MATERI AJAR KELAS V D HARI KAMIS TANGGAL 02 FEBRUARI 2023
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Alhamdulillah pada hari ini kita bertemu lagi pada pelajran Tema 6 Subtema 3 pembelajaran 6 Kemarin para siswa kleas VD sudah belajar tentang materi Tema 6 Subtema 3 pembelajaran 5. Semoga apa yang sudah kalian pelajari para ananda memahaminya.
Tema 6 : Panas dan Perpindahannya
Sub Tema 3 : Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan
Pembelajaran : 6
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3), PPKn (KD 3.2, 4.2), IPA (KD 3. 6, 4. 6), SBdP (KD 3. 1, 4. 1)
IPA (KD 3. 6, 4. 6)
Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita
Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari, banyak yang memanfaatkan sifat
benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah itu? Selimut dan panci
merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini. Bagaimana cara kerja selimut?
Selimut memerangkap udara. Udara
adalah isolator sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu.
Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat. Jaket dan sarung tangan wol
memiliki cara kerja yang sama, yaitu untuk memerangkap udara agar badan tetap
hangat dan tidak kedinginan.
Bagaimana dengan panci yang biasa digunakan di dapur? Panci terbuat dari bahan
logam, misalnya Aluminium. Aluminium merupakan penghantar panas yang baik.
Panci akan menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Ada bagian pada panci
yang justru berfungsi
sebagai isolator. Pegangan panci terbuat dari plastik. Plastik merupakan
isolator sehingga kamu tidak akan kepanasan ketika memegangnya. Oven atau
pemanggang, juga menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Dengan
menggunakan bahan konduktor seperti
Aluminium, diharapkan panas dari sumber panas seperti kompor, tidak keluar.
Sehingga, panas tersebut dapat mematangkan kue atau masakan yang dipanggang.
Pemanggang biasanya berbentuk kotak dan tertutup. Bentuk yang tertutup ini
ingin memaksimalkan panas untuk mematangkan makanan secara merata. Mesin mobil
dan motor, terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin memerlukan
panas untuk memperoleh kinerja mesin
yang ideal. Mesin juga memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan konduktor
sebagai penghantar listrik. Kamu tentu memiliki setrika di rumah. Dahulu,
ketika listrik belum
banyak digunakan, masyarakat menggunakan bara arang sebagai sumber panas. Arang
hitam dibakar terlebih dahulu, setelah menjadi bara baru kemudian dimasukkan ke
dalam setrika. Setrika ditutup dengan pegangan yang terbuat dari kayu. Biasanya
setrika arang ini terbuat dari tembaga yang berat. Berbeda dengan setrika
listrik yang digunakan saat ini.
Sumber panas berasal dari aliran listrik yang memanaskan kumparan di bagian
bawah setrika. Agar panasnya sampai dari kabel listrik ke pakaian maka pada
alas atau bagian bawah setrika dibuat dari bahan logam. Sedangkan bagian
pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat
isolator.
Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3)
Menuliskan Kembali Informasi dari Teks Eksplanasi
Menuliskan kembali informasi melalui tulisan dapat dilakukan dengan kegiatan membaca cermat. Setelah itu, kamu dapat menyusunnya menjadi sebuah karangan dengan bahasamu sendiri. Informasi yang disampaikan dapat ditulis dalam bentuk ringkasasn ataupun bentuk cerita. Berikut langkah-langkah dalam menuliskan kembali informasi teks.
1. Perhatikan judul dan tema dalam teks.
2. Tentukan gagasan pokok setiap paragraph dalam teks.
3. Kembangkan gagassan pokok menjadi sebuah cerita yang padu menggunakan bahasamu sendiri.
4. Saat menuliskan kembali, perhatikan keruntutan informasi yang kamu peroleh.
SBdP(3.1, 4.1)
Gambar Cerita
Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orangorang atau
binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Gambar cerita dapat ditemui pada
buku-buku cerita, terutama untuk anak-anak, untuk menceritakan sebuah
peristiwa, baik peristiwa yang benar-benar terjadi
atau cerita imajinasi. Bagaimana gambar cerita dibuat? Menggambar cerita dapat
dilakukan dengan teknik kering dan teknik basah. Alat dan bahan untuk
menggambar cerita dengan teknik kering, menggunakan beberapa alat misalnya,
pensil, kapur, krayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air. Pada teknik
basah, media yang diperlukan berupa cat air, tinta bak atau tinta Cina, cat
poster yang menggunakan air sebagai pengencer.
1. Teknik Kering
Menggambar cerita dengan teknik kering, tidak perlu menggunakan pengencer
seperti air. Cerita dibuat langsung pada kertas gambar. Mula-mula dibuat sketsa
atau rancangan gambar yang
menggambarkan sebuah cerita. Setelah itu, diberikan garis atau warna sesuai
dengan media kering yang digunakan. Beberapa contoh media kering yang biasa
digunakan antara lain:
a. Pensil
b. Krayon
c. Pulpen atau Spidol
2. Teknik Basah
Media yang digunakan untuk teknik basah antara lain, cat air, tinta, atau
media lain yang memerlukan air sebagai pengencer. Cerita dibuat dengan cara
membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas.
Setelah itu, baru diberi warna sesuai dengan media basah yang sudah ditentukan. Teknik basah memerlukan beberapa alat dan bahan seperti cat air, cat poster, tinta bak atau tinta Cina, berbagai jenis kuas, dan palet cat air.
PPKn (3.2, 4.2)
Menjelaskan Makna Tanggung Jawab sebagai Sisw dan Warga Negara
Tanggung jawab merupakan sikap menyadari dan siap melaksanakan tugas. Tanggung jawab merupakan bagian dari kewajiban. TAnggung jawab dilaksanakan tanpa adanya perintah atau paksaan dari orang lain. Setiap tugas yang dilakukan dengan tanggung jawaab dilakukan atas kesadaran sendiri. Seseorang yang melaksanakan tugas dengan tanggung jawab biasanya melakukannya tanpa menunda-nunda tugas tersebut. Menunda-nunda tugas yang diberikan dapat berakibat pada terganggunya hak orang lain.
Berikut Hal-hal yang daapat menjaga kita agar menjadi orang bertanggung jawab.
1. Memahami tugas dan kewajiban diri sendiri.
2. Melaksanakan tugas dengan disiplin dan tanpa menunda-nunda waktu.
3. Tidak mencari-cari alasan saat diminta untuk menyelesaikan tugas, kecuali sakit atau ada keperluan mendesak.
4. Mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan diri sendiri.
5. Menghormati hak-hak orang lain.
Di bawah ini LINK kesimpulan materi Tema 6 Subtema 3 bisa ananda pelajari untyk persiapan ulangan harian yang akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 6 Februari 2023 :
KESIMPULAN MATERI TEMA 6 SUBTEMA 3
Apabila masih ada kurang paham tentang materi ini nanti bisa ditanyakan langsung ke Bu Guru di kelas, dan besok kita akan melaksanakan penilaian harian materi Tema 6 Subtema 3. Jangan lupa belajar di rumah.
Wassalammualaikum Wr.Wb.
LATIHAN SOAL ;
A.BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
1. Perpindahan panas dengan melalui zat perantara dinamakan …..
a. Konduksi
b. Radiasi
c. Konveksi
d. Respirasi
2. Ketika sedang memasak sayur, ibu menggunakan adukan sayur yang
terbuat dari gagang kayu. Adukan dengan gagang kayu dipilih ibu karena
….
a. Bisa menghantarkan panas dengan baik
b. Bisa membuat masakan menjadi tambah enak
c. Panas air sayur akan terasa di tangan
d. Kayu tidak bisa menghantarkan panas dengan baik
3. Benda-benda di bawah ini yang termasuk konduktor adalah ….
a. Kayu dan kaca
b. Besi dan alumunium
c. Plastik dan karet
d. Gabus dan kain
4. Gagang panci banyak yang dibuat dengan benda isolator agar tangan …
a. Tidak terasa beratb. Terasa semakin kuat
c. Merasakan panas
d. Tidak terhantari panas
5. Silikon adalah benda yang bisa menghantarkan panas, namun benda
ini tidak sebaik benda konduktor dalam menghantarkan panas. Maka silikon
ini termasuk benda ….
a. Isolator
b. Superkonduktor
c. Semikonduktor
d. Megakonduktor
6. Contoh benda di rumah yang memiliki konduktor dan isolator di dalamnya adalah ….
a. Sendok
b. Garpu
c. Setrika
d. Piring
7. Pencipta termos pertama kali adalah ….
a. Sir James Dewar
b. Thomas Alva Edison
c. Albert Einstein
d. James Watt
8. Bagian tutup sumbat termos biasanya terbuat dari benda berjenis ….
a. Isolator
b. Konduktor
c. Semikonduktor
9. Fungsi dinding kaca bagian dalam pada termos adalah untuk ….
a. Memanaskan air dalam termos
b. Mencegah perpindahan panas secara konduksi
c. Memantulkan panas dari dalam termos
d. Mencegah air menguap keluar
10. Benda di bawah ini yang berbahan isolator berupa plastik adalah ….
a. Mata pisau
b. Pegangan setrika
c. Kabel listrik
d. Spatula
11. Panci, wajan dan dandang banyak dibuat dari bahan ….
a. Logam
b. Emas
c. Kayu
d. Karet
Bacalah bacaan berikut ini untuk mengisi soal nomor 12 sampai nomor 14!
Benda Berjenis Konduktor dan Isolator di Kehidupan Sehari-Hari
Benda konduktor dan isolator sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Mulai dari kita bangun tidur sampai kita tidur lagi. Banyak sekali benda-benda tersebut yang kita gunakan atau digunakan oleh orang-orang di sekitar kita. Dari mulai peralatan dapur, peralatan makan, peralatan mandi dan peralatan bersih-bersih. Benda konduktor dan isolator memang mempunyai kegunaan masing-masing bagi kehidupan kita.
Ketika di rumah kita bisa menemukan benda-benda konduktor pada peralatan memasak. Seperti wajan, panci, spatula dan sebagainya. Benda-benda tersebut biasanya terbuat dari logam. Sifat logam yang bisa menghantarkan panas dengan baik, sangat cocok dijadikan sebagai peralatan memasak. Sifat hantaran panas yang baik membuat masakan bisa cepat matang. Selain itu benda konduktor biasanya juga akan tahan dengan api. Sehingga akan awet dan tidak mudah rusak.
Benda-benda isolator banyak juga bisa kita temukan di rumah. Seperti gayung, gayung banyak terbuat dari bahan plastik. Jika kita mengambil air panas dengan gayung, maka tangan kita tidak akan terasa panas ketika memegang gayung tersebut. Lalu di berbagai perlatan memasak pun bisa kita temukan benda-benda isolator. Biasanya benda-benda isolator itu justru ditempelkan atau ikut terpasang pada benda seperti panci, wajan, spatula. Pada pegangan panci, pegangan wajan atau ujung spatula banyak dibuat atau dipasangi benda konduktor seperti karet atau kayu. Hal itu dimaksudkan supaya saat kita mengangkat panci atau wajan tersebut tangan kita tidak terasa panas.
12. Isi paragraf pertama adalah tentang ….
a. Contoh benda-benda konduktor yang ada di rumah
b. Contoh benda-benda isolator yang ada di rumah
c. Banyak peralatan di rumah yang termasuk konduktor dan isolator
d. Bahaya benda kondukor dan isolator yang ada di rumah
13. Mengapa banyak pegangan panci dan wajan terbuat karet atau kayu?
a. Agar tangan terasa lembut ketika memegangnya
b. Agar air panas bisa awet dan tahan suhunya
c. Agar api bisa cepat menyala ketika memasak
d. Agar tangan tidak terasa panas ketika memegangnya
14. Berikut ini adalah hal-hal penting yang ada pada paragraf kedua, kecuali ….
a. Banyak peralatan memasak yang merupakan konduktor
b. Benda konduktor tidak tahan dengan api
c. Bahan logam banyak dipakai untuk peralatan memasak
d. Wajan dan panci termasuk benda yamh terbuat dari bahan kondukor
15.
Gambar cerita pada sampul buku di atas memberi kesan tentang ….
a. Enam orang anak yang sedang kerja bakti lingkungan
b. Enam orang anak yang sedang semangat piket kelas
c. Enam orang anak yang mengikuti lomba menggambar
d. Enam orang anak yang belajar tentang ekosistem
16. Fungsi gambar cerita anara lain adalah ….
a. Membuat orang malas membaca tulisan
b. Memperjelas alur atau isi cerita
d. Membuat orang lain ingin menggambar
17. Media di bawah ini yang sering diberi gambar cerita adalah …..
a. Poster
b. Nota
c. Kwitansi
d. Label
18. Gambar cerita dapat dibuat dengan teknik basah, seperti dengan menggunakan media ….
a. Cat air
b. Pensil
c. Krayon
d. Pulpen
19. Kelebihan menggunakan teknik kering ketika membuat gambar cerita adalah ….
a. Gambar terlihat mahal dan mewah
b. Warna bisa berubah-ubah sendiri
c. Detail obyek lebih mudah dibentuk
d. Mudah membuat warna yang cemerlang
20. Salah satu penyebab permasalahan sosial bisa terjadi adalah karena sikap masyarakat yang ….
a. Suka mengkritik
b. Tidak bertanggungjawab
b. Suka menolong
d. Sering mengeluh
21. Permasalahan sosial yang disebabkan karena warga yang tidak mematuhi lalu lintas adalah ….
a. Sampah menumpuk
b. Pengangguran
b. Bangunan liar
d. Kemacetan
22. Cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah adanya sampah yang berserakan di sekolah adalah ….
a. Memasang rambu-rambu lalu lintas
b. Menyediakan tong sampah yang cukup
c. Mengganti kegiatan belajar dengan bersih-bersih
d. Melarang adanya penjual makanan di sekolah
23. Salah satu akibat yang ditimbulkan dari masalah sosial berupa kenakalan remaja adalah ….
a. Lingkungan sering terjadi bencana
b. Lingkungan menjadi tidak aman dan nyaman
c. Lingkungan menjadi sering nampak sepi
d. Lingkungan menjadi semakin bersih
24. Pemerintah giat melakukan pelatihan usaha untuk masyarakat. Hal
ini adalah salah satu upaya mengatasi masalah sosial berupa ….
a. Gizi buruk
b. Sampah
c. Kemacetan
d. Kemiskinan
25. Berikut ini yang tidak termasuk masalah sosial berupa kenakalan remaja adalah ….
a. Perkelahian antar pelajar
b. Merokok dan mabuk-mabukan
c. Menggunakan obat terlarang dan narkoba
d. Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah
Di bawah ini dokumnetasi kegiatab belajar mengajar hari Rabu ;
0 Comments:
Posting Komentar