Rabu, 19 Januari 2022

TEMA 6 SUBTEMA 3 PB 5 DAN 6

By elfida fida - Januari 19, 2022

MATERI AJAR KELAS VD UNTUK HARI RABU TANGGAL 19 JANUARI 2022



 
 

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!

Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!! 

Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT Aamiin. Sebelum memulai belajar tentang TEMA 6 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 5 DAN 6 yaitu tentang PANAS DAN PERPINDAHANNYA, yang mana materi ini masih berkaitan dengan Tema 5 yang sudah kita pelajari minggu kemarin. Marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Ibu guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.

Silahkan absen pada link berikut :

ABSEN SISWA KELAS VD

 TUJUAN PE,BELAJARAN :

1.      1.Setelah membaca materi yang ada di blog guru,  peserta didik mampu menyajikan hasil

kesimpulan isi teks penjelasan pada media elektronik secara visual secara tepat.

2.     2.  Dengan mengamati dan mengidentifikasi benda-benda di lingkungan rumah, peserta didik mampu menyusun tabel contoh benda-benda yang menggunakan konsep perpindahan kalor secara rinci dan lengkap.

3.      3. Dengan mengamati gambar cerita, peserta didik mampu mengidentifikasi bahan dan alat untuk membuat gambar cerita secara benar.

 

1.             4. Dengan  mempresentasikan masalah dan menjelaskan penyebabnya, peserta didik mampu melaporkan pengalaman penerapan melaksanakan hak, kewajiban dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat secara percaya diri.

          

Tema 6              : Panas dan Perpindahannya

Sub Tema 3       : Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan

Pembelajaran : 5 dan 6

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3), PPKn (KD 3.2, 4.2), IPA (KD 3. 6, 4. 6), SBdP (KD 3. 1, 4. 1)   

 

Tujuan Pembelajaran :

1. Siswa mampu menjelaskan contoh benda-benda yang menggunakan konsep perpindahan kalor yang termasuk konduktor dan isolator secara rinci dan lengkap

2. Siswa mampu menyajikan hasil kesimpulan isi teks penjelasan pada media elektronik secara visual dengan tepat dan jelas.

3. Siswa mampu mengidentifikasi bahan dan alat untuk membuat gambar cerita secara benar

4. Siswa mampu melaporkan pengalaman penerapan melaksanakan hak, kewajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat secara percaya diri.

IPA (KD 3. 6, 4. 6)

Bahan Konduktor dan Isolator di Sekitar Kita
Barang-barang dalam kehidupan sehari-hari, banyak yang memanfaatkan sifat benda sebagai konduktor atau isolator. Benda apakah itu? Selimut dan panci merupakan benda yang memanfaatkan sifat ini. Bagaimana cara kerja selimut? Selimut memerangkap udara. Udara
adalah isolator sehingga tidak menghantarkan panas yang keluar dari tubuhmu. Dengan demikian, badanmu tetap terasa hangat. Jaket dan sarung tangan wol memiliki cara kerja yang sama, yaitu untuk memerangkap udara agar badan tetap hangat dan tidak kedinginan.
Bagaimana dengan panci yang biasa digunakan di dapur? Panci terbuat dari bahan logam, misalnya Aluminium. Aluminium merupakan penghantar panas yang baik. Panci akan menghantarkan panas ke makanan yang dimasak. Ada bagian pada panci yang justru berfungsi
sebagai isolator. Pegangan panci terbuat dari plastik. Plastik merupakan isolator sehingga kamu tidak akan kepanasan ketika memegangnya. Oven atau pemanggang, juga menggunakan prinsip perpindahan panas secara konduksi. Dengan menggunakan bahan konduktor seperti
Aluminium, diharapkan panas dari sumber panas seperti kompor, tidak keluar. Sehingga, panas tersebut dapat mematangkan kue atau masakan yang dipanggang. Pemanggang biasanya berbentuk kotak dan tertutup. Bentuk yang tertutup ini ingin memaksimalkan panas untuk mematangkan makanan secara merata. Mesin mobil dan motor, terbuat dari bahan yang dapat menghantarkan panas. Mesin memerlukan panas untuk memperoleh kinerja mesin
yang ideal. Mesin juga memerlukan energi listrik sehingga perlu bahan konduktor sebagai penghantar listrik. Kamu tentu memiliki setrika di rumah. Dahulu, ketika listrik belum
banyak digunakan, masyarakat menggunakan bara arang sebagai sumber panas. Arang hitam dibakar terlebih dahulu, setelah menjadi bara baru kemudian dimasukkan ke dalam setrika. Setrika ditutup dengan pegangan yang terbuat dari kayu. Biasanya setrika arang ini terbuat dari tembaga yang berat. Berbeda dengan setrika listrik yang digunakan saat ini.
Sumber panas berasal dari aliran listrik yang memanaskan kumparan di bagian bawah setrika. Agar panasnya sampai dari kabel listrik ke pakaian maka pada alas atau bagian bawah setrika dibuat dari bahan logam. Sedangkan bagian pegangan setrika terbuat dari plastik yang bersifat
isolator.

 

Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3)

Menuliskan Kembali Informasi dari Teks Eksplanasi

Menuliskan kembali informasi melalui tulisan dapat dilakukan dengan kegiatan membaca cermat. Setelah itu, kamu dapat menyusunnya menjadi sebuah karangan dengan bahasamu sendiri. Informasi yang disampaikan dapat ditulis dalam bentuk ringkasasn ataupun bentuk cerita. Berikut langkah-langkah dalam menuliskan kembali informasi teks.

1. Perhatikan judul dan tema dalam teks.

2. Tentukan gagasan pokok setiap paragraph dalam teks.

3. Kembangkan gagassan pokok menjadi sebuah cerita yang padu menggunakan bahasamu sendiri.

4. Saat menuliskan kembali, perhatikan keruntutan informasi yang kamu peroleh.

 

SBdP(3.1, 4.1)

Gambar Cerita
Gambar cerita adalah gambar yang menunjukkan kegiatan orangorang atau binatang-binatang dalam suatu peristiwa. Gambar cerita dapat ditemui pada buku-buku cerita, terutama untuk anak-anak, untuk menceritakan sebuah peristiwa, baik peristiwa yang benar-benar terjadi
atau cerita imajinasi. Bagaimana gambar cerita dibuat? Menggambar cerita dapat dilakukan dengan teknik kering dan teknik basah. Alat dan bahan untuk menggambar cerita dengan teknik kering, menggunakan beberapa alat misalnya, pensil, kapur, krayon, atau bahan lain yang tidak memerlukan air. Pada teknik basah, media yang diperlukan berupa cat air, tinta bak atau tinta Cina, cat poster yang menggunakan air sebagai pengencer.
1. Teknik Kering
Menggambar cerita dengan teknik kering, tidak perlu menggunakan pengencer seperti air. Cerita dibuat langsung pada kertas gambar. Mula-mula dibuat sketsa atau rancangan gambar yang
menggambarkan sebuah cerita. Setelah itu, diberikan garis atau warna sesuai dengan media kering yang digunakan. Beberapa contoh media kering yang biasa digunakan antara lain:
a. Pensil

b. Krayon
c. Pulpen atau Spidol


2. Teknik Basah
Media yang digunakan untuk teknik basah antara lain, cat air, tinta, atau media lain yang memerlukan air sebagai pengencer. Cerita dibuat dengan cara membuat sketsa pada bidang gambar dua dimensi berupa kertas.

 Setelah itu, baru diberi warna sesuai dengan media basah yang sudah ditentukan. Teknik basah memerlukan beberapa alat dan bahan seperti cat air, cat poster, tinta bak atau tinta Cina, berbagai jenis kuas, dan palet cat air.

 

PPKn (3.2, 4.2)

Menjelaskan Makna Tanggung  Jawab sebagai Sisw dan Warga Negara

Tanggung jawab merupakan sikap menyadari dan siap melaksanakan tugas. Tanggung jawab merupakan bagian dari kewajiban. TAnggung jawab dilaksanakan tanpa adanya perintah atau paksaan dari orang lain. Setiap tugas yang dilakukan dengan tanggung jawaab dilakukan atas kesadaran sendiri. Seseorang yang melaksanakan tugas dengan tanggung jawab biasanya melakukannya tanpa menunda-nunda tugas tersebut. Menunda-nunda tugas yang diberikan dapat berakibat pada terganggunya hak orang lain.

Berikut Hal-hal yang daapat menjaga kita agar menjadi orang bertanggung jawab.

1. Memahami tugas dan kewajiban diri sendiri.

2. Melaksanakan tugas dengan disiplin dan tanpa menunda-nunda waktu.

3. Tidak mencari-cari  alasan saat diminta untuk menyelesaikan tugas, kecuali sakit atau ada keperluan mendesak.

4. Mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan diri sendiri.

5. Menghormati hak-hak orang lain.


Materi  :  Bangum Ruang

 

Tujuan : 1. Siswa dapat  menetukan volume  bangun ruang balok dan kubus

 

                2.  Siswa dapat mencari luas permukaan bangun ruang balok dan kubus

 

Rangkuman Bangun Ruang

 

Bangun ruang merupakan bangun matematika yang mempunyai volume atau pun sisi yang juga sering disebut dengan bangun tiga dimensi karena bangun ruang memiliki tiga buah komponen utama yakni mempunyai sisi, titik sudut dan kemudian rusuk. Sisi adalah bidang yang terdapat pada bangun ruang yang menjadi batas di antara bangun ruang dengan ruangan yang terdapat di sekitarnya. Sementara rusuk merupakan pertemuan dua sisi yang merupakan ruas garis yang terdapat pada bangun ruang, dan titik sudut adalah titik hasil dari pertemuan rusuk yang berjumlah tiga atau lebih.

 

Berikut Video Terkait Materi

 



 

 

 

1. KUBUS

 

 

 

Kubus adalah salah satu bangun ruang yang mempunyai panjang rusuk yang sama atau bangun yang mempunyai enam buah sisi yang sama dan juga sebangun, kubus juga termasuk ke dalam bangun ruang tiga dimensi. Berikut ini adalah rumus bangun ruang kubus :

 

Luas permukaan = 6s2

Volume = s3

 

A.Menghitung volume dan luas permukaan kubus

 

Diketahui :

S = 16 cm

 

Ditanya : a. Berapakah volumenya?

 

     b.  Tentukan luasnya ?

 

Jawaban :

 

Volume Kubus :

 

V= S x S x S = 16 x 16 x 16 = 4096 cm3

 

Luas Permukaan Kubus :

 

L= 6 x S x S = 6 x 16 X 16 = 1536 cm2

 

Jadi kubus ABCDEFGH memiliki volume 4096 cm3 dan luas permukaan 1536 cm2.

 

 2. BALOK

Balok adalah bangun ruang yang mempunyai 3 dimensi yang dibentuk oleh 6 buah persegi panjang yang semuanya saling tegak lurus, contoh: Penghapus,kotak pensil,lemari dan yang lainnya

 

 

B.Menghitung volume dan luas permukaan balok

 

Balok ABCDEFGH

 

P = 16cm                                                                     

 

L = 6cm

 

T = 10cm

 

Ditanya :  a. Berapakah volumenya?

 

                 b.  Tentukan luasnya ?

 

Jawab :

 

Volume Balok :

 

V = PxLxT

 

V = 16x6x10

 

V = 960cm kubik

 

Luas permukaan balok :

 

L = 2(PL+PT+LT)

 

L = 2(16×6 + 16×10 + 6×10)

 

L = 2(96+160+60)

 

L = 2(316)

 

L = 632 cm persegi

 

Jadi balok ABCDEFGH memiliki volume 960 cm3 kubik dan luas permukaanya 632 cm2.


Bagaimana materi yang sudah bu guru jelaskan, kalau masih ada yang belum paham

silakan Ananda tanya lewat WA grup atau berikan komentar dikolom komentar blog ini ya nak.

SOAL LATIHAN : 

Buatlah  gambar dengan menggunakan tehnik kering yaitu gambar benda yang termasu konduktor dan isolator Jangan lupa diwarnai agar gambarnya menarik!


Tetap semangat dan jaga kesehatan ya nak .

Wassalamu'alaikum wr.wb.




Tetap semangat dan jaga kesehatan ya nak .

Wassalamu'alaikum wr.wb.

 

0 Comments:

Posting Komentar

PENILAIAN HARIAN TEMA 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 22 NOVEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaik...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea