Pages

Kamis, 25 April 2024

PENDALAMAN MATERI TEMA 9 SUBTEMA 3

 

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 25 APRIL 2024



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.     TUJUAN PEMBELAJARAN

1.     Dengan membaca bacaan, Peserta didik dapat menentukan persamaan dan perbedaan antara komet dan planet.

2.     Dengan membaca isi surat tentang Tempat Tanpa Bayangan, Peserta didik dapat menentukan unsur-unsur intrinsik cerita dan menceritakan pengalaman pribadi pada saat berada di tempat wisata.

3.     Dengan berdiskusi tentang jenis-jenis patung konstruksi, Peserta didik mencari informasi untuk menganalisis tema, alat dan bahan yang digunakan untuk membuat patung konstruksi.

TEMA 9                             : MENJELAJAH ANGKASA LUAR

SUBTEMA 3                     : TOKOH PENJELAJAH ANGKASA LUAR

       PEMBELAJARAN           : 1 DAN 2

MUATAN IPA (KD.3.7 DAN 4.7) 

KOMET DAN PLANET

Komet adalah salah satu benda langit menyerupai bintang, tetapi memiliki ekor dan tidak dapat mengeluarkan cahayanya sendiri.

Ketika komet mendekati matahari, materi-materi dalam inti komet akan menguap dan membentuk bola gas kebiru-biruan dengan ekor berwarna putih.

Materi dalam inti komet tersebut terdiri dari debu sepanjang jutaan kilometer. Oleh karena itu, orang Yunani menyebut komet sebagai si rambut panjang. Dalam bahasa Yunani, komet disebut kometes, di mana kata tersebut merupakan asal kata dari komet.

Selain komet komet, semua benda langit juga turut mengitari matahari. Benda langit tersebut mengelilingi matahari dalam jalurnya masing-masing yang disebut sebagai orbit.

Berdasarkan orbit bumi terhadap matahari, terdapat beberapa planet yang berada di dalam orbit bumi. Planet-planet dalam orbit bumi tersebut disebut dengan planet inferior, yaitu Merkurius dan Venus.

Sementara itu, planet-planet yang berada di luar orbit bumi disebut planet superior, yang terdiri dari Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Perbedaan yang paling menonjol antara komet dan planet ialah:

1. Komet

Komet memiliki orbit berbentuk parabola yang lebih lonjong dan panjang. Penyusun utama komet adalah batuan dan air. Inti dari komet terbungkus dalam surai gas dan debu. Selain itu, komet memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan planet dan ekornya akan muncul keluar saat mendekati matahari. Contohnya Halley, Hale Bopp, Mellish, Ikeya Seki, dan lainnya.

2. Planet

Planet orbitnya berbentuk elips dan lebih pendek. Penyusun utama planet terdiri dari batuan dan gas. Inti bumi terbungkus selimut bumi yang merupakan batuan padat. Ukuran planet lebih besar daripada komet dan ekornya tidak muncul ketika mendekati matahari. Contohnya Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

3. Persamaan komet dan planet

3. Persamaan komet planet
commons.wikimedia.org

Baik komet dan planet juga memiliki beberapa persamaan, yakni keduanya sama-sama merupakan benda langit yang mengorbit matahari. Tidak hanya itu, komet dan planet juga merupakan anggota di tata surya, memantulkan cahaya matahari, dan sama-sama memiliki inti.

4. Pengelompokan sistem tata surya dan cara membedakannya?

4. Pengelompokan sistem tata surya cara membedakannya
Pexels/alex-andrews-271121

Adapun pengelompokan sistem tata surya terbagi menjadi empat bagian. Keempat pengelompokan tersebut juga dapat dibedakan.

Pengelompokan sistem tata surya dan cara membedakannya adalah sebagai berikut.

1. Pengelompokan planet berdasarkan lintasan asteroid sebagai pembatasnya

Berdasarkan pengelompokan planet lintasan asteroid sebagai pembatasnya, planet di tata surya dibagi menjadi dua kelompok, yaitu planet dalam dan planet luar.

Planet dalam adalah planet-planet yang orbitnya ada di dalam lintasan asteroid, seperti Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Sementara planet liar adalah planet-planet yang orbitnya ada di luar lintasan asteroid, misalnya, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

2. Pengelompokan planet berdasarkan Bumi sebagai pembatasnya

Pengelompokan berdasarkan bumi terbagi menjadi dua kelompok, yaitu planet inferior dan planet superior.

Planet inferior merupakan planet-planet yang orbitnya di antara matahari hingga bumi. Contohnya, Merkurius dan Venus. Sementara planet superior ialah planet-planet yang orbitnya jauh dari matahari dan di luar bumi, sepeti Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

3. Pengelompokan planet berdasarkan ukuran dan komposisi penyusunnya

Menurut pengelompokan berdasarkan ukuran dan komposisi penyusunnya, terdapat dua kelompok planet di tata surya, yakni planet kebumian dan planet raksasa.

Planet kebumian merupakan planet yang setidaknya memiliki ukuran dan bahan penyusun (bebatuan) yang hampir sama dengan bumi, misalnya Merkurius Venus, Bumi, dan Mars.

Sedangkan planet raksasa, planet-planet ini memiliki ukuran besar dan bahan penyusunnya (es dan hidrogen) yang hampir serupa. Yang termasuk ke dalam planet raksasa adalah Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

MUATAN BAHASA INDONESIA (KD. 3.10 DAN 4.10)

UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM CERITA

Unsur intrinsik cerpen penting untuk membangunnya kisah karena asalnya dari dalam cerita itu sendiri. Ada tema, alur, tokoh, penokohan, latar, sudut pandang, gaya bahasa, dan amanat.

MUATAN SBDP (KD.3.4 DAN 4.4)

BAHAN MEMBUAT PATUNG KONTRUKSI

Teknik Konstruksi: Teknik konstruksi adalah teknik pengerjaan patung dengan cara menempelkan bagian yang satu dengan yang lain sedikit demi sedikit sehingga menjadi karya seni patung. Bahan yang digunakan bervariasi, biasanya adalah bahan tanah liat, lilin, bubur kertas, dan logam. 

Pada pembuatan patung dengan teknik konstruksi ini, bahan-bahan yang lazim digunakan antara lain adalah pasir, semen, besi, plastisin, kawat, bubur kertas dan masih banyak lagi lainnya


TUGAS :

Latihan soal-soal ujian sekolah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN PARKTEK PJOK

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 03 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr...