MATERI AJAR KELAS VD UNTUK HARI RABU TANGGAL 29 SEPTEMBER 2021
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT Aamiin. Sebelum memulai belajar tentang TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 DAN 4yaitu tentang Makanan Sehat, yang mana materi ini masih berkaitan dengan Tema 3 yang sudah kita pelajari minggu kemarin. Marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Ibu guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.
Silahkan absen pada link berikut :
Hari/tanggal :
Pembelajaran : 3 dan 4
Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3.2, 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3.6, 4.6), IPS (KD 3. 2, 4.2)
Tujuan Pembelajaran :
1. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menyebutkan pengertian hak, kewajiban, dan tanggung jawab.
2. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat
menjelaskan pengertian interaksi social dan contoh interaksi social di lingkungan masyarakat.
3. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan isi pantun.
4. Setelah membaca materi yang ada di blog guru, peserta didik dapat menjelaskan hak, keawajiban, dan tanggung jawab sebagai warga masyarakat.
PPkN ( KD : 3.2, 4.2 )
Pengertian Hak, Kewajiban, dan Tanggung Jawab
Hak adalah segala sesuatu yang didapatkan oleh manusia sejak lahir dan penggunaannya tergantung kepada diri sendiri.
Contoh : hak yaitu memiliki tubuh yang sehat
Kewajiban adalah segalan sesuatu yang harus dilaksanakan oleh seseorang.
Contoh : kewajiban yaitu menjaga kesehatan tubuh
Tanggung jawab adalah sesuatu yang harus dilakukan sebagai balasan atas perilaku yang telah kita buat.
Contoh : makan makanan sehat dan bergizi serta olahraga teratur agar tubuh sehat
Hak, kewajiaban , dan tanggung jawab sebagai warga masyrakat
Bentuk hak sebagai warga masyarakat sebagai berikut :
1. Mendapatkan perlindungan hokum
2. Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak
3. Menikmati lingkungan bersih
4. Hidup tenang dan damai.
5. Bebas memilih, memeluk, dan menjalankan agama.
Bentuk kewajiban sebagai warga masyarakat sebagai berikut :
1. Mematuhi aturan atau norma yang berlaku dalam masyarakat.
2. Menjaga ketenangan dan ketertiban lingkungan masyarakat.
3. Menghormati tetangga di lingkungan tempat tinggal.
4. Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal.
5.
Mengikuti
kegiatan yang ada dilingkungan RT, RW, atau Desa setempat, contohnya; kegiatan
kerja bakti, gotog royong, dan musyawarah warga masyarakat setempat.
IPS ( KD : 3.2 dan 4.2
Pengertian Interaksi Sosial
Interaksi sosial adalah hubungan-hubungan sosial yang dinamis yang menyangkut hubungan antara individu dengan individu, kelompok dengan kelompok, ataupun individu dengan kelompok. Selain itu pengertian interaksi social adalah hubungan timbal balik antara dua orang social dengan orang lain.
Ada tiga jenis interaksi social yaitu :
1.Interaksi social antarindividu adalah interaksi antara dua orang. Contoh : dokter mengobati pasien yang berobat.
2. Interaksi individu dengan kelompok adalah interaksi antara seseorang dengan kelompok. Contoh ; siswa membaca puisi di depan teman-temannya.
3. Interaksi kelompok dengan kelompok adalah interaksi antara dua kelompok. Contoh : lomba tarik tambang anatar dua tim.
Interaksi Sosial di Lingkungan Mayrakat
Berikut contoh interaksi social di lingkungan masyarakat sebagai upaya menciptakan lingkungan yang bersih, aman, dan tentram :
1. Melaksanakan kerja bakti secara rutin.
2. Mengadakan ronda malam atau siskamling.
3. Menyelesaikan masalah lingkungan melalui musyawarah.
4. Saling menghormati dan menghargai sesama.
5. Tidak mengganggu orang lain yang sedang beribadah
6. Tolong menolong dengan warga sekitar
7. Menjunjung tinggi rasa toleransi antar umat beragama
Bahasa Indonesia ( KD : 3.6 dan 4.6 )
Menjelakan Isi Pantun
Dalam pantun terdapat dua bagian , yaitu bagian sampiran da nisi. Perasaan atau maksud dari pembuat pantun diungkapkan pada bagian isi. Contoh pantun :
Bawa paku dan juga palu
Digunakan untuk buat pagar
Olahraga rutin sangat perlu
Tubuh jadi kuat dan bugar
Pantun di atas memiliki ciri-ciri :
1. Bersajak a-b-a-b
2. Satu bait terdiri dari atas empat baris
3. Setiap baris terdiri atas 8-12 suku kata
4. Terdiri atas sampiran da nisi
Isi atau makna pantun di atas adalah anjuran pentingnya berolahraga rutin agar tubuh menjadi kuat dan bugar.
Jenis Pantun Berdasarkan Usia
Berdasarkan usia, pantun digolongkan menjadi tiga jenis, yaitu :
1. 1. Pantun anak-anak
Contoh:
Hari Minggu pergi berenang
Kolamnya ada di taman
Hatiku ini sungguh senang
Bisa main bersama teman
2. 2.Pantun orang muda
Contoh :
Bunga mawar diikat pita
Tertusuk duri tidaklah terasa
Ayo kawan raih cita-cita
Agar dapat membangun bangsa
3. 3.Pantun orang tua
Contoh :
Burung beo burung kakaktua
Suaranya menghibur hati
Patuhilah nasihat orang tua
Agar jadi anak berbakti
Bagaimana materi yang sudah bu guru jelaskan, kalau masih ada yang belum paham silakan Ananda tanya lewat WA grup atau berikan komentar dikolom komentar blog ini ya nak.
Tugas Latihan :
1. Jelaskan hak kita sebagai warga masyarakat !
2. Jelaskan 3 jenis interaksi sosial yang telah ananda pelajari !
Jawab pertanyannya melalui voice note dan kirimkan jawabannya ke WA grup!
Terimakasih anak Sholeh/Sholeha Bu Guru serta Bunda2 sholeha yang dengan sabar dan setia membimbing sholeh/sholeha bu Guru..tetap semangat dan jaga kesehatan
Wassalamualaikum.wr.wb
0 Comments:
Posting Komentar