Pages

Senin, 03 Oktober 2022

TEMA 4 SUBTEMA 1 PB 3 DAN 4

MATERI AJAR KELAS V D HARI SENIN TANGGAL 03 OKTOBER 2022



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha V.D,apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

Tema            4             : Sehat Itu Penting

Sub Tema   1               : Peredaran Darahku Sehat

Muatan Terpadu            : Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3.2, 4.2), PKn (KD 3.2, 4.2)

Pembelajaran                    :  3 dan 4

TUJUAN PEMBELAJARAN :

  1. Dengan kegiatan menjawab pertanyaan, peserta didik dapat menjelaskan pengertian hak, kewajiban, dan tanggung jawab secara tepat.
  2. Dengan kegiatan mengamati lingkungan sekitar, peserta didik dapat menjelaskan pengertian interaksi sosial dengan benar.
  3. Dengan kegiatan mencari tahu tentang pantun nasihat dapat menjelaskan jenis-jenis pantun, makna pantun, bagian-bagian pantun, dan ciri-ciri pantun dengan benar.
  4. Dengan kegiatan mencari tahu tentang pantun, peserta didik dapat membuat pantun yang mengandung nasihat dan menuliskan maknanya secara tepat

A. APERSEPSI (10 MENIT)

Pada hari ini kita akan belajar tentang Tema 4 Subtema 1 pembelajaran 3 dan 4, tapi sebelum Bu Guru akan melakukan apersepsi berupa tanya jawab tentang materi Tema , yanag mana  kemarin kita sudah belajar tentang mateei tema 4 subteman1 pembelajaran 1 dan 2. Setelah itu Guru menyimpulkan jawaban-jawaban yang telah diberika oleh peserta didik.

B. KEGIATAN INTI (135 MENIT)

 

Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6)

 

Menjelaskan Jenis Pantun Berdasarkan Usia 

 Berdasarkan usia, pantun digolongkan menjadi 3 jenis yaiyu :

1. Pantun anak-anak

    Pantun anak-anak berisi tentang pengalaman atau kehidupan masa kanak-kanak yang riang dan suka bermain.

 2. Pantun orang muda

     Pantun orang muda berisi tentang kehidupan masa muda. Biasanya berkaitan dengan perkenalan seseorang, perasaan kasih sayang dan perjuangan meraih cita-cita.

 3. Pantun orang tua

     Pantun yang disajikan dalam sebuah prosesi pernikahan termasuk jenis pantun tua. Pantun tua adalah pantun yang berhubungan dengan orang tua. Biasanya, pantun tua berisi tentang adat, budaya, agama, dan nasihat. Karena pantun tersebut disajikan dalam prosesi pernikahan yang merupakan adat dan budaya suatu daerah, pantun tersebut berjenis pantun tua.

 

IPS (KD 3.2, 4.2)

 

Pengertian Interaksi Sosial

 

 

Interaksi sosial merupakan dasar bagi semua aktivitas manusia yang berhubungan dengan orang lain. Proses interaksi tidak dapat dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Proses interaksi ini dapat terjadi apabila ada pertemuan dua orang atau lebih. Selain itu, interaksi terjadi karena adanya kepentingan pemenuhan kebutuhan masyarakat di berbagai bidang seperti berikut:

a.    Bidang ekonomi: Interaksi dalam ekonomi dapat kita jumpai di pasar atau tempat perbelanjaan, di tempat terjadinya proses interaksi ekonomi. Semua produk jasa juga termasuk dalam interaksi ekonomi. Secara umum, interaksi ekonomi ditandai dengan adanya hubungan antara dua individu atau antara individu dengan lembaga yang menggunakan proses transaksi uang.

b.    Bidang politik, Jenis kepentingan ini digunakan oleh para anggota pemerintahan dan anggota partai politik untuk menjalankan kekuasaan negara. Di dalam kepentingan politik, terdapat juga kepentingan keamanan danpertahanan. Kepentin gan ini, secara umum ditandai dengan adanya proses transaksi politis dan kesepakatan untuk menjalankan negara

c.    Bidang sosial dan budaya; Dalam kepentingan sosial, seseorang selalu ingin mendapatkan tempat atau kedudukan dalam masyarakat. Kepentingan ini akan menimbulkan in teraksi dalam masyarakat karena kedudukan seseorang ditentukan oleh pengakuan masyarakat sekitarnya. Jadi, mencari kedudukan tanpa pengakuan masyarakat sangat tidak mungkin terjadi. Kepentingan bidang budaya berkaitan dengan pola-pola perilaku, bahasa, organisasi sosial, religi, dan seni yang telah menjadi kebiasaan turun-temurun dari leluhur. Warga masyarakat yang saling berinteraksi tidak menutup kemungkinan akan ikut berinteraksi pula dalam bidang budaya sehingga terjadi pengaruh bu daya yang satu ke budaya yang lain.

d.   Bidang moral; Kepentingan moral, berarti kepentingan yang berangkat dari keprihatinan akan rendahnya situasi moralitas masyarakat di wilayah tertentu . Contoh kepentingan moral, yaitu siar agama, pelatihan keterampilan masyarakat, dan pembinaan masya- rakat oleh pemerintah. Tujuannya, agar kesadaran masyarakat di wilayah tersebut timbul untuk maju bersama dengan masyarakat di wilayah lain dalam membangun bangsa.

 

Interaksi sosial adalah suatu hubungan antarsesama manusiayahg saling memengaruhi satu sama lain baik dalam hubungan antaraindividu, antarkelompok, maupun antarindividu dan kelompok.Proses interaksi sosial apabila terpenuhi dua syarat yatu: kontak sosial (kontak langsung) dan komunikasi

Interaksi antarwarga masyarakat dapat meningkatkan pembangunan di segala bidang. Dalam bidang budaya, masyarakat dapat mengenal budaya daerah yang satu dengan budaya daerah yang lain sehingga memperkaya wawasan nusantara dan kebudayaan nasional. Dalam bidang sosial, dengan interaksi masyarakat dapat memenuhi kodratnya sebagai makhluk sosial, yaitu dalam kegiatan tertentu, manusia membutuhkan manusia lain untuk memenuhi hidupnya. Dalam kegiatan ekonomi, masyarakat dapat bekerja sama untuk meningkatkan taraf hidupnya sehingga tercapai kesejahteraan sosial

Interaksi antarwarga masyarakat terjadi karena beberapa faktor seperti berikut.

a.    Perbedaan Kandungan Sumber Daya Alam pada Setiap Daerah. Daerah dengan kandungan sumber daya alam cukup tinggi ,akan dapat memproduksi barang -barang tertentu dengan biaya relatif murah dibandingkan dengan daerah lain yang memiliki kandungan sumber daya alam lebih rendah

b.    Perbedaan Kondisi Demografis (perbedaan tingkat pertumbuhan dan stuktur kepen- dudukan, perbedaan tingkatpendidikan dan kesehatan, perbedaan kondisi ketenagaker- jaan, dan perbedaan dalam tingkah laku dan kebiasaan, serta etos kerja yang dimiliki masyarakat daerah bersangkutan). Daerah dengan kondisi demografis yang baik akan cen-derung memiliki produktivitas kerja yang lebih tinggi. Hal tersebut akan mendorong peningkatan investasi yang selanjutnya akan meningkatkan penyediaan lapangan kerja dan pertumbuhan ekonomi daerah bersangkutan.

c.    Kurang Lancarnya Mobilitas Barang dan Jasa. Apabila mobilitas tersebut kurang lancar maka kelebihan produksi suatu daerah tidak dapat dijual kedaerah lain yang membu- tuhkan. Demikian pula halnya migrasi yang kurang lancar menyebabkan kelebihan tena- ga kerja suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lain yang sangat membu- tuhkannya. Akibatnya,ketimpangan pembangunan antar wilayah akan cenderung tinggi karena kelebihan suatu daerah tidak dapat dimanfaatkan oleh daerah lain yang membu- tuhkannya sehingga daerah terbelakang sulit mendorong proses pembangunanya.

d.   Konsentrasi Kegiatan Ekonomi Daerah/Wilayah. Pertumbuhan ekonomi daerah akan cenderung lebih cepat pada daerah dengan konsentrasi kegiatan ekonomi yang cukup besar.

e.    Alokasi Dana Pembangunan Antardaerah/Wilayah. Jika sistem pemerintahan yang dianut adalah otonomi atau federal, maka dana pemerintah akan lebih b anyak dialokasikan ke daerah sehingga ketimpangan pendapatan akan cenderung rendah.

 Video tentang interaksi sosial di bawah ini :





PKn (KD 3.2, 4.2)

Hak dan kewajiban bersifat kodrati, yaknimelekat bersama kelahiran manusia. Hak dan kewajiban tersebut harus dilaksanakan sec ara bertanggung jawab oleh pihak yang bersangkutan. Orang yang tidak melaksa- nakan hak dan kewajibannya dapat dikatakan sebagai orang yang tidak bertanggung jawab. Jadi, ketiganya mempunyai hubungan yang erat

Bentuk hak warga masyarakat seperti berikut.

a.    Mendapatkan perlindungan hukum.

b.    Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak.

c.    Menikmati lingkungan bersih.

d.   Hidup tenang dan damai.

e.    Bebas memilih, memeluk, dan menjalankan agama.

f.     Berpendapat dan berorganisasi.

g.    Mengembangkan kebudayaan daerah.

Bentuk kewajiban warga masyarakat seperti berikut.

a.    Mematuhi aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat.

b.    Menjaga ketenangan dan ketertiban lingkungan masyarakat.

c.    Mengikuti kegiatan yang ada di lingkungan RT , RW, atau Desa setempat, misalnya kegiatan kerja bakti,

d.   gotong royong, dan musyawarah warga masyarakat setempat.

e.    Menghormati tetangga di lingkungan tempat tinggal.

f.     Membantu tetangga yang terkena musibah.

g.    Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.

 

C. KEGIATAN PENUTUP

 Setelah ananda mempelajari materi yang sudah Bu Guru jelaskan ini dan membaca materi yang sudah Bu Guru sampaikan apakah ananda sudah memahaminya. Kalau sudah Bu Guru akan memberikan evalauasi tentang materi yang sudah guru sampaikan dan menilai hasil tugas siswa, seandainya masih ada para ananda yang masih belum paham dengan materi ini, ananda silahkan bertanya di kolom komentar blog dan nanti pas pertemuan tatap muka Bu Guru jelaskan kembali.

Tugas Latihan :

 

1.  Salah satu upaya menciptakan lingkungan sehat adalah …
A. mengotori tembok dengan tanah
B. membuang sampah ke sungai
C. kerja bakti
D. tidak menggosok gigi
2. Sesuatu yang mutlak menjadi milik kita disebut …
A. kejujuran
B. hak
C. kewajiban
D. tanggung jawab

3. Pantun biasanya terdiri dari … baris
Kata yang tepat melengkapi bagian titik-titik adalah ...
A. enam
B. empat
C. tiga
D. lima


4. Salah satu cara yang tepat untuk menyampaikan nasihat adalah …
A. dongeng
B. bercerita
C. syair
D. pantun

5. Dua baris dalam setiap bait pantun adalah …
A. sampiran
B. penutup
C. isi
D. pembuka

Kerjakan dengan teliti !

Tetep jaga kesehatan, shalat 5 waktu dan selalu semangat 😊

Wassalamualaikum.wr.wb.

 

2 komentar:

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...