Pages

Jumat, 03 November 2023

TEMA 5 SUBTEMA 1 PB 2

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 03 NOVEMBER 2023



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha VI. A, apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan mengamati gambar dan berdiskusi, Peserta didik mampu mengidentifikasi ciri-ciri reklame yang ada di sekitar secara tepat.

2.    Dengan mengamati gambar dan berdiskusi, Peserta didik mampu mengklasifikasi reklame berdasarkan ciri-cirinya secara tepat.

3.    Dengan membaca teks dan berdiskusi, Peserta didik mampu mengidentifikasi berbagai contoh keberagaman wirausaha dalam kehidupan sehari-hari secara terperinci.

TEMA 5                  : WIRAUSAHA

SUBTEMA 1          : KERJA KERAS BERUBAH KESUKSESAN

PEMBELAJARAN : 2

MUATAN SBDP (KD 3.1 DAN 4.1)

MACAM-MACAM REKLAME

Reklame adalah suatu cara untuk mempromosikan atau memperkenalkan suatu produk tertentu kepada orang banyak. Reklame dibuat untuk menarik perhatian orang agar membaca atau membeli produk yang ditawarkan. Media yang digunakan untuk kegiatan reklame antara lain media audio, media visual, dan media audiovisual.

Macam-macam reklame secara visual adalah :

1. Iklan

Iklan adalah jenis reklame singkat yang bertujuan mempromosikan barang atau jasa dalam bentuk visual(tulisan dan gambar) pada media cetak atau elektronik. Berikut ini contoh reklame iklan.

reklame-iklan-koran
Contoh Reklame "Iklan"

2. Spanduk

Spanduk adalah reklame yang memuat informasi reklame komersial atau non komersial yang dibuat secara ringkas, padat dan jelas menggunakan kain dan sejenisnya yang dibentangkan diantara dua tiang di tempat strategis dan ramai. Berikut ini contoh reklame spanduk.

Reklame-spanduk
Contoh Reklame "Spanduk"

3. Brosur

Brosur merupakan reklame yang dibuat pada selembar kertas dengan isi informasi yang lebih rinci dan jelas, disampaikan dengan cara disebarluaskan secara langsung agar dibaca dan dipahami konsumen/ target. Berikut ini contoh reklame brosur.


reklame-brosur
Contoh Reklame "Brosur"

4. Embalase

Embalase adalah jenis reklame yang ditempatkan langsung pada kemasan produk, berfungsi sebagai daya tarik, pemberitahuan, informasi tentang produk tersebut.


reklame-embalase
Contoh Reklame "Embalase"

5. Poster

Poster adalah jenis reklame berupa selembaran kertas yang berisi gambar dan tulisan yang dibuat semenarik mungkin dan ditempatkan dengan cara ditempel ditempat-tempat umum yang strategis. Berikut ini contoh reklame poster.


reklame-poster
Contoh Reklame "Poster"

6. Baliho

Baliho adalah jenis reklame yang berisi gambar/ tulisan menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan di tempat umum dan strategis menggunakan tiang besar dan kuat dan bersifat semi permanen. Berikut ini contoh reklame baliho.

reklame-baliho
Contoh Reklame "Baliho"

7. Billboard

Billboard adalah jenis reklame yang berisi gambar atau tulisan yang menarik dan informatif dengan ukuran besar, ditempatkan pada atap dinding pertokoan atau instansi tertentu dengan sifat permanen.


reklame-billboard
Contoh Reklame "Billboard"

8. Banner

Banner adalah jenis reklame dengan bentuk kotak (potrait) biasanya dicetak dengan digital printing menggunakan MMT ditempatkan depan toko atau instansi menggunakan penyangga.


reklame-banner
Contoh Reklame "Banner"

9. Leaflet

Leaflet adalah jenis reklame yang berupa lembaran kecil yang dilipat lipat, berisi informasi lengkap dan rinci. Penyampaiannya dilakukan dengan cara diletakkan ditempat yang mudah diambil, disebarkan atau diberikan langsung kepada konsumen/ target. Berikut ini contoh reklame leaflet.


reklame-leaflet
Contoh Reklame "Leaflet"

10. Kalender

Kalender adalah pemberian nama pada periode waktu dalam sebuah sistem yang divisualisasikan pada media cetak atau elektronik. Kalender dalam bentuk media cetak dapat digunakan sebagai reklame dengan memberikan tambahan gambar dan tulisan sebagai reklame visual pada bagian depan atau bagian atas kalender. Berikut ini contoh reklame kalender.

reklame-kalender
Contoh Reklame "Kalender"

 MUATAN PPKN (KD 3.3 DAN 4.3)

Wirausaha

Wirausaha adalah kegiatan ekonomi yang didirikan oleh seseorang dengan modal dan kemampuan yang dimiliki. Kegiatan wirausaha menghasilkan beragam kebutuhan masyarakat. Ada kegiatan yang menghasilkan barang ada juga yang menghasilkan jasa.

Kegiatan yang menghasilkan barang diantaranya pertanian, perternakan, pengrajin, penjual kue, seniman. Sementara kegiatan wirausaha yang menghasilkan jasa adalah tukang cukur, dokter, guru, kasir dan lain-lain.

Keberagaman wirausaha

Wirausaha adalah orang yang pandai atau berbakat untuk mengenalkan produk baru, atau menentukan cara produksi, dan membuat produk baru. Banyak orang yang beranggapan bahawa wirausaha hanya berdagang barang saja. Namun kegiatan wirausaha meliputi perdagangan dan penggunaan jasa.

Seorang yang berwirausaha membutuhkan modal. Modal dalam bentuk material (dana, uang, barang) dan modal moril (sikap, percaya diri, kreatif, inovatif).

Banyak sekali kegiatan wirausaha yang ada di sekitar kita. Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan wirausaha yang ada di sekitar kita.

Pertanian

Indonesia sebagai salah satu negara agraria memiliki jumlah penduduk yang mayoritas berprofesi sebagai petani. Selain kesuburan tanah yang dimiliki oleh Indonesia, faktor cuaca juga sangat mempengaruhi. Indonesia hanya memiliki dua musim yaitu musim penghujan dan musim kemarau. Dalam kedua musim tersebut banyak masyarakat memanfaatkan lahannya untuk lahan pertanian.

Beberapa daerah yang terkenal sebagai lumbung padi di Indonesia adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Lampung, Sulawesi Selatan. Hasil panen para petani di daerah tersebut sangat mempengaruhi harga dan ketersediaan stok beras di daerah-daerah lain.

Namun seiring perkembangan zaman, pertanian sebagai salah satu kegiatan wirausaha jarang diminati. Padahal jika kita ingin lebih cermat, semua yang kita nikmati hari ini tidak dapat lepas dari campur tangan pada petani.

Perikanan

Selain menjadi negara agraris, Indonesia juga merupakan salah satu negara maritim terbesar di dunia. Hasil-hasil laut Indonesia banyak di ekspor ke luar negeri. Beberapa yang lain terkenal adalah rajungan, ikan tuna.

Perdagangan

Kegiatan perdagangan memegang peran penting dalam kemajuan ekonomi suatu wilayah, demikian pula dengan Indonesia. Indonesia yang memiliki letak yang sangat strategis dalam jalur perdangan ini. Sudah sangat lama memanfaatkan perdangan sebagai salah satu kegiatan wirausaha.

Perkembangan zaman mendorong dunia perdagangan menjadi lebih moderen. Selain munculnya pasar-pasar moderen dan waralaba yang sangat menjamur seperti alfa mart, indomart, circle k, dan lain-lain. Dunia perdagangan kini sudah berbasis virtual.

Banyak sekali toko-toko online yang siap bersiang menawarkan barang yang beraneka ragam. Namun kemajuan ini membawa dapat negatif yang sangat terasa. Munculnya sikap komsumtif dan senang berbelanja menurunkan daya cipta dan kreasi kita.

Industri

Selain tiga hal yang tersebut, salah satu bentuk wirausaha yang banyak di sekitar kita adalah sektor industri. Industri adalah kegiatan memproses atau mengolah barang dengan menggunakan sarana dan peralatan.

Di sekitar kita terdapat berbagai jenis industri dimulai dari industri rumah tangga, industri kecil, industri menengah dan industri besar yang memiliki pabrik-pabriknya. Contoh industri rumah tangga adalah industri pakaian batik.

Sementara yang termasuk industri sedang adalah industri kuliner. Industri ini menyajikan berbagai jenis makanan khas dari makanan tradisional hingga makanan mancanegara.

Manfaat keberagaman wirausaha

Selain tujuan keuntungan ekonomi wirausaha memiliki beberapa manfaat untuk kita diantaranya;

  • Memenuhi kebutuhan manusia yang sangat beragam jenisnya.
  • Meningkatkan kesejahtraan masyarakat sekitar tempat wirausaha.
  • Menciptakan invoasi baru yang bermanfaat.
  • Membantu pembangunan nasional dalam bidang ekonomi.
  • Mengurangi pengangguran.
  • Meningkatkan pesatuan dan kesatuan serta menumbukan kerjasama antara pemilik dan warga sekitar.

Soal Latihan Buku BUPENA hal. 98 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...