MATERI AJAR KELAS VD UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 18 PEBRUARI 2022
Video Sapaan:
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha V.D,apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. setelah selesai silahkan absen pada link berikut :
Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak!Pada pelajaran sebelumnya kita sudah melaksanakan penilain harian Tema 8 Subtema 1.Alhamdulillah hasil penilaian harian kemarin ananda mendapatkan nilai yang baik. Bu guru harap dalam penilaian harian selanjutnya sholeh sholeha mendapakan nilai yang lebih baik. Bagi yang sudah mendapatkan nilai yang baik tolong dipertahankan dan bagi nsiswa ynag mendapatkan nilai kurang ananda belajar lebih giat lagi dan lebihbrajin membaca buku dan materi yang sudha bu guru berikan.
Hari ini kita akan belajar materi tentang tema 8 subtema 2 pembelajaran 1 dan 2 yaitu:
Tema 8 : Lingkungan Sahabat Kita
Sub Tema 2 : Perubahan Lingkungan
Pembelajaran ke- : 1 dan 2
Muatan Terpadu : IPA ( KD 3. 8, 4. 8), Bahasa Indonesia (KD 3. 8, 4. 8), SBdP (KD 3. 3, 4. 3)
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, siswa dapat menyebutkan peristiwa-peristiwa atau tindakan pada teks nonfiksi dengan benar.
2. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, siswa dapat mengidentifiksi faktor-faktor yang mempengaruhi siklus air dengan benar.
3. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, siswa dapat mengidentifiksi berbagai bentuk pola lantai tari dengan baik.
Bahasa Indonesia (KD 3. 8, 4. 8)
Mengidentifikasi Urutan Peristiwa dalam Teks Nonfiksi
Cara mengidentifisasi urutan peristiwa dalam teks nonfiksi :
ΓΌ Baca teks dengan saksama dari awal hingga akhir teks.
ΓΌ Temukan kalimat utama atau gagasan pokok pada setiap paragraf.
ΓΌ Tandai kata atau kalimat yang kamu anggap sebagai kata kunci.
ΓΌ Mancatatnya dalam bentuk peta konsep atau diagram alir.
Contoh diagram alir :
Mengidentifikasi Peristiwa Penting dalam teks Nonfiksi dengan Menjawab Pertanyaan
Peristiwa penting dapat diketahui dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan teks.
Berikut fungsi kata tanya :
No. |
Kata Tanya |
Fungsi Kata Tanya |
1 |
Apa |
Menanyakan keadaan, perilaku, atau penjelasan isi teks. |
2 |
Di mana |
Menanyakan tempat suatu peristiwa berlangsung, lokasi yang akan dituju, serta tempat yang sedang digunakan dalam teks. |
3 |
Kapan |
Menanyakan waktu terjadinya suatu keadaan atau peristiwa (jam, hari, tanggal, bulan, tahun ataupun lamanya sebuah kejadian) dalam teks |
4 |
Siapa |
Menanyakan pelaku yang terkait atau turut serta dalam suatu peristiwa kejadian dalam teks |
5 |
Mengapa |
Menanyakan alasan atau sebab sebuah peristiwa terjadi dalam teks |
6 |
Bagaimana |
Menanyakan cara atau proses sebuah peristiwa berlangsung, serta untuk menanyakan keadaan atau kejelasan satu hal dalam teks |
7 |
Berapa |
Menanyakan banyak, jumlah, atau satuan dan berupa angka |
IPA (KD 3. 8, 4. 8)
Faktor-faktor yang Memengaruhi Siklus Air dalam Tanah
Tanah memiliki kemampuan menyimpan air. Dalam siklus air, tanah berperan penting dalam menyimpan air. Air tanah sangat berguna saat menghadapi musim kemarau. Air masuk ke dalam tanah melalui pori-pori tanah. Proses masuknya airke dalam pori-pori tanah dinamakan infiltrasi. Proses infiltrasi secara lambat akan membawa air tanah kembali ke laut. Air tanah biasanya lebih jernih dan bersih karena sudah tersaring oleh lapisan tanah dan perakaran tumbuhan.
Faktor-faktor yang memengaruhi air tanah adalah sebagai berikut :
1. Curah hujan
Curah hujan berpengaruh pada tanah karena sumber air tanah berasal dari curah hujan yang turun. Semakin banyak curah hujan yang turun, semakin banyak pula cadangan air tanah yang tersimpan.
2. Material batuan
Air menyerap ke dalam batuan melalui celah batuan. Lapisan tanah yang mengandung banyak batuan akan menyimpan air sehingga air bertahan lebih lama di dalam tanah.
3. Lereng pegunungan
Air tanah akan mudah disimpan di lingkungan yang datar atau tingkat kemiringan yang rendah. Jika air diserap di lahan yang sangat miring, air tersebut akan tetap mengalir sehingga air yang tersimpan hanya sedikit.
4. Keberadaan tumbuhan (vegetasi)
Tumbuhan berperan dalam menggemburkan tanah sehingga air hujan dapat terserap dan tersimpan dengan baik di dalam tanah. Air tanah yang tersimpan di daerah pegunungan akan bertahan lebih lama sehingga menjadi cadangan air pada musim kemarau.
Apa yang akan terjadi jika semakin banyaknya pembangunan permukiman, gedung, dan jalan raya?
Hal tersebut akan mengganggu peranan tanah dalam menyerap dan menyimpan air. Jika air tidak tersimpan, kita tidak memiliki cadangan air saat menghadapi musim kemarau. Selain itu, banjir dan tanah longsor juga dengan mudah terjadi karena berkurangnya daerah resapan air.
Pengaruh Siklus Air pada Musim Kemarau (1)
Air bermanfaat bagi kehidupan mahluk hidup di Bumi. Adanya siklus air menyebabkan ketersediaan air di daratan tetap terjaga. Siklus air dipengaruhi oleh suhu lingkungan, cuaca, hujan, dan keseimbangan lingkungan. Salah satu tahap siklus air adalah evaporasi. Evaporasi adalah penguapan air dari Bumi menuju atmosfer.
Evaporasi mengubah air berwujud cair menjadi air berwujud gas. Semakin tinggi panas matahari, maka jumlah air yang menjadi uap air dan yang naik ke atmosfer juga semakin banyak. Pada musim kemarau, uap air yang diuapkan jauh lebih banyak sehingga berdampak pada permukaan bumi.
Musim kemarau yang berlangsung terus menerus dapat menyebabkan hal-hal berikut :
ΓΌ Berkurangnya sumber air minum.
ΓΌ Persawahan menjadi kering dan tanah menjadi retak-retak.
ΓΌ Banyak hewan yang akan mati karena tidak mendapatkan sumber air.
ΓΌ Gagal panen karena banyak tumbuhan yang layu dan mati.
ΓΌ Penambak tidak dapat membudidayakan ikan dan hewan air lainnya.
Untuk mengatasi hal itu, sebaiknya kita bijak dalam memanfaatkan air, misalnya menutup keran air jika tidak digunakan atau membuat penampungan air. Selain itu, pada musim kemarau petani juga dapat menanam tanaman palawija, seperti jagung yang tidak banyak memerlukan air.
SBdP (KD 3. 3, 4. 3)
Pola Lantai Gerak Tari
Garis imajiner yang dilalui oleh penari saat melakukan gerak tari disebut pola lantai. Pola lantai merupakan garis imajiner yang dibuat oleh formasi penari kelompok. Secara umum, pola lantai berupa garis lurus atau garis lengkung. Bentuk pola garis lurus dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya horizontal, diagonal, garis lurus ke depan, zig-zag, segitiga, segi empat, dan segi lima. Bentuk pola garis lengkung dapat dikembangkan menjadi berbagai pola lantai, di antaranya lingkaran, angka delapan, garis lengkung ke depan, dan garis lengkung ke belakang.
Perhatikan gambar-gambar berikut:
MATEMATIKA
Tujuan Pembelajaran:
1. Dengan mengamati gambar dan teks, peserta didik dapat menentukan jaring-jaring kubus.
2. Melalui pengamatan gambar dan isi teks,peserta didik dapat menentukan jaring-jaring balok
Pengertian Jaring-Jaring
Jaring–jaring bangun ruang merupakan pembelahan sebuah bangun ruang yang berkaitan dan jika di gabungkan akan menjadi sebuah bangun ruang tertentu.
Terdapat berbagai macam bangun ruang, antara lain yaitu kubus, balok, prisma segitiga, tabung, kerucut. Berikut adalah beberapa jaring-jaring bangun ruang.
*Jaring-jaring kubus
Kubus adalah jenis bangun ruang tiga dimensi yang dibatasi enam bidang sisi yang memiliki bentuk bujur sangkar. Hingga jaring-jaring kubus tersusun dari 6 buah bujur sangkar.
*Jaring-jaring Balok
Balok merupakan bangun ruang tiga dimensi, dibentuk tiga pasang persegi ataupun persegi panjang, dengan paling tidak satu pasang di antaranya memiliki ukuran yang berbeda. Sehingga jaring – jaring balok terdiri atas 6 buah persegi atau persegi panjang.
LATIHAN SOAL :
1.
Jika D sebagai alas, maka bagian atapnya adalah ....
a) B
b) A
c) F
d) C
2. Susunan beberapa bangun datar yang jika dilipat menurut ruas-ruas garis yang berdekatan akan membentuk bangun ruang tertentu disebut...
a. Pola
b. Jaring-jaring
c. Susunan sisi
d. Pengubinan
3. Di antara gambar berikut yang merupakan jaring-jaring balok adalah...
. Di antara gambar berikut yang merupakan jaring-jaring balok adalah...
4. Di antara gambar berikut ini yang bukan merupakan jaring-jaring kubus adalah....
5. Jaring-jaring balok dapat tersusun atas...
a. 4 persegi panjang dan 2 persegi
b. 2 persegi panjang dan 4 persegi
c. 1 persegi panjang dan 5 persegi
d. 6 persegi panjang
Jika tugas kalian sudah selesai dapat kirimkan ke WA Bu Guru ya nak!
Terimakasih
anak Sholeh/Sholeha Bu Guru serta Bunda2 sholeha yang dengan sabar dan
setia membimbing sholeh/sholeha bu Guru..tetap semangat dan jaga
kesehatan
Wassalamualaikum.wr.wb
4 Comments:
Assalammualaikum..
M. Archietama Charisma Putra
Kelas 5D nO. 16
Hadir
Terima kasih Bu Guru untuk materi Tema 8 Subtema 2 PB 1 dan 2, dan juga untuk materi matematika hari ini..
Asalamualaikum bu
M.Rafffi Rabbani
Kelas 5D no 17
Hadir bu
Assalamualaikum
Nama:Muhammad Ghifari
Kelas:5D
Absen:18
Hadir
Terimakasih bu el materi hari ini
Wassalam
Assalamu'alaikum Bu
Nama :Danur artha. R
abseen:7 hadir
Terimakasih bu Elly materi hari ini
ππ»ππ»ππ»
Posting Komentar