Pages

Minggu, 29 September 2019

Materi Ajar Untuk Hari Senin Tanggal 30 September 2019

Materi Ajar IPS Tentang Kerja Sama Anggota ASEAN dalam Bidang Politik

Kerja sama ASEAN di Bidang Politik
Kerjasama negara-negara ASEAN juga dilakukan dalam bidang politik. Kerjasama yang dilakukan dalam bidang politik didasarkan pada sistem hukum internasional agar kerjasama yang terjalin tidak menimbulkan penyebab sengketa internasional karena adanya perbedaan sistem politik di berbagai negara. Adapun bentuk kerjasama ASEAN di bidang politik adalah sebagai berikut.
1. Defense Ministers Meeting
ASEAN Defense Ministers Meeting (ADMM) adalah bentuk kerjsama di bidang politik negara-negara ASEAN yang merupakan pertemuan rutin diantara menteri keamanan yang ada di negara-negara anggota ASEAN. Pertemuan ini diadakan untuk membahas mengenai kerjasama dan diplomasi politik dalam bidang pertahanan dan keamanan negara ASEAN.
2. Pengiriman Duta dan Konsulat
Sebagai negara-negara yang menjaling hubungan secara internasional, perlu adanya pengiriman duta dan konsulat sebagai wakil negara di negara-negara ASEAN. Keberadaan duta dan konsulat diperlukan untuk mewakili negara asal duta dan konsulat tersebut dalam berdiskusi dan menjalankan peran sertanya dalam stabilitas politik di ASEAN. Pengiriman duta dan konsulat merupakan hal yang rutin untuk dilakukan agar wakil negara selalu ada dalam menajalankan fungsi dan perannya sebagai bagian dari ASEAN.
3. Perjanjian Ekstradisi ASEAN
Perjanjian ekstradisi negara ASEAN merupakan bentuk kerjasama bidang politik dalam menangani tersangka kejahatan yang melarikan diri ke kawasan negara-negara di ASEAN. Melalui adanya perjanjian ekstradisi, negara-negara di ASEAN dapat melakukan kerjasama untuk mengembalikan tersangka ke negara asalnya untuk menjaga stabilitas politik di negara-negara ASEAN.
4. Perjanjian Kawasan Bebas Nuklir
Perjanjian kawasan bebas nuklir merupakan kerjasama negara-negara ASEAN di bidang politik mengenai pelarangan senjata nuklir di negara ASEAN. Dalam perjanjian ini melarang keras adanya perancangan dan pembuatan senjata nuklir di ASEAN.
5. Perjanjian Kawasan Damai, Bebas, dan Netral
Perjanjian kawasan damai, bebas, dan netral merupakan kerjasama negara-negara di ASEAN untuk menjaga masing-masing negara agar tetap damai. Kata bebas dalam perjanjian ini mempunyai makna bahwa setiap negara-negara ASEAN mempunyai hak untuk melakukan sesuatu secara bebas namun tidak melanggar perjanjian atau ketentuan-ketentuan yang sudah menjadi kesepatakan dalam ASEAN. Kata netral berarti negara-negara ASEAN tidak ikut campur atau mengintervensi konflik yang terjadi di negara-negara lain, termasuk di negara ASEAN sendiri.
Materi Ajar IPA Tentang Carq-cara Menghemat Energi Listrik
Penggunaan alat-alat listrik dilakukan dengan cara penghematan energi (konservasi energi) agar pembayaran rekening listrik setiap bulan ke PLN tidak terlalu besar. Ada 8 cara untuk menghemat energi listrik adalah sebagai berikut:
a. Menggunakan daya listrik sesuai denga kebutuhan (alat listrik yang mempunyai daya kecil)
b. Menyalakan peralatan listrik hanya saat digunakan saja (mengurangi waktu pemakaian)
c. Membuka jendela pada siang hari dan tidak menyalakan lampu pada siang hari

d. Tidak membiarkan alat-alat listrik menyala jika tidak dipakai
e. Jika menggunakan pompa air otomatis, lengkapilah dengan tangki penampung air.
f. Pasanglah suatu rangkaian perbaikan faktor daya yang berfungsi memperkecil daya sehingga dapat menghemat biaya yang harus dibayarkan ke PLN
g. Mencari sumber-sumber energi alternatif yang dapat diperbaharui
h. Menemukan alat-alat baru yang hemat energi
Materi Ajar Bahasa Indonesia Tentang Menemukan Informasi Penting dari Teks yang Dibacakan

1) membaca bacaan tersebut secara keseluruhan
2) memahami apa inti bacaan tersebut
3) memperhatikanbeberapa unsur instrinsik, diantaranya : tokoh, penokohan, alur, latar, dsb
4) dapat menarik suatu kesimpulan dalam bacaan tersebut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...