MATERI AJAR KELAS V D HARI SENIN TANGGAL 29 MEI 2023
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Pada
hari Senin ananda akan melaksanakan PAS TEMA 6 DAN PAI. Bu Guru harap
ananda semua mempelajari lagi materi-materi yang sudah Bu Guru berikan
dengan teliti.
Tema 6 ini mencakup tentang:
- PPKn : hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari
- Bahasa Indonesia : meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik
- IPA : menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari.
- IPS : bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya
- SBdP : tangga nada sebuah lagu, pola lantai dan gambar cerita.
Kompetensi Dasar | |
---|---|
3.2 | Memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari |
4.2 | Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggungjawab sebagai warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari |
Subtema 1 : Suhu dan Kalor
Anak-anak
merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan sebuah bangsa.
Kebutuhan untuk tumbuh dan berkembang dalam kehidupan anak harus di
utamakan.
Hak-hak anak menurut konvensi hak-hak anak 20 November 1989.
- Hak kelangsungan hidup
- Hak perlindungan
- Hak tumbuh kembang
- Hak berpartisipasi
Hak-hak siswa menurut pemerintah no 28 tahun 1990
- Mendapatkan perlakukan sesuai dengan bakat , minat dan kemampuannya
- Memperoleh pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianutnya
- Mengikuti program pendidikan yang bersangkutan atas dasar pendidikan berkelanjutan, baik untuk mengembangkan kemampuan diri maupun untuk memperoleh pengakuan tingkat pendidikan tertentu yang telah di bakukan
- Mendapat bantuan fasilitas belajar, beasiswa, atau bantuan lain sesuai dengan persyaratan yang berlaku.
- Pindah ke sekolah yang sejajar atau yang tingkatnya lebih tinggi sesuai dengan persyaratan penerimaan siswa pada sekolah yang hendak di masuki
- Memperoleh penilaian hasil belajarnya
- Menyelesaikan program pendidikannya lebih awal dari waktu yang ditentukan
- Mendapat pelayanan khusus bilamana penyandang cacat.
Hak dan Kewajiban Seorang Anak
Hakmu sebagai Siswa di Sekolah | Kewajibanmu sebagai Siswa di Sekolah |
---|---|
Mendapatkan pendidikan dan pengajaran. | Mengikuti seluruh kegiatan sekolah |
Menggunakan fasilitas pembelajaran | Mematuhi berbagai peraturan di lingkungan sekolah. |
Memperoleh bimbingan dan konsultasi | Memelihara seluruh fasilitas yang ada di lingkungan sekolah. |
Hakmu sebagai Anak di Rumah | Kewajibanmu sebagai Anak di Rumah |
Hak Mendapatkan Kasih Sayang | Membantu Orang Tua |
Hak Mendapatkan Perlindungan | Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh |
Hak Mendapatkan Kesehatan | Membereskan Kamarnya |
Subtema 2 : Perpindahan Kalor di Sekitar kita
Beberapa contoh Kewajiban warga negara Indonesia
- Membayar pajak
- Menjunjung tinggi dasar negara, hukum, dan pemerintahan
- Berperan serta dalam usaha pembelaan negara
- Menghormati hak asasi orang lain
- Turut serta dalam pembangunan untuk membangun bangsa dan negara
- Mengikuti pendidikan dasar.
Beberapa contoh hak sebagai warga negara Indonesia berdasarkan Undang-undang
- Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan di dalam pemerintahan (pasal 27 ayat 1).
- Setiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak (Pasal 27 ayat 2).
- Setiap warga negara berhak dalam usaha pembelaan negara (Pasal 30 ayat 1).
- Setiap warga Negara berhak untuk berserikat dan berkumpul dan mengeluarkan pendapatnya (Pasal 28).
- Setiap warga negara bebas untuk memilih, memeluk dan menjalankan agama dan kepercayaan masing-masing yang dipercayai (Pasal 29 ayat 2).
- Setiap warga negara berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran (Pasal 31 ayat 1).
- Setiap warga negara berhak mempertahankan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI dari serangan musuh (pasal 30 ayat 1).
Hak dan Kewajiban di Pasar
Pasar | ||
---|---|---|
Pelaku | Hak | Kewajiban |
Pedagang | Mendapatkan tempat untuk berjualan/kios | Membayar retribusi dan biaya sewa kios |
Petugas Retribusi Pasar | Mendapatkan gaji/upah | Menyetorkan hasil retribusi kepada pemerintah: |
Buruh Angkut | Memperoleh uang atas jasa yang diberikan | Mengantarkan barang sampai tujuan dengan selamat |
Petugas Kebersihan Pasar | Mendapatkan upah atas pekerjaan yang dilakukan | Menjaga kebersihan lingkungan pasar |
Subtema 3 : Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan
Hak dan Kewajiban disekolah
Kewajiban
siswa disekolah antara lain, Datang tepat waktu, Menghormati Guru,
Membuat PR, Mengerjakan tugas yang diberikan guru, Piket kelas, Memakai
seragam yang telah ditetapkan, Mentaati peraturan sekolah.
Hak
siswa disekolah Mendapatkan pelajaran, Mendapatkan nilai, Mendapatkan
perhatian guru, Makan di kantin, membaca buku di Perpustakaan dan
lainya.
Kompetensi Dasar | |
---|---|
3.3 | Meringkas teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik |
4.3 | Menyajikan ringkasan teks penjelasan (eksplanasi) dari media cetak atau elektronik dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif secara lisan, tulis, dan visual |
Subtema 1 : Suhu dan Kalor
Teks
Eksplanasi adalah teks yang menjelaskan sebab akibat suatu peristiwa.
Teks ekspalanasi berisi fakta tentang peristiwa yang terjadi. Tujuannya
adalah memaparkan proses dan sebab terjadinya suatu peristiwa.
Kata kunci adalah kata-kata yang dianggap penting dalam suatu bacaan.
Media
cetak merupakan salah satu media penyampai informasi bagi pembaca.
Contoh media cetak adalah koran, Buku, majalah. Selain melalui media
cetak kita juga dapat memperoleh informasi dari iklan. Banyak sekali
macam macam iklan diantaranya Iklan layanan masyarakat. Papan iklan
layanan masyarakat merupakan salah satu media yang digunakan untuk
menyampaikan informasi kepada masyarakat melalui media cetak.
Kata kunci pada teks Sumber Energi Panas antara lain :
No. | Paragraf | Kata Kunci |
---|---|---|
1 | Paragraf 1 | energi panas; sumber energi; proses fotosintesis |
2 | Paragraf 2 | matahari, panas matahari, kegiatan manusia, mengeringkan |
3 | Paragraf 3 | gesekan dua benda, mistar plastik, telapak tangan |
4 | Paragraf 4 | api, nenek moyang, batu, kayu kering |
Kesimpulan:Sumber energi panas ada di sekitar kita dan sumber energi panas terbesar adalah matahari, yang digunakan oleh semua makhluk hidup.
Subtema 2 : Perpindahan Kalor di Sekitar kita
Hal-hal penting teks Perpindahan Panas atau Kalor
Paragraf | Hal-Hal Penting dari Bacaan |
---|---|
Pertama |
|
Kedua |
|
Ketiga |
|
Keempat |
|
Kelima |
|
Subtema 3 : Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan
Sejarah Termos
Hal-hal penting teks
Ringkasan
Paragraf | Hal-hal Penting |
---|---|
Satu |
|
Dua |
|
Tiga |
|
Ringkasan
Termos adalah sebuah benda yang biasanya berbentuk tabung. Pencipta termos pertama kali pada tahun 1902 adalah James Dewar. James Dewar menemukan cara membuat botol hampa udara yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya termos. Botol hampa udara buatan James Dewar sekarang dapat dilihat di Museum Ilmu Pengetahuan, di London.
Kompetensi Dasar | |
---|---|
3.6 | Menerapkan konsep perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari |
4.6 | Melaporkan hasil pengamatan tentang perpindahan kalor |
Subtema 1 : Suhu dan Kalor
Sumber Energi Panas
Benda
yang dapat menghasilkan energi panas disebut Sumber energi panas.
Matahari merupakan sumber energi panas terbesar. Energi panas dapat
dihasilkan ketika terjadi gesekan antara dua benda. Energi panas juga
dapat diperoleh dari api.
Nenek moyang kita
menggosokkan dua buah batu yang kering sampai keluar percikan api. Api
dapat digunakan untuk memasak, menjadi pengganti lampu, dijadikan api
unggun untuk menghangatkan tubuh, dll
Manfaat Energi Panas Matahari
- Energi panas matahari membantu proses pembuatan makanan pada tumbuhan yang disebut sebagai proses fotosintesis.
- Matahari juga membantu manusia, seperti mengeringkan padi setelah dipanen, mengeringkan garam, mengeringkan ikan asin, bahkan untuk menjemur pakaian yang basah.
Kegiatan yang menggunakan sumber energi panas antara lain
Kegiatan | Alat Yang Digunakan | Sumber Energi Panas yang Digunakan |
---|---|---|
Menanak Nasi | Panci dan kompor | Api dari kompor |
Alat penanak nasi elektrik | Listrik | |
Memperbaiki alat elektronik | Solder listrik | Listrik |
Solder uap | Listrik | |
Menyetrika baju | Setrika listrik | Listrik |
Setrika arang | Api | |
Memasak Air | Panci dan kompor | Api dari kompor |
Ketel listrik | Listrik |
Perbedaan Suhu dan Panas
Panas
(kalor) dan suhu adalah dua hal yang berbeda. Suhu adalah besaran yang
menyatakan derajat panas suatu benda. Suhu suatu benda menunjukkan
tingkat energi panas benda tersebut. Satuan suhu yang digunakan di
Indonesia adalah derajat celcius (°C). Alat untuk mengukur suhu disebut
termometer. Sedangkan energi panas merupakan salah satu energi yang
dapat diterima dan dilepaskan oleh suatu benda. Satuan panas dinyatakan
dalam kalori dan diukur dengan kalorimeter
Perbedaan antara panas dan suhu
Panas | Suhu |
---|---|
Panas adalah salah satu bentuk energi | Suhu adalah besaran |
Panas dapat diukur menggunakan kalorimeter | Suhu dapat diukur menggunakan termometer |
Satuan panas adalah kalori | Satuan suhu adalah derajat Celcius, Reamur, Fahrenheit, dan Kelvin |
Panas dapat berpindah dari satu benda ke benda lainnya | Suhu tidak dapat berpindah, namun bisa naik dan turun |
Prinsip dan Cara Kerja Termometer:Cara kerja termometer secara garis besar dapat dijelaskan sebagai berikut.
- Bila tandon zat cair terkena (dikenai) panas (dapat berupa panas dari benda) zat cair dalam tandon akan mengembang (memuai).
- Oleh karena zat cair dalam tandon memuai, zat cair tersebut masuk ke celah kapiler. Selanjutnya, zat cair tersebut berhenti pada skala suhu tertentu. Skala itulah yang menunjukkan suhu benda yang bersangkutan.
Perubahan Akibat perubahan Suhu
Energi
panas dapat mengubah benda. Beberapa benda aan mengalami pemuaian.
Pemuaian panas adalah perubahan suatu benda yang dapat bertambah
panjang, lebar, luas, atau berubah volumenya karena terkena kalor atau
panas . Penyusutan adalah perubahan suatu benda yang menjadi
berkurangnya panjang, lebar, dan luas karena terkena suhu dingin.
Beberapa contoh pemuaian dan penyusutan dalam kehidupan sehari-hari.
- Pemasangan kaca jendela
- Ban sepeda/motor/mobil
- Kawat/Kabel listrik dan telepon
- Pemuaian yang terjadi pada gelas kaca
- Pemuaian pada sambungan rel kereta api
- Penggunaan termometer.
Subtema 2 : Perpindahan Kalor di Sekitar kita
Panas
dapat berpindah dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu
lebih rendah. Panas dapat berpindah secara Konduksi, Konveksi, dan
radiasi.
- Konduksi adalah cara perpindahan panas melalui zat perantara sperti benda padat. Contoh Konduksi adalah panci logam yang panas karena diletakkan diatas kompor yang berapi.
- Konveksi adalah perpindahan panas yang disertai dengan bagian zat perantara nya. Misalnya, Air dalam panci yang dipanaskan hingga mendidih.
- Sedangkan radiasi adalah cara perpindahan panas dengan pancaran yang tidak membutuhkan zat perantara. Peristiwa radiasi yang terjadi sehari-hari adalah sinar matahari yang sampai kebumi dan menghangatkan udara serta mahluk hidup di bumi.
Contoh perpindahan panas secara konduksi yang kamu temui dalam kehidupan sehari-hari:
- Memegang wajan panas dan tangan melepuh
- Tangan panas Saat kita mengaduk adonan gula, air panas, dan kopi dengan menggunakan sendok logam
- Tangan panas Saat kita memegang kawat logam kembang api yang sedang menyala
- Knalpot akan panas ketika mesin motor dihidupkan
- Mentega akan meleleh ketika diletakkan di wajan yang tengah dipanaskan
- Tutup panci terasa panas saat panci digunakan untuk memasak
Beberapa contoh perpindahan panas secara radiasi di sekitar kita adalah
- Radiasi panas dari bola lampu.
- Radiasi panas dari tungku perapian.
- Menetaskan telur ayam atau bebek menggunakan sinar lampu.
- Menjemur pakaian di siang hari.
- Menjemur bahan makanan mentah di siang hari.
Subtema 3 : Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan
Bahan konduktor dan bahan isolator
Bahan
yang dapat menghantarkan panas disebut Konduktor. Contoh bahan
konduktor yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari biasanya terbut
dari bahan logam misalnya wajan, panci, Cerek dll. Bahan yang tidak
dapat menghantarkan panas disebut Isolator, beberapa bahan yang termasuk
Isolator antara lain Kayu, Kain, dan Plastik.
Penggunaan
Benda isolator dan konduktor dalam kehidupan sehari-hari misalnya
Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaat kan sifat ini. Selimut
memerangkap udara. Udara adalah Isolator, Sehingga tidak menghantarkan
panas yang keluar dari tubuh. Dengan demikian badan tetap hangat. Termos
merupakan salah satu benda yang memanfaatkan sifat kondutor dan
Isolator.
Pemanfaatan Kondukstor dan Isolator
Kesimpulan :
Nama Benda/Alat di Sekolah | Sifat Hantaran | Kegunaan |
---|---|---|
Bel Listrik | Konduktor | Penanda waktu masuk atau istirahat |
Sarung tangan | Isolator | Menjaga tangan tetap hangat |
Thermos Es | Isolator | Menjaga es tidak mencair |
Jaket | Isolator | Menjaga badan tetap hangat |
Solder | Konduktor | Menyambung/memasang komponen elektronik |
Nama Benda/Alat di Rumah | Sifat Hantaran | Kegunaan |
---|---|---|
Setrika | Konduktor | Merapikan baju |
Panci | Konduktor | Memasak dan merebus air |
Thermos | Isolator | Menjaga air tetap panas |
Spatula | Isolator | Mengambil masakan dari wajan |
Selimut | Isolator | Menjaga badan tetap hangat |
Kesimpulan :
Panas dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain melalui konduksi, konveksi, dan radiasi. Ketiga cara perpindahan panas dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari,
Kompetensi Dasar | |
---|---|
3.2 | Menganalisis bentuk bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia |
4.2 | Menyajikan hasil analisis tentang interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat Indonesia |
Subtema 1 : Suhu dan Kalor
Semua
mahluk hidup yang ada di bumi, melakukan hubungan dengan sesama mahluk
hidup maupun dengan lingkungan lainnya. Lingkungan terdiri atas benda
mati dan mahluk hidup. Salah satu bentuk hubungan antara benda mai dan
mahluk hidup adalah jenis tanah, suhu, dan curah hujan di suatu tempat
dapat mempengaruhi jenis tanaman yang tumbuh dan hewan yang berkembang
biak di daerah tersebut.
Dari alam manusia
dapat memperoleh banyak manfaat untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian,
perkebunan, perikanan, peternakan, merupakan bentuk-bentuk interaksi
manusia dengan ingkungan alamnya. Tidak semua interkasi manusia dengan
alam berdampak baik bagi alam. Misalnya banjir yang diakibatkan karena
membuangn sampah sembarangan. Tanah longsor karena penebangan hutan
sembarangan. Kerusakan lingkungan yang ditibulkan dapat mebahayakan
manusia itu sendiri.
Hubungan antara manusia dan lingkungan alam dapat dikelompokkan menjadi dua.
- Pertama hubungan yang membuat manusia harus dapat menyesuaikan diri dengan alam.
- Kedua adalah hubungan yang membuat manusia dapat memanfaatkan alam sekitarnya.
Subtema 2 : Perpindahan Kalor di Sekitar kita
Kehidupan
nelayan pemburu paus. Desa lamalera yang berada di Nusa Tenggara timur
merupakan salah satu desa nelayan tradisional yang menjadikan laut
sebagai ladang kehidupan mereka. Masyarakat nelayan desa lamalera
memiliki tradisi berburu paus yang telah diturunkan bertahun-tahun oleh
nenek moyang mereka. untuk berburu paus, para nelayan melakukan
pemantauan dari bibir pantai dan dari atas bukit. Jika mereka melihat
paus, mereka akan berteriak "baleo" yang berarti paus. Daging dan minyak
paus yang berhasil di tangkap kemudian akan dibagi keseluruh mayarakat
desa.
Kegiatan pelelangan ikan merupakan sebuah
kegiatan pertemuan antara para nelayan penangkap ikan sebagai penjual
ikan dengan para pembeli, yang biasanya adalah pedagang ikan. Kegiatan
pelelangan ikan ini hanya dilakukan beberapa jam saja. Juru lelang yang
akan memulai proses jula beli. Tempat pelelangan ikan biasanya terdapat
didaerh pelabuhan.
Subtema 3 : Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan
Peran masyarakat terhadap lingkungan sosial budaya.
Masyarakat
Indonesia, merupakan masyarakat yang selalu menghargai warisan budaya
nenek moyangnya. Bentuk pengharagaan tersebut antara lain ditunjukkan
dengan kebiasaan melakukan kegiatan tradisi dalam kehidupannya. Mulai
dari peristiwa kelahiran hingga kematian.
Kesadaran
masyarakat untuk kembali menghidupkan tradisi-tradisi nenek moyang
kembali meningkat. Tempat-tempat wisata adat, menjadi salah satu tempat
yang sering dikunjungi masyarakat pada ssaat liburan. Salah satu
diantaranya adalah keberadaan desa adat.
Beberapa
contoh desa adat antara lain Desa adat Bena di Nusa Tenggara Timur,
Desa adat sade di Lombok, Desa adat Wae Rebo NTT, desa adat Kamoung Naga
di Tasik malaya, Desa adat terunyan di Bali, Desa adat Pariangan, Tanah
datar Sumatera barat, Desa adat Osing di Banyuwangi.
Masalah
Sosial adalah perbedaan antara harapan dan kenyataan atau sebagai
kesenjangan antara situasi yang ada dengan situasi yang seharusnya.
Masalah sosial terjadi akibat masyarakat tidak melaksanakan kewajibannya
Permasalahan Sosial di Sekitar kita antara lain Sampah, Sungai yang
kotor, Bangunan liar, Kemacetan lalu lintas.
Masalah Sosial di Lingkungan Tempat Tinggal
Masalah Sosial | Penyebab | Akibat | Usaha Untuk Mengatasi |
---|---|---|---|
Sampah | Kebiasaan membuang sampah sembarangan | Kenyamanan dan keamanan terganggu | Membiasakan dan menganjurkan membuang sampah pada tempatnya |
Sungai Kotor | Sungai dijadikan tempat pembuangan sampah | Saat musim hujan banjir meluap | Membuang sampah pada tmpat yang telah disediakan |
Bangunan Liar | Membuat bangunan di atas saluran air, di trotoar, di taman-taman kota dan di kolong-kolong jalan layang | Ketidakamanan dan ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat | Membuat bangunan di tempat yang tidak mengganggu aktifitas warga masyarakat |
Kemacetan Lalu Lintas | Pengguna jalan tidak memenuhi kewajibannya dan tidak menaati peraturan lalu lintas. | Ketidaknyamanan para pengguna jalan dan masyarakat sekitarnya. | Sosialisasi pentingnya menaati praturan lalu lintas bagi pengguna jalan |
Kompetensi Dasar | |
---|---|
3.2 | Memahami tangga nada |
4.2 | Menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai tangganada dengan iringan musik |
Tangga
nada adalah urutan nada yang disusun secar berurutan. Ada banyak jenis
tangga nada diantaranya tangga nada diatonis dan tangga nada pentatonis.
Tangga nada datonis adalah tangga nada yang mempunyai dua jarak nada,
yaitu satu dan setengah. Contoh aalat musik diatonis adalah Organ dan
Piano.
Tangga nada pentatonis merupakan jenis
tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok. Berdasarkan nadanya, ada
tangga nada jenis pelog dan tangga nada jenis slendro. contoh alat
musiknnya adalah Gamelan. Tangga nada pelog biasanya menggunakan susunan
nada yang berbunyi seperti nada do - mi - fa - sol - si. Contoh lagu
yang menggunakan tangga nada ini adalah Gundul-gundul pacul. Tangga nada
slendro biasanya menggunakan susunan yang berbunyi seperti nada-nada d0
- re- mi - sol - la. Lagu yang menggunakan tangga nada ini memberi
kesan gembira dan lincah. Misal nya lagu cublak-cublak suweng.
Lagu Daerah Cingcangkeling
Judul Lagu : Cing Cangeling | |
---|---|
Asal | Jawa Barat |
Tangga Nada | Slendro |
Arti syair lagu | Kleung dengdek buah kopi raranggeuyan Bunyi tetabuhan, buah kopi bertangkai-tangkai. Keun anu dewek ulah pati diheureuyan Biarkan! itu milikku jangan sering diganggu Cingcangkeling manuk cingkleng cindeten Ingatlah manusia, hati harus selalu tenang Plos kakolong bapak satar buleneng Agar mendapat dunia yang penuh rahmat Pat lapat pat lapat katingalan masih tebih kene pisan Jangan sampai ketinggalan walau masih jauh Layarna bodas jeung celak kasurung ombak-ombak Layarnya putih dan terlihat kecil terdorong ombak |
Kesan | Gembira |
Subtema 2 : Perpindahan Kalor di Sekitar kita
Kompetensi Dasar | |
---|---|
3.3 | Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah |
4.3 | Mempraktikkan pola lantai pada gerak tari kreasi daerah |
Pola
lantai dalam seni tari merupakan garis yang dilalui penari pada saat
melakukan gerak tari. Dalam tarian terdapat dua pola garis dasar pada
lantai yaitu garis lurus dan garis lengkung. Pola lantai garis lurus
terdiri atas pola lantai Horizontal, Vertikal, dan Diagonal.
Pengembangan pola lantai garis lurus dapat berupa ig-zag, Segitiga, Segi
empat dan Segi lima.
Selain garis lurus,
terdapat juga pola garis lengkung. Pola ini pun dapat dikembangkan
menjadi berbagai pola lantai. Pola lantai itu antara lain berupa
lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garislengkung ke
belakang.
Tari Jaran Kepang mempunyai pola
lantai gabungan antara pola lantai lurus dan lengkung yang sederhana.
Pola lantai yang digunakan pada tari ini antara lain pola melingkar,
garis lurus ke depan, dan garis horizontal. Pola lantai pada Tari Jaran
Kepang tidak memiliki makna tertentu. Pola lantai dibuat untuk formasi
penari.
Tari Bedhaya Semang yang juga berasal
dari Yogyakarta mempunyai pola lantai yang sudah tertentu dan mempunyai
makna tertentu. Pola lantai yang digunakan pada tari ini pun memiliki
nama tertentu, seperti gawang jejer wayang, gawang tigatiga, gawang
perang, dan gawang kalajengking.
Subtema 3 : Pengaruh Kalor terhadap Kehidupan
Kompetensi Dasar | |
---|---|
3.2 | Memahami gambar cerita |
4.2 | Membuat gambar cerita |
Gambar
cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan atau orang-orang atau
binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Menggambar cerita dapat
dilakukan denan teknik kering dan teknik basah. Gambar cerita adalah
gambar yang menceritakan suatu adegan atau peristiwa. Fungsi gambar
cerita antara lain untuk:
- memperjelas alur atau isi cerita,
- memperjelas isi pesan dalam promosi suatu barang,
- menarik perhatian,
- menambah nilai artistik/ keindahan,
- sarana untuk mengungkapkan perasaan penggambarnya.
Alat yang digunakan untuk teknik kering adalah :
- Pensil : Biasnya adalah pensil ukuran 2B sampai 6B
- Krayon : Krayon merupakan campuran antara lilin dan bahan pewarna yang aman untuk anak anak
- Pulpen atau Spidol, digunakan untuk menggambar cerita dengan karakter yang tegas pada garis-garis.
Alat
yang digunakan pada teknik Basah adalah cat air, tinta, cat poster,
berbagai jenis kuas, palet cat air atau media lain yang memerlukan air
pengencer.
Bentuk-bentuk gambar cerita terdapat pada komik, Cover buku, Majalah, Cerpen, Poster, Buku paket.
JADWAL PAS SEMESTER 2 :
0 Comments:
Posting Komentar