaya sebagai pemegang keuangan (BENDAHARA 1). kemudian beberapa bulan aku dan teman" ku akan dilantik menjadi senior PASKIBRA, disitu kami digembleng supaya menjadi senior PASKIBRA yang bertanggung jawab. dan dalam acara pelantikan tersebut, aku dan teman"ku disuruh makan yang bercampur"., yeaks..dan maen kotor"an. hehe..selesai dilantik aku dan teman"ku resmi deh jadi senior PASKIBRA dan mengajarkan adik" kelasku berikutnya :)
  Pada waktu kelas 9 aku dan teman" ku saat ini harus lebih fokus lagi, karena kelas 9 akan dihadapkan dengan ujian nasional.dll.
pada akan dihadapkan ke UN, aku dan teman" ku mulai dagdigdug dan berhati" berdo'a kepada ALLAH SWT supaya dimudahkan dan dilancarkan soal" dan mengisi jawaban, setelah selesai UN. dimana yang kami tunggu" sudah didepan mata, yaitu hasil dari UN, dan waktu pembagian amplop, disitu aku dan teman"ku mulai dagdigdug lagi. dan setelah disuruh dibuka pelan" akhirnya Alhamdulilah LULUS :) "Sujud Syukur".
setelah acara pembagian amplop selesai , acara perpisahan pun dimulai, ada pengantin, pencopotan bet,dayang,dll. dan aku dipilih menjadi pencopotan bet. dimana saat" sedih sudah mulai terasa saat pencopotan bet dimulai., heuheu..
  Setelah acara perpisahan selesai disitu suasana makin tambah sedih, aku dan teman" ku bersalaman pada guru" ku, mereka menangis. dan memeluku..:( dan itu juga aku bersalaman dan memeluk teman"ku yang baik, yang salimg mengerti satu sama lain dalam keadaan susah ,senang, tangis,tawa, detik" perpisahan semakin enggak ingin berpisah dengan mereka, heuheu.. sedih juga :)
   Tapi disitu kita akan melanjutkan kesekolah SLTA, dimana aku dan teman"ku akan berpisah, tapi kontekan harus tetep yaaa?! hehe..
dan alhamdulillah akhirmnya aku bisa melanjutkan sekolah ke SLTA, berkat ALLAH dan do'a dari orang tua tercinta. kemudian aku melanjutkan ke sekolah SMK BINASWASTA KUNINGAN, tempat sekolahku sekarang. dan aku mempunyai teman" baru , sekolah baru, dan aku ditempatkan dikelas AKUNTANSI. sekarang aku kelas XI, umur aku 16 tahun. aku sangat berterima kasih kepada orang tuaku ,mereka sudah susah payah untuk menyekolahkanku sampai sekarang ini. dan tak lupa aku juga berterimakasih kepadamu ya ALLAH. Alhamdulillah..
   
    Sekian cerita riwayat hidup saya ,maaf bila ada kata" yang kurang dimengerti atau tidak nyambung.,hehe..

Wassalamu'alaikum Wr.Wb


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...