Kamis, 10 Agustus 2023

TEMA 1 SUBTEMA 3 PB 3 DAN 4

By elfida fida - Agustus 10, 2023

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 10 AGUSTUS 2023



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

 

TEMA 1. SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP
SUBTEMA3.AYO,SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP
PEM BELAJARAN 3 dan 4

A. MUATAN PEMBELAJARAN
IPA KD 3.1 dan 4.1
PKn KD 3.1 dan 4.1
B.Indonesia KD 3.1 dan 4.1 

B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati dan mencari informasi peserta didik mampu mengidentifikasi cara    pelestarian  tumbuhan 
2. Peserta didik mampu menemukan contoh pelaksanaan sila pancasila terkait peduli terhadap hewan dan tumbuhan.
3. Peserta didik mampu menemukan ide pokok dan membuat kesimpulan



RINGKASAN MATERI

ILMU PENGETAHUAN ALAM
Pelestarian hewan dan tumbuhan merupakan usaha untuk melindungi hewan dan tumbuhan agar tidak punah. Pelestarian hewan dan tumbuhan dilakukan agar manusia dapat memenuhi kebutuhannya. Kelestarian hewan dan tumbuhan sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup generasi manusia pada saat ini dan masa yang akan datang. 
 
Pelestarian tumbuhan secara garis besar dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :
1.    Pelestarian In Situ adalah pelestarian yang dilakukan  pada tempat asli tumbuhan tersebut  berada. Contoh pelestarian in situ adalah hutan lindung, dan taman nasional. Hutan lindung merupakan kawasan  yang melindungi tumbuhan. Adapun  taman nasional merupakan kawasan yang melindungi  hewan dan tumbuhan.
 

 
2.    Pelestarian ex situ adalah pelestarian yang dilakukan  di luar tempat tinggal aslinya. Hal itu dilakukan karena  tumbuhan kehilangan tempat tinggal  aslinya. Selain itu, pelestarian ex situ dilakukan sebagai  upaya rehabilitasi, perawatan hewan  maupun tumbuhan langka.

Selain pelestarian in situ dan ex situ, kitapun dapat menjaga kelestarian dengan usaha-usaha sebagai berikut
1.    Tidak menebang pohon sembarangan
2.    Melakukan tebang pilih artinya menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan.
3.    Penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanaman\
4.    Pemeliharaan tanaman dengan benar

Usaha yang dilakukan pemerintah untuk menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan langka diantanya adalah :
1.    Cagar alam Sebagai tempat perlindungan dan pelestarian hewan, tumbuhan, tanah dan air
Cagar Alam dan Suaka Margasatwa - GEOMEDIA
2.    Hutan lindung Sebgai tempat melindungi air / daerah resapan air karena di hutan dengan   tumbuhan yang menutupinya jika terjadi hujan maka air akan tertahan dan diserap tanah
3.    Kultur Jaringan adalah perkembangbiakan tumbuhan dengan cara  memperbanyak sel tumbuh ( jaringan ) menjadi tumbuhan baru.

Keberadaan tumbuhan sangat penting  bagi manusia untuk :
1.    Sumber belajar guna menambah ilmu pengetahuan berharga tentang kehidupan.
2.    Dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan yang berasal dari tumbuhan.
3.    Menjaga  keseimbangan  lingkungan dan alam sekitar
4.    untuk menyerap CO2 dan menghasilkan oxygen
5.    Memberikan rasa indah  terhadap alam ini

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Beberapa contoh lain penerapan sila-sila pancasila dalam menyayangi hewan adalah sebagai berikut :
1.       Melindungi dan merawat hewan sebagai tanda syukur kepada TYME (sila pertama)
2.       Memiliki kebanggan terhadap hewan-hewan asli Indonesia yang unik dan dan beragam (sila ketiga)
3.       Melaksaan kewajiban dan hak kita dalam menyayagi hewan di sekitar kita (sila keempat)

Beberapa contoh lain penerapan sila-sila pancasila dalam menyayangi tumbuhan adalah sebagai berikut
1.  Bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya sehingga kita dapat memanfaatkan berbagai tumbuhan.  (sila pertama)
2.Bangga terhadap tumbuhan langka yang ada di Indonesia ( sila ketiga)
3.Bersama-sama menjaga kelestarian tumbuhan disekitar kita (sila kedua)

BAHASA INDONESIA
Membuat simpulan berdasarkan informasi penting Teks laporan
 
Itu tadi materi yang dapat kalian pelajari ya nak jika ada pertanyaan terkait materi yang ibu guru berikan silahkan tanyakan di WA grup atau tinggalkan komentar di blog serta kirimkan tugas di grup WA kita ya nak!  

MATEMATIKA

LATIHAN SOAL BILANGAN BULAT :

Soal No.1

Perhatikanlah gambar berikut ini!

Garis bilangan tersebut menunjukkan bilangan. . .

A. 4

B. 5

C. −4

D. −5

 

Soal No.2

Bilangan bulat yang terletak di antara −3 dan 1 adalah . .

A. −3,−2.−1, 0, 1

B. −2,−1, 0

C. −2 dan −1

D. −2 dan 0

 

Soal No.3

−5,−4, 3,−1, 2, 7, 0, 6

Jika bilangan di atas diurutkan dari yang terkecil, maka diperoleh. . .

A. −5,−4,−3, 2, 1, 0, 6, 7

B. 0, 1, 2, 6, 7,−3,−4,−5

C. −5,−4,−3, 0, 1, 2, 6, 7

D. 0, 1, 2, 3,−4,−5, 6, 7

 

Soal No.4

Kadek menyelam sejauh 40 m di bawah permukaan laut, lalu ia turun lagi sejauh 20 m. Setelah itu, ia naik sejauh 40 m. Sekarang Kadek berada pada kedalaman . .di bawah permukaan laut

A. 80 m

B. 60 m

C. 20 m

D. 10 m

 

Soal No.5

Perhatikanlah gambar berikut ini!

Perubahan suhu yang terjadi pada gelas tersebut adalah...°C

A. 17

B. 13

C. 8

D. 3

 

Soal No.6

Lawan dari 37 adalah. . .

A. 27

B. −27

C. −37

D. +37

 

Soal No.7

21 + (−18) =. . .

A. 3

B. −3

C. 39

D. −39

 

Soal No.8

−24 − (−32) =. . .

A. 8

B. −8

C. 56

D. −56

 

Soal No.9

16 − (−8) =. . .

A. 8

B. −8

C. 24

D. −24

 

Soal No.10

−10 + (−25) =. . .

A. 35

B. −35

C. 15

D. −15

Soal No.11

Suhu di Kota A saat siang hari adalah −5°C. Pada malam hari terjadi penurunan suhu sebesar 10°. Suhu di Kota A saat malam hari adalah. . . °

A. 5

B. −5

C. −15

D. 15

 

Soal No.12

Sebuah es krim di lemari es mula-mula bersuhu −12°C. Kemudian es krim tersebut dikeluarkan dari lemari es. Suhu es krim naik 3°C setiap 2 menit. Suhu es krim setelah 6 menit adalah...°C

A. −9

B. −8

C. −3

D. 6

 

Soal No.13

9 x (−15) = ...

A. 145

B. −145

C. −135

D. 135

 

Soal No.14

(−42) : (−6) = ....

A. 7

B. −7

C. 8

D. −8

 

Soal No.15

(−20) x (−10) = ...

A. 20

B. −20

C. 200

D. −200

 

Soal No.16

Perhatikanlah gambar berikut ini!

Jarak antara kapal selam dengan penyelam adalah...m

A. 12

B. 13

C. 16

D. 18

 

Soal No.17

(12 + 4) x (−5) = ...

A. −80

B. 80

C. −240

D. 240

 

Soal No.18

6 : 2 − (−5) = ...

A. 8

B. −8

C. 42

D. −42

 

Soal No.19

Tinggi gedung 28 m di atas permukaan laut dapat dinyatakan dengan bilangan. . .

A. Min dua puluh delapan meter

B. Negatif dua puluh delapan meter

C. Positif dua puluh delapan meter

D. Munus dua puluh delapan meter

 

Soal No.20

Segelas air bersuhu 15°C. Kemudian es batu dimasukkan ke dalam gelas sehingga suhu air turun 18°C. Gelas tersebut dibiarkan di tempat terbuka dan suhu air naik rata-rata 5°C setiap 4 menit. Suhu air setelah dibiarkan di tempat terbuka selama 20 menit adalah...°C

A. 43

B. 40

C. 22

D. 18

 

1 Comments:

Niluh mengatakan...

Assalmualikum buk
Niluh andara
Hadir buk

Posting Komentar

PENILAIAN HARIAN TEMA 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 22 NOVEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaik...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea