Kamis, 16 Februari 2023

TEMA 7 SUBTEMA 2 PB 5 DAN 6

By elfida fida - Februari 16, 2023

 

MATERI AJAR KELAS V D HARI KAMIS TANGGAL 16 FEBRUARI 2023



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Alhamdulillah pada hari ini kita bertemu lagi pada pelajran Tema 7 Subtema 2 pembelajaran 5 dan 6. Kemarin para siswa kleas VD sudah melaksanakan penilaian harian Tema 7 subtema 2 Peembelajaran 3 dan 4. Semoga apa yang sudah kalian pelajari para ananda memahaminya.

 

 

Hari ini kita akan belajar tentang :

Tema 7                       : Peristiwa dalam Kehidupan

Sub Tema 2                : Peristiwa Kebangsaan Seputar Proklamasi Kemerdekaan

Pembelajaran ke-      : 5 dan 6

Muatan Terpadu       : PPKn ( KD 3. 4, 4.4), Bahasa Indonesia (KD 3.5, 4. 5), IPA (KD 3. 7, 4.7), SBdP (KD 3. 3, 4. 3)


Bahasa Indonesia (KD 3. 5, 4. 5)

Ø Mempresentasikan Informasi Penting Teks Narasi sejarah

Mempresentasikan informasi penting dari teks narasi sejarah berarti meyampaikan kembali keseluruhan informasi yang disajikan menggunakan bahasamu sendiri.

 

Teks Narasi sejarah

Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan

Ketika bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya, banyak pihak asing yang tidak menyetujuinya. Pihak-pihak asing tersebut antara lain Sekutu, terutama Belanda dan Inggris. Demikian pula dengan Jepang. Banyak tentara Jepang yang masih tersisa di Indonesia belum mengetahui jika mereka telah kalah dan menyerah kepada Sekutu. Mereka juga belum tahu jika bangsa Indonesia telah merdeka. Belanda datang kembali ke Indonesia dengan membonceng Inggris. Inggris merupakan perwakilan Sekutu di Asia Tenggara. Tentara Inggris ini diberi nama AFNEI di bawah pimpinan Jenderal Sir Philip Cristison. Inggris bertugas melucuti senjata tentara Jepang yang masih ada di Indonesia serta membebaskan tawanan perang Sekutu. Kedatangan Inggris yang ternyata juga diboncengi tentara sipil Belanda yang disebut NICA ditentang oleh rakyat dan pemerintah Indonesia. Mereka tidak menghormati kedaulatan bangsa Indonesia. Perlawanan rakyat terjadi di mana-mana. Perjuangan rakyat dalam rangka mempertahankan kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan dua cara, yakni perlawanan fisik dan diplomasi. Perlawanan fisik dilakukan dengan kontak senjata. Adapun perjuangan dengan diplomasi dilakukan melalui meja-meja perundingan. Perlawanan fisik dilakukan di berbagai daerah, antara lain sebagai berikut :

1.    Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, yang kemudian setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Berawal dari tewasnya Jenderal Mallaby, pimpinan Sekutu. Adapun tokoh yang terlibat adalah Bung Tomo, Gubernur Suryo, dan Kolonel Sungkono.

2.    Palagan Ambarawa, terjadi pada tanggal 15 Desember 1945 di Ambarawa, Jawa Tengah. Kemudian, setiap tanggal 15 Desember diperingati sebagai Hari Infantri Nasional. Insiden ini bermula dari Sekutu mempersenjatai tawanan yang sudah dibebaskan. Sekutu juga membebaskan orangorang Belanda secara sepihak. Adapun tokoh yang terlibat dalam peristiwa ini antara lain Kolonel Isdiman dan Kolonel Sudirman.

3.    Bandung Lautan Api, terjadi pada tanggal 23 Maret 1946. Insiden ini bermula dari ultimatum Sekutu meminta senjata yang diperoleh dari tentara Jepang untuk diserahkan kepada Sekutu. Namun, rakyat Bandung menolaknya, bahkan membakar Kota Bandung agar tidak dikuasai Sekutu. Tokoh yang terlibat antara lain Moh. Toha, Abdul Haris Nasution, dan Suryadi Suryadarma.

4.    Medan Area, terjadi pada tanggal 10 Desember 1945 karena orangorang Belanda menginjak-injak bendera Merah Putih. Tokoh yang terkenal adalah Ahmad Tahir.

5.    Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta. Peristiwa ini dipicu Belanda yang menduduki Kota Yogyakarta dan mempropagandakan bahwa TNI telah hancur. Tokoh yang terlibat antara lain Letkol. Suharto dan Sultan Hamengkubuwono IX.

 

Perjuangan secara diplomasi juga dilakukan dari perundingan satu ke perundingan yang lain.

1.    Perundingan Linggarjati

Diadakan pada tanggal 10 November 1946 di Linggarjati, Cirebon, Jawa Barat. Dalam perundingan ini, Indonesia diwakili oleh Sutan Syahrir dan Belanda diwakili oleh Prof. Schermerhon. Hasil perjanjian ini sebagai berikut.

·      Belanda hanya mengakui kekuasaan Republik Indonesia atas Jawa, Madura, dan Sumatra.

·      Negara Indonesia Serikat terdiri dari Negara Republik Indonesia, Negara Indonesia Timur, dan Negara Kalimantan.

·      Negara Indonesia Serikat dan Belanda merupakan satu uni dengan nama Uni Indonesia-Belanda yang diketuai Belanda. Namun, Belanda mengingkari perjanjian ini dan melancarkan Agresi Militer Belanda I pada tanggal 21 Juli 1947.

2.    Perjanjian Renville

Perjanjian Renville diadakan pada tanggal 17 Januari 1948 di atas kapal USS Renville milik Amerika Serikat. Isi perjanjian ini sebagai berikut.

·      Belanda hanya mengakui daerah Republik Indonesia atas Jawa Tengah, Yogyakarta, sebagian kecil Jawa Barat, dan Sumatra.

·      Semua pasukan RI harus ditarik mundur dari wilayah-wilayah yang diduduki Belanda.

·      Belanda tetap berdaulat di seluruh wilayah Indonesia sampai diserahkan kepada Republik Indonesia Serikat (RIS) yang akan segera dibentuk. Namun, Belanda lagi-lagi mengingkari isi Perjanjian Renville dan melakukan Agresi Militer Belanda II pada tanggal 19 Desember 1949.

3.    Perjanjian Roem Royen

Diadakan pada tanggal 17 April 1949 di Jakarta. Indonesia diwakili oleh Moh. Roem dan Belanda diwakili oleh Van Royen. Isi perjanjian ini sebagai berikut.

·      Pemerintah Indonesia dikembalikan ke Yogyakarta.

·      Menghentikan gerakan militer dan mengembalikan tawanan.

·      Republik Indonesia sebagai bagian dari Negara Indonesia Serikat.

·      Akan segera dilaksanakan Konferensi Meja Bundar.

 

Ø Menentukan Informasi Penting Teks Narasi Sejarah

Untuk menentukan informasi penting yang disajikan dalam teks, dapat mengelompokkan setiap informasi menggunakan kata tanya 5W1H. setelah itu dapat diuraikan dengan peta pikiran.

 

Teks Narasi Sejarah

Peristiwa Pengakuan Kedaulatan Indonesia oleh Belanda

Tindak lanjut Perjanjian Roem Royen adalah diselenggarakannya Konferensi Meja Bundar atau yang disingkat dengan KMB. KMB dilaksanakan di Deen Haag, Belanda pada tanggal 23 Agustus-2 November 1949. Delegasi Belanda dipimpin olah Van Maarseven. Delegasi BFO atau Badan Musyawarah Negara-Negara Federal dipimpin oleh Sultan Hamid II.

Adapun hasil KMB sebagai berikut.

1.    Belanda akan menyerahkan sepenuhnya kedaulatan kepada Republik Indonesia Serikat pada akhir bulan Desember 1949.

2.    Penyelesaian masalah Irian Barat ditunda setahun kemudian setelah penyerahan kedaulatan pada Republik Indonesia Serikat.

3.    Republik Indonesia Serikat dan Belanda membentuk Uni yang dipimpin oleh Ratu Belanda berdasarkan kerja sama sukarela dan sederajat.

4.    Republik Indonesia Serikat harus membayar utang kepada Belanda sejak tahun 1942.

5.    Pembubaran KNIL dan memasukkan anggota KNIL ke APRIS.

6.    Kapal-kapal perang Belanda ditarik kembali dari Indonesia.

7.    Konstitusi Republik Indonesia Serikat dipermaklumkan kepada Kerajaan Belanda.

Selain itu, hasil KMB juga mengembalikan wilayah-wilayah Indonesia menjadi satu kesatuan, kecuali Irian Barat. Sesuai hasil kesepakatan dalam KMB, pada tanggal 27 Desember 1949, diadakan upacara pengakuan kedaulatan dari Pemerintah Belanda kepada Republik Indonesia Serikat. Namun sebelumnya, pada tanggal 17 Desember 1949, diadakan pelantikan Presiden Republik Indonesia Serikat, yaitu Ir. Soekarno. Pada tanggal 20 Desember 1949, Drs. Moh. Hatta dilantik sebagai Perdana Menteri Republik Indonesia Serikat. Pengakuan kedaulatan Indonesia dilaksanakan di Belanda dan di Indonesia. Wakil Indonesia yang menandatangani pengakuan kedaulatan di negeri Belanda adalah Drs. Muh. Hatta dan wakil dari Belanda adalah Ratu Yuliana. Adapun proses penandatanganan di Indonesia, pihak Belanda diwakili oleh Lovink dan wakil Indonesia adalah Sultan Hamengkubuwono IX. Dengan adanya pengakuan kedaulatan tersebut, berakhirlah penjajahan dan kekuasaan Belanda atas Indonesia. Peristiwa tersebut juga menandai berdirinya negara Republik Indonesia Serikat (RIS).

 

PPKn (KD 3. 4, 4. 4)

 

Makna Kepahlawanan dalam lagu “Perjuangan”

Kemerdekaan yang diperoleh bangsa Indonesia merupakan hasil perjuangan para pahlawan. Oleh sebab itu, kita harus menghormati dan menghargai jasa para pahlawan dengan menyanyikan serta memahami lagu-lagu perjuangan. Setiap lagu perjuangan memiliki makna yang menggambarkan sikap kepahlawanan para pejuang dalam meraih kemerdekaan. Salah satunya adalah lagu Syukur. 

Syair lagu syukur menceritakan perjuangan para pahlawan dengan berani dan gigih mengusir para penjajah untuk merebut kemerdekaan Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa kita harus bersyukur dan mengenang jasa para pahlawan dan meneruskan perjuangan para pahlawan dengan mengisi kemerdekaan dengan semangat persatuan.

 

IPA (KD 3. 7 , 4. 7)

Faktor yang Memengaruhi Perubahan wujud Benda

Pelepasan atau penyerapan kalor dapat mengubah wujud benda. Keduanya dapat terjadi dalam satu proses sekaligus, misalnya dalam pembuatan minyak wangi dari bunga.

Kalor mengubah wujud benda melalui peristiwa penguapan. Penguapan adalah peristiwa perubahan wujud dari cair menjadi gas melalui penyerapan kalor. Pernahkah kamu mengamati ketika merebus air sampai mendidih? Apakah yang keluar dari cerek? Dari mulut cerek, keluar asap putih. Asap putih tersebut adalah air yang terkena panas berubah menjadi uap air.

Contoh lain perubahan wujud karena penguapan sebagai berikut.

1.    Bensin dibiarkan di tempat terbuka lama-lama akan habis.

2.    Minyak kayu putih dibiarkan di dalam botol terbuka dalam waktu lama akan berkurang isinya.

3.    Baju basah akan kering ketika dijemur di bawah panas matahari.

SBdP (KD 3.3, 4. 3)

Pola Lantai

Pola lantai adalah pola denah yang dilakukan oleh seoarang penari dengan perpindahan, pergerakan, dan pergeseran posisi dalam sebuah ruang (space) untuk menari. Pola lantai ini sebenarnya merupakan teknik blocking (penguasaan panggung) seoarang penari. Pola lantai berfungsi untuk membuat posisi dalam sebuah ruang gerak. Dalam sebuah tarian (terutama tari kelompok), pola lantai perlu diperhatikan. Ada beberapa macam pola lantai pada tarian, antara lain :

 

1.    Pola lantai vertikal
Pola lantai vertikal (lurus): Pada pola lantai ini, penari membentuk garis vertikal, yaitu garis lurus dari depan ke belakang atau sebaliknya. Pola lantai ini banyak digunakan pada tari klasik. Pola lantai ini menampilkan kesan sederhana tapi kuat. 

 

2.    Pola lantai horizontal 

Pola lantai Horizontal : Pada pola lantai ini, penari berbaris membentuk garis lurus ke samping. 

  

3.    Pola lantai diagonal
Pola lantai diagonal : Pada pola lantai ini, penari berbaris membentuk garis menyudut ke kanan atau ke kiri.

    

4.    Pola lantai garis melengkung
Pola lantai garis melengkung. Pada pola lantai garis melengkung, penari membentuk garis lingkaran, pola lantai lengkung ular, dan pola lantai angka delapan. Pola lantai ini banyak digunakan pada tari rakyat dan tari tradisi, memberi kesan lemah dan lembut. Beberapa pola lantai melengkung antara lain melingkar, lengkung ular dan angka delapan.  

    

  

 

 Di bawah ini LINK kesimpulan dari Tema 7 Subtema 2 :

KESIMPULAN MATERI TEMA 7 SUBTEMA 2

Semoga materi yang ada di blogger ini membantu para siswa untuk menambah refrensi ilmu pengetahuan dalam belajar. Besok kita akan belajar Matematika tentang Pengolahan Data.

BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!

Soal No.1
Ide pokok paragraf pertama yaitu. . .
A. perencanaan proklamasi
B. pelaksanaan proklamasi
C. pembacaan teks proklamasi
D. penyusunan teks proklamasi

Soal No.2
Kalimat ketiga paragraf pertama memuat informasi dengan kata tanya. . .
A. kapan
B. dimana
C. siapa
D. mengapa
  
Soal No.3
Kalimat tanya yang sesuai dengan kalimat keempat paragraf kedua adalah . . .

A. siapa yang mengibarkan bendera merah putih?
 
B. apa kegiatan terakhir dari acara proklamasi kemerdekaan?

C. dimana acara proklamasi kemerdekaan diselenggarakan?

D. bagaimana suasana pembacaan teks proklmasi?

Soal No.4
Simpulan dari paragraf kedua teks di atas yaitu...

A. Acara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dilaksanakan di halaman rumah Soekarno
 
B. Acara diawali dengan pembacaan teks proklamasi oleh Soekarno

C. Bendera Merah Putih dikibarkan oleh Latief Hendraningrat dan Suhud

D. Terdapat tiga kegiatan dalam acara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Soal No.5
Perhatikan gambar berikut!
Soekarno dan Moh. Hatta diasingkan ke daerah yang ditunjukkan oleh tanda panah di atas. Hal yang melatarbelakangi pengasingan tersebut yaitu..

A. mempercepat golongan muda untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

B. menghindarkan Soekarno dan Moh. Hatta dari pengaruh Jepang

C. lebih mudah bekerjasama dengan negara-negara sekutu

D. melibatkan PPKI dalam memproklamasikan kemerdekaan Indonesia

Soal No.6
Insiden perobekan dan penurunan bendera Belanda oleh pemuda Indonesia terjadi di daerah . .
A. Yogyakarta
B. Surabaya
C. Bandung
D. Semarang

Soal No.7
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 disahkan pada tanggal. . 
A. 17 Agustus 1945
B. 18 Agustus 1945
C. 19 Agustus 1945
D. 20 Agustus 1945

Soal No.8
Perhatikan nama provinsi berikut!
1) Jawa Barat
2) Jawa Timur
3) Papua
4) Sunda Kecil
5) Bali

Pada awal pembentukan wilayah Indonesia, diputuskan terdapat delapan provinsi yang dikepalai gubernur. Berikut beberapa provinsi yang dimaksud ditunjukkan oleh nomor...
A. 1, 2, dan 4
B. 1, 2, dan 5
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 5

Soal No.9
Indonesia memiliki keberagaman agama, suku, bangsa, ras, dan budaya. Sikap yang sebaiknya ditunjukkan atas kebertagaman tersebut yaitu. . .
A. memperkukuh pesatuan dan kesatuan
B. toleransi antar kelompok dan golongan
C. mebandingkan dan mencari yang terbaik
D. acuh dan tak acuh untuk menghindari konflik

Soal No.10
Berikut ini perilaku yang bertentangan dengan semboyan "Bhineka Tunggal Ika" yaitu. . .
A. melaksanakan ajaran agama dengan baik
B. mempelajari budaya daerah lain
C. melestarikan seni pertujunkan tradisional
D. menjaga pertemanan hanya dengan yang seagama

Soal No.11
Anton menyukai alat musik kecapi sehingga dia mahir memainkannya. Banyak teman-teman Anton yang menyukai alat musik modern seperti piano, gitar, dan drum. Bu Guru mengadakan penilaian dalam memainkan alat musik. Yang harus dilakukan oleh Anton yaitu...
A. beralih mempelajari alat musik modern
B. tidak hadir dengan beralasan sakit
C. tetap menunjukkan permainan kecapi
D. memaksa temannya memainkan kecapi

Soal No.12
Perhatikan gambar berikut!
Gambar di atas menunjukkan salah satu bentuk keberagaman di Indonesia. Sikap yang harus dikembangkan dalam menghormati keberagaman tersebut yaitu . .
A. membeda-bedakan dalam pertemanan
B. meremehkan orang lain dari fisiknya
C. tidak membedakan dalam hal tanggung jawab
D. menjalin kerja sama hanya dengan segender 

Soal No.13
Perhatikan benda berikut!
(1) Kipas angin
(2) Setrika
(3) Termos
(4) Solder

Benda yang termasuk sumber kalor ditunjukkan oleh nomor...
A. 1 dan 2
B. 1 dan 3
C. 3 dan 4
D. 2 dan 4

Soal No.14
Proses penguapan pada suatu benda dapat dipercepat dengan cara. . . .
A. mengalirkan udara pada permukaan zat
B. memperkecil luas permukaan zat
C. menambah tekanan pada permukaan zat
D. diberi sedikit kalor (dipanaskan) zat

Soal No.15
Perhatikan gambar berikut!
Perubahan wujud benda yang terjadi pada peristiwa di atas yaitu  . . .
A. menguap
B. mengembun
C. mencair
D. menyublim

Soal No.16
Bu Susi memanaskan mentega di dapur. Peristiwa tersebut dapat menimbulkan perubahan wujud benda yaitu dari. .
A. cair menjadi padat
B. padat menjadi cair
C. padat menjadi gas
D. gas menjadi padat

Soal No.17
Putri bersama teman-temannya memperagakan gerak tari menghadap ke depan dengan berjejer dari samping kiri hingga kanan. Pola lantai yang dibentuk oleh mereka adalah garis. . .
A. vertikal
B. horizontal
C. diagonal
D. lengkung

Soal No.18
Astuti memperagakan gerak tari dengan berjalan membentuk huruf Z. Pola lantai yang dibentuk Astuti yaitu. . .  
A. zig-zag
B. angka delapan
C. melengkung
D. segi empat

Soal No.19
Donna memperagakan gerak tari dengan pengembangan garis lengkung. Pola lantai yang dibentuk Donna yaitu. . .
A. lingkaran
B. segi empat
C. segitagia
D. zig-zag

Soal No.20
Perhatikan gambar berikut!
Pola lantai yang diperagakan penari pada gambar di atas yaitu...
A. angka delapan
B. melengkung ke depan
C. zig-zag
D. diagnoal

 

0 Comments:

Posting Komentar

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 20 SEPTEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamuala...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea