GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 22 JULI 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MAPEL MATEMMATIKA
ELEMEN: BILANGAN
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik mampu membaca, menulis, menentukan nilai tempat, membandingkan, mengurutkan, menggunakan nilai tempat, melakukan komposisi dan dekomposisi bilangan dengan tepat.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:
1. Peserta didik dapat menentukan nilai tempat bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.
2. Peserta didik dapat membandingkan dan mengurutkan bilangan cacah sampai 10.000 dengan tepat.
MATERI AJAR MATEMATIKA
Bilangan Cacah adalah bilangan yang dimulai dari 0 dan seterusnya:
0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, …
Dalam sebuah bilangan, setiap angka memiliki:
-
Nilai Tempat → posisi angka dalam bilangan (satuan, puluhan, ratusan, ribuan, dst)
-
Nilai Angka → nilai sebenarnya dari angka tersebut sesuai posisi tempatnya
NILAI TEMPAT
Nilai tempat menunjukkan posisi angka dalam bilangan. Berikut urutan nilai tempat dari kanan ke kiri
Posisi | Nama Tempat |
---|---|
Angka ke-1 | Satuan |
Angka ke-2 | Puluhan |
Angka ke-3 | Ratusan |
Angka ke-4 | Ribuan |
Angka ke-5 | Puluh Ribu |
Angka ke-6 | Ratus Ribu |
Angka ke-7 | Jutaan |
MEMBANDINGKAN BILANGAN CACAH
Cara Membandingkan:
-
Lihat jumlah angka (digit)
-
Bilangan yang digitnya lebih banyak biasanya lebih besar.
Contoh: 456 > 78
-
-
Jika digit sama, bandingkan dari kiri ke kanan
-
Bandingkan angka dari nilai tempat tertinggi (ratusan, puluhan, satuan).
Contoh:
352 dan 328-
Sama-sama 3 ratusan → bandingkan puluhan: 5 > 2 → jadi 352 > 328
-
-
Simbol Perbandingan:
-
> (lebih besar dari)
-
< (lebih kecil dari)
-
= (sama dengan)
Contoh Soal:
-
340 ___ 298 → 340 > 298
-
785 ___ 785 → 785 = 785
-
120 ___ 150 → 120 < 150
MENGURUTKAN BILANGAN CACAH
1. Dari KECIL ke BESAR (Naik / Ascending):
-
Urutkan dari bilangan yang paling kecil ke paling besar.
Contoh:
Urutkan: 432, 219, 101, 850
Jawaban: 101, 219, 432, 850
2. Dari BESAR ke KECIL (Turun / Descending):
-
Urutkan dari bilangan yang paling besar ke paling kecil.
Contoh:
Urutkan: 125, 487, 391, 74
Jawaban: 487, 391, 125, 74
LATIHAN SOAL
A. Berilah tanda <, >, atau = pada perbandingan berikut:
-
456 ___ 654
-
789 ___ 789
-
998 ___ 889
-
310 ___ 301
-
1.000 ___ 999
B. Urutkan bilangan berikut dari KECIL ke BESAR:
-
345, 123, 567, 234
-
765, 543, 678, 345
-
890, 120, 999, 300
C. Urutkan bilangan berikut dari BESAR ke KECIL:
-
111, 999, 444, 222
-
800, 700, 600, 900
-
150, 250, 50, 350
PPengertian:
MMenyimak adalah mendengarkan dengan penuh perhatian.
TTeks aural adalah pesan atau informasi yang disampaikan secara lisan, bisa dari guru, teman, rekaman suara, atau video.
l Langkah Menyimak yang Baik:
-
Dengarkan dengan sungguh-sungguh.
-
Fokus pada topik utama pembicaraan.
-
Catat hal-hal penting, seperti:
-
Siapa yang berbicara?
-
Apa yang dibicarakan?
-
Kapan dan di mana kejadian berlangsung?
-
Mengapa itu penting?
-
-
Jangan memotong pembicaraan.
-
Ulangi dalam hati atau tuliskan poin-poinnya.
CContoh Teks Aural Pendek:
A"Anak-anak, besok hari Jumat kita akan melakukan kerja bakti di kelas. Bawalah sapu, kain pel, dan lap. Kegiatan dimulai pukul 07.00 pagi. Jangan lupa memakai pakaian olahraga ya!"
I Informasi Penting:
-
Kegiatan: Kerja bakti
-
Waktu: Hari Jumat, pukul 07.00 pagi
-
Alat yang dibawa: Sapu, kain pel, lap
-
Pakaian: Pakaian olahraga
- Buku MAPEL MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA KELAS IV
- LCD
- GAMBAR
- VIDEO
- PPT
METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL
R REFLEKSI/KESIMPULAN:
A Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan para peserta didik mengikuti pelajaran dengan serius dan semangat dalam mata pelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. Kegiatan pembelajaran diadakan yaitu berupa gym MTK kemudian diskusi dan melakukan ice breaking di kelas. Hasil dari pelatihan para siswa Tadi Alhamdulillah para siswa memahami materi yang telah diajarkan.
BBerikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini:
3 Comments:
Assalamualaikum, Naura hadir dan sudah membaca
Posting Komentar