MATERI AJAR KELAS V D HARI JUMAT TANGGAL 10 MARET 2023
Alhamdulillah pada hari ini kita bertemu lagi pada pelajaran Matematika tentang Pengolahan Data yaitu tentang Mean atau mencari Nilai Rata-rata . Kemarin para siswa kleas VD sudah belajar tentang Pengolahan Data tentang Mean. Semoga apa yang sudah kalian pelajari para ananda memahaminya.
Menghitung median sangat berguna dalam berbagai pengolahan data. Median sendiri adalah nilai tengah setelah semua data diurutkan. Jika dilihat secara umum, median adalah suatu nilai yang membagi data menjadi dua bagian yang sama banyaknya setelah data tersebut diurutkan dari yang terkecil sampai yang terbesar.
Fungsi median sendiri adalah untuk mengukur pemusatan data. Dalam teori statistik dan probabilitas, median adalah nilai yang memisahkan separuh lebih tinggi dari separuh bawah sampel data, populasi, atau distribusi probabilitas.
Sesuai dengan pengertiannya yang merupakan nilai tengah setelah semua data diurutkan, jadi untuk mencari median, data harus disusun dari yang terkecil hingga yang terbesar.
Untuk menentukan nilai median dalam urutan angka, angka-angka tersebut harus terlebih dahulu diurutkan, atau diatur, dalam urutan nilai dari terendah ke tertinggi atau tertinggi ke terendah. Berikut ini beberapa cara mencari median dalam matematika dasar yang perlu diketahui:
1. Cara Mencari Median Data Tunggal
Cara mencari median yang pertama adalah mencari median data tunggal. Data tunggal adalah data satuan. Data tunggal terbagi menjadi dua yaitu data tunggal ganjil dan data tunggal genap. Data tunggal merupakan data yang disajikan secara sederhana dan data tersebut belum tersusun atau dikelompokkan ke dalam kelas-kelas interval.
a. Data Tunggal Ganjil
Untuk mencari median dengan data berjumlah ganjil kita bisa lihat langsung datanya dan ambil angka tengahnya, dengan syarat sudah diurutkan tentunya. Jika ada bilangan ganjil, nilai mediannya merupakan bilangan yang ada di tengah, dengan jumlah bilangan yang sama di bawah dan di atasnya. Berikut ini cara mencari median nilai ganjil:
1) Urutkan kelompok data data dari nilai terkecil nilai terbesar atau sebaliknya.
2) Tentukan nilai tengahnya.
3) Jumlah data di sisi kiri dan dan kanan harus sama sehingga terdapat satu angka tepat di tengahnya yang menjadi median kelompok data.
Rumus mencari median untuk data tunggal adalah sebagai berikut :
Me = X (n+1) / 2
Keterangan:
X : data ke –
Contoh Soal 1 :
Hitung median dari data berikut ini: 9,1,3,7,5
Jawaban:
Urutkan data dari terkecil sampai terbesar 1,3,5,7,9
Data ke-1 : 1
Data ke-2: 3
Data ke-3: 5
Data ke-4: 7
Data ke-5: 9
Kedua hitung banyak data (n)
n = 5
Ketiga masukkan dalan rumus
Me = X (n+1) / 2
Me = X ( 5+1) / 2
Me = X (6)/ 2
Me = X₃
Data ke tiga adalah 5, maka mediannya adalah 5.
b. Data Tunggal Genap
Sementara untuk data berjumlah genap akan ada 2 angka yang ditengah. Jadi supaya bisa mendapatkan nilai mediannya, maka harus memakai rumus yang berbeda dengan penentuan median untuk data tunggal ganjil. Jika ada jumlah angka genap dalam daftar, pasangan tengah harus ditentukan, dijumlahkan, dan dibagi dua untuk mencari nilai median.
Cara mencari median data tunggal genap adalah dengan mengurutkan kelompok data dari nilai terkecil hingga terbesar atau sebaliknya. Tentukan nilai tengahnya, kemudian jumlah data sisi kiri dan sisi kanan harus sama. Setelah itu, sisakan dua angka di tengah lalu cari rata-ratanya. Berikut rumus median data genap, yaitu:
Me = X n/2 + X (n/2+1) / 2
Contoh soal:
Hitung median dari data berikut ini: 4,8,6,2
Jawaban:
Pertama, kita urutkan datanya dari mulai yang terkecil
Urutan datanya: 2,4,6,8
Data ke-1 : 2
Data ke-2: 4
Data ke-3: 6
Data ke-4: 8
Kedua, hitung banyak data
Banyaknya data = n = 4
Ketiga masukkan ke dalam rumus
Median:
Me = x n/2 + x (n/2 + 1 ) / 2
Me = x 4/2 + x (4/2 + 1 ) / 2
Me = x 2 + x (2+ 1 ) / 2
Me = (x ₂ + x₃ )/ 2
Me = (4 + 6) / 2
Me = 10/2
Me = 5
Jadi median dari data ini adalah 5.
KISI-KISI SOAL PTS TEMA 6 :
1.2.1 Menentukan contoh perilaku di atas, perilaku yang mencontohkan kewajiban dalam masyarakat ditunjukkan oleh nomor |
2.2.1 Menunjukkan hak dalam kehidupan masyarakat terlihat pada nomor |
3.2.1 Menerapkan rasa tanggung jawab dengan mentaati tata tertib sebagai siswa di sekolah |
4.2.1 Menerapkan kewajiban sebagai siswa di sekolah |
5.2.2 Menentukan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai hak warga negara |
6.2.2 Menjelaskan hak, kewajiban, dan tanggung jawab di sekolah |
7.4.2 Menjelaskan pengertian konvensi hak-hak anak, hak memperoleh pendidikan dan hak mencapai standar hidup yang layak bagi perkembangan fisik, mental,spiritual, moral dan sosial. |
3.3.1.Menyebutkan pengertian Teks yang berisi penjelasan tentang berbagai peristiwa yang terjadi disekitar kita |
3.3.2.Menjelaskan Langkah-langkah membuat kesimpulan pada teks eksplanasi |
3.3.3.Menjelaskan Langkah-langkah dalam membuat ringkasan |
3.3.4.Menjelaskan fungsi kata tanya dalam mengajukan pertanyaan dalam sebuah permasalahan. |
3.3.4.Menentukan kalimat utama dan pokok pikiran dalam sebuah paragraf. |
3.6.1 menjelaskan perpindahan kalor secara konduksi. |
3.6.2.Menjelaskan macam-macam perpindahan kalor. |
3.6.3.Menentukan faktor yang mempengaruhi laju perpindahan kalor secara radiasi. |
3.2.1.Menganalisa berdampak pada interaksi manusia dengan lingkungan . |
3.2.2.Menjelaskan akibat timbulnya masalah sosial dalam masyarakat . |
3.2.3.Menjelaskan pengerian manusia sebagain makhluk sosial. |
3.2.1 Menjelaskan tangga nada pentatonik |
3.2.2. Menentukan ciri-ciri tangga nada diatonik |
3.2.3 Menentukan alat musik daerah yang mengiring tangg nada pentatonik |
3.3.1 Memahami pola lantai dalam tari kreasi daerah |
3.1.1 Menjelaskan pengertian gambar cerita |
0 Comments:
Posting Komentar