GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 18 NOVEMBER 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Murid dapat membedakan nilai tempat dan nilai nagka dengan baik dan benar.
MATERI AJAR: NILAI ANGKA DAN NILAI TEMPAT
1. Pengertian Nilai Angka dan Nilai Tempat
a. Nilai Angka (Face Value)
Nilai angka adalah nilai yang ditunjukkan oleh angka itu sendiri, tanpa melihat posisi atau letaknya dalam bilangan.
Contoh:
-
Pada bilangan 583, nilai angka 5 = 5, 8 = 8, 3 = 3.
b. Nilai Tempat (Place Value)
Nilai tempat adalah nilai suatu angka berdasarkan posisi atau letaknya dalam sebuah bilangan.
Dalam sistem desimal, urutan nilai tempat adalah:
-
Satuan
-
Puluhan
-
Ratusan
-
Ribuan
-
Puluh ribu
-
Ratus ribu
-
Juta, dan seterusnya
2. Contoh dan Penjelasan
Contoh 1: Bilangan 438
| Angka | Nilai Angka | Tempat | Nilai Tempat |
|---|---|---|---|
| 4 | 4 | Ratusan | 400 |
| 3 | 3 | Puluhan | 30 |
| 8 | 8 | Satuan | 8 |
3. Cara Menentukan Nilai Tempat
-
Tuliskan bilangan dengan rapi.
-
Perhatikan posisi setiap angka dari kanan ke kiri → satuan, puluhan, ratusan, dst.
-
Kalikan angka tersebut dengan nilai tempatnya.
Contoh:
Bilangan: 5.814
-
5 → ribuan → 5 × 1000 = 5000
-
8 → ratusan → 8 × 100 = 800
-
1 → puluhan → 1 × 10 = 10
-
4 → satuan → 4 × 1 = 4
4. Latihan Soal
A. Tentukan nilai angka!
-
Pada bilangan 672, nilai angka 6 adalah …
-
Pada bilangan 9.058, nilai angka 0 adalah …
-
Pada bilangan 54.392, nilai angka 2 adalah …
B. Tentukan nilai tempat!
-
Pada bilangan 672, nilai tempat angka 7 adalah …
-
Pada bilangan 9.058, nilai tempat angka 9 adalah …
-
Pada bilangan 54.392, nilai tempat angka 4 adalah …
C. Uraikan bilangan berikut berdasarkan nilai tempatnya
-
432 = …
-
7.015 = …
-
46.809 = …
5. Kesimpulan
-
Nilai angka hanya melihat angka itu sendiri.
-
Nilai tempat bergantung pada posisi angka dalam bilangan.
-
Keduanya membantu kita memahami besar kecilnya suatu bilangan dengan tepat.
TUJUAN PEMBELAJARAN
MATERI AJAR: HAK DAN KEWAJIBAN DI MASYARAKAT
1. Pengertian Hak dan Kewajiban
a. Hak
Hak adalah segala sesuatu yang pantas dan layak diterima oleh seseorang sejak ia lahir, agar dapat hidup dengan baik, aman, dan sejahtera.
Contoh hak:
-
Hak mendapatkan perlindungan
-
Hak mendapatkan pendidikan
-
Hak berpendapat
-
Hak mendapatkan lingkungan yang bersih
b. Kewajiban
Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan seseorang sebagai bentuk tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, dan lingkungan.
Contoh kewajiban:
-
Kewajiban mematuhi aturan
-
Kewajiban menjaga kebersihan
-
Kewajiban menghormati orang lain
-
Kewajiban menjaga ketertiban
2. Hak dan Kewajiban dalam Kehidupan Bermasyarakat
A. Hak dalam Masyarakat
Beberapa hak yang dimiliki setiap warga masyarakat adalah:
-
Mendapatkan keamanan dan perlindungan
-
Menggunakan fasilitas umum (jalan, taman, perpustakaan)
-
Mengeluarkan pendapat dengan sopan
-
Mendapatkan pelayanan dari pemerintah
-
Berinteraksi dan bersosialisasi dengan masyarakat
B. Kewajiban dalam Masyarakat
Setiap warga masyarakat memiliki kewajiban untuk:
-
Mematuhi aturan dan norma yang berlaku
-
Menjaga kebersihan lingkungan
-
Menghormati sesama anggota masyarakat
-
Berpartisipasi dalam kegiatan masyarakat
-
Menjaga ketertiban dan keamanan
-
Tidak merusak fasilitas umum
3. Contoh Sikap dalam Menjalankan Hak dan Kewajiban
Menjalankan Hak
-
Menggunakan taman bermain secara tertib
-
Meminta bantuan kepada ketua RT jika ada masalah keamanan
-
Menggunakan jalan raya dengan aman
Menjalankan Kewajiban
-
Buang sampah pada tempatnya
-
Ikut kerja bakti membersihkan lingkungan
-
Tidak membuat kebisingan yang mengganggu warga
-
Mengikuti rapat warga bila diperlukan
4. Pentingnya Menyeimbangkan Hak dan Kewajiban
Agar kehidupan masyarakat berjalan rukun dan damai, setiap orang harus:
-
Menggunakan hak dengan bertanggung jawab
-
Melaksanakan kewajiban dengan penuh kesadaran
-
Tidak menuntut hak tanpa melaksanakan kewajiban
-
Mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi
5. Contoh Kasus (Agar Siswa Lebih Memahami)
-
Roni ingin bermain di taman (hak), tetapi ia harus menjaga kebersihan dan tidak merusak tanaman (kewajiban).
-
Sinta berhak mendapatkan lingkungan yang bersih, tetapi ia juga wajib ikut kerja bakti di lingkungan rumahnya.
-
Warga berhak mendapatkan keamanan, tetapi wajib ikut ronda atau melaporkan jika ada masalah.
6. Latihan Soal
A. Pilihan Ganda
-
Yang termasuk contoh hak di masyarakat adalah…
a. Membersihkan selokan
b. Menggunakan fasilitas umum
c. Mengikuti ronda malam
d. Mengikuti kerja bakti -
Yang termasuk kewajiban di masyarakat adalah…
a. Mendapatkan perlindungan
b. Menggunakan taman bermain
c. Menjaga ketertiban
d. Menggunakan listrik umum
B. Jawaban Singkat
-
Sebutkan dua contoh hak di masyarakat!
-
Sebutkan dua contoh kewajiban di masyarakat!
-
Apa yang terjadi jika warga hanya menuntut hak tetapi tidak menjalankan kewajiban?
7. Kesimpulan
-
Hak dan kewajiban adalah dua hal yang harus berjalan seimbang.
-
Hak membuat seseorang dapat hidup dengan baik, sedangkan kewajiban menjaga agar masyarakat tetap tertib dan harmonis.
-
Jika setiap orang menjalankan kewajibannya dengan baik, hak semua orang akan terpenuhi.
- Buku MAPEL MATEMATIKA, SENI RUPA, P PANCASILAKELAS IV
- LCD
- VIDEO PEMBELAJARAN
- GAMBAR-GAMBAR
*METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, PBL
R REFLEKSI/KESIMPULAN:

1 Comments:
Assalamualaikum bu guru, Naura sudah membaca bloger dan mencatat
Posting Komentar