GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI SENIN TANGGAL 04 SEPTEMBER 2023
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Rangkuman Materi Tema 2 Kelas 2 Subtema 2 Pembelajaran 1
Pada pembelajaran 1 subtema 2 tema 2 ini terdiri dari 3 muatan pelajaran. Dengan tujuan pembelajaran sebagai berikut:
a. Siswa dapat mengidentifikasi ciri ciri kalimat efektif.
b. Siswa dapat menari informasi dengan memakai aspek kata tanya: apa, siapa, mengapa, bagaimana dan kapan.
c. Dan yang ketiga, siswa dapat menyebutkan beberapa upaya bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan.
d. Siswa dapat menyebutkan ciri ciri khusus pada hewan dan habitatnya.
Muatan Bahasa Indonesia – Pembelajaran 1
Kalimat efektif adalah kalimat yang sudah sesuai dengan aturan atau kaidah bahasa yang baik dan benar, yang meliputi ejaan maupun tanda bacanya. Sehingga kalimat tersebut enak kita dengar dan juga mudah untuk kita pahami maknanya.
Syarat suatu kalimat dapat dikatakan sebagai kalimat efektif, antara lain:
a. mudah dipahami oleh pendengar maupun pembaca.
b. tidak menimbulkan kesalahan dalam menafsirkan maksud atau makna kalimat penulis atau penutur.
c. kalimat bersifat sistematis dan tidak bertele-tele.
d. penyampaian pemikiran penulis kepada pembaca.
e. memakai pilihan kata yang tepat dan sesuai kebutuhan.
f. memenuhi aturan atau kaidah bahasa yang berlaku.
g. memakai struktur bahasa yang tepat.
Menggunakan Aspek kata tanya:
1. Apa
Apa isi ultimatum dari sekutu kepada rakyat Surabaya?
Jawaban: Isi ultimatum yaitu sekutu memerintahkan rakyat Surabaya menyerahkan senjatanya.
2. Mengapa
Mengapa pada tanggal 9 November 1945, Inggris mengeluarkan ultimatum kepada rakyat Surabaya?
Jawaban: Karena Bridjen Mallaby terbunuh.
3. Siapa
Siapa yang memimpin tentara sekutu pada tanggal 25 Oktober 1945 mendarat di Surabaya?
Jawaban: Bridgadir Jendral Mallaby memimpin tentara sekutu mendarat pada tanggal 25 Oktober 1945 mendarat di Surabaya.
4. Bagaimana
Bagaimana sikap rakyat Surabaya terhadap ultimatum dari Inggris?
Jawaban: Rakyat Indonesia menolak ultimatum dari Inggris.
5. Kapan
Kapan diperingati sebagai Hari Pahlawan?
Jawaban: Hari Pahlawan diperingati setiap tanggal 10 November.
6. Di mana
Di mana terjadi pertempuran dahsyat di tanggal 10 November 1945?
Jawaban: di Surabaya terjadi pertempuran dahsyat di tanggal 10 November 1945.
Bahasa Indonesia – Aspek Kata Tanya dari Pertempuran 5 Hari Semarang
1. Apa
Apa yang kamu ketahui tentang pertempuran lima hari di Semarang?
Jawaban: Pertempuran lima hari di Semarang yaitu serangkaian pertempuran yang berlangsung antara rakyat Indonesia dan tentara Jepang berada di Semarang.
2. Mengapa?
Mengapa terjadi pertempuran lima hari di Semarang?
Jawaban: Pertempuran lima hari di Semarang terjadi karena larinya tentara jepang dan tewasnya dr. Kariyadi.
3. Siapa
Siapa yang dicegat oleh tentara Jepang dan ditembak seorang tentara pelajar?
Jawaban: Dr. Kariyadi dan supirnya yang dicegat oleh tentara Jepang dan ditembak seorang tentara pelajar.
4. Bagaimana
Bagaimana yang terjadi setelah berita mengenai racun tersiar?
Jawaban: Setelah berita mengenai racun tersiar, Dr. Kariyadi hendak memastikan kabar tersebut.
5. Kapan
Kapan pertempuran lima hari di Semarang terjadi?
Jawaban: pertempuran lima hari di Semarang terjadi pada tanggal 15 sampai 19 Oktober 1945.
6. Di mana
Di mana pertempuran lima hari terjadi?
Jawaban: di kota Semarang, Jawa Tengah.
Muatan IPA Pembelajaran 1
Beberapa ciri khusus hewan dan habitatnya.
1. Ayam
Habitat ayam di darat.
Ciri khusus ayam antara lain:
- memiliki kaki yang kuat untuk mengais makanan di tanah.
- paruh yang runcing untuk mengambil makanan.
2. Bebek
Habitat bebek di darat dan perairan.
Ciri khusus dari bebek:
- memiliki paruh seperti sudu berguna untuk mencari makanan di tempat yang berlumpur.
- bulu berlapis minyak, agar tidak basah kuyup saat berada di air.
- kaki yang berselaput, berguna untuk berenang dan tidak terperosok saat berjalan di lumpur.
3. Ikan
Habitat ikan di perairan.
Ciri khusus ikan antara lain:
- memiliki sirip untuk berenang.
- ekor membantu untuk berbelok.
- insang berguna untuk bernapas.
4. Cecak
Habitat cecak adalah di atap atau dinding rumah.
Ciri Khusus dari Cecak antara lain:
- mempunyai kaki yang lengket atau berperekat, sehingga tidak jatuh saat merayap di dinding.
- kemampuan autotomi, berguna untuk melindungi diri dari pemangsa.
5. Bunglon
Habitat bunglon adalah di pohon.
Ciri khusus bunglon, antara lain:
- memiliki lidah yang panjang dan lengket, berguna untuk menangkap serangga/mangsa.
- kemampuan mimikri atau mengubah warna kulit sesuai dengan lingkungannya. Hal ini berguna untuk melindungi diri dari pemangsa.
6. Tikus
Habitat tikus adalah gorong gorong atau selokan, bahkan persawahan.
Ciri khusus dari tikus, antara lain:
- mempunyai gigi yang runcing, berguna untuk memotong makanan dan mengerat benda di sekitarnya.
- tubuh yang lentur, berguna untuk memudahkan tikus membalik tubuhnya meskipun di tempat yang sempit.
7. Ular
Habitat ular antara lain: hutan, padang rumput, sungai dan juga persawahan.
Ciri khusus dari ular adalah mempunyai bisa yang mematikan, berguna untuk mencari mangsa dan melindungi diri.
8. Kupu kupu
Habitat kupu kupu antara lain di taman bunga, kebun maupun persawahan.
Ciri khusus dari kupu kupu adalah memiliki sayap yang indah, terkadang berwarna warni.
Selain itu memiliki sepasang antena di kepalanya sebagai alat komunikasi.
9. Cumi cumi
Habitat cumi cumi di air laut.
Ciri khusus dari cumi cumi adalah memiliki tinta yang berguna untuk mengelabuhi musuh.
10. kambing, sapi dan kerbau
Habitat hewan tersebut di sawah atau ladang.
Memiliki ciri khusus yaitu mempunyai sepasang tanduk di kepala berguna untuk melindungi diri.
Materi Tema 2 Kelas 6 Subtema 2 Pembelajaran 2
Pada pembelajaran 2 subtema 2 tema 2 kelas 6 ini kurang lebih memiliki 2 muatan pelajaran, antara lain: PPKn dan SBdP. Untuk tujuan pembelajaran ke-2 ini antara lain:
a. siswa mampu menyebutkan contoh dari manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat.
b. siswa mampu mengidentifikasi gerakan dari Tari Saman dengan benar.
Muatan PPKn – Pembelajaran 2
Perbedaan yang ada di tengah masyarakat, antara lain: perbedaan
a. fisik.
b. jenis kelamin.
c. suku bangsa.
d. agama.
e. bahasa daerah.
f. kebudayaan.
Beberapa cara untuk mensikapi perbedaan di tengah masyarakat, antara lain:
a. tidak mempermasalahkan perbedaan yang ada di antara mereka.
b. menghormati perbedaan yang ada.
c. tetap berteman dan bekerja sama meskipun terdapat perbedaan.
Beberapa manfaat dari kerjasama dalam perbedaan, antara lain:
a. dapat menumbuhkan hubungan yang harmonis.
b. pekerjaan lebih ringan dan cepat terselesaikan.
c. terhindar dari perselisihan dan pertengkaran.
Muatan SBdP
Gerakan dan pola lantai pada Tari Indang, Sumatra Barat antara lain:
Pembelajaran 3
Pada pembelajaran 3 ini terdapat 2 muatan pelajaran, yaitu: IPA dan Bahasa Indonesia. Sedangkan untuk tujuan pembelajaran dari pembelajaran ke-3 ini antara lain:
a. siswa dapat menyebutkan cara hewan melindungi diri dari pemangsa.
b. siswa dapat menggali informasi menggunakan aspek : apa, siapa, bagaimana, mengapa, dan kapan.
Muatan Bahasa Indonesia
1. Apa
Apa maksud kedatangan tentara sekutu di bawah pimpinan Brigadir Bethel pada tanggal 20 Oktober 1945?
Jawaban: untuk mengurus tawanan perang.
2. Mengapa
Mengapa kedatangan tentara sekutu menimbulkan kemarahan pihak Indonesia?
Jawaban: karena membebaskan tawanan tentara Belanda dan lalu mempersenjatai tawanan tersebut.
3. Siapa
Siapa yang mengingkari hasil perundingan antara Presiden Sukarno dan Brigadir Bethel?
Jawaban: pihak sekutu yang mengingkari janji.
4. Bagaimana
Bagaimana rakyat dapat merebut kota Ambarawa dan sekutu bisa dipukul mundur?
Jawaban: dengan kerjasama dari seluruh rakyat Ambarawa.
5. Kapan
Kapan pertempuran Ambarawa berakhir?
Jawaban: Pertempuran Ambarawa berakhir pada tanggal 15 Desember 1945.
6. Di mana
Di mana di bangun monumen Palagan Ambarawa?
Jawaban: di Kota Ambarawa, Jawa Tengah.
Muatan IPA – Pembelajaran 3
Untuk rangkuman materi tema 2 subtema 2 kelas 6 muatan IPA kita akan membahas tentang cara hewan melindungi diri dari pemangsa atau musuhnya. Dan berikut ini beberapa cara hewan melindungi diri dari pemangsa, antara lain:
1. Kamuflase
Kamuflase adalah kemampuan hewan menyesuaikan diri dengan kondisi tempat hewan tersebut berada. Contoh hewan yang melakukan kamuflase adalah belalang daun dan belalang sembah atau cangcoran.
2. Mimikri
Mimikri adalah kemampuan hewan menyesuaikan diri dengan mengubah warna kulit sesuai dengan tempat hewan tersebut berada. Contoh hewan yang melakukan mimikri adalah bunglon.
3. Autotomi
Autotomi adalah kemampuan hewan untuk melindungi diri dengan memutuskan salah satu bagian tubuhnya, biasanya bagian ekor. Contoh hewan yang melakukan autotomi adalah: kadal, cicak dan tokek.
4. Menggulungkan diri
Contoh hewan yang menggulungkan diri untuk melindungi diri antara lain: luwing atau kaki seribu, lipan dan trenggiling.
5. Menyemprotkan tinta
Contoh hewan yang melindungi diri dengan menyemprotkan tinta antara lain: cumi cumi dan gurita.
6. Mengeluarkan bau busuk
Contoh hewan yang melindungi diri dengan mengeluarkan bau busuk, antara lain: sigung, walang sangit, dan tapir.
7. Pura pura mati
Contoh hewan yang melindungi diri dengan pura pura mati adalah kumbang dan musang.
8. Dengan cangkang : kura kura dan siput.
9. Duri di sekujur tubuhnya : landak.
10. Memiliki bisa : ular, kalajengking, laba laba.
Materi Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 4
Untuk pembelajaran 4 ini terdiri dari dua muatan pelajaran, yaitu PPKn dan Bahasa Indonesia. Untuk tujuan pembelajaran pembelajaran ke-4 ini antara lain:
- Siswa mampu menggali informasi dengan memakai aspek apa, kapan, siapa, mengapa dan bagaimana.
- Dan diharapkan siswa bisa menyebutkan manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat.
Muatan Bahasa Indonesia tentang Perjuangan Diplomasi
Selain melalui perjuangan melalui pertempuran atau konfrontasi, upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia juga ditempuh melalui perundingan atau perjanjian. Beberapa perundingan yang telah ditempuh Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan, antara lain: Perundingan Linggarjati, Perundingan Renville, Perundingan Roem Royen, dan Perundingan Konferensi Meja Bundar (KMB). Dan berikut ini materi selengkapnya.
Perundingan atau Perjanjian Linggarjati
Perjanjian Linggarjati dilaksanakan pada tanggal 15 November 1946 sampai 25 Maret 1947. Perjanjian Linggarjati berlangsung di Kota Linggarjati, Jawa Barat. Perundingan Linggarjati ditandatangani oleh kedua belah negara pada tanggal 25 Maret 1947. Delegasi Indonesia pada perundingan Linggarjati ini adalah Sutan Syahrir.
Berikut ini beberapa hasil Perjanjian Linggarjati
1. Belanda mengakui secara de facto wilayah Republik Indonesia, yaitu Jawa, Sumatra dan Madura.
2. Belanda harus meninggalkan wilayah RI paling lambat tanggal 1 Januari 1949.
3. Pihak Belanda dan Indonesia sepakat membentuk negara Republik Indonesia Serikat (RIS).
4. Dalam bentuk RIS, Indonesia harus tergabung dalam Common-wealth/Persemakmuran.
Namun perjanjian Linggarjati ini dikhianati oleh pihak Belanda dengan melakukan Agresi Militer Belanda I pada tanggal 21 Juli 1947.
Perjanjian Renville
Perjanjian atau perundingan Renville berlangsung pada tanggal 8 Desember 1947 sampai 17 Januari 1948. Perundingan Renville ini ditandatangani pada tanggal 17 Januari 1948 di atas kapal perang Amerika Serikat (USS Renville), yang sedang berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta. Perundingan Renville ini ditengahi oleh Komisi Tiga Negara (KTN), yaitu Amerika Serikat, Australia, dan Belgia. Australia dipilih oleh Indonesia, Belgia dipilih oleh Belanda dan Amerika Serikat dipilih oleh Australia dan Belanda. Untuk Delegasi Indonesia dipimpin oleh Amir Syarifuddin. Delegasi Kerajaan Belanda dipimpin oleh R. Abdul Kadir Widjojoatmodjo. Sedangkan Delegasi Australia diwakili oleh Richard C. Kirby, Belgia diwakili oleh Paul van Zeeland dan Amerika Serikat diwakili Dr. Frank Graham.
Hasil Hasil Perundingan antara lain :
1. Belanda hanya mengakui Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Sumatra sebagai bagian wilayah Republik Indonesia.
2. Disetujuinya sebuah garis yang memisahkan wilayah Indonesia dan daerah pendudukan Belanda.
3. TNI harus ditarik mundur dari daerah-daerah kantongnya di wilayah pendudukan di Jawa Barat dan Jawa Timur.
Perjanjian Renville ini pun juga dikhianati oleh pihak Belanda dengan Agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember 1948 dengan menyerang Ibukota Indonesia di Yogyakarta.
Perjanjian atau Perundingan Roem Royen
Perjanjian atau perundingan Roem-Royen dilaksanakan pada tanggal 14 April 1949 sampai 7 Mei 1949. Perundingan Roem Royen ini ditandatangani pada tanggal 7 Mei 1949 di Hotel Des Indes, Jakarta. Delegasi Indonesia pada perjanjian ini adalah Mohammad Roem. Sedangkan Delegasi Belanda pada perjanjian ini adalah Herman van Roijen. Tujuan dari perjanjian Roem Royen ini yaitu untuk menyelesaikan beberapa masalah mengenai kemerdekaan Indonesia sebelum KMB di Den Haag.
Hasil Perundingan atau perjanjian Roem Royen antara lain:
1. Angkatan bersenjata Indonesia akan menghentikan semua aktivitas gerilya. Pemerintah Republik Indonesia akan menghadiri KMB.
2. Pemerintah Republik Indonesia dikembalikan ke Yogyakarta.
3. Angkatan bersenjata Belanda akan menghentikan semua operasi militer dan membebaskan semua tawanan perang.
Perjanjian atau Perundingan KMB
Konferensi Meja Bundar ini dilaksanakan di Den Haag, Belanda pada tanggal 23 Agustus 1949 sampai 2 November 1949). Delegasi Indonesia pada KMB ini dipimpin oleh Drs. Mohammad Hatta.
Hasil dari Konferensi Meja Bundar (KMB) antara lain :
1. Belanda mengakui RIS sebagai negara merdeka dan berdaulat.
2. Status Irian Barat diselesaikan dalam waktu setahun sesudah pengakuan kedaulatan.
3. Akan dibentuk Uni Indonesia-Belanda.
4. RIS mengembalikan hak milik Belanda dan memberikan hak konsesi dan izin baru untuk perusahaan-perusahaan Belanda.
5. Pengambilalihan utang Hindia Belanda oleh Republik Indonesia Serikat.
Penyerahan kedaulatan Indonesia, dilakukan 2 kali:
- di Belanda dilakukan oleh Ratu Yuliana dan Drs Mohammad Hatta.
- di Indonesia dilakukan oleh Mr. Lovinx dan Sri Sultan Hamengkubuwono IX.
Muatan PPKn – Pembelajaran 4
Beberapa makna persatuan dan kesatuan antara lain:
a. Rasa persatuan dan kesatuan menjalin rasa kebersamaan dan saling melengkapi satu dengan yang lain.
b. Menjalin rasa kemanusiaan dan tingginya sikap saling toleransi serta keharmonisan untuk hidup berdampingan.
c. Menjalin persahabatan, kekeluargaan dan saling tolong menolong antar sesana.
d. Bersikap nasionalisme.
Manfaat persatuan dan kesatuan antara lain:
a. bisa mengatasi segala perbedaan yang timbul.
b. Mudah untuk hidup maju.
c. mencegah terjadinya perselisihan dan perpecahan.
Rangkuman Materi Kelas 6 Tema 2 Subtema 2 Pembelajaran 5
Untuk pembelajaran 5 ini terdiri dari 2 muatan pelajaran yaitu: IPS dan SbdP. Sedangkan untuk tujuan pembelajaran pada pembelajaran ke-5 ini antara lain:
a. Siswa dapat menyebutkan upaya upaya mempertahankan kemerdekaan dalam bentuk pertempuran.
b. siswa bisa mengidentifikasi Tari Indang, Sumatra Barat.
Muatan IPS – Pertempuran Ambarawa
Pada tanggal 20 Oktober 1945, tentara Sekutu yang dipimpinan Brigadir Bethell mendarat di Kota Semarang. Tujuan sekutu mendarat ke Jawa Tengah untuk mengurus tawanan perang dan tentara Jepang yang ada di Jawa Tengah. Namun kedatangan sekutu ini diboncengi oleh NICA (Tentara Belanda).
Namun, ketika pasukan Sekutu dan NICA datang di Ambarawa dan Magelang untuk membebaskan para tawanan perang, malah pasukan sekutu tersebut telah dipersenjatai sehingga menimbulkan kemarahan dari pihak Indonesia. Insiden bersenjata ini timbul di kota Magelang, hingga terjadi pertempuran.
Pada pertempuran Ambarawa Letkol Isdiman gugur dan diganti oleh Kolonel Sudirman. Dan pada tanggal 15 Desember 1945 pertempuran Ambarawa ini berakhir serta pasukan Sekutu bisa dipukul mundur ke Semarang. Untuk mengenang peristiwa ini dibangunlah Monumen Palagan Ambarawa.
Baca Juga:
- kunci jawaban tema 2 kelas 6
- rangkuman tema 1 kelas 6
- materi tema 3 kelas 6
Pertempuran 5 Hari Semarang
Pertempuran lima hari di Semarang terjadi pada tanggal 15–19 Oktober 1945. Penyebab pertempuran lima hari di Semarang adalah arinya tentara Jepang dan tewasnya dr. Kariadi. Dan berikut ini beberapa tokoh yang terlibat pada pertempuran lima Hari di Semarang, antara lain:
- dr. Kariadi, dokter yang gugur ditembak sekutu, beliau merupakan dokter yang akan mengecek cadangan air minum di daerah Candi yang kabarnya telah diracuni oleh Jepang. Ia juga merupakan Kepala Laboratorium Dinas Pusat Purusara.
- Mr. Wongsonegoro, merupakan gubernur Jawa Tengah yang sempat ditahan oleh Jepang.
- Dr. Sukaryo dan Sudanco Mirza Sidharta, adalah tokoh Indonesia yang ditangkap oleh Jepang bersama Mr. Wongsonegoro.
- Mayor Kido (Pemimpin Kido Butai), pimpinan Batalion Kidō Butai yang berpusat di Jatingaleh.
drg. Soenarti, Istri dr. kariadi - Kasman Singodimejo, Perwakilan perundingan gencatan senjata dari Indonesia.
- Jenderal Nakamura, perwira tinggi yang ditangkap oleh TKR di Magelang
Untuk mengenang peristiwa pertempuran lima hari di Semarang dibangunlah Monumen Tugu Muda.
Pertempuran Bandung Lautan Api
Pertempuran Bandung Lautan Api meletus pada tanggal 23 Maret 1946. Penyebab terjadinya pertempuran Bandung Lautan Api ini antara lain:
- Kemarahan sekutu atas usaha para pemuda dalam merebut pangkalan udara Andir dan juga pabrik senjata bekas Artillerie Constructie Winkel (ACW-sekarang Pindad).
- Pembentukan Majelis Dewan Perjuangan yang dipimpin panglima TKR, Aruji Kartawinata, yang terdiri atas wakil-wakil TKR dan berbagai kelaskaran.
- Pada tanggal 21 November 1945 pihak Sekutu mengeluarkan ultimatum agar para pejuang menyerahkan senjata dan mengosongkan Bandung Utara. Dan ternyata ultimatum itu tidak diindahkan oleh pihak pejuang. Insiden terjadi, para pemuda melakukan penyerobotan terhadap kendaraan-kendaraan Belanda yang berlindung di bawah Sekutu.
Pada pertempuran Bandung Lautan Api menyebabkan Mohammad Toha Gugur.
Untuk materi SBdP membahas tentang gerakan dan pola lantai Tari Indang, Sumatra Barat bisa dibaca di tautan ini.
Materi Pembelajaran 6
Pada pembalajaran 6 ini terdiri dari 2 muatan pelajaran, yaitu PPKn dan Bahasa Indonesia. Dengan tujuan pembelajaran, antara lain:
a. Siswa mampu untuk menyebutkan contoh manfaat persatuan dan kesatuan di lingkungan masyarakat.
b. Siswa mampu menyampaikan informasi mengenai peristiwa bersejarah mempertahankan kemerdekaan dengan menggunakan aspek apa, siapa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana.
Muatan PPKn
Manfaat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan sehari hari, antara lain:
a. Terjadinya kehidupan yang rukun antar sesama.
b. mengurangi terjadinya perselisihan dan perpecahan.
c. dapat mempererat tali persaudaraan antar warga.
Muatan Bahasa Indonesia Membahas tentang Bandung Lautan Api
1. Apa
Apa peringatan pertama dari Sekutu untuk rakyat Bandung?
Jawaban: Peringatan pertama dari Sekutu untuk rakyat Bandung yaitu agar Bandung bagian Utara segera dikosongkan dan meminta rakyat menyerahkan senjata.
2. Mengapa
Mengapa terjadi bentrokan antara Sekutu dengan pejuang Indonesia?
Jawaban: Bentrokan senjata terjadi karena para pejuang Indonesia tidak menghiraukan peringatan atau ultimatum Sekutu.
3. Siaoa
Siapa yang gugur dalam peristiwa Bandung Lautan Api?
Jawaban: Mohammad Toha yang gugur dalam peristiwa Bandung lautan Api.
4. Bagaimana
Bagaimana yang terjadi ketika persenjataan pejuang Indonesia tidak memadai?
Jawaban: Pasukan TKR dan pejuang lainnya tidak dapat mempertahankan bandung Utara dan akhirnya dikuasai oleh Sekutu.
5. Kapan
Kapan tentara sekutu mulai memasuki kota Bandung?
Jawaban: mulai bulan Oktober 1945.
6. Di mana
Di mana terjadi peristiwa bumi hangus kota sebelum ditinggalkan?
LATIHAN SOAL ULANGAN :
BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
1. Setelah merdeka pasukan Belanda datang lagi ke Indonesia dengan membonceng ….
a. Jepang
b. Sekutu
c. Uni Soviet
d. Amerika
2. Kedatangan sekutu di Indonesia dipimpin oleh ….
a. A.W.S Mallaby
b. Stamford Rafless
c. Jenderal Soedirman
d. Van Den Bosh
3. Respon dari para pejuang terhadap ultimatum yang diberikan oleh tentara sekutu di kota adalah ….
a. Takut dan melarikan diri ke Jakarta
b. Menyerahkan seluruh senjatanya
c. Bersiap bernegoisasi dan berunding dengan sekutu
d. Menolak dan siap berperang pertahankan kemerdekaan
4. Pertempuran Puputan Margarana terjadi di Bali di pimpin oleh ….
a. I Gusti Ketut Puja
b. I Gusti Ngurah Rai
c. I Gusti Ketut Jelantik
d. Untung Surapati
5. Pemimpin arek-arek Surabaya pada pertempuran 10 Nopember 1946 adalah ….
a. Bung Karno
b. Bung Hatta
c. Jenderal Soedirman
d. Bung Tomo
6. Salat satu kunci keberhasilan bangsa Indonesia mempertahankan kemerdekaan adalah ….
a. Kerja sama antar rakyat
b. Kecerdasan seluruh rakyat
c. Pasukan lawan yang tidak terlatih
d. Senjata yang sangat modern
7. Ciri khusu yang dimiliki bebek adalah ….
a. Memiliki cakar yang kuat
b. Memiliki sirip pada sayap
c. Memiliki kaki berperekat
d. Memiliki kaki berselaput
8. Berikut ini yang tidak termasuk ciri-ciri cicak adalah ….
a. Memiliki ekor yang panjang
b. Memiliki lidah yang panjang
c. Memiliki kulit yang bisa berubah warna
d. Memiliki perekat pada kaki
9. Ikan mempunyai insang digunakan untuk ….
a. Dapat berenang dengan cepat
b. Bernafas dalam air
c. Mendeteksi keberadaan makanan
d. Tidak kedinginan dalam air
10. Bebek tidak basah ketika terkena air karena bulu-bulunya terlapisi ….
a. Debu
b. Kulit
c. Minyak
d. Tulang
11. Unta adalah hewan yang dapat hidup di gurun, untuk mampu hidup di tempat yang kering karena mempunyai ….
a. Bulu yang tebal untuk menyerap banyak air
b. Punuk yang digunakan untuk meyimpan cadangan makanan
c. Perut yang besar untuk memakan banyak makanan
d. Mata yang lebar untuk melihat air di kejauhan
12. Rendi berambut keriting, Sandi berambut lurus dan Bayu berambut
ikal. Sikap yang tepat dalam menjalin pertemanan dari kondisi tersebut
adalah ….
a. Percaya bahwa rambut lurus harus paling dihormati
b. Bangga jika rambutnya ikal karena paling menarik
c. Mengaku bahwa rambut keriting paling unik
d. Saling menghormati karena semua jenis rambut ciptaan Tuhan
13. Bekerja sama dapat membuat pekerjaan menjadi lebih ….
a. Rumit
b. Mudah
c. Mahal
d. Membosankan
14. Akibat yang timbul jika tidak menghargai adanya perbedaan adalah ….
a. Terjadinya permusuhan dan perpecahan
b. Adanya persaingan dalam lomba
c. Terbentuknya polisi dan tentara
d. Terjadinya kenyamanan dan ketertiban
15. Saat tanding sepak bola, Andi dan timnya kalah dari tim SD
Sukajaya. Tim Andi kurnag kerja sama, dan justru lebih sering ingin
menunjukkan kemampuan masing-masing. Sedangkan tim SD Sukajaya bermain
dengan sangat solid dalam bekerja sama. Hal ini menunjukkan bahwa ….
a. Kita bisa kalah jika tidak berlatih
b. Tim Andi kurang menunjukkan kemampuan
c. Kerjasama dapat menghancurkan lawan
d. Kerjasama adalah kunci keberhasilan
16. Contoh permainan yang mengutamakan kerja sama adalah ….
a. Catur
b. Bowling
c. Petak umpet
d. Basket
0 Comments:
Posting Komentar