MATERI AJAR KLEAS VD UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 02 SEPTEMBER 2021
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWTAamiin. Sebelum memulai belajar tentang TEMA 2 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3 DAN 4, marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Ibu guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.
Silahkan absen pada link berikut :
Pembelajaran 3 dan 4
Muatan pelajaran : Bahasa Indonesia (KD 3.2), PPKn (3.2), IPS (3.3)
Tujuan pembelajaran
1. Peserta didik dapat mengetahui tanggung jawab terhadap sampah di lingkungan sekitarnya
2. Peserta didik dapat mengetahui cara mengetahui informasi pada teks dengan cara menandai
PPKn (KD 3.2)
Tanggung Jawab terhadap Masalah Sampah.
Setiap manusia memiliki tanggung jawab terhadap diri sendiri, masyarakat, dan lingkungan sekitar. Salah satu tanggung jawab yang harus diterapkan di lingkungan sekitar adalah upaya penanggulangan masalah sampah.
Kerugian akibat tidak tanggung jawab terhadap sampah :
ü Membuat aliran sungai atau selokan tersumbat
ü Menimbulkan bau yang tidak sedap
ü Mencemari lingkungan
ü Menjadi sumber penyakit
Memiliki rasa tanggung jawab dalam masalah sampah merupakan hal yang sangat penting. Dengan sikap bertanggung jawab terhadap sampah, kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Salah satu cara menanggulangi masalah sampah adalah dengan melakukan daur ulang. Daur ulang adalah menggunakan kembali barang-barang bekas menjadi berguna. Berikut ini beberapa gambar benda hasil daur ulang :
Sikap Tanggung Jawab terhadap Kebersihan Lingkungan
Dalam menjalankan kegiatan usaha ekonomi, setiap orang harus melakukan dengan penuh tanggung jawab. Penerapan tanggung jawab sangat penting bagi terciptanya keharmonisan dalam kehidupan masyarakat. Penerapan tanggung jawab dapat menjalin kerukunan dan persaudaraan antarwarga masyarakat. Penerapan tanggung jawab juga dapat menciptakan ketertiban, keamanan, dan ketenangan dalam masyarakat.
Akibat tidak adanya penerapan tanggung jawab di masyarakat :
ü Terjadinya ketidak harmonisan dalam hubungan antarwarga masyarakat.
ü Terjadi kekacauan dimana-mana.
ü Tidak adanya kerukunan antarwarga masyarakat.
ü Tidak akan tercipta ketertiban, ketenangan, dan keamanan dalam masyarakat.
Masyarakat harus sadar akan kewajibannya dan melaksanakannya dengan penuh tanggung jawab. Dengan demikian kehidupan masyarakat akan nyaman, aman, dan sejahtera.
IPS (KD 3.3)
Menghargai Kegiatan Ekonomi Orang lain
Kegiatan ekonomi pada gambar mulai dari produksi yang dilakukan produsen yaitu kayu di hutan, menebang kayu, kayu gelondongan, pengrajin kayu, distribusi yang dilakukan distributor yaitu menjual barang-barang kayu di toko mebel, konsumsi yang dilakukan konsumen yaitu barang-barang di toko mebel dibeli oleh pembeli.
Kita membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan yang tidak bisa hasilkan. Kebutuhan tersebut biasanya bisa kita peroleh dari kegiatan ekonomi. Setiap pelaku kegiatan ekonomi memiliki peran masing-masing yang saling menguntungkan. Keterlibatan orang lain dalam kegiatan ekonomi dapat kita temukan dalam tahap produksi, distribusi, dan konsumsi. Kita harus menghargai peranan setiap individu, mulai dari yang melakukan kegiatan produksi, distribusi dan konsumsi.
Cara Menghargai Usaha Orang lain
Setiap orang akan melakukan kegiatan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ada yang menjadi petani, pedagang, nelayan, pegawai swasta, pegawai negeri, tenaga medis, pengusaha, dan lainnya. Meskipun berbeda setiap kegiatan usaha ekonomi harus kita hargai.
Cara menghargai usaha ekonomi orang lain :
ü Menumbuhkan persaingan usaha yang sehat dalam kegiatan perekonomian.
ü Tidak merendahkan usaha orang lain.
ü Menghormati usaha ekonomi orang lain dengan tidak iri atas keberhasilannya.
ü Meneladami keberhasilan orang lain dengan meniru sikap positif orang tersebut.
Bahasa Indonesia (KD 3.2)
Menandai Informasi pada Teks yang Dibaca
Agar dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan kita dapat menandai kata kunci yang kita temukan di dalam setiap paragraf. Kata kunci tersebut dapat berupa ide pokok dan akan menjadi pengingat kita saat kita menjawab soal-soal yang diberikan.
Langkah-langkah menandai informasi dari teks :
ü Bacalah teks dengan seksama.
ü Berilah tanda informasi-informasi penting pada teks. Kamu juga dapat menandai ide pokoknya.
ü Kamu juga dapat membuat daftar pertanyaan beserta jawabannya terkait dengan teks.
ü Informasi yang sudah diperoleh dapat ditulis pada kertas terpisah yang nantinya akan diceritakan kepada orang lain.
Menceritakan Kembali Isi teks
Sebuah teks mengandung informasi. Informasi tersebut dapat ditemukan secara tersurat atau tersirat. Informasi tersurat artinya informasi tersebut secara jelas dalam teks yang dibaca. Informasi tersirat artinya informasi yang tidak tertulis langsung dalam teks. Jadi, kita perlu membuat kesimpulan sendiri berdasarkan teks yang dibaca tersebut.
Kita dapat menceritakan kembali isi teks dengan bahasa kita sendiri dengan memperhatikan langkah-langkah berikut :
ü Bacalah teks dengan seksama
ü Buatlah daftar pertanyaan berdasarkan teks
ü Bacalah teks dengan seksama
ü Buatlah daftar pertanyaan berdasarkan teks
ü Merangkai kembali jawaban-jawaban menjadi paragraf yang lebih singkat.
Bagaimana anak sholeh/sholeha bu Guru apakah paham dengan materi yang bu Guru ajarkan!
Jika
kurang paham dapat komentar di blog dan berikan komentar ananda
diblogger bu guru ya nak atau bisa bertanya di WA grup kita.
TUGAS LATIHAN :
Tugas hari ini adalah ananda jelaskan kembali materi yang sudah Bu Guru berikan dengan menggunakan literasi atau menggunakan kata- kata yang ananda rangkai sendiri, kemudian buat berupa video lalu kirim ke WA grup atau japri ke Bu Guru!
Terima kasih sholeh sholeha VD jangan lupa kirimkan foto kegiatan rutin kalian ke bu Guru...tetap semangat dan jaga kesehatan, sholat 5 waktu dan semangat walaupun belajarnya dari rumah...
Wassalamualaikum.wr.wb.
2 Comments:
M.Raffi Rabbani
Kelas 5d
Noabsen17
Hadir bu
ASSALAMUALIKUM
NAMA;QORY AINUN MERDIZALOVA
KELAS;5D
NO ABSEN;23
HADIR BU
Posting Komentar