GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI RABU TANGGAL 13 NOVEMBER 2024
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
Sebelumnya kita telah belajar materi tentang contoh-contoh wira usaha yang ada di dalam masyarakat Indonesia., yang mana macam-macam wirausaha ada yang berdagang, petani, guru, nelayan, penguasaha dan banyak lainnya. Setiap usaha yang kita lakukan haarus dipertanggung jawabkan dengan baik agar tidak membuat orang lain kecewa, H ari ini kita akan membahas materi tersebut.
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan membaca, melakukan pengamatan dan diskusi, Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai manfaat keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara benar.
2. Dengan membaca, melakukan pengamatan dan diskusi, Peserta didik mampu mempresentasikan berbagai manfaat keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara jelas.
3. Dengan membaca petunjuk, Peserta didik mampu menjelaskan cara membuat daftar riwayat hidup sesuai petunjuk tentang yang diberikan secara tepat.
TEMA 5 : WIRAUSAHA
SUBTEMA 2 : USAHA DI SEKITARKU
MUATAN PPKN (KD.3.3 DAN 4.3)
TANGGUNG JAWAB PEMILIK WIRAUSAHA
Sikap tanggung jawab yang sebaiknya diterapkan oleh pemilik wirausaha sebagai berikut:
(1) Menghasilkan barang yang memenuhi persyaratan dagang
(2) Senantiasa menjaga dan meningkatkan kualitas barang
(3) Menciptakan kemasan barang yang unik. Sehingga mudah diingat konsumen
(4) Melakukan inovasi terhadap kemasan dan isi agar tidak tertinggal zaman
(5) Menjaga kelestarian sumber daya alam agar dapat senantiasa menggunakannya sebagai bahan baku
(6) Mengurangi pengangguran dengan memberdayakan warga sekitar untuk bekerja dalam usahanya
(7) Menjaga kelestarian lingkungan sekitar dengan tidak membuang limbah sembarangan
BAHASA INDONESIA (KD.3.6 DAN 4.6)
MENYAMPAIKAN INFORMASI DALAM RIWAYAT HIDUP SECARA LISAN
Setelah itu, teman-teman bisa menyampaikan semua informasi kepada murid lain di depan kelas.
Saat menyampaikan, pastikan teman-teman tetap percaya diri dan menggunakan suara yang nyaring.
Berikut beberapa cara yang bisa teman-teman ikuti untuk menyampaikan informasi.
1. Suara Keras atau Nyaring
Saat menyampaikan informasi teman-teman harus memperhatikan volume suara.
Pastikan teman-teman menyampaikan informasi dengan suara keras tapi jangan berteriak.
Gunakan suara yang nyaring sehingga seluruh kelas bisa mendengar informasi yang disampaikan.
2. Memahami Informasi yang Disampaikan
Selain menggunakan suara nyaring, pastikan teman-teman sudah memahami informasi yang akan disampaikan.
Walau sudah menuliskan semua informasi, namun ada baiknya teman-teman menghafal serta memahami info tersebut.
Dengan memahami informasi tersebut, teman-teman bisa menyampaikannya dengan baik.
3. Intonasi Jelas
Untuk menyampaikan sebuah informasi, diperlukan juga intonasi yang jelas.
Jika sudah menggunakan suara nyaring tapi intonasi tidak jelas, banyak orang akan kebingungan dengan info yang disampaikan.
Intonasi jelas adalah ketepatan pengucapan setiap kalimat.
Bila teman-teman terbata-bata atau terlalu cepat dalam mengucapkan informasi, orang yang mendengar akan kesulitan menangkap maksud yang disampaikan.
Teman-teman bisa berlatih dengan membaca informasi yang akan disampaikan secara berulang dan tenang.
4. Percaya Diri
Hal penting lain yang harus dimiliki untuk menyampaikan sebuah informasi adalah percaya diri.
Dengan memiliki rasa percaya diri, teman-teman bisa menyampaikan informasi dengan baik.
Selain itu, rasa percaya diri ini akan membantu membuat intonasi teman-teman menjadi lebih baik.
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- BUPENA
- LCD
-VIDEO PEMBELAJARAN
METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, diskusi
REFLEKSI/KESIMPULAN:
Berdasarkan kegiatan pembelajaran hari ini tentang tanggung jawab pemilik wirausaha dan menceritakan riwayat secara lisan, Alhamdulillah para peserta didik dapat memahaminya dengan baik materi yang disampaikan. Dari materi yang telah disampaikan ini diberikan latihan ternyata masih ada beberapa siswa yang masih kurang memahami dari materi ini karena masih bingung dengan penyampaian materi yang diberikan oleh guru, lalu guru memberikan tugas tambahan untuk di rumah tentang materi yang belum dipahami oleh peserta didik.
0 Comments:
Posting Komentar