Pages

Kamis, 19 September 2019

Materi Ajar Untuk Hari Jumat Tanggal 20 September 2019

Materi Bahasa Indonesia
Menentukan kata kata baku pada teks eksplanasi

Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku dalam Kehidupan Sehari-hari :
1. Penggunaan kata yang baku
Mempelajari Kamus Besar Bahasa Indonesia akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya untuk keperluan ilmiah. Jika Anda seorang pelajar, mahasiswa, dan tenaga pengajar. Harus mengetahui pengertian kata baku. Hal ini sangat penting karena sebagai bahan dalam penyusunan surat lamaran kerja, karya ilmiah, surat dinas, laporan, dan lain-lain. Saat Anda berpidato dan melakukan presentasi pun wajib mengucapkan kalimat yang benar dan baku.
2. Penggunaan kata tidak baku
Jenis kata ini bisa muncul karena penggunaan bahasa yang salah dan mengalami pengulangan. Hal ini akan menjadi kebiasaan yang buruk. Masyarakat awam harus mengetahui perbedaan kata baku dan tidak baku. Meskipun begitu banyak beberapa pakar yang membiarkan kesalahan itu terjadi. Dialek dan aksens seseorang dalam mengucapkan kalimat salah satu penyebab terciptanya kata yang tidak baku. Penggunaannya untuk bahasa percakapan sehari-hari yang bersifat non formal.

No

Kata Baku

Kata Tidak Baku

1AbjadAbjat
2AdvokatAdpokat
3AktifAktip
4Al Quranalquran
5ApotekApotik
6AsasAzas
7AtletAtlit
8AtmosferAtmosfir
9BautBaud
10BerpikirBerfikir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...