Selasa, 04 Februari 2020

By elfida fida - Februari 04, 2020
MATERI AJAR UNTUK HARI RABU TANGGAL 05 FEBRUARI 2020

MUATAN BAHASA INDONESIA TENTANG MEMBANDINGKAN PERKIRAAN INFORMASI SEBELUM DAN SESUDAH MEMBACA TEKS

Berikut adalah macam-macam manfaat dari melakukan perbandingan informasi pada saat sebelum dan sesudah membaca teks.

1. Melakukan pemahaman dari ebuah informasi dengan menjadi lebih detail
Akan mendapatkan sebuah pembenaran
2. Akan melakukan penambahan dari rasa keyakinan dan juga rasa bijak
3. Melakukan peningkatan dari kehati-hatian dari penerimaan sebuah informasi
4. Akan menjadi sebuah bentar dari narasumber yang dapat terpercaya bagi orang lainnya

Pembahasan  
Membaca merupakan sebuah bentk dari aktivitas yang digunakan untuk mendapatkan sebuh informasi dengan cara menggunakan sebauh indera penglihatan dari seuatu hal yang dapat dibaca. Kemudian, bmembaca tersebut tidaklah harus berdasarkan sebuah tulisan, akan tetapi termasuk pula mengamati terhadap situasi yang ada akan disebut sebagai membaca keadaan. 

MUATAN PPKN TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN PELAJAR SEBAGAI BAGIAN DARI WARGA NEGARA INDONESIA

Hak adalah segala sesuatu yang dapat diambil ataupun tidak oleh individu sebagai anggota warga sekolah. Kewajiban pada umumnya mengarah pada suatu keharusan/kewajiban bagi individu dalam melaksanakan peran sebagai anggota warga sekolah guna mendapat pengakuan akan hak yang sesuai dengan pelaksanaan kewajiban tersebut.
Hak dan kewajiban merupakan suatu hal yang terikat satu sama lain, sehingga dalam praktik harus dijalankan dengan seimbang. Jika hak dan kewajiban tidak berjalan secara seimbang, maka akan terjadi suatu ketimpangan dalam pelaksanaan kehidupan individu. Kewajiban dipenuhi terlebih dahulu, baru kemudian menuntut hak kita.

Kewajiban Seorang Pelajar di Sekolah:
  1. Menghormati guru
  2. Membantu pekerjaan guru
  3. Menjaga kebersihan dan keindahan sekolah
  4. Belajar yang rajin
  5. Selalu mengerjakan tugas sekolah
  6. Mengikuti seluruh kegiatan sekolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku
  7. Meninggalkan lingkungan sekolah segera setelah kegiatan yang diikutinya berakhir
  8. Mewujudkan dan memelihara ketertiban, keamanan, keindahan, kekeluargaan dan kerindangan
  9. Hadir di sekolah sebelum bel sekolah dibunyikan.
  10. Memberi keterangan izin/sakit/berhalangan yang sah (dari orang tua/wali/dokter/polisi) pada saat tidak masuk sekolah.
  11. Siswa wajib mengikuti Upacara Bendera dan apel
  12. Siswa wajib memelihara seluruh fasilitas yang ada di lingkungan sekolah
  13. Menyiapkan, menggunakan dan memelihara seluruh peralatan dan perlengkapan belajar mengajar
  14. Mematuhi berbagai ketentuan khusus yang mengatur pengunaan fasilitas di lingkungan sekolah
  15. Siswa wajib menggunakan pakaian sesuai dengan jadwal dan ketentuan yang telah ditetapkan
  16. Rambut harus rapi, tidak dicat dan tidak mengganggu belajar (untuk siswa putra tidak melebihi kerah kemeja, alis mata dan telinga
  17. Siswa wajib membawa alat -alat belajar (buku paket, buku catatan, buku tugas, dan alat- alat tulis)
Hak Seorang Pelajar di Sekolah:
  1. Menggunakan fasilitas pembelajaran sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.
  2. Mendapatkan penghargaan berupa piagam penghargaan atas prestasi yang dicapai.
  3. Mendapatkan porsi pengembangan sesuai potensi yang dimiliki.
  4. Memperoleh bimbingan dan konsultasi secara optimal dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapinya.
  5. Mendapatkan perlindungan selama berada di lingkungan sekolah pada jam belajar dan penugasan.
  6. Mendapatkan laporan dan umpan balik hasil proses pendidikan yang diikutinya
  7. Mendapatkan pendidikan dan pengajaran
  8. Mendapatkan pendidikan dan bimbingan dari guru
  9. Mendapatkan perlindungan dan keamanan
  10. Menggunakan fasilitas sekolah: kelas, laboratorium, perpustakaan dll

MUATAN IPS TENTANG KERJA SAMA ASEAN DALAM BIDANG EKONOMI DAN POLITIK

Kerja sama ASEAN di Bidang Ekonomi
Perlu kita ketahui, semenjak ASEAN didirikan, kerjasama pada bidang ekonomi yang terjalin diantara negara-negara anggota maupun negara bukan anggota sudah berjalan dengan baik. Adapun bentuk-bentuk kerjasama ASEAN dalam bidang ekonomi adalah sebagai berikut.
1. Pembukaan pusat promosi ASEAN
Mendengar kata promosi, kita sering mengkaitkan dengan hal-hal yang menarik agar orang lain tertarik dengan apa yang sedang dipromosikan. Begitu juga ASEAN. Meskipun ASEAN sudah dikenal oleh berbagai negara-negara di dunia melalui PBB, ASEAN tetap perlu mempromosikan dirinya pada dunia luar. Promosi yang dilakukan oleh ASEAN meliputi sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi. Pembukaan pusat promosi ASEAN dilakukan di negara Jepang yang merupakan negara yang mempunyai perkembangan cepat dalam berbagai sektor. Pembukaan pusat promosi di Jepang mempunyai tujuan untuk melakukan peningkatan kegiatan ekspor dari negara-negara ASEAN ke Jepang dan juga meningkatkan jumlah investor Jepang bagi negara-negara ASEAN.
2. Penyediaan Cadangan Pangan
Seperti yang telah kita ketahui, beberapa negara anggota ASEAN seperti Thailand, Indonesia, dan Kamboja dikenal sebagai lumbung padi ASEAN. Sampai sekarang ini, negara-negara tersebut konsinten dalam penyediaan cadangan pangan bagi negara-negara anggota ASEAN. Bentuk kerjasama dalam penyediaan cadangan pangan tidak hanya dilakukan untuk kerjasama yang saling menguntungkan, tetapi juga dalam keadaan yang darurat. Misalnya ketika negara salah satu negara ASEAN sedang mengalami krisis pangan karena bencana, maka negara lain siap mensuplai cadangan pangan untuk negara tersebut. Beberapa negara anggota ASEAN yang telah mempersiapkan diri untuk menjadi penyedia cadangan pangan untuk keadaan darurat adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Singapura.
3. Penyelanggaraan Proyek Industri
Dalam menjalin kerjasamanya di bidang ekonomi, negara-negara anggota ASEAN secara bersama-sama melebarkan sayap kerjasamanya dalam sektor industri. Sektor industri yang dinaungi oleh negara-negara ASEAN sangat beragam. Semua bentuk kerjasama dalam proyek industri ini dilakukan untuk kemajuan bersama negara-negara anggota ASEAN. Beberapa proyek industri yang dilakukan oleh ASEAN meliputi industri pupuk, tembaga, vaksin, dan abu soda. Adapun beberapa proyek industrinya adalah sebagai berikut:
  • ASEAN Aceh Fertilizer Project yang merupakan pabrik pupuk di Aceh-Indonesia.
  • ASEAN Urea Project yang merupakan pabrik pupuk di Malaysia.
  • ASEAN Copper Fabrication Project yang merupakan pabrik industri tembaga di Filipina.
  • ASEAN Vaccine Project yang memproduksi vaksin di Singapura.
  • Rock Salt Soda Ash Project yang memproduksi abu soda di Thailand.
4. Kawasan Perdagangan Bebas
Kawasan perdagangan Bebas ASEAN atau yang biasa disebut dengan AFTA (ASEAN Free Trade Area) merupakan bentuk kerjasama negara-negara ASEAN di bidang ekonomi yang merupakan suatu persetujuan dalam pengelolaan sektor produksi-produksi lokal yang ada di seluruh negara-negara ASEAN tanpa terkecuali. Keberadaan AFTA guna meningkatkan daya saing negara-negara ASEAN dalam melakukan produksi untuk pasar dunia dengan adanya penghapusan bea dalam ASEAN itu sendiri. Selain itu, dengan adanya AFTA dapat meningkatkan investasi oleh pihak asing secara langung untuk negara-negara ASEAN.
5. Koperasi ASEAN
Koperasi ASEAN atau ASEAN Cooperative Organization (ACO) merupakan salah satu bentuk kerjasama negara-negara ASEAN dalam bidang ekonomi. Oganisasi ini merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang koperasi untuk meningkatkan kesejahteraan negara-negara ASEAN. Dalam tujuannya, koperasi ASEAN mempunyai keinginan untuk mengkokokah organisasinya sebagai sebuah gerakan koperasi yang menopang perekonomian di Asia Tenggara.
Kerja sama ASEAN di Bidang Politik
Kerjasama negara-negara ASEAN juga dilakukan dalam bidang politik. Kerjasama yang dilakukan dalam bidang politik didasarkan pada sistem hukum internasional agar kerjasama yang terjalin tidak menimbulkan penyebab sengketa internasional karena adanya perbedaan sistem politik di berbagai negara. Adapun bentuk kerjasama ASEAN di bidang politik adalah sebagai berikut.
1. Defense Ministers Meeting
ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) adalah bentuk kerjsama di bidang politik negara-negara ASEAN yang merupakan pertemuan rutin diantara menteri keamanan yang ada di negara-negara anggota ASEAN. Pertemuan ini diadakan untuk membahas mengenai kerjasama dan diplomasi politik dalam bidang pertahanan dan keamanan negara ASEAN.
2. Pengiriman Duta dan Konsulat
Sebagai negara-negara yang menjaling hubungan secara internasional, perlu adanya pengiriman duta dan konsulat sebagai wakil negara di negara-negara ASEAN. Keberadaan duta dan konsulat diperlukan untuk mewakili negara asal duta dan konsulat tersebut dalam berdiskusi dan menjalankan peran sertanya dalam stabilitas politik di ASEAN. Pengiriman duta dan konsulat merupakan hal yang rutin untuk dilakukan agar wakil negara selalu ada dalam menajalankan fungsi dan perannya sebagai bagian dari ASEAN.
3. Perjanjian Ekstradisi ASEAN
Perjanjian ekstradisi negara ASEAN merupakan bentuk kerjasama bidang politik dalam menangani tersangka kejahatan yang melarikan diri ke kawasan negara-negara di ASEAN. Melalui adanya perjanjian ekstradisi, negara-negara di ASEAN dapat melakukan kerjasama untuk mengembalikan tersangka ke negara asalnya untuk menjaga stabilitas politik di negara-negara ASEAN.
4. Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir
Perjanjian kawasan bebas nuklir merupakan kerjasama negara-negara ASEAN di bidang politik mengenai pelarangan senjata nuklir di negara ASEAN. Dalam perjanjian ini melarang keras adanya perancangan dan pembuatan senjata nuklir di ASEAN.
5. Perjanjian Kawasan Damai, Bebas, dan Netral
Perjanjian kawasan damai, bebas, dan netral merupakan kerjasama negara-negara di ASEAN untuk menjaga masing-masing negara agar tetap damai. Kata bebas dalam perjanjian ini mempunyai makna bahwa setiap negara-negara ASEAN mempunyai hak untuk melakukan sesuatu secara bebas namun tidak melanggar perjanjian atau ketentuan-ketentuan yang sudah menjadi kesepatakan dalam ASEAN. Kata netral berarti negara-negara ASEAN tidak ikut campur atau mengintervensi konflik yang terjadi di negara-negara lain, termasuk di negara ASEAN sendiri.
MUATAN IPA TENTANG MENGIDENTIFIKASI REVOLUSI BUMI DAN PENGARUHNYA

Pengertian Revolusi Bumi



Revolusi Bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari. Revolusi bumi merupakan akibat tarik menarik antara gaya gravitasi matahari dengan gaya gravitasi bumi, selain perputaran bumi pada porosnya atau disebut rotasi bumi.

Kala revolusi bumi dalam satu kali mengelilingi matahari adalah 365¼ hari. Bumi berevolusi tidak tegak lurus terhadap bidang ekliptika melainkan miring dengan arah yang sama membentuk sudut 23,50 terhadap matahari, sudut ini diukur dari garis imajiner yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan yang disebut dengan sumbu rotasi.

Pengaruh Revolusi Bumi

1. Perbedaan Lama Siang dan Malam
Kombinasi antara revolusi bumi serta kemiringan sumbu bumi terhadap bidang ekliptika menimbulkan beberapa gejala alam yang diamati berulang setiap tahunnya.

Antara tanggal 21 Maret s.d 23 September
- Kutub utara mendekati matahari, sedangkan kutub selatan menjauhi matahari.
- Belahan bumi utara menerima sinar matahari lebih banyak daripada belahan bumi selatan.
- Panjang siang dibelahan bumi utara lebih lama daripada dibelahan bumi selatan.
- Ada daerah disekitar kutub utara yang mengalami siang 24 jam dan ada daerah disekitar kutub selatan yang mengalami malam 24 jam.
- Diamati dari khatulistiwa, matahari tampak bergeser ke utara.
- Kutub utara paling dekat ke matahari pada tanggal 21 juni. Pada saat ini pengamat di khatulistiwa melihat matahari bergeser 23,5o ke utara.

Antara tanggal 23 September s.d 21 Maret
- Kutub selatan lebih dekat mendekati matahari, sedangkan kutub utara lebih menjauhi matahari.
- Belahan bumi selatan menerima sinar matahari lebih banyak daripada belahan bumi utara.
- Panjang siang dibelahan bumi selatan lebih lama daripada belahan bumi utara.
- Ada daerah di sekitar kutub utara yang mengalami malam 24 jam dan ada daerah di sekitar kutub selatan mengalami siang 24 jam.
- Diamati dari khatulistiwa, matahari tampak bergeser ke selatan.
- Kutub selatan berada pada posisi paling dekat dengan matahari pada tanggal 22 Desember. Pada saat ini pengamat di khatulistiwa melihat matahari bergeser 23,5o ke selatan.

Pada tanggal 21 Maret dan 23 Desember
- Kutub utara dan kutub selatan berjarak sama ke matahari.
- Belahan bumi utara dan belahan bumi selatan menerima sinar matahari sama banyaknya.
- Panjang siang dan malam sama diseluruh belahan bumi.
- Di daerah khatulistiwa matahahari tampak melintas tepat di atas kepala.

2. Gerak Semu Tahunan Matahari
Pergeseran posisi matahari ke arah belahan bumi utara (22 Desember – 21 Juni) dan pergeseran posisi matahari dari belahan bumi utara ke belahan bumi selatan (21 Juni – 21 Desember ) disebut gerak semu harian matahari. Disebut demikian karena sebenarnya matahari tidak bergerak. Gerak itu akibat revolusi bumi dengan sumbu rotasi yang miring.

3. Perubahan Musim
Belahan bumi utara dan selatan mengalami empat musim. Empat musim itu adalah musim semi, musim panas, musim gugur,, dan musim dingin. Berikut ini adalah tabel musim pad waktu dan daerah tertentu di belahan bumi

Musim-musim dibelah bumi utara
Musim semi : 21 Maret – 21 Juni
Musim panas : 21 Juni – 23 September
Musim gugur : 23 September – 22 Desember
Musim Dingin : 22 Desember – 21 Maret

Musim-musim dibelah bumi selatan
Musim semi : 23 September – 22 Desember
Musim panas : 22 Desember – 21 Maret
Musim gugur : 21 Maret – 22 Juni
Musim Dingin : 21 Juni – 23 September

4. Perubahan Kenampakan Rasi Bintang
Rasi bintang adalah susunan bintang-bintang yang tampak dari bumi membentuk pola-pola tertentu. Bintang-bintang membentuk sebuah rasi sebenarnya tidak berada pada lokasi yang berdekatan. Karena letak bintang-bintang itu sangat jauh, maka ketika diamati dari bumi seolah-olah tampak berdekatan. Rasi bintang yang kita kenal antara lain Aquarius, Pisces, Gemini, Scorpio, Leo, dan lain-lain
Ketika bumi berada disebelah timur matahari, kita hanya dapat melihat bintang-bintang yang berada di sebelah timur matahari. Ketika bumi berada di sebelah utara matahari, kita hanya dapat melihat bintang-bintang yang berada di sebelah utara matahari. Akibat adanya revolusi bumi, bintang-bintang yang nampak dari bumi selalu berubah.

5. Kalender Masehi
Lama waktu dalam setahun adalah 365 hari. Untuk menampung kelebihan ¼ hari pada tiap tahun maka lamanya satu tahun diperpanjang 1 hari menjadi 366 hari pada setiap empat tahun. Satu hari tersebut ditambahkan pada bulan februari. Tahun yang lebih panjang sehari ini disebut tahun kabisat. Untuk mempermudah mengingat, maka dipilih sebagai tahun kabisat adalah tahun yang habis di bagi empat. Contohnya adalah 1984,2000, dan lain-lain

MUATAN SBDP TENTANG INTERVAL NADA D MAYOR

Tangga nada mayor adalah tangga nada yang memiliki jarak interval :
1 - 1 - 1/2 - 1 - 1- 1 - 1/2, dengan ketentuan nada yang berjarak 1/2 hanya nada "E - F" dan "B - C"

Penggunaan tanda accidental pada tangga nada merupakan cara untuk menyesuaikan nada - nada dengan ketentuan tersebut, sehingga lahirlah urutan nada dasar (key centre) berdasarkan jumlah "# dan b" pada seubuah tangga nada.


Tangga nada 2# adalah tangga nada D Mayor, dimana nada - nadanya adalah sebagai berikut:
D - E - F# - G - A - B - C# - D



MUATAN MATEMATIKA
GABUNGAN BANGUN RUANG

Contoh :
1.Sebuah bangun terdiri dari sebuah balok dan kubus yang berhimpitan seperti gambar di bawah. 


Hitunglah luas permukaan bangun itu adalah....
a. 1.746 cm²
b. 1.884 cm²
c. 1.890 cm²
d. 2.034 cm²

Pembahasan : 


Perhatikan bahwa terdapat bidang himpit berbentuk persegi dengan panjang sisi 12 cm
Luas bangun I = (2 x p x l) + (2 x p x t) + (2 x l x t)
                    = (2 x 15 x 12) + (2 x 15 x 15) + (2 x 12 x 15)
                    = 360 + 450 + 360
                    = 1.170 cm²
Luas bangun II = 6 x s x s
                     = 6 x 12 x 12
                     = 864 cm²
Luas bidang himpit = 12 x 12
                         = 144 cm²


Luas bangun gabungan 
= Luas bangun I + Luas bangun II - 2 x luas bidang himpit
= 1.170 cm² + 864 cm² - 2 x 144 cm²
= 2.034 - 288
1.746 cm²


2. Perhatikan gambar di bawah!



Contoh Soal Volume Bangun Ruang Gabungan

Volume bangun ruang di atas adalah …. \left( \pi = \frac{22}{7} \right)
A.       5.880 cm3
B.       4.340 cm3
C.       2.800 cm3
D.       1.540 cm3
Pembahasan:
Perhatikan kembali gambar bangun yang diberikan. Bangun tersebut merupakan gabungan dua buah bangun, yaitu balok dan setengah tabung. Ukuran panjang, lebar, dan tinggi balok berturut – turut adalah p = 20, l = 14, dan t = 10.
Sedangkan ukuran diameter sama dengan lebar balok dan tinggi tabung sama dengan panjang balok. Berturut – turut ukuran diameter dan tinggi tabung adalah d = 14 cm (r = 7 cm) dan t = 20 cm.



Pembahasan Soal Volume Bangun Ruang Gabungan

Volume Balok:
  \[ V_{balok} = p \times l \times t \]
  \[ V_{balok} = 20 \times 14 \times 10 \]
  \[ V_{balok} = 2.800 \; \textrm{cm}^{3} \]
Volume Setengah Tabung:
  \[ V_{\frac{1}{2} tabung} = \frac{1}{2} \times \pi \cdot r^{2} \cdot t_{tabung} \]
  \[ V_{\frac{1}{2} tabung} = \frac{1}{2} \times \frac{22}{7} \times 7^{2} \cdot 20 \]
  \[ V_{\frac{1}{2} tabung} = \frac{1}{2} \times \frac{22}{7} \times 49 \cdot 20 \]
  \[ V_{\frac{1}{2} tabung} = 1.540 \; \textrm{cm}^{3} \]
Jadi, volume bangun yang diberikan pada soal adalah 2.800 cm3 + 1.540 cm3 = 4.340 cm3
Jawaban: B
3.
4.

 

0 Comments:

Posting Komentar

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 20 SEPTEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamuala...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea