Selasa, 22 Juli 2025

IPAS DAN SBDP

By elfida fida - Juli 22, 2025

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI RABU TANGGAL 23 JULI 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

 ELEMEN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN:

SENI RUPA: MENGALAMI

TUJUAN PEMBELAJARAN:
Mengidentifikasi berbagai unsur rupa (titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, dan gelap terang) yang ada di lingkungan sekitar.

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik mengamati dan mengenal unsur rupa seperti titik, garis, bidang, dan bentuk melalui benda atau objek di lingkungan sekitar

M  MATERI AJAR:

PPengertian Seni Rupa

SeSeni Rupa adalah cabang seni yang dapat dilihat dan diraba. Seni rupa menggunakan unsur-unsur seperti garis, bentuk, warna, dan tekstur untuk menciptakan suatu karya yang indah dan bermakna.


   Unsur-Unsur Seni Rupa

1. Titik

  • Titik adalah unsur seni rupa yang paling dasar.

  • Dari titik, bisa berkembang menjadi garis, bentuk, dan bidang.

C  Contoh: Titik-titik kecil dalam lukisan pointilis.



2. Garis

  • Garis adalah pertemuan antara dua titik atau goresan memanjang.

  • Jenis garis: lurus, lengkung, zig-zag, spiral.

F Fungsi: Membentuk gambar dan menunjukkan arah atau gerak.


3. Bentuk (Shape)

  • Bentuk adalah hasil dari penggabungan garis yang membentuk bidang.

  • Ada dua jenis bentuk:

    • Geometris (kotak, segitiga, lingkaran)

    • Organik (bebas, seperti bentuk daun, awan)


4. Bidang

  • Bidang adalah bentuk dua dimensi yang mempunyai panjang dan lebar.

  • Terbentuk dari pertemuan beberapa garis.

C  Contoh: Bidang datar pada lukisan.


5. Ruang

  • Ruang adalah kesan tiga dimensi pada karya seni.

  • Dalam gambar, ruang bisa ditunjukkan dengan teknik bayangan atau perspektif.

Contoh: Ruangan pada gambar rumah, pohon yang tampak jauh dan dekat.


6. Warna

  • Warna memberikan keindahan dan emosi pada karya seni.

  • Jenis warna:

    • Primer: Merah, biru, kuning

    • Sekunder: Campuran warna primer

    • Tersier: Campuran primer dan sekunder


7. Tekstur

  • Tekstur adalah kesan permukaan benda, bisa halus atau kasar.

  • Ada dua macam:

    • Tekstur nyata: Bisa diraba (misalnya pahatan kayu)

    • Tekstur semu: Hanya tampak seperti nyata (misalnya lukisan pasir)


8. Gelap Terang

  • Unsur ini menunjukkan intensitas cahaya pada suatu karya.

  • Digunakan untuk memberi efek volume atau kedalaman.

C Contoh: Bayangan pada lukisan wajah.

   ELEMEN: PEMAHAMAN IPAS

   TUJUAN PEMBELAJARAN: 

   Mengamati dan menyebutkan lima pancaindra manusia.

Menjelaskan bentuk dan bagian-bagian dari masing-masing    pancaindra.
     
      MATERI IPAS; PENGERTIAN PANCAINDRA DAN MACAM-MACAM PANCAINDRA

      Apa itu Pancaindra?

PaPancaindra adalah lima alat tubuh yang digunakan manusia untuk merasakan, mengenali, dan merespons rangsangan dari lingkungan.


M Macam-Macam Pancaindra dan Fungsinya

No

Indra

Nama Lain

Fungsi Utama

Bagian yang Peka

1

Mata

Indra penglihatan

Melihat cahaya, warna, bentuk, dan gerakan

Retina (mengandung sel batang dan sel kerucut)

2

Telinga

Indra pendengaran

Mendengar suara

Gendang telinga, koklea

3

Hidung

Indra penciuman

Mencium bau

Sel saraf pencium di rongga hidung

4

Lidah

Indra perasa

Merasakan rasa (manis, asin, pahit, asam, umami)

Bintil lidah (papila)

5

Kulit

Indra peraba

Merasakan sentuhan, panas, dingin, sakit, dan tekanan

Ujung saraf pada kulit

F Fakta Menarik tentang Pancaindra:

·         Mata tidak bisa melihat jika tidak ada cahaya.

·         Telinga juga membantu menjaga keseimbangan tubuh.

·         Hidung dan lidah bekerja sama saat kita makan untuk merasakan rasa makanan.

·         Kulit adalah organ tubuh terbesar dan tersebar di seluruh tubuh.


🛡️ Menjaga Kesehatan Pancaindra:

1.       Membaca dengan jarak yang cukup dan pencahayaan yang baik.

2.       Tidak memasukkan benda asing ke telinga atau hidung.

3.       Makan makanan bergizi untuk kesehatan mata dan kulit.

4.       Menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan.

5.       Tidak mendengarkan suara terlalu keras agar tidak merusak pendengaran.


K Kesimpulan:

Pa   Pancaindra sangat penting untuk membantu manusia berinteraksi dengan lingkungan. Setiap indra memiliki fungsi khusus dan harus dijaga kesehatannya agar berfungsi dengan baik.

 

M   MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL IPAS, SENI RUPA KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

- Daun-daunan

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

R REFLEKSI/KESIMPULAN:

   Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik materi yang diajarkan adalah mata pelajaran IPA dan Seni Rupa. ateri IPA yang dipelajari tentang panca indra dan fungsinya Alhamdulillah para murid memahami apa yang diajarkan dengan dilihat dari latihan yang diberikan oleh guru, sedangkan mata pelajaran Seni Rupa baru sedikit tersampaikan karena tadi ada sosialisasi robot,jadi buat materi Seni rupanya belum tersampaikan dengan sepenuhnya besok materi Seni rupanya akan disampaikan kembali.

  Berikut dokumentasi pada kegiatan pembelajaran hari ini:

   










3 Comments:

Halo buguru aku nana mengatakan...

Halo buguru aku nana sudah membaca bloger ibu

Naura mengatakan...

Assalamualaikum ibu guru Naura sudah membaca

Mikhayla Qaireen mengatakan...

Asalamualaikum bu El Mikhayla sudah membaca materi nya bu El

Posting Komentar

MATEMATIKA, BAHASA INDONESIA

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI SENIN TANGGAL 25 AGUSTUS 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea