Rabu, 04 September 2024

TEMA 3 SUBTEMA 1 PB 1

By elfida fida - September 04, 2024

 GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 05 SEPTEMBER 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

TEMA 3        : TOKOH DAN PENEMUAN

SUBTEMA 1    : PENEMU YANG MENGUBAH DUNIA

PEMBELAJARAN  : 1

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Tujuan Pembelajaran:
-  Peserta didik mampu menggali isi teks eksplanasi yang didengar dan dibaca dan menyajikan hasil penggalian informasi tersebut menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif
- Peserta didik mampu mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
-  Peserta didik mampu memberi contoh penemuan baru yang membawa perubahan sosial buaday di masyarakat.

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD 3.2 DAN 4.2)
MENGIDENTIFIKASI INFORMASI PENTING DARI TEK EKSPLANASI

MATERI

Apa yang kamu rasakan dalam kehidupan saat ini?

Semuanya serba mudah, bukan?

LISTRIK , salah satu penemuan yang bisa mempermudah kehidupan manusia.
Sebagian besar peralatan yang kita pakai  baik di rumah, sekolah ataupun kantor semua menggunakan listrik. Penemuan listrik mengubah kehidupan kita.

AYO, kita buka bersama buku pelajaran Tema 3 Subtema 1 di halaman 1!
Bacalah teks  berjudul "Listrik, Pengubah Wajah Dunia" ! Pahami isinya dengan baik!

Teks tersebut terdiri atas 5 paragraf dan merupakan jenis teks Eksplanasi.

Teks Eksplanasi adalah teks yang dibuat untuk menjelaskan proses terjadinya suatu peristiwa atau fenomena secara ilmiah, baik berupa fenomena alam maupun fenomena sosial.
Ciri-ciri Teks Eksplanasi:
a. Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual)
b. Strukturnya terdiri atas:
1.  Pernyataan umum (merupakan gambaran awal tentang sesuatu yang disampaikan dengan pernyataan yang bersifat umum)
2.  Deretan Penjelas atau eksplanasi  (merupakan inti penjelasan yang disampaikan)
3. Interpretasi (berisi pandangan atau simpulan penulis yang bersifat opsional)

 
MUATAN IPA (KD 3.4 dan 4.4)

Komponen Listrik 

Rangkaian listrik adalah hubungan sumber listrik dengan alat-alat listrik lainnya yang mempunyai fungsi tertentu. Berdasarkan susunan hubungan alat-alat listrik, rangkaian listrik dapat dibedakan menjadi tiga macam, yaitu rangkaian listrik seri, rangkaian paralel, dan rangkaian campuran (seri-paralel). Pada artikel ini akan dibahas mengenai rangkaian seri sedangka rangkaian paralel dan campuran akan dibahas pada artikel lain.
Terdapat beberapa komponen yang diperlukan untuk membuat rangkaian listrik. Komponen-komponen penyusun rangkaian listrik dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu komponen penyedia energi listrik dan komponen pengguna energi listrik.
Susunan komponen-komponen di dalam suatu rangkaian listrik akan dialiri oleh arus listrik jika memenuhi syarat berikut :
1. memiliki sumber tegangan untuk membuat arus mengalir
2. memiliki hambatan listrik
3. berupa rangkaian tertutup

Fungsi Komponen Listrik

Kita dapat menggunakan komponen-komponen yang ada di sekitar jika ingin menyusun sebuah rangkaian listrik sederhana. Kita harus berhati-hati saat menyusun sebuah rangkaian listrik. Kita juga perlu mempelajari berbagai komponen penyusun rangkaian listrik dna fungsinya terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan saat menyusun rangkaian listrik.
Fungsi baterai sebagai sumber energi. Terdapat kutub (+) dan kutub (-) pada baterai yang harus diletakkan dengan posisi kutub (+) bertemu dengan kutub (-).
Fungsi kabel untuk mengalirkan arus listrik dari baterai hingga mencapai lampu. Terdapat dudukan lampu untuk mengaitkan tembaga pada kabel sehingga arus listrik akan mencapai filamen pada bagian lampu.
Fungsi sakelar untuk menghubungkan dan memutuskan arus listrik.
Fungsi lampu untuk menunjukkan adanya arus listrik yang mengalir di dalam rangkaian listrik saat sakelar dinyalakan.

Rangkaian Seri

Pada rangkaian seri, arus listrik di dalam rangkaian mengalir tanpa melalui cabang. Arus listrik yang mengalir melalui salah satu alat listrik di dalam rangkaian juga akan mengalir melalui alat listrik lain di dalam rangkaian tersebut. Rangkaian seri biasanya terdapat pada lampu senter.
Pada rangkaian seri, baterai dan lampu diletakkan sejajar. Arus listrik yang mengalir pada rangkaian seri hanya berada dalam satu aliran kabel yang menghubungkan semua lampu (tidak ada percabangan).
Oleh karena itu, jika terdapat lebih dari satu lampu pada rangkaian seri, maka jika satu lampu dibuka atau aliran dari satu kutub baterai diputus maka semua lampu akan mati.

Menyusun Rangkaian Seri Sederhana 

Berikut cara membuat rangkaian seri :
1. Sediakan lampu pijar berukuran kecil, dua dudukan lampu, kabel, dua buah baterai, dan sebuah saklar.
2. Susunlah komponen-komponen listrik tersebut menjadi sebuah rangkaian listrik seperti gambar di bawah ini.
rangkaian seri
3. Setelah rangkaian listrik tersebut selesai, cobalah menekan tombol pada saklar. Hal ini dilakukan untuk menguji apakah kedua lampu pada rangkaian listrik tersebut menyala atau tidak. Jika lampu tidak dapat menyla, perbaikilah rangkaian listrik yang kamu buat hingga kedua lampu dapat menyala.
4. Tekan kembali tombol pada saklar tersebut untuk mematikan lampu.


MUATAN IPS (3.2 DAN 4.2)
PENEMUAN BARU MEMBAWA PERUBAHAN SOSIAL BUDAYA DI MASYARAKAT

Perubahan sosial budaya merupakan perubahan yang meliputi perilaku, sikap, nilai, dan tata kehidupan masyarakat perubahan sosial budaya biasanya terjadi dari kehidupan tradisional menuju kehidupan modern. Masyarakat modern memiliki cara berpikir, bertindak, dan bersikap yang sesuai dengan tuntutan zaman salah satu penyebab terjadinya perubahan sosial adalah adanya penemuan baru di masyarakat. Penemuan baru tersebut membawa pengaruh besar terhadap perubahan sosial budaya dalam masyarakat. tersebut memudahkan kehidupan manusia.
Contohnya sebelum ada listrik manusia melakukan kegiatan sehari-hari dengan cara sederhana atau tradisional. Setelah listrik ditemukan manusia dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan lebih mudah dan cepat. Sebelum ada listrik untuk penerangan Manusia masih menggunakan lilin atau lampu teplok. Cahaya lilin atau lampu templok kurang terang dan sangat terbatas. setelah listrik ditemukan manusia menggunakan bola lampu untuk menerangi ruangan.
Selain listrik masih banyak contoh penemuan baru yang mengubah kehidupan masyarakat misalnya penemuan baru dalam bidang komunikasi yang dapat menghubungkan antar manusia di berbagai wilayah. Telepon atau smartphone memudahkan manusia dalam berkomunikasi tanpa dibatasi Jarak Dan Waktu. Cara berkomunikasi antar manusia pun mengalami perubahan titik contoh lainnya adalah penemuan baru di bidang transportasi seperti mobil, motor, bus, kereta api, kapal laut dan pesawat terbang.

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN
- BUPENA
- LCD
- GAMBAR-GAMBAR
- ALAT-ALAT LISTRIK

REFLEKSI/KESIMPULAN:
Berdasarkan pembelajaran hari ini tentang teks eksplanasi dan komponen listrik berjalan dengan lancar dan alhamdulillah para peserta didik memahami materi yang telah disampaikan oleh guru dilihat dari hasil nilai postest yang diberikan oleh guru.

0 Comments:

Posting Komentar

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 20 SEPTEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamuala...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea