Senin, 03 Februari 2020

By elfida fida - Februari 03, 2020
MATERI AJAR UNTUK HARI SELASA TANGGAL 04 FEBRUARI 2020

MUATAN IPA TENTANG PERBEDAAN WILAYAH WAKTU DI BUMI

Dalam satu rotasi, bumi membutuhkan waktu 1 hari 1 malam atau 24 jam = 24 x 60 menit. Melakukan 1 kali rotasi artinya bumi telah menempuh 3600 bujur. Sehingga ketika waktu yang dibutuhkan sebesar 24 x 60 menit, maka untuk 10bujur membutuhkan waktu  :
Daerah waktu
Sehingga dapat disimpulkan bahwa tempat-tempat yang berbeda 10 bujur akan berbeda 4 menit.
Bagaimana dengan Indonesia yang memiliki 3 daerah waktu? Apakah menggunakan dasar yang sama?
Tentunya jawabannya pasti ya.

Telah dijelaskan bahwa setiap tempat yang berbeda bujur 10 akan menunjukkan waktu berbeda 4 menit. Akibatnya seluruh permukaan bumi akan dibagi atas 360 macam waktu yang berbeda 4 menit. Untuk menyederhanakannya, secara internasional ditetapkan 24 daerah waktu yang masing-masing berbeda 3600/24 = 150 atau 1 jam.

Untuk bujur 00 ditentukan melalui kota Greenwich (dekat London). Setiap garis bujur yang jauhnya 150 atau kelipatan 150 di sebelah barat atau sebelah timur nol derajat sebagai bujur standar. Bujur standar ini yang nantinya dinamakan waktu standar atau waktu lokal.


Indonesia memiliki tiga bujur standar yaitu 1050, 1200 dan 1350 BT (Bujur Timur). Sehingga waktu lokalnya berturut-turut adalah Greenwich ditambah dengan 105/15 jam (atau 7 jam), 120/15 jam (atau 8 jam) dan 135/15 jam (atau 9 jam). Sehingga misalnya di Greenwich menunjukkan jam 9 pagi, maka di Indonesia menunjukkan waktu 16.00, 17.00 dan 18.00.

Contoh :
1. Jika di Jayapura menunjukkan pukul 10.00 pagi, pukul berapa di :
A. di Ujung Pandang
B. di Jakarta
Penyelesaian :
Jayapura masuk pada WIT, yaitu pukul 10.00
A. Ujung Pandang masuk WITA, sehingga lebih pagi selisih 1 jam yaitu pukul 09.00
B. Jakarta masuk WIB, sehingga selisih 2 jam lebih pagi yaitu pukul 08.00


2. Suatu saat di Greenwich menunjukkan pukul 12.00. Pukul berapa :
A. Di kota A yang terletak pada 600 BB
B. Di kota B yang terletak pada 500 BT
Penyelesaian :
A. Kota A terletak pada 600 BB
Perbedaan letak kota A dan Greenwich (bujur 00) adalah 600 – 00 = 600
Karena 10 bujur berbeda waktu 4 menit, maka perbedaan waktu kota A dan Greenwich adalah
Daerah waktu
Letak kota A berada di sebelah barat kota Greenwich, sehingga kota A menunjukkan pukul 12.00 – 4 = 08.00.
B. Kota B terletak pada 500 BT
Perbedaan letak kota A dan Greenwich (bujur 00) adalah 500 – 00 = 500
Karena 10 bujur berbeda waktu 4 menit, maka perbedaan waktu kota A dan Greenwich adalah
Daerah waktu
Letak kota A berada di sebelah timur kota Greenwich, sehingga kota A menunjukkan pukul 12.00 + 3 jam 20 menit = 13.00 lebih 20 menit atau 13.20.



MUATAN BAHASA INDONESIA TENTANG MENENTUKAN KATA KUNCI PADA JUDUL TEKS NONFIKSI

Judul adalah salah satu bagian dalam karya tulis yang menyajikan identitas sebuah karya. Selain itu, sebuah judul yang baik juga mampu menyajikan gambaran sekilas tentang isi karya serta menumbuhkan keingintahuan masyarakat akan isi yang disajikan dalam karya tersebut. Oleh karena itu, sebuah judul harus dipilih atas pertimbangan ringkas, menarik, dan informatif.

Pembahasan
Pada kesempatan ini, soal meminta kita untuk mencari tiga judul teks nonfiksi yang berasal dari buku, media cetak, maupun internet dan terkait dengan tema "bumiku". Kemudian, kita diminta untuk mencari kata kunci dari setiap judul tersebut berikut perkiraan informasinya.

Berikut kakak akan mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

JUDUL TEKS NONFIKSI

1. Studi: YouTube Bikin Jumlah Penganut Teori Bumi Datar Meningkat

KATA KUNCI: TEORI BUMI DATAR, YOUTUBE

PERKIRAAN INFORMASI:

A, TEORI BUMI DATAR

B. YOUTUBE SEBAGAI MEDIA SOSIAL

C. PENGARUH YOUTUBE TERHADAP PERKEMBANGAN TEORI BUMI DATAR.


2. Gempa Hari Ini: 4 Guncangan Dirasakan di Wilayah Indonesia

KATA KUNCI: GEMPA BUMI, INDONESIA

PERKIRAAN INFORMASI:

DAERAH-DAERAH DI INDONESIA YANG MENGALAMI GEMPA BUMI


3.  NASA: China dan India Sukses Bikin Bumi Makin Hijau

KATA KUNCI: CHINA, INDIA, BUMI, HIJAU

PERKIRAAN INFORMASI:

A. KONDISI LINGKUNGAN GLOBAL SAAT INI

B. UPAYA CHINA DAN INDIA DALAM MENJADIKAN BUMI SEMAKIN HIJAU

C. BUMI SAAT INI SEMAKIN HIJAU

MUATAN SBDP TENTANG INTERVAL NADA

Ada dua jenis interval nada dan perbedaannya :
Perbedaan :

-harmonis adalah alat musik yang dimankan untuk memainkan harmoni pada suatu lagu. Karena alatmusik ini biasa memainkan harmoni maka cir-cirinya ialah bisa memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan. Contoh alat musik harmonis adalah guitar, keyboar, piano, harpha, kentrung, siter.

-melodis adalah alat musik yang biasanya membunyikan melodi pada suatu lagu, pada umumnya alat musik ini tidak bisa memainkan kord secara sendirian. Contoh alat musik melodis adalah biola, trupet, recorder, flute.

-ritmis dimainkan sebagai pengiring sekaligus pengatur tempo pada lagu. Biasanya alat musik ritmis bernada tetap atau tidak bernada. Contoh alat musik ritmis adalah drum, triangele, tamborine, gendang, cymbal.

MUATAN IPS TENTANG KARAKTERISTIK GEOGRAFIS NEGARA THAILAND

Dari segi geografis yang berdekatan, tidak heran jika negara di kawasan Asia Tenggara punya banyak kesamaan. Salah satu negara tetangga Indonesia adalah Thailand. Negara ini dikenal sebagai negara yang ekonominya cukup baik di Asia Tenggara. Luas negara Thailand yaitu 510.000 km. Awalnya, negara ini dikenal menjadi wilayah Buddhis dimana terbagi menjadi beberapa bagian kerajaan seperti Lan Chang, Lanna dan Sukhothai.


Letak Astronomis Thailand

Negara Thailand lokasinya sangat strategis, sama dengan Indonesia. Bahasa yang dipakai masyarakat di kesehariannya adalah bahasa Thai. Meski demikian di beberapa daerah juga kerap menggunakan bahasa Cina dan Inggris. Letak astronomis Thailand adalah:
  • Pada garis lintang letaknya ada di 5 derajat Lintang Utara sampai 21 derajat Lintang Utara.
  • Pada garis bujurnya, Thailand ada di 97 derajat Bujur Timur sampai 106 derajat Bujur Timur.

letak geografis, astronomis, dan geologis thailand

Letak Geografis Thailand

Wilayah negara Thailand sendiri memang memanjang hingga ke semenanjung Malaya. Negara Thailand merupakan negara terluas dengan urutan ke-52 di dunia. Untuk letak geografis Thailand, yaitu:
  • Di bagian utaranya berbatasan dengan negara Laos dan negara Myanmar.
  • Untuk wilayah selatan Thailand berbatasan dengan negara Malaysia.
  • Di bagian timur, negara ini berbatasan dengan negara Laos dan negara Kamboja.
  • Bagian barat Thailand berbatasan dengan negara Myanmar.

Letak Geologis Thailand

Bangkok adalah ibukota dari Thailand. Negara ini memiliki bentuk permukaan bumi cukup beragam. Pada bagian utaranya, kondisi Thailand adalah bergunung-gunung dengan titik tertinggi ada di 2.576 m yakni Doi Inthanon. Berikut ini penjelasan geologis negara Thailand:
  • Untuk wilayah timur laut Thailand ada pegunungan Koral dimana dibatasi Sungai Mekong di timurnya.
  • Di kawasan tengah negara ini didominasi dengan lembah dari sungai Chao Phraya dimana hampir seluruhnya datar lalu mengalir menuju Teluk Thailand.
  • Di bagian selatannya ada Tanah Genting Kra yakni dataran tersempit yang ada di Thailand.
  • Pada bagian utara dan barat Thailand juga ada pegunungan, sedangkan semenanjung Thailand selatan cenderung berbukit hingga ke perbatasan Malaysia.

Keuntungan Letak Geografis Thailand

Keuntungan letak geografis Thailand sendiri ada cukup banyak, seperti:
  • Thailand mempunyai hampir 300 jenis mamalia di negaranya. Thailand bahkan mengakui jika negaranya memiliki keragaman burung yang terbesar di Benua Asia (lihat disini Peta Benua Asia) dimana ada lebih dari 900 spesies hidup di sana.
  • Thailand memiliki banyak dataran dan pegunungan, maka pertanian adalah kekuatan dari negara ini. Tentu Anda sudah tidak asing dengan beras Thailand. Bahkan Thailand pun disebut menjadi lumbung beras yang ada di kawasan Asia Tenggara karena kualitasnya yang bagus dan pertanian yang berkembang.
MUATAN PPKN TENTANG HAK DAN KEWAJIBAN DALAM MENJAGÀ KEBERSIHAN DAN KESEHATAN LINGKUNGAN

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita serta mempengaruhi perkembangan kehidupan baik secara langsung maupun tidak. Hubungan manusia dan lingkungan sangat erat, karena apabila lingkungan bersih maka kehidupan terasa nyaman, namun sebaliknya jika lingkungan tersebut kotor/kumuh, pasti hidup kurang asri. Seperti telah kita ketahui bersama bahwa masalah lingkungan sebagai akibat dari ulah manusia juga. Ini memaknai manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam (SDA) menimbulkan perubahan terhadap ekosistem sehingga akan mempengaruhi sumber daya alam itu sendiri. Pemanfaatan sumber daya alam melebihi ambang batas daya dukung lahan bahkan tanpa memperhatikan aspek kelestariannya sampai mendorong terjadinya kerusakan lingkungan.


Sebelum saya jelaskan hak dan kewajiban terhadap lingkungan, pada ulasan terakhir kami telah membahas mengenai pengertian hak dan kewajiban warga negara Indonesia jadi bagi yang penasaran tentang hak hak maupun kewajiban silahkan kunjungi disana.


Hak dan Kewajiban terhadap Pelestarian Lingkungan beserta Sumber Daya Alam



Beberapa hak kita terhadap lingkungan dan sumber daya alam antara lain:

1. Menikmati lingkungan segar.

2. Menggunakan energi alternatif.

3. Memperoleh air sehat dan bersih yang disediakan untuk minum, mandi, pengairan sawah, sungai dan pembangkit tenaga listrik.

4. Memperoleh apa yang dibutuhkan. Tumbuhan dan hewan sebagai penyedia pemenuhan kebutuhan nabati dan hewani.



Beberapa kewajiban kita untuk menjaga kelestarian lingkungan adalah:

1. Memelihara kebersihan lingkungan. Kewajiban kita terhadap lingkungan dengan menjaga kebersihan sekitar, contoh; tidak membuang sampah sembarangan.


2. Melakukan reboisasi bagi hutan gundul. Sudah menjadi kewajiban warga negara dalam melestarikan lingkungan apalagi Indonesia merupakan paru-paru dunia dimana hutan harus terjaga dengan baik.

3. Menggunakan sumber daya alam secara tidak berlebihan.

4. Menghemat bahan bakar dan listrik.

5. Menggunakan Jenis kendaraan yang ramah lingkungan.


MUATAN MATEMATIKA
GABUNGAN BANGUN RUANG





No.PembahasanNo.Pembahasan
1.Volume = π × r² × t
             = 22/7 x 14² x 20
             =  616 x 20
             = 12.320 cm³
5.Volume Tabung = π × r² × t
                          = 22/7 x 14² x 20
                          =  616 x 20
                           = 12.320 cm³
Voluem Balok = p x l x t
                        = 28 x 28 x 20
                        = 15.680 cm³
Volume Gabungan = 12.320+15.680 = 28.000 cm³
2.Volume = π × r² × t
             = 22/7 x 3,5² x 16
             = 38,5 x 16
             = 616 dm³
6.Volume Tabung 1 = π × r² × t
                             = 3,14 x 5² x 7
                             = 78,5 x 7
                             = 549,5 cm³
Volume Tabung 2 = π × r² × t
                             = 3,14 x 10² x 14
                             = 314 x 14
                             = 4.396 cm³
Volume Gabungan = 549,5+4.396 = 4.945,5
3.Volume = π × r² × t
             = 22/7 x 7² x 10
             = 154 x 10
             = 1.540 dm³
7.Volume Tabung = π × r² × t
                          = 22/7 x 1,75² x 3
                          = 9,625 x 3
                          = 28,875 dm³
Voluem Balok = p x l x t
                        = 7 x 6 x 5
                        = 210 dm³
Volume Gabungan = 28,875+210 = 238,875 dm³
4.Volume = π × r² × t
             = 3.14 x 5² x 50
             = 78,5 x 50
             = 3.925 cm³

1 Comments:

Unknown mengatakan...

👍 👍 👍

Posting Komentar

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 20 SEPTEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamuala...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea