GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 10 AGUSTUS 2023
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb
anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita
semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal
allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum
isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
TEMA 1. SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP
SUBTEMA3.AYO,SELAMATKAN MAKHLUK HIDUP
PEM BELAJARAN 3 dan 4
A. MUATAN PEMBELAJARAN
IPA KD 3.1 dan 4.1
PKn KD 3.1 dan 4.1
B.Indonesia KD 3.1 dan 4.1
B. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah mengamati dan mencari informasi peserta didik mampu mengidentifikasi cara pelestarian tumbuhan
2. Peserta didik mampu menemukan contoh pelaksanaan sila pancasila terkait peduli terhadap hewan dan tumbuhan.
3. Peserta didik mampu menemukan ide pokok dan membuat kesimpulan
RINGKASAN MATERI
ILMU PENGETAHUAN ALAM
Pelestarian
hewan dan tumbuhan merupakan usaha untuk melindungi hewan dan tumbuhan
agar tidak punah. Pelestarian hewan dan tumbuhan dilakukan agar manusia
dapat memenuhi kebutuhannya. Kelestarian hewan dan tumbuhan sangat
bermanfaat untuk kelangsungan hidup generasi manusia pada saat ini dan
masa yang akan datang.
Pelestarian tumbuhan secara garis besar dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu :
1. Pelestarian
In Situ adalah pelestarian yang dilakukan pada tempat asli tumbuhan
tersebut berada. Contoh pelestarian in situ adalah hutan lindung, dan
taman nasional. Hutan lindung merupakan kawasan yang melindungi
tumbuhan. Adapun taman nasional merupakan kawasan yang melindungi
hewan dan tumbuhan.
2. Pelestarian
ex situ adalah pelestarian yang dilakukan di luar tempat tinggal
aslinya. Hal itu dilakukan karena tumbuhan kehilangan tempat tinggal
aslinya. Selain itu, pelestarian ex situ dilakukan sebagai upaya
rehabilitasi, perawatan hewan maupun tumbuhan langka.
Selain pelestarian in situ dan ex situ, kitapun dapat menjaga kelestarian dengan usaha-usaha sebagai berikut
1. Tidak menebang pohon sembarangan
2. Melakukan tebang pilih artinya menebang dengan memilih ukuran dan usia tumbuhan.
3. Penanaman kembali tanaman yang telah dimanfaatkan atau peremajaan tanaman\
4. Pemeliharaan tanaman dengan benar
Usaha yang dilakukan pemerintah untuk menjaga kelestarian hewan dan tumbuhan langka diantanya adalah :
1. Cagar alam Sebagai tempat perlindungan dan pelestarian hewan, tumbuhan, tanah dan air
2. Hutan
lindung Sebgai tempat melindungi air / daerah resapan air karena di
hutan dengan tumbuhan yang menutupinya jika terjadi hujan maka air
akan tertahan dan diserap tanah
3. Kultur Jaringan adalah perkembangbiakan tumbuhan dengan cara memperbanyak sel tumbuh ( jaringan ) menjadi tumbuhan baru.
Keberadaan tumbuhan sangat penting bagi manusia untuk :
1. Sumber belajar guna menambah ilmu pengetahuan berharga tentang kehidupan.
2. Dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan yang berasal dari tumbuhan.
3. Menjaga keseimbangan lingkungan dan alam sekitar
4. untuk menyerap CO2 dan menghasilkan oxygen
5. Memberikan rasa indah terhadap alam ini
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Beberapa contoh lain penerapan sila-sila pancasila dalam menyayangi hewan adalah sebagai berikut :
1. Melindungi dan merawat hewan sebagai tanda syukur kepada TYME (sila pertama)
2. Memiliki kebanggan terhadap hewan-hewan asli Indonesia yang unik dan dan beragam (sila ketiga)
3. Melaksaan kewajiban dan hak kita dalam menyayagi hewan di sekitar kita (sila keempat)
Beberapa contoh lain penerapan sila-sila pancasila dalam menyayangi tumbuhan adalah sebagai berikut
1. Bersyukur kepada Tuhan atas karunia-Nya sehingga kita dapat memanfaatkan berbagai tumbuhan. (sila pertama)
2.Bangga terhadap tumbuhan langka yang ada di Indonesia ( sila ketiga)
3.Bersama-sama menjaga kelestarian tumbuhan disekitar kita (sila kedua)
BAHASA INDONESIA
Membuat simpulan berdasarkan informasi penting Teks laporan
Itu
tadi materi yang dapat kalian pelajari ya nak jika ada pertanyaan
terkait materi yang ibu guru berikan silahkan tanyakan di WA grup atau
tinggalkan komentar di blog serta kirimkan tugas di grup WA kita ya nak!
MATEMATIKA
LATIHAN SOAL BILANGAN BULAT :
Soal No.1
Perhatikanlah
gambar berikut ini!
Garis
bilangan tersebut menunjukkan bilangan. . .
A. 4
B. 5
C. −4
D. −5
Soal No.2
Bilangan
bulat yang terletak di antara −3 dan 1 adalah . .
A. −3,−2.−1,
0, 1
B. −2,−1, 0
C. −2 dan −1
D. −2 dan 0
Soal No.3
−5,−4, 3,−1,
2, 7, 0, 6
Jika
bilangan di atas diurutkan dari yang terkecil, maka diperoleh. . .
A. −5,−4,−3,
2, 1, 0, 6, 7
B. 0, 1, 2,
6, 7,−3,−4,−5
C. −5,−4,−3,
0, 1, 2, 6, 7
D. 0, 1, 2,
3,−4,−5, 6, 7
Soal No.4
Kadek
menyelam sejauh 40 m di bawah permukaan laut, lalu ia turun lagi sejauh 20 m.
Setelah itu, ia naik sejauh 40 m. Sekarang Kadek berada pada kedalaman . .di
bawah permukaan laut
A. 80 m
B. 60 m
C. 20 m
D. 10 m
Soal No.5
Perhatikanlah
gambar berikut ini!
Perubahan
suhu yang terjadi pada gelas tersebut adalah...°C
A. 17
B. 13
C. 8
D. 3
Soal No.6
Lawan dari
37 adalah. . .
A. 27
B. −27
C. −37
D. +37
Soal No.7
21 + (−18)
=. . .
A. 3
B. −3
C. 39
D. −39
Soal No.8
−24 − (−32)
=. . .
A. 8
B. −8
C. 56
D. −56
Soal No.9
16 − (−8) =.
. .
A. 8
B. −8
C. 24
D. −24
Soal No.10
−10 + (−25)
=. . .
A. 35
B. −35
C. 15
D. −15
Soal No.11
Suhu di Kota
A saat siang hari adalah −5°C. Pada malam hari terjadi penurunan suhu sebesar
10°. Suhu di Kota A saat malam hari adalah. . . °
A. 5
B. −5
C. −15
D. 15
Soal No.12
Sebuah es
krim di lemari es mula-mula bersuhu −12°C. Kemudian es krim tersebut
dikeluarkan dari lemari es. Suhu es krim naik 3°C setiap 2 menit. Suhu es krim
setelah 6 menit adalah...°C
A. −9
B. −8
C. −3
D. 6
Soal No.13
9 x (−15) =
...
A. 145
B. −145
C. −135
D. 135
Soal No.14
(−42) : (−6)
= ....
A. 7
B. −7
C. 8
D. −8
Soal No.15
(−20) x
(−10) = ...
A. 20
B. −20
C. 200
D. −200
Soal No.16
Perhatikanlah
gambar berikut ini!
Jarak antara
kapal selam dengan penyelam adalah...m
A. 12
B. 13
C. 16
D. 18
Soal No.17
(12 + 4) x
(−5) = ...
A. −80
B. 80
C. −240
D. 240
Soal No.18
6 : 2 − (−5)
= ...
A. 8
B. −8
C. 42
D. −42
Soal No.19
Tinggi
gedung 28 m di atas permukaan laut dapat dinyatakan dengan bilangan. . .
A. Min dua
puluh delapan meter
B. Negatif
dua puluh delapan meter
C. Positif
dua puluh delapan meter
D. Munus dua
puluh delapan meter
Soal No.20
Segelas air
bersuhu 15°C. Kemudian es batu dimasukkan ke dalam gelas sehingga suhu air
turun 18°C. Gelas tersebut dibiarkan di tempat terbuka dan suhu air naik
rata-rata 5°C setiap 4 menit. Suhu air setelah dibiarkan di tempat terbuka
selama 20 menit adalah...°C
A. 43
B. 40
C. 22
D. 18
1 Comments:
Assalmualikum buk
Niluh andara
Hadir buk
Posting Komentar