Pages

Selasa, 02 April 2024

PENDALAMAN MATERI

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI SELASA TANGGAL 02 APRIL 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.TUJUAN PEMBELAJARAN

1.  Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, peserta didik mampu menyebutkan pembicara dan pendengar pidato dengan benar.

2.  Melalui kegiatan mengamati dan berdiskusi, peserta didik mampu menjelaskan tempat dan suasana pidato.

3.  Melalui kegiatan mengamati, peserta didik dapat menyebutkan perbedaan ciri laki-laki dan perempuan setelah masa pubertas.

4. Melalui kegiatan beryanyi, peserta didik mampu mengidentifikasi interval nada dengan benar.

TEMA 7                             : KEPEMIMPINAN

SUBTEMA 1                     : PEMIMPIN DI SEKITARKU

       PEMBELAJARAN            : 1 DAN 2

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD.3.3 DAN 4.3)

PENGERTIAN PIDATO

Salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah kemampuan dalam berpidato. Pidato berisi informasi tentang suatu hal yang disampaikan kepada orang banyak. Saat berpidato diperlukan adanya orator dan audiensdi. Orator adalah orang yang berpidato. Audiensi adalah orang yang mendengarkan orator berpidato. Teks pidato berisi tema-tema tertentu, misal pidato tentang peringatan Hari Gerakan Satu Juta Pohon. Dari tema tersebut isi informasi dapat berupa latar dari peringatan hari tersebut, kegiatan yang dilakukan dan manfaatnya. 

Contoh teks pidato 

Simak contoh teks pidato singkat tema Hari Gerakan Satu Juta Pohon Sedunia berikut ini.

Assalamualaikum wr wb,

Selamat siang salam sejahtera bagi kita semua, terima kasih atas kesempatannya kepada bapak dan ibu guru serta teman-teman kalian terhadap kesempatannya.

Saat ini di seluruh dunia sedang mengalami pengcemaran lingkungan. Plastik dimana-mana, hutan ditebangi dan tidak dilakukan penanaman pohon, hingga sampah yang seharusnya berada di darat kini juga dapat kita temukan didasar laut

Hal itu membuat saya menyayangkan apa yang akan terjadi ketika kita telah menjadi tua. Bahkan ketika kita masih anak remaja ini saja sampah sudah berada dimana-mana.

Bayangkan apabila hal ini akan masih terjadi terus-menerus hingga kita memiliki anak hingga cucu.

Oleh karena itu teman-teman, saya memohon dengan kesungguhan hati, marilah kita bersama-sama menjaga lingkungan yang kita cintai ini.

Bagian-bagian dari isi teks pidato adalah :

1. Pembukaan
Pembukaan pada teks pidato terdiri atas tiga bagian, yaitu salam pembuka, ucapan penghormatan, dan juga ucapan syukur.

1) Salam pembuka disesuaikan dengan situasi (waktu) dan latar belakang pendengar (audiens) yang hadir. Kalian bisa menggunakan salam pembuka, seperti selamat pagi, selamat siang, atau selamat malam tergantung situasi (waktu) dan latar belakang pendengar.

2) Ucapan (sapaan)  penghormatan dimaksudkan sebagai bentuk penghormatan orator kepada pendengar. Dari sisi etika, pendengar yang memiliki tingkatan sosial atau usia yang lebih tinggi diberikan ucapan (sapaan) penghormatan lebih dahulu.

3) Ucapan rasa syukur merupakan salah satu wujud rasa syukur kepada Tuhan atas semua anugerah yang telah dilimpahkan kepada hamba-Nya.

2. Isi Pidato
Isi merupakan bagian inti pidato. Pendapat, gagasan, alasan, berbagai data pendukung, dan pesan berupa imbauan atau ajakan disampaikan orator pada bagian ini. Orator menjelaskan secara terperinci tentang hal-hal yang terkait dengan pendapat, gagasan, atau pesan yang ingin disampaikan.

3. Penutup Pidato
Penutup pidato merupakan bagian akhir sebuah pidato. Bagian penutup biasanya berisi hal-hal berikut.

  1. Harapan agar gagasan dan pesan yang disampaikan bermanfaat bagi pendengar.
  2. Permohonan maaf kepada pendengar jika ada kesalahan dan kekhilafan.
  3. Ucapan terima kasih kepada pendengar.
  4. Salam penutup

MUATAN IPA (KD. 3.2 DAN 4.2)

 Perbedaan Ciri Laki-laki dan Perempuan Setelah Masa Pubertas.

Diantaranya adalah :

1.Tidak tumbuhnya jambang, kumis dan janggut pada perempuan, sedang laki-laki tumbuh jambang, kumis dan janggut.

2. Suara perempuan melengking, sedangkan suara laki-laki membesar atau berat.

3. Leher perempuan tidak tumbuh jakun, sedangkan laki-laki tumbuh jakun pada leher.

4. Anak perempuan yang telah mengalami pubertas ditandai dengan menstruasi dan payudara yang membesar. Adapun pada anak laki-laki, ciri-ciri pubertas ditandai dengan rambut yang tumbuh di bagian wajah dan suara yang mulai bertambah berat

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN PRAKTEK PAI

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI SENIN TANGGAL 06 MEI  2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr....