Pages

Selasa, 18 Oktober 2022

TEMA 4 SUBTEMA 2 PB 4

MATERI AJAR KELAS V D HARI SELASA TANGGAL 18 OKTOBER 2022



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha V.D,apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

Tema            4             : Sehat Itu Penting

Sub Tema   2               : Gangguan Kesehatan Pada Organ Peredaran Darah

Muatan Terpadu         : Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3.2, 4.2), PKn (KD 3.2, 4.2)

Pembelajaran               : 4

A. APERSEPSI (10 MENIT)

Pada hari ini kita akan belajar tentang Tema 4 Subtema 2 pembelajaran 4, tapi sebelum Bu Guru akan melakukan apersepsi berupa tanya jawab tentang materi Tema , yanag mana  kemarin kita sudah belajar tentang mateei tema 4 subteman12pembelajaran 3. Setelah itu Guru menyimpulkan jawaban-jawaban yang telah diberika oleh peserta didik.

B. KEGIATAN INTI ( 175 MENIT )

PPkN ( KD : 3.2, 4.2 )

Tanggung jawab sebagai warga masyarakat dalam pengambilan keputusan

Setiap manusia tidak bisa hidup sendiri, selalu bergantung dengan keberadaan manusia lainnya. Sehingga antarindividu harus melakukan komunikasi demi kesepakatan bersama. Sebagai makhluk sosial, manusia merupakan anggota masyarakat yang memiliki tanggung jawab kepada anggota masyarakat lainnya untuk melamgsungkan hidupnya di dalam masyarakat.

Tanggung jawab sebagai masyarakt tersebut harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat. berikut jenis-jenis tanggung jawab sebagai warga masyarakat:

1. Memelihara rasa persatuan dan kesatuan.

Karena terdiri dari berbagai individu, tentu banyak perbedaan di dalamnya. Sebagai anggota masyarakat yang bertanggung jawab, tidak menjadikan perbedaan tersebut menjadi suatu perpecahan. Kita harus tetap memelihara serta menjaga persatuan dan kesatuan di masyarakat. Prinsip-prinsip dasar untuk menjaga persatuan dan kesatuan masyarakat adalah: Menciptakan lingkungan hidup yang seimbang dan selaras.

2. Saling mengasihi dan membina antar individu.

Tidak membuat perbedaan menjadi perpecahan, tetapi fokus pada tujuan yang sama Contoh perilaku memelihara rasa persatuan dak kesatuan masyarakat, yaitu: Rukun tetangga harus terus dilakukan Menyelesaikan permasalahan secara musyawarah dan mufakat bersama-sama.

3. Mengadakan bakti sosial di lingkungan masyarakat.

Menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar Tidak membedakan suku, ras, dan agama dalam bergaul di masyarakat Memelihara ketertiban dan keamanan bermasyarakat Ketertiban dan keamanan di tengah masyarakat menjadi tanggung jawab setiap individu. Ketertiban dan keamanan di masyarakat daopat dilakukan dengan membuat aturan yang bisa dipahami dan dipatuhi ileh semua anggota masyarakat tersebut. Contohnya, membuat jadwal ronda malam yang dilakukan secara bergilir oleh anggota masyarakat. Jadwal dan aturan jam ronda malam harus menjadi tanggung jawab individu yang kebagian, sehingga harus dilaksanakan tujuan dan budaya antarwarga dalam masyarakat sama. Dengan kepentingan yang sama ini, setiap warga sebaiknya memperkuat hubungan antarwarga dengan mengesampingkan perbedaan yang ada.

4. Sikap solidaritas

Sikap solidaritas tersebut akan membuat setiap warga bisa menerima perbedaan yang ada, karena dapat saling bergaul dan memaklumi perbedaan yang ada. Solidaritas harus terus ditingkatkan di masyarakat, salah satunya dengan mengutamakan kepentingan bersama dibandingkan kepentingan pribadi. Contoh sikap solidaritas, yaitu saling membantu, peduli satu sama lain, kerja sama, serta berpartisipasi dalam membangun wilayah secara bersama-sama. Kegiatan gotong royong tentu menjadi kegiatan nyata untuk menciptakan solidaritas antarwarga. Bentuk kerja sama tidak hanya dilakukan di pedesaan, melainkan juga daerah perkotaan.

 

IPS ( KD : 3.2 dan 4.2

Interaksi dalam Bidang Pendidikan

4 macam interaksi dalam bidang pendidikan yaitu :

1. interaksi siswa dengan siswa. misalnya dedi dan jonas bediskusi materi pelajaran yg di sampaikan oleh guru

2. interaksi siswa dengan guru. misalnya guru menjawab pertanyaan yg diajukan oleh siswa

3. interaksi siswa dengan sumber belajar. wujud interaksi antara siswa dan sumber pelajar dapat bermacam-macam

4. interaksi siswa dengan lingkungan. misalnya siswa SD mentari melakukan karyawisata ke pantai, dan lain-lain

Contoh interaksi dalam bidang pendidikan :

 

upaya pembangunan di bidang sosial budaya dapat dilakukan melaluipendidikan, baik pendidikan formal maupun informal.

 Melalui pendidikan,maka akan tercapai kesejahteraan masyarakat.

 Berikut contoh aktivitasmasyarakat dalam upaya pembangunan sosial budaya :

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan oleh pemerintah.

2) Mengikuti pelatihan keterampilan seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.

3) Turut serta dalam organisasi masyarakat.

 Contoh aktivitas masyarakat dalam upaya pembangunan socialbudaya melalui pendidikan.

1) Mengikuti wajib belajar 9 tahun yang telah dicanangkan olehpemerintah.

2) Mengikuti pelatihan keterampilan, seperti menjahit, membatik, danmembuat karya kerajinan lainnya.

 

Bahasa Indonesia ( KD : 3.6 dan 4.6 )

Isi (makna) dan amanat pantun berdasarkan usia

Berdasarkan usia, pantun dibedakan menjadi pantun anak anak, pantun orang muda, dan pantun orang tua.

Contoh pantun anak anak :

Pergi ke warung membeli Koran

Sekalian membeli benang

Ayo bermain kejar kejaran

Badan sehat hati senang

Isi (makna) pantun : bermain kejar kejaran membuat badan sehat dan hati senang.

Amanat pantun : Anak anak sebaiknya bermain agar hati senang.

 Contoh Pantun Orang Muda :

Mengangkat batu setinggi bahu

Batu diangkat berat rasanya

Jikalah boleh aku tahu

Baju biru siapa namanya ?

Isi (makna) pantun : Keinginan seseorang untuk berkenalan.

Amanat pantun : Saat berkenalan, sebaiknya dilakukan dengan santun

Pantun di atas memiliki ciri-ciri :

1.    1.Bersajak a-b-a-b

2.    2. Satu bait terdiri dari atas empat baris

3.    3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata

4.    4. Terdiri atas sampiran dan isi 

C. KEGIATAN PENUTUP

 Setelah ananda mempelajari materi yang sudah Bu Guru jelaskan ini dan membaca materi yang sudah Bu Guru sampaikan apakah ananda sudah memahaminya. Kalau sudah Bu Guru akan memberikan evalauasi tentang materi yang sudah guru sampaikan dan menilai hasil tugas siswa, seandainya masih ada para ananda yang masih belum paham dengan materi ini, ananda silahkan bertanya di kolom komentar blog dan nanti pas pertemuan tatap muka Bu Guru jelaskan kembali.

TUGAS LATIHAN :

Masing-masing peserta didik menjelaskan ciri-ciri pantun , bagian-bagian pantun  dan meentukan isi dan amanat pantun yang dibuat dan dibacakan oleh peserta didik di depan kelas!

Tetep jaga kesehatan, shalat 5 waktu dan selalu semangat 😊

Wassalamualaikum.wr.wb.

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...