Pages

Selasa, 17 Januari 2023

TEMA 6 SUBTEMA 2 PB 3

 MATERI AJAR KELAS V D HARI SELASA TANGGAL 17 JANUARI 2023



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha V.D,apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

TEMA 6 SUB TEMA 2 PB 3 

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.3 dan 4.3)

MENJELASKAN  ISI TEKS MEDIA CETAK MELALUI POKOK PIKIRAN DAN MEMBUAT KESIMPULAN ISI TEKS MEDIA CETAK DARI DIAGRAM

Sebuah teks, termasuk teks media cetak, memiliki pokok pikiran di dalamnya. Pokok pikiran terdapat di dalam setiap paragraph pada teks yang disajikan. Pokok pikiran di dalam suatu paragraph terdapat kalimat pokok atau kalimat utama yang berada di awal paragraf. Dengan mengetahui pokok pikran setiap paragraph, kita dapat menjelaskan isi teks media cetak menggunakan bahasa sendiri.

Kesimpulan merupakan pendapat akhir dari suatu teks yang dibaca. Untyk membuat kesimpulan, kita harus memahami informasi penting yang terkandung di dalam teks tersebut

Informasi penting dari suatu teks dapat diurai menggunakan peta konsep atau diagram. Dengan cara menentukan pokok pikiran dan informasi penting dari setiap paragraph, menggunakan kata Tanya apa, siapa, di mana, mengapa, dan bagaimana, setelah itu baru menentukan pokok pikiran dan jawaban yang dibuat baru membuat diagram.

 

MUATAN IPS (KD 3.2 dan 4.2)

AKTIVITAS MASYARAKAT DALAM LINGKUNGAN SOSIAL

Manusia merupakan makhluk social yang tidak dapat  hidup sendiri. Manusia harus menjalin interaksi dengan lingkungan sekitar, baik lingkungan alam maupun social.Interaksi antara manusia dengan lingkungan merupakan suatu hubungan timbal balik yang salin mempengaruhi..

Contohnya masyarakat Bali memiliki ciri khas dalam pengolahan lahan pertanian disebut dengan subak. Subak merupakan sebuah organisasi masyarakat Bali yang mengatur pengairan sawah. Subak merupakan sarana pemersatu masyaraakat Bali.

Contoh interaksi pembangunan ekonomi adalah kegiatan jual beli di pasar. Bahan makanan seperti beras, jagung, dan sayur-sayuran diproduksi oleh para petani. Pedagang berperan sebagai penyalur barang produksi yang dibutuhkan oleh pembeli. Di pasar akan terjadi transaksi jual b eli antara pedagang dan pembeli.

 

MUATAN  PPKN (KD 3.2 dan 4.2)

KEWAJIBAN, TANGGUNG JAWAB, dan  HAK WARGA MASYARAKAT

Pengertian nya adalah :

1.       Kewajiban adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh sesorang. Contohnya kewajiban belajar bagi nsiswa, menjaga kelestraian laut bagin nelayan dan wisatawan.

2.       Tanggung jawab adalah sikap menyadari dan siap melaksanakan tugas dan kewajibanyang dimilik. Contohnya mengerjakan tugas dari sekolah , mengatur waktu menangkap ikan bgi nelayan.

3.       Hak adalah segala sesuatu yang diperoleh manusia sejak lahir dan penggunaannya tergantung pada peran yang dimilik. Contonya hak mendapatkan pelajaran baginsiswa, hak menangkap ikan bagi nelayan.

Berikut contoh pelaksanaan kewajiban, tanggung jawab dan hak dalam kehidupan sehari-hari :

1.       Pelaksanaan kewajiaban : menjaga kebersuhan lingkungan sekitar, mematuhi aturan lalu lintas di jalan, mematuhi tata tertib di sekolah.

2.       Pelaksanaan tanggung jawab : merapikan mainan setelah digunakan, mencuci kaki setelah bermain, mengumpulkan tugas sekolah tepat waktu

3.       Pelaksanaan hak : beribadah sesuai agama dengan tenang, belajaar di sekolah saat jam pelajaran, menghirup udara segar setiap pagi.

Terimakasih anak Sholeh/Sholeha Bu Guru serta Bunda2 sholeha yang dengan sabar dan setia membimbing sholeh/sholeha bu Guru..tetap semangat dan jaga kesehatan.

Wassalamualaikum.wr.wb.

KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR HARI SENIN TENTANG CARA PERPINDAHAN PANAS :

KELAS V D :




 

 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...