Pages

Senin, 22 April 2024

PENDALAMAN MATERI IPA

 

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI SENIN TANGGAL 22 APRIL 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

 

Tubuh manusia bisa bergerak fleksibel, salah satunya karena peran sendi. Sendi merupakan bagian tubuh yang menghubungkan setiap tulang.

Meskipun fungsinya sebagai penghubung antar tulang, bentuk sendi ada berbagai macam menyesuaikan dengan bentuk tulang. Pada dasarnya, bentuk sendi menyerupai bantalan yang ada di antara tulang.

Tapi meskipun fungsinya dapat membantu tubuh bergerak, sebenarnya tidak semua sendi bisa menggerakkan tulang. Ada juga beberapa sendi yang tidak bisa bergerak sama sekali.

Dikutip dari Ruang Guru, sendi dibedakan menjadi tiga jenis berdasarkan sifat gerakannya:

1. Sendi Mati (Sinartrosis)
Sesuai namanya, sendi mati berarti sendi yang tidak bisa bergerak. Sehingga ia hanya diam. Contohnya, sendi yang terdapat pada tulang tengkorak.

2. Sendi Kaku (Amfiartrosis)
Sendi kaku adalah sendi yang dapat digerakkan, tapi terbatas. Contohnya, sendi yang terdapat pada tulang antar ruas tulang belakang dan tulang rusuk.

3. Sendi Gerak (Diartrosis)
Seperti namanya, sendi gerak adalah sendi yang dapat digerakkan secara leluasa. Sendi jenis ini ada cukup banyak sehingga bisa dikategorikan lagi ke dalam beberapa sendi berdasarkan arah gerakannya. Misalnya sendi peluru pada bahu, sendi gulung di pergelangan tangan. Kemudian sendi engsel di lutut, sendi putar di leher, sendi pelana di jari jempol dan sendi geser di atas pergelangan tangan.

4. Sendi Geser (plane)
Sendi geser adalah sendi yang memungkinkan gerakan antar tulang yang satu menggeser yang lain. Contohnya, sendi pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

5. Sendi Engsel (hinge)
Sendi engsel merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan satu arah saja. Biasanya, sendi engsel hanya bisa diluruskan atau ditekuk. Contoh sendi engsel ada pada tulang lutut dan siku.

6. Sendi Gulung (condylar)
Sendi gulung adalah sendi yang punya gerakan dua arah. Bisa bergerak ke depan dan ke belakang, bisa juga ke kanan dan ke kiri. Contohnya, sendi antara tulang pengumpil (radius) dan tulang pergelangan tangan.

7. Sendi Putar (pivot)
Sendi putar adalah salah satu sendi yang gerakan salah satu ujung tulangnya membuat gerakan berputar pada ujung tulang lain. Jadi, salah satu ujung tulang menjadi poros dan yang satunya bisa berputar di sana.

Sendi ini yang membuat kepala bisa berputar menoleh ke kiri dan kanan. Contoh sendi putar, sendi antara tulang leher dan tulang tengkorak.

8. Sendi Peluru (ball and socket)
Sendi peluru adalah sendi yang bisa bergerak ke segala arah. Salah satu tulangnya berbentuk mirip bola dan tulang lainnya seperti mangkuk. Contohnya, hubungan antara tulang lengan atas dan gelang bahu.

9. Sendi Pelana (saddle)
Bentuknya memang mirip dengan pelana kuda. Sendi ini mampu membuat gerakan dua arah, yaitu seperti gerak ke depan dan ke belakang, dan juga gerak ke kanan dan ke kiri. Sendi pelana bisa kita temukan pada tulang pangkal ibu jari.

Latihan Soal:

1. Apa yang dimaksud dengan sendi mati?

2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan sendi kaku dan sendi gerak!

3. Sebutkan contoh sendi kaku!

4. Sendi gerak dibedakan menjadi lima macam, yakni ...

5. Sendi pada hubungan antara tulang leher yang pertama atau tulang atlas dan tulang tengkorak termasuk sendi....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN PARKTEK PJOK

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 03 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr...