MATERI AJAR KELAS VD UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 23 SEPTEMBER 2021
Selamat Pagi,,,Tabik pun ,,,!!
Semangat pagi ananda shaleh shaleha yang ibu guru banggakan, bagaimana kabarnya hari ini ? Ibu guru berharap kita semua sehat dan selalu dalam lindungan Alloh SWT Aamiin. Sebelum memulai belajar tentang TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 3 DAN 4 yaitu tentang Makanan Sehat, yang mana materi ini masih berkaitan dengan Tema 2 yang sudah kita pelajari minggu kemarin. Marilah terlebih dahulu kita laksanakan ibadah pagi seperti sholat dhuha, murojaah surat-surat pendek, mendengarkan tausiah, dan membaca doa sebelum belajar. Ibu guru tak henti-hentinya mengingatkan agar ananda sekalian melaksanakan sholat wajib tepat pada waktunya.
Silahkan absen pada link berikut :
Tema 3 : Makanan Sehat
Sub tema 3 : Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat
Pembelajaran ke : 3 dan 4
MuatanPelajaran : IPS (KD 3. 2, 4. 2), PPKn (KD 3.3, 4.3), Bahasa Indonesia (KD 3.4, 4. 4)
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Setelah membaca dan mengamati materi yang ada di blog guru, peserta didik mampu mengidentifikasikan pembangunan social budaya di Indonesia
2. Setelah membaca dan mengamati materi yang ada di blog guru, peserta didik mampu menyebutkan realitas Bhineka Tunggal Ika dan melakukan praktik diskusi tentang pentingnya nilai bebersamaan dalam keanekaragama
3. Setelah membaca dan mengamati materi yang ada di blog guru, peserta didik mampu mendemontrasikan keunggulan produk / jasa dari iklan
IPS (KD 3. 2, 4. 2)
Pembangunan sosial budaya di Indonesia
Pembangunan sosial budaya adalah pembangunan yang dirancang untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Tujuan dari pembangunan sosial budaya adalah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat yang ditandai dengan meningkatnya kualitas hidup yang layak dan bermartabat, serta memberi perhatian utama pada tercukupinya kebutuhan dasar masyarakat.
Pembangunan sosial budaya tidak hanya menjadi tanggung jawab yang dilakukan oleh pemerintah saja. Masyarakat juga dapat berperan dengan melakukan aktivitas-aktivitas dalam upaya pembangunan sosial budaya.
Berikut 5 contoh upaya pembangunan sosial yang dapat kita lakukan sebagai bagian dari masyarakat Indonesia:
· Menjaga kerukunan antar warga masyarakat.
· Menyelesaikan masalah yang muncul di lingkungan masyarakat dengan musyawarah.
· Membangun industri pariwisata yang bertujuan untuk melestarikan warisan budaya.
· Gotong royong dalam membersihkan dan membangun lingkungan.
· Melakukan pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.
Adapun sasaran umum yang akan dicapai dalam pembangunan sosial budaya Indonesia adalah meningkatnya usia harapan hidup, menurunnya laju pertumbuhan penduduk, menurunnya angka kelahiran total, menurunnya angka kematian kasar, meningkatnya ketahanan sosial dan budaya, meningkatnya kedudukan dan peranan perempuan, meningkatnya partisipasi aktif pemuda, serta meningkatnya pembudayaan dan prestasi olahraga.
PPKn (KD 3.3, 4.3)
Keragaman di Indonesia
Indonesia adalah negara dengan sejuta keberagaman. Keberagaman yang ada telah menjadi simbol persatuan dan dikemas dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. Oleh karena itu, kita harus menjaganya agar tetap utuh dan harmonis.
Namun, belakangan ini Indonesia kerap mengalami krisis toleransi. Perbedaan yang ada justru menimbulkan perpecahan. Padahal, perbedaan itu sendirilah yang seharusnya membuat Indonesia menjadi indah karena lebih “berwarna”.
Sebagai warga negara yang baik, kita harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan dengan menganut paham toleransi. Jangan sampai Indonesia terpecah-belah akibat isu-isu negatif. Ingat kata pepatah, “bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.”
Bentuk keberagaman di Indonesia
Indonesia adalah negara yang kaya, baik dari segi sumber daya alam maupun keberagamannya. Ada beberapa bentuk keberagaman di Indonesia, mulai dari keberagaman suku, keberagaman agama, keberagaman ras, dan juga keberagaman anggota golongan.
Keberagaman suku
Indonesia adalah negara kepulauan. Dari geografis yang berbeda-beda tersebut, Indonesia memiliki banyak sekali suku. Suku bangsa atau yang disebut juga etnik dapat diartikan sebagai pengelompokan atau penggolongan orang-orang yang memiliki satu keturunan. Selain itu, kelompok suku bangsa ditandai dengan adanya kesamaan budaya, bahasa, agama, perilaku atau ciri-ciri biologis yang dimiliki.
Setiap suku bangsa mempunyai ciri atau karakter tersendiri, baik dalam aspek sosial maupun budaya. Indonesia memiliki lebih dari 300 kelompok suku, lebih tepatnya 1.340 suku bangsa.
Keberagaman agama
Indonesia adalah negara yang religius. Hal itu dibuktikan dalam sila pertama Pancasila, yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa. Kebebasan dalam beragama dijamin dalam UUD 1945 pasal 29 yang menyatakan bahwa negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa dan Negara menjamin kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu.
Di Indonesia sendiri, ada enam agama yang diakui oleh negara. Agama-agama yang diakui oleh negara adalah Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha, dan juga Konghucu. Keenam agama harus hidup berdampingan di masyarakat dengan prinsip toleransi antarumat beragama.
Bahasa Indonesia (KD 3.4, 4. 4)
Hal hal yang dibutuhkan dalam Pembuatan Iklan
Informasi mengenai keunggulan produk pada iklan merupakan salah satu poin utama yang harus diperhatikan. Karena melalui informasi tersebut, calon konsumen tahu di mana letak keunikan dan perbedaan produk Anda dibanding produk serupa.
Agar efektif, gunakan kalimat singkat tetapi menarik. Anda bisa menggunakan jasa penulis artikel untuk membuat kalimat call to actionyang menarik atau narasi copy writing yang tepat. Bahkan kalau perlu, gunakan frasa atau tagline yang unik.
Misalnya untuk promosi produk bedak bayi, selain keunggulannya Anda juga bisa menambahkan kalimat yang menarik seperti: “Selembut kasih Ibu” atau “Bedak bayi halal pertama di Indonesia.”
Jadi begitu melihat iklan produk tersebut, konsumen tertarik untuk melihat atau bahkan membeli barang yang Anda jual. Tidak heran jika strategi membuat iklan semacam ini sering sekali digunakan oleh banyak orang.
Unsur unsur dari sebuah iklan adalah :
Ø Judul
Ø Sub Judul
Ø Isi
Ø Visual yang menarik
Bagaimana materi yang sudah bu guru jelaskan, kalau masih ada yang belum paham silakan Ananda tanya lewat WA grup atau berikan komentar dikolom komentar blog ini ya nak.
TUGAS LATIHAN :
1. Apa tujuan dari pembangunan sosial budaya! Berilah 3 contoh upaya pembangunaan sosial budaya !
2. Sebutkan unsur-unsur dari sebuah iklan!
Tuliskan jawaban di buku latihan tgema dengan menggunakan tulisan halus kasar dan rapi! Dan kirimkan jawaban ananda lewat WA PRIBADI BU GURU
Terimakasih
anak Sholeh/Sholeha Bu Guru serta Bunda2 sholeha yang dengan sabar dan
setia membimbing sholeh/sholeha bu Guru..tetap semangat dan jaga
kesehatan
Wassalamualaikum.wr.wb
1 Comments:
Assalammuallaikum bu...
NAMA : NAJWA HASIFAH DENNY
KELAS : 5D
NO ABSEN : 21
HADIR BU...
Terima Kasih atas materinya...
Posting Komentar