Senin, 17 Maret 2025

LUS PPKN DAN IPA

By elfida fida - Maret 17, 2025

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI  SELASA TANGGAL  17 MARET 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum
belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

Berikut jadwal LATIHAN UJIAN SEKOLAH :

Berikut kisi-kisi soal LUS IPA :

Disajikan  gambar, peserta didik dapat menunjukkan organisme yang tepat pada rantai makanan.

 

Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat  menentukan peran organisme tertentu pada suatu rantai makanan 

Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan persamaan hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan contoh simbiosis komensalisme

Disajikan bagan rantai makanan, peserta didik mampu menunjukkan urutan makhluk hidup pada rantai makanan.

 

 

Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan ciri khusus makhluk hidup (tumbuhan/hewan) sebagai bentuk penyesuaian diri.

Disajikan tabel, peserta didik dapat menemukan bentuk penyesuainan diri hewan/tumbuhan

Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan tulang rusuk sejati dan tulang dada pada rangka manusia

Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan gangguan tulang belakang pada rangka manusia

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menentukan  makanan yang mengandung zat  untuk menjaga Kesehatan tulang.

Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan persamaan perkembangbiakan tumbuhan/hewan.

Disajikan gambar, peserta didik dapat menemukan  cara perkembangbiakan hewan/tumbuhan

Disajikan pernyataan , peserta didik dapat menunjukkan ciri-ciri pubertas pada remaja laki-laki

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menjelaskan psoses pertumbuhan pada manusia

Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat mengurutkan tahapan pertumbuhan dan perkembangan pada manusia

Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan fungsi organ pada system  pencernaan manusia

Disajikan tabel, peserta didik dapat  menentukan urutan organ pencernaan manusia

Disajikan pernyaataan,peserta didik dapat menentukan cara pemeliharaan system organ pencernaan manusia

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menyebutkan saluran pernapasan manusia

Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan  nama organ pernafasan pada manusia

Disajikan pernyataan,peserta didik dapat  mengidentifikasi cara pemeliharaan organ pernapasan pada manusia

Disajikan gambar, peserta didik dapat mengidentifikasi perubahan wujud benda

Disajikan gambar, peserta didik dapat menganalisis persamaan perubahan wujud benda pada  kegiatan yang dilakukan

Disajikan gambar, peserta didik mampu menunjukkan benda konduktor / isolator

Disajikan gambar, peserta didik  dapat menunjukkan pemanfaatan energi alternatif pada kegiatan manusia

Disajikan ilustrasi, peserta didik dapat menentukan cara penghematan energi

Disajikan ilustrasi, peserta didik mampu menjelaskan  perpindahan panas pada kegiatan yang dilakukan manusia

Disajikan gambar, peserta didik mampu menentukan jenis perpindahan panas

Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan bentuk magnet yang digunakan pada kompas

Disajikan tabel, peserta didik mampu menganalisis cara pembuatan magnet

Disajikan paragraf, peserta didik dapat mengidetifikasi alat music  yang dapat menghasilkan bunyi

Disajikan gambar, peserta didik dapat menganalisis  sifat-sifat cahaya

Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan lampu yang akan menyala atau padam jika satu saklar diputus

Disajikan gambar/pernyataan, peserta didik dapat menentukan perubahan bentuk energi

Disajikan gambar, peserta didik dapat

mengidentifikasi gambar gerhana matahari/ gerhana bulan

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan  lamanya bulan berevolusi 

Disajikan pernyataan, peserta didik dapat mengindetifikasi planet berdasarkan orbitnya

Disajikan gambar, peserta didik dapat menentukan proses daur air

Disajikan gambar, peserta didik dapat menunjukkan pemanfaatan sumber daya alam

Disajikan tabel, peserta didik dapat menganalisis sumber daya alam yang dapat diperbaharui.


KISI-KISI SOAL BAHASA INDONESIA :

Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menentukan kalimat utama berdasarkan teks.

 

Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menentukan ide pokok berdasarkan teks.

 

Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menyimpulkan   sebuah paragraph.

 

Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menemukan pernyataan yang sesuai berdasarkan teks.

 

Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat memprediksi kejadian berdasarkan isi teks.

Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menentukan sinonim dari kata yang bercetak tebal pada teks.

 

Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menentukan antonim dari kata yang bercetak tebal pada teks.

 

Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menentukan makna istilah dari kata yang bercetak miring pada teks.

 

Disajikan sebuah percakapan, peserta didik dapat menentukan topic percakapan.

Disajikan gambar ilustrasi iklan, siswa dapat menentukan kalimat yang sesuai dengan isi iklan.

 

Disajikan paragraf laporan, peserta didik dapat menentukan isi paragraf laporan.

 

Disajikan paragraf laporan, peserta didik dapat mengevaluasi  pernyataan yang tidak sesuai dengan tepat.

 

Disajikan teks prosedur, peserta didik dapat memilih pernyataan yang sesuai dengan isi teks prosedur.

Disajikan sebuah penggalan pidato, peserta didik dapat menentukan tujuan pidato tersebut.

 

Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat menentukan jenis paragraf.

Disajikan dua buah teks bacaan , peserta didik dapat menemukan perbedaan pada kedua teks bacaan.

Disajikan sebuah kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan kata istilah yang tepat.

 

Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menentukan struktur teks eksplanasi.

 

Disajikan sebuah pantun, peserta didik dapat menetukan jenis pantun yang tepat.

 

Disajikan sebuah teks bacaan, peserta didik dapat menentukan tema teks tersebut.

 

Disajikan sebuah cerita anak, peserta didik dapat menentukan tokoh utama

Disajikan sebuah cerita anak, peserta didik dapat menentukan amanat dalam cerita.

 

Disajikan sebuah cerita anak, peserta didik dapat menemukan konflik berdasarkan cerita.

 

Disajikan penggalan puisi, peserta didik dapat menentukan suasana dalam puisi tersebut.

 

Disajikan penggalan puisi, peserta didik dapat menentukan makna kata cetak tebal dalam puisi tersebut.

 

Disajikan sebuah teks percakapan, peserta didik dapat melengkapi teks dengan kalimat yang tepat.

 

Disajikan petunjuk acak menggunakan sesuatu, peserta didik dapat mengurutkannya dengan tepat

 

Disajikan petunjuk rumpang melakukan sesuatu, peserta didik dapat melengkapi petunjuk dengan kalimat yang tepat.

 

Disajikan sebuah paragraf rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.

 

Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat melengkapi paragraf dengan kata baku yang tepat.

 

Disajikan beberapa kalimat, peserta didik dapat menyusun menjadi paragraf padu.

 

Disajikan sebuah gambar iklan, peserta didik dapat menentukan isi iklan yang sesuai.

 

Disajikan teks laporan rumpang, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat yang tepat.

Disajikan sebuah gambar, peserta didik dapat mendeskripsikan gambar dengan tepat.

 

Disajikan teks pidato, peserta didik dapat melengkapi teks pidato dengan tepat.

 

Disajikan sebuah ilustrasi, peserta didik dapat menentukan ungkapan yang tepat.

 

Disajikan beberapa kalimat, peserta didik dapat menganalisis jenis kalimat majemuk.

 

Disajikan sebuah bacaan, peserta didik dapat menentukan pribahasa yang tepat.

 

Disajikan sebuah bacaan, peserta didik dapat membuat kalimat tanya yang tersurat dalam bacaan.

 

Disajikan surat pribadi rumpang, peserta didik dapat melengkapai dengan kalimat yang tepat.

 

Disajikan beberapa data isian formulir, peserta didik dapat mencocokkan data formulir dengan tepat.

 

Disajikan beberapa kalimat acak, peserta didik dapat menyusun menjadi paragraf laporan yang padu.

 

Disajikan kutipan wawancara, peserta didik dapat menemukan topic wawancara yang tepat.

 

Disajikan petunjuk secara acak, peserta didik dapat mengurutkan penggunaan alat dengan tepat.

 

Disajiakn sebuah kalimat, peserta didik dapat memperbaiki kata yang dicetak tebal dengan istilah yang tepat.

 

Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat mengevaluasi penggunaan ejaan yang salah.

Disajikan sebuah paragraf, peserta didik dapat memperbaiki penggunaan tanda baca dan huruf Kapital dengan tepat.

 

Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat menentukan kesalahan penggunaan kata yang tepat.

Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapaat melengkapi kalimat dengan kata berimbuhan yang tepat.

Disajikan sebuah kalimat, peserta didik dapat memperbaiki kesalahan penggunaan tata kalimat


0 Comments:

Posting Komentar

LUS IPS DAN PJOK

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI  KAMIS TANGGAL 20 MARET 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea