Rabu, 16 Februari 2022

TEMA 8 ST 1 PB 5 DAN 6, MATEMATIKA

By elfida fida - Februari 16, 2022

 

MATERI AJAR KELAS VD UNTUK HARI RABU TANGGAL 16 PEBRUARI 2022



 
 




 Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha V.D,apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. setelah selesai silahkan absen pada link berikut :


ABSEN SISWA KELAS VD

 Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak!

Pada pelajaran sebelumnya kita sudah melaksanakan pembelajaran Tema 7 Subtema 3.Alhamdulillah hasil penilaian harian kemarin ananda mendapatkan nilai yang baik. Bu guru harap dalam penilaian harian selanjutnya sholeh sholeha mendapakan nilai yang lebih baik. Bagi yang sudah mendapatkan nilai yang baik tolong dipertahankan dan bagi nsiswa ynag mendapatkan nilai kurang ananda belajar lebih giat lagi dan lebihbrajin membaca buku dan materi yang sudha bu guru berikan. 

Sebelum melaksanakan pembelajaran daring ini kita berdoa dulu ya nak !

Hari ini kita akan belajar materi tentang tema 8 subtema 1 pembelajaran 5 dan 6yaitu:  

Hari / tanggal            : Rabu / 16 Februari 2021

Tema 8                       : Lingkungan Sahabat Kita

Sub Tema 1                : Manusia dan Lingkungan

Pembelajaran ke-      : 5 dan 6

Muatan Terpadu       : Bahasa Indonesia (KD 3.8, 4.8), PKn (KD 3.3, 4.3), IPA ( KD 3.8, 4.8),

SBdP (KD 3.2, 4.2)

  

Tujuan Pembelajaran :

1.     1. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menceritakan kembali peristiwa yang terdapat pada teks nonfiksi.

2.     2. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan sikap toleran dalam keberagaman di lingkungan sekitar.

3.    3.  Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan keberadaan air di permukaan bumi.

4.     4. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat mengidentifikasi lagu tangga nada diatonis mayor dan minor.

 

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.8, 4.8)

Untuk menceritakan kembali teks nonfiksi kalian dapat menggunakan langkah – langakah yang telah dipelajari pada pembelajaran 3 dan 4. Berikut ini contoh yang dapat kalian lihat dari cerita berikut ini:

1.        Tulislah peristiwa-peristiwa yang terjadi pada cerita.

·        Bu Mala sebuah buku tulis besampul warna merah kepada seluruh siswa

·        Bu Mala meminta siswa menggunakan buku untuk kegiatan apa saja

·        Makale ingin membuat herbarium, walaupun daerahnya jarang ada tumbuhan.

·        Buku tulis merah milik para siswa telah berisi berbagai cerita, gambar, dan foto, namun buku tulis Makale masih kosong.

·        Di daerah Makale turun hujan yang sangat deras sehingga benih-benih tumbuh dan bunga-bunga merah kecil memenuhi petak kebun.

·        Makale memetik sekuntum bunga merah kemudian menempelkanya di dalam buku. 

·        Bu Mala membuka buku tulis merah Makale yang hanya berisi satu halaman dan hanya satu bunga di dalamnya. 

·        Bunga terebut merupakan paling berharga di dunia karena hanya mekar sehari dalam setahun.

 

2.        Tuliskan urutan-urutan peristiwa pada cerita.

·        Makale tinggal di sebuah desa yang selalu kekeringan.

·        Bu Mala memberi seluruh siswanya masing-masing sebuah buku tulis bersampul merah. 

·        Nola ingin menulis catatan harian, Wendi ingin menggambar wajah setiap orang yang ditemui, dan Makale ingin membuat herbarium,

·        Makale ingin membuat herbarium.

·        Makale ingin membuat herbarium karena seorang pelancong menunjukkan buku herbariumnya yang sangat indah.

·        Bu Mala memberitahu Makale bahwa untuk membuat herbarium membutuhkan banyak daun. 

·        Teman-teman Makale menanyakan di mana tempat makale mendapatkan bunga.

·        Makale yakin akan mendapatkan bunga walaupun daerahnya jarang ada tumbuhan.

·        Waktu berlalu dengan cepat dan buku tulis merah milik para siswa telah berisi berbagai cerita, gambar, dan foto, namun buku tulis Makale masih kosong.

·        Pada suatu hari di daerah Makale turun hujan yang sangat deras sehingga benih-benih tumbuh dan bunga-bunga merah kecil memenuhi petak kebun.

·        Makale memetik sekuntum bunga merah kemudian menempelkanya di dalam buku. 

·        Hari berikutnya bunga-bunga di kebun telah layu karena terbakar matahari.

·        Makale gembira karena sudah membuat berhasil herbarium dan menunjukannya kepada Bu Mala.

·        Bu Mala membuka buku tulis merah Makale yang hanya berisi satu halaman dan hanya satu bunga di dalamnya. 

·         Bunga terebut merupakan paling berharga di dunia karena hanya mekar sehari dalam setahun.

Muatan PKn (KD 3.3, 4.3)

Jika kita ingat semboyan negara kita yaitu “Bhineka Tunggal Ika”. Semboyan inilah yang mebuat kita jadi beragam namun tetap bersatu dan saling menghormati serta menghargai agar tetap menjaga kerukunan. Sikap saling menghargai dan menghormati itu dapat diwujudkan dengan hal – hal berikut ini:

1.      Menyaksikan pertunjukan kesenian daerah lain

2.      Berteman tanpa membeda – bedakan budaya, suku, maupun agama

3.      Mau mempelajari kebudayaan Indonesia yang berbeda dengan budayanya sendiri dan

4.      Menghargai orang lainyang sedang menjalankan ibadah ataupun upaca adat meskipun berbeda dengan kita.

 

Muatan IPA ( KD 3.8, 4.8)

Adanya siklus air memengaruhi peristiwa di Bumi dan kelangsungan hidup makhluk hidup. Siklus air menyediakan air yang dibutuhkan oleh makhluk hidup. Hujan turun dipermukaan bumi, di daratan air hujan langsung mengalir ke sungai atau danaudan ada juga yang diserap oleh tanah. Proses penyerapan air ke dalam tanah dinamakan infiltrasi.

Sungai merupakan sumber air yang banyak di mafaatkan makhluk hidup. Sungai dimafaatkan oleh manusia untuk berbagai aktivitas, seperti olahraga, sarana transportasi irigasi sawah, aktivitas rumah tangga, dan sebagainya. Pada hari yang panas terik karena panas matahari mengakibatkan air sungai menguap. Dan hal ini berdampak pada berkurangnya persediaan air terlebih saat musim kemarau, jumlah air yang menguap semakin banyak sehingga mengakibatkan beberapa daratan mengalami kekeringan. Oleh sebab itu kita harus menghemat persediaan air.


Muatan SBdP (KD 3.2, 4.2)

Ø Ciri-ciri tangga nada diatonis mayor biasanya sebagai berikut. a. Bersifat riang gembira. b.  Bersemangat. c.  Biasanya diawali dan diakhiri nada do. Namun, tidak menutup kemungkinan diawali dengan nada 5 (sol) atau 3 (mi) dan diakhiri nada 1 (do).

Ø Contoh Lagu yang bertangga nada Diatonis Mayor : Maju Tak Gentar, Indinesia Raya, Hari merdeka, Halo-halo Bandung, Indonesia Jaya, Garuda Pancasila, dan Mars Sang Timur.

Ø Tangga nada diatonis minor harmonis adalah tangga nada diatonis minor dengan nada ketujuh dinaikkan setengah, seperti contoh di bawah ini:

 

Ø Ciri-ciri tangga nada diatonis minor sebagai berikut.

a.     Lagu bersifat sedih.

b.     Lagu kurang bersemangat.

  • c     Melodi lagu diawali dan diakhiri nada 6 (la). Namun tidak menutup kemungkinan diawali nada 3 (mi) dan diakhiri nada 6 (la).

Ø Contoh Lagu yang bertangga nada Diatonis Minor : Syukur, Tuhan, Gugur Bunga, dan Bubuy Bulan.

Ø  Contoh permainan tradisional yaitu gangsing, enggrang, bendan, bentengan, dhinglik aglik/pepete jengkol, bakiak

 LATIHAN SOAL : 

Ananda mengerjakan latihan di buku Modul Tematik hal.54 dan 55 ( PPKN dan Bahasa Indonesia), tulis soal dan jawabannya saja!

 

MATEMATIKA

Menentuka Sisi Alas dan Atas Bangun Ruang Balok

 

Tujuan Pembelajaran

:1.  Peserta didik dapat membuat jaring- jaring bangunr ruang balok

2.  Peserta didik dapat menentukan sisi alas dan atas bangun ruang balok

 

Jaring Jaring Balok

Jaring-jaring yaitu merupakan sebuah bangun datar yang jika dikaitkan mampu membentuk sebuah bangun ruang.

Jaring-jaring balok lebih banyak dan variatif jika kita bandingkan dengan jaring-jaring pada kubus, Hal ini dikarenakan balok sisi-sisinya terdiri atas bangun datar persegi panjang.

Sama seperti pada jaring-jaring kubus jaring-jaring balok juga didapat dengan membuka bangun ruang balok sehingga diperoleh seluruh permukaan balok.

 

Berikut Video terkait materi

 


 

Cara Membuat Jaring-jaring Balok

Karena balok merupakan bangun ruang tiga dimensi yang dibentuk pada tiga pasang  persegi ataupun persegi panjang,diantaranya memiliki ukuran  yang berbeda. Balok mempunyai 6 sisi,12 rusuk dan 8 titik sudut. Balok dibentuk oleh enam persegi sama dan sebangun.

 

Berikut adalah cara membuat jarring-jaring balok

 

    Cetak sebuah pola gambar pada karton.

    lalu, gunting kertas karton tersebut mengikuti ruas garis yang nampak.

    Lakukan lipatan pada tiap jaring berdasarkan ruas garis hingga membentuk balok yang hampir sempurna.

    Balok itu adalah hasil dari melipat dan mengelem lidah jaring-jaringnya, dan dengan persegi panjang bawah sebagai sisi depannya.

 

Elemen Balok

    Panjang yaitu rusuk panjang dari alas balok.

    Lebar yaitu rusuk paling pendek dari sisi alas balok.

    Tinggi yaitu rusuk tegak lurus pada panjang dan lebar balok.

 

Itu tadi materi yang dapat kalian pelajari ya nak jika ada pertanyaan terkait materi yang ibu guru

berikan silahkan tanyakan di WA grup atau tinggalkan komentar di blog serta kirimkan tugas 

dokumentasi rangkuman di grup WA kita ya nak!

 

Terimakasih anak Sholeh/Sholeha Bu Guru serta Bunda2 sholeha yang dengan sabar dan setia membimbing sholeh/sholeha bu Guru..tetap semangat dan jaga kesehatan
Wassalamualaikum.wr.wb.




0 Comments:

Posting Komentar

PENILAIAN HARIAN TEMA 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 22 NOVEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaik...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea