MATERI AJAR KELAS V.F UNTUK HARI SELASA TANGGAL 26 JANUARI 2021
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha V.F,apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. setelah selesai silahkan absen pada link berikut :
Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak!
Pada pelajaran sebelumnya kita sudah melaksanakan penilaian harian tema 6 subtema 3 yaitu tentang kata kunci dari teks eksplanasi pada media eksplanasi,meringkas informasi penting pada teks eksplanasi.benda-benda yang bersifat menghambat dan mempercepat perpindahan kalor.ciri-ciri gambar cerita pada sampul depan buku,mengidentifikasi kegiatan ekonomi di dataran rendah dan tinggi, menjelaskan akibat tidak ada penerapan tanggung jawab di sekolah,menjelaskan bahan konduktor dan isolator disekitar kita, menuliskan kembali informasi dari teks eksplanasi, dan menjelaskan makna tanggung jawab sebagai siswa dan warga negara. Alhamdulillah hasil penilaian harian kemarin ananda mendapatkan nilai yang baik. Bu guru harap dalam penilaian harian selanjutnya sholeh sholeha mendapakan nilai yang lebih baik. Bagi yang sudah mendapatkan nilai yang baik tolong dipertahankan dan bagi nsiswa ynag mendapatkan nilai kurang ananda belajar lebih giat lagi dan lebihbrajin membaca buku dan materi yang sudha bu guru berikan.
Tema 7 : Peristiwa dalam kehidupan
Subtema : Peristiwa kebangsaan masa penjajahan
Pembelajaran : 1 dan 2
Hari ini kita akan belajar tentang tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 dan 2 dengan mapel Bahasa Indonesia (KD 3.5 dan 4.5), IPA (KD 3.7 dan 4.7), SBdP (KD 3.2 dan 4.2), IPS (KD 3.4 dan 4.4). Disimak ya nak materi yang bu guru berikan.
Tujuan Pembelajaran :
1. Dengan membaca teks, siswa dapat mengidentifikasi dan membandingkan peristiwa-peristiwa penting pada masa pemerintahan kolonial Inggris dan Belanda secara tepat.
2. Dengan membaca teks, siswa dapat menjelaskan tentang sifat-sifat benda padat, cair, dan gas.
3. Dengan memahami tentang ulasan teks, siswa dapat menjelaskan isi dan informasi sebuah teks secara tepat.
4.
Dengan menyanyikan lagu berjudul “Rayuan Pulau
Kelapa”, siswa dapat menjelaskan tangga nada secara benar.
Muatan IPS (KD 3.4 dan 4.4)
Masa Penjajahan Bangsa Eropa di Indonesia
Penjajahan Samudra yang dilakukan pada abad ke-15 menjadi salah satu alasan mengapa bangsa Eropa mendatangi negeri-negeri timur yang melimpah kekayaan alamnya, termasuk Indonesia. Hal ini terjadi untuk mewujudkan tujuan utama dari penjelajahan samudra, yaitu:
a. Mencapai kejayaan (glory),
b. Memiliki kekayaan (gold),
c. Menyebarkan agama (gospel), dan
d. Mencari rempah-rempah.
1. Penjajahan Portugis
· Portugis datang pada tahun 1511 di Malaka. Setelah itu, Portugis datang ke Maluku pada tahun 1512. Mulanya , Portugis datang untuk berdagang pala dan cengkih sehingga disambut baik oleh kerajaan Ternate.
· Pada tahun 1522 Portugis membantu Kerajaan Ternate mendirikan benteng untuk menghindari serangan dari kerajaan Tidore yang dibantu oleh Spanyol.
· Spanyol dan Portugis bersaing untuk menguasai perdagangan rempah-rempah di Maluku.
· Akibatnya, Portugis memonopoli perdagangan serta ikut campur dalam urusan kerajaan. Akhirnya, Portugis berhasil diusir oleh rakyat Maluku pada tahun 1575.
2. Penjajahan Belanda
· Belanda pertama kali datang ke Indonesia dipimpin oleh Cornelis de Houtman pada 27 Juni 1596 di Banten.
· Belanda kembali datang pada tahun 1598 di Banten dengan tujuan untuk berdagang. Namun , Tujuan Belanda kemudian berubahuntuk menguasai Banten yang menjadi pusat perdaagangan rempah-rempah.
· Belanda membentuk Vereenigde Oost Indische Compagnie (VOC) untuk memonopoli perdagangan rempah-rempah di BAnten tahun 1602 yang dipimpin oleh Jan Pieterzoon Coen.
· J.P.Coen menerapkan kebijakan politik untuk membatasi penanaman jumlah rempah serta pelayaran kapal guna mengawasi perdagangan rempah-rempah.
· Sikap VOC yang semena-mena mendapat perlawanan dari rakyat Indonesia. Akhirnya VOC mengalami kebangkrutan dan resmi dibubarkan pada 31 Desember 1799.
3. Peristiwa-Peristiwa pada Masa Pemerintahan Kolonial Inggris
Setelah berhasil menguasai Indonesia, pemerintah Inggris kemudian mengangkat Thomas Stamford Raffles sebagai Letnan Gubernur di Indonesia. Raffles memulai tugasnya pada tanggal 19 Oktober 1811. Kebijakan di Bidang Ilmu Pengetahuan :
1. Mengundang ahli pengetahuan dari luar negeri untuk mengadakan berbagai penelitian ilmiah di Indonesia.
2. Raffles
bersama Arnoldi berhasil menemukan bunga bangkai sebagai bunga raksasa dan
terbesar di dunia. Bunga tersebut diberinya nama ilmiah Rafflesia Arnoldi.
3. Raffles menulis buku “History of Java” dan merintis pembangunan Kebun Raya Bogor. Kebun Raya Bogor merupakan kebun biologi yang mengoleksi berbagai jenis tanaman di Indonesia bahkan dari berbagai penjuru dunia.
4. Kebijakan
di Bidang Ekonomi
1. Menghapus contingenten penyerahan diganti dengan sistem sewa tanah
(land-rente).
2. Semua tanah dianggap milik negara. Maka, petani harus membayar pajak sebagai
uang sewa.
5. Kebijakan di Bidang Pemerintahan, Pengadilan, dan
Sosial Dalam
bidang ini, Raffles menetapkan kebijakan berikut:
1. Pulau Jawa dibagi menjadi 16 keresidenan termasuk Yogyakarta dan Surakarta.
2. Setiap keresidenan mempunyai badan pengadilan.
3. Melarang perdagangan budak.
Upaya Raffles menerapkan sistem pajak tanah
mengalami kegagalan karena faktor-faktor berikut.:
1.
Sulit menentukan besar kecilnya pajak bagi pemilik tanah karena tidak semua
rakyat mempunyai tanah yang sama.
2. Sulit menentukan luas sempitnya dan tingkat kesuburan tanah petani.
3. Keterbatasan pegawai-pegawai Raffles.
4. Masyarakat desa belum mengenal sistem uang.
4. Peristiwa-Peristiwa pada Masa Pemerintahan Kolonial Belanda
Pada
tahun 1595, Belanda berangkat dari Eropa di bawah pimpinan Cornelis de Houtman
dan sampai di Indonesia pada tahun 1596 dengan mendarat di Banten.
Ø Tujuan VOC di Indonesia antara lain sebagai berikut:
1.
Menguasai pelabuhan-pelabuhan penting.
2. Menguasai kerajaan-kerajaan di Indonesia.
3. Melaksanakan monopoli perdagangan rempahrempah.
Pengalihan Kekuasaan VOC kepada
Kerajaan Belanda Memasuki akhir abad ke-18, kejayaan VOC mulai merosot.
Ø Faktor
internal yang menyebabkan kemerosotan VOC adalah sebagai
berikut:
1. Banyak pegawai VOC melakukan korupsi.
2. Sulitnya melakukan pengawasan terhadap daerah penguasaan VOC yang sangat
luas.
Ø Faktor
eksternal yang menyebabkan kemerosotan VOC adalah sebagai
berikut.
1. Meletusnya Revolusi Prancis menyebabkan Belanda jatuh ke tangan Prancis di
bawah pimpinan Napoleon Bonaparte.
2. Penentangan oleh rakyat Indonesia terhadap VOC dalam bentuk peperangan yang
banyak menyedot pembiayaan dan tenaga.
Muatan Bahasa Indonesia KD 3.5 dan 4.5
1. Mencermati Informasi Penting dalam Teks Narasi Sejarah
Teks narasi sejarah adalah teks yang berisi tentang cerita tentang cerita peristiwa sejarah yang terjadi pada masa lampau. Peristiwa sejarah tersebut disampaikan berdasarkan fakta yang terjadi dan disampaikan dalam bentuk narasi atau urutan cerita.
Melalui teks narasi sejarah, kamu dapat mengetahui berbagai peristiwa sejarah yang pernah terjadi di Indonesia ataupun di Negara lain. Untuk mengetahui seluruh informasi peristiwa sejarah tersebut, kamu dapat mencermati dan menggali isi teks dengan berbagai cara, seperti menjawab pertanyaan pertanyaan yang disajikan.
2. Mengelompokkan Informasi Teks Narasi Sejarah
Teks Narasi sejarah memiliki banyak informasi penting mengenai peristiwa sejarah yang pernah terjadi di masa lampau. Agar lebih mudah memahami informasi penting teks, kamu dapat mengelompokkan informasi-informasi tersebut menggunakan kata Tanya 5W1H. what(apa), where(dimana), when(kapan), who(siapa), why (mengapa) dan how(bagaimana).
Kalimat Pengandaian
Kalimat pengandaian adalah kalimat yang mengandaikan (tidak mungkin terjadi) biasanya terdiri atas kata seandainya. Contoh : Seandainya aku menjadi rakyat Indonesia pada masa itu, aku akan menolak kedatangan bangsa-bangsa Eropa di Indonesia.
Poster
Poster adalah plakat yang dipasang ditempat umum yang berupa pengumuman atau iklan. Berikut ciri-ciri poster yang baik.
a. Berhasil menyampaikan informasi secara cepat.
b. Ide da nisi menarik perhatian.
c. Bahasa yang digunakan bersifat memengaruhi dan membentuk opini/pandangan.
d. Menggunakan warna-warna mencolok dan menarik perhatian.
e. Menerapkan prinsip ringkas, padat, dan informative.
Muatan IPA KD 3.7 dan 4.7
Sifat-sifat Benda Padat, Cair dan Gas
Panas dapat memengaruhi perubahan suhu benda. Jika kalor diberikan pada benda, maka suhu benda tersebut akan naik. Jika kalor keluar dari benda atau dilepas ke lingkungan, maka suhu benda akan turun. Kalor keluar dari benda atau dilepas ke lingkungan, maka suhu benda akn turun. Kalor juga memengaruhi wujud benda. Benda memiliki tiga wujud yaitu padat, cair dan gas. Perhatikan skema perubahan wujud benda karena pengaruh kalor berikut!
Kamu telah mempelajari wujud-wujud
benda berupa padat, cair, dan gas beserta sifat-sifatnya. Benda berwujud gas
tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan. Contohnya adalah angin. Saat kamu
di pantai, kamu dapat merasakan embusan angin. Angin juga menerpa daun-daun
kelapa sehingga tampak melambai-lambai. Kini, ayo berlatih menyanyikan lagu
berjudul “Rayuan Pulau Kelapa”.
Muatan SBdP (KD 3. 2, 4. 2)
Tangga Nada Diatonis Mayor dan Minor
Tangga nada diaonis memiliki rangkaian tujuh nada, dimulai dara nada hingga nada oktaf dengan jarak nada yang telah ditentukan. Tangga nada diatonic terbagi menjadi dua, yaitu nada Diatonis mayor dan tangga nada diatonics minor. Kedua tangga nada tersebut dibedakan berdasarkan jarak nada atau disebut interval.
1. Tangga nada Diatonis Mayor memiliki Jarak 1-1-1/2-1-1-1-1/2. Dengan tangga nada mayor Do = C
2. Tangga nada Diatonis Minor memiliki jarak 1-1/2 -1-1-1/2-1-1. Dengan nada minor Do = A
Itu tadi materi yang dapat kalian pelajari ya nak jika ada pertanyaan terkait materi yang ibu guru berikan silahkan tanyakan di WA grup atau tinggalkan komentar di blog serta kirimkan tugas dokumentasi rangkuman di grup WA kita ya nak!
Latihan
Kerjakanlah soal di buku cerdas halaman 38 untuk soal IPA dan SBdP pilihan ganda disalin di buku tulis tema, tulis jawaban yang benar saja!
Jika tugas kalian sudah selesai dapat kirimkan dokumentasi kalian ke Bu Guru ya nak!
Terimakasih
anak Sholeh/Sholeha Bu Guru serta Bunda2 sholeha yang dengan sabar dan
setia membimbing sholeh/sholeha bu Guru..tetap semangat dan jaga
kesehatan
Wassalamualaikum.wr.wb
PEMBAHASAN SOAL PENILAIAN HARIAN TEMA 6 SUBTEMA 3
PPKn
1. Tanggung jawab bersifat kodrati yang artinya…
a. Sementara saja
b. Fleksibel pada tugas
c. Bagian dari hidup manusia
d. Bagian yang harus didapat
Kunci jawaban : c. Bagian dari hidup manusia
2. Jika kita menyebrang di jalan raya, hak kita adalah…
a. Menyebrang saat lampu jalan hijau
b. Menyebrang menggunakan tangga penyebrangan
c. Memakai helm
d. Menyebrang jalan di sembarang jalan
Kunci jawaban : b. Menyebrang menggunakan tangga penyebrangan
3. Akibat tidak ada penerapan tanggung jawab disekolah adalah…
a. Siswa menjadi mandiri
b. Sekolah akan menjadi indah
c. Siswa menjadi lebih rajin
d. Siswa tidak mengumpulkan tugas tepat waktu
Kunci jawaban : d. Siswa tidak mengumpulkan tugas tepat waktu
4. Berikut Hal-hal yang dapat menjaga kita agar menjadi orang bertanggung jawab kecuali…
a. Memahami tugas dan kewajiban diri sendiri.
b. Melaksanakan tugas dengan disiplin dan tanpa menunda-nunda waktu.
c. Mendahulukan kepentingan diri sendiri di atas kepentingan bersama.
d. Menghormati hak-hak orang lain.
Kunci jawaban : c. Mendahulukan kepentingan diri sendiri di atas
kepentingan bersama.
5. Dibawah ini adalah akibat permasalahan sosial dari masyarakat yang tidak melaksanakan tanggung jawab kecuali…
a. Taman yang asri
b. Kemacetan lalu lintas
c. Sungai yang kotor
d. Bangunan liar
Kunci jawaban : a. Taman yang asri
Bahasa Indonesia
Bacalah bacaan berikut ini untuk mengisi soal nomor 6 sampai nomor 8!
Benda Berjenis Konduktor dan Isolator di Kehidupan Sehari-Hari
Benda konduktor dan isolator sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Mulai dari kita bangun tidur sampai kita tidur lagi. Banyak sekali benda-benda tersebut yang kita gunakan atau digunakan oleh orang-orang di sekitar kita. Dari mulai peralatan dapur, peralatan makan, peralatan mandi dan peralatan bersih-bersih. Benda konduktor dan isolator memang mempunyai kegunaan masing-masing bagi kehidupan kita.
Ketika di rumah kita bisa menemukan benda-benda konduktor pada peralatan memasak. Seperti wajan, panci, spatula dan sebagainya. Benda-benda tersebut biasanya terbuat dari logam. Sifat logam yang bisa menghantarkan panas dengan baik, sangat cocok dijadikan sebagai peralatan memasak. Sifat hantaran panas yang baik membuat masakan bisa cepat matang. Selain itu benda konduktor biasanya juga akan tahan dengan api. Sehingga akan awet dan tidak mudah rusak.
Benda-benda isolator banyak juga bisa kita temukan di rumah. Seperti gayung, gayung banyak terbuat dari bahan plastik. Jika kita mengambil air panas dengan gayung, maka tangan kita tidak akan terasa panas ketika memegang gayung tersebut. Lalu di berbagai perlatan memasak pun bisa kita temukan benda-benda isolator. Biasanya benda-benda isolator itu justru ditempelkan atau ikut terpasang pada benda seperti panci, wajan, spatula. Pada pegangan panci, pegangan wajan atau ujung spatula banyak dibuat atau dipasangi benda konduktor seperti karet atau kayu. Hal itu dimaksudkan supaya saat kita mengangkat panci atau wajan tersebut tangan kita tidak terasa panas.
6.
Mengapa banyak pegangan
panci dan wajan terbuat karet atau kayu...
a. Agar tangan tidak terasa panas ketika memegangnya
b. Agar tangan terasa lembut ketika
memegangnya.
c. Agar air panas bisa awet dan tahan suhunya.
d. Agar api bisa cepat menyala ketika memasak
Kunci jawaban : a. Agar tangan tidak terasa panas ketika memegangnya
7.
Berikut ini adalah
hal-hal penting yang ada pada paragraf kedua, kecuali ….
a. Banyak peralatan memasak yang merupakan konduktor
b. Benda konduktor tidak tahan dengan api
c. Bahan logam tidak banyak dipakai untuk peralatan memasak
d. Wajan dan panci termasuk benda logam yang terbuat dari bahan kondukor
Kunci jawaban : Wajan dan panci termasuk benda logam yang terbuat dari bahan kondukor
8. Kata – kata kunci dalam sebuah teks bisa kita pahami dengan mencari maknanya melalui…
a. Buku cetak
b. Buku Kamus Bahasa Inggris
c. Buku Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
d. Buku catatan
Kunci jawaban : c. Buku Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)
9. Dengan membaca cermat isi teks dan membuat pertanyaan isi teks adalah cara untuk …
a. Menjelaskan informasi penting dari teks eksplanasi
b. Menyebutkan kata kunci dari teks eksplanasi
c. Menuliskan kembali teks eksplanasi
d. Meringkas kembali teks eksplanasi
Kunci jawaban : a. Menjelaskan informasi penting dari teks eksplanasi
10. Dibawah ini adalah langkah-langkah dalam menuliskan kembali teks eksplanasi kecuali…
a. Saat menuliskan kembali, keruntutan informasi yang kamu peroleh boleh diacak.
b. Perhatikan judul dan tema dalam teks.
c. Kembangkan gagasan pokok menjadi sebuah cerita yang padu menggunakan bahasamu sendiri.
d. Tentukan gagasan pokok setiap paragraph dalam teks.
Kunci jawaban : a. Saat menuliskan kembali, keruntutan informasi yang kamu peroleh boleh diacak.
IPA
11.
Penghantar panas yang baik disebut …..
a. Konduksi
b. Radiasi
c. Konveksi
d. Respirasi
Kunci jawaban : a. Konduksi
12. Ketika sedang memasak sayur, ibu menggunakan
adukan sayur yang terbuat dari gagang kayu. Adukan dengan gagang kayu dipilih
ibu karena ….
a. Bisa menghantarkan panas dengan baik
b. Bisa membuat masakan menjadi tambah enak
c. Panas air sayur akan terasa di tangan
d. Kayu tidak bisa menghantarkan panas dengan baik
Kunci jawaban : d. Kayu tidak bisa menghantarkan panas dengan baik
13. Benda-benda di bawah ini yang termasuk konduktor
adalah ….
a. Kayu dan kaca
b. Besi dan alumunium
c. Plastik dan karet
d. Gabus dan kain
Kunci jawaban : b. Besi dan alumunium
14. Gagang
panci banyak yang dibuat dengan benda isolator agar tangan ….
a. Tidak terasa berat
b. Terasa semakin kuat
c. Merasakan panas
d. Tidak terhantar panas
Kunci jawaban : d. Tidak terhantar panas
15.
Silikon adalah benda yang bisa menghantarkan panas, namun benda
ini tidak sebaik benda konduktor dalam menghantarkan panas. Maka silikon ini
termasuk benda ….
a. Isolator
b. Superkonduktor
c. Semikonduktor
d. Megakonduktor
Kunci jawaban : a. Isolator
SBdP
16.
Gambar cerita pada sampul buku di
atas memberi kesan tentang ….
a. Enam orang anak yang sedang kerja bakti lingkungan
b. Enam orang anak yang sedang semangat piket kelas
c. Enam orang anak yang mengikuti lomba menggambar
d. Enam orang anak yang belajar tentang ekosistem
Kunci jawaban : d. Enam orang anak yang belajar tentang ekosistem
17.
Fungsi gambar cerita antara lain adalah ….
a. Membuat orang malas membaca tulisan
b. Memperjelas alur atau isi cerita
c. Menyembunyikan pesan rahasia
d. Membuat orang lain ingin menggambar
Kunci jawaban : b. Memperjelas alur atau isi cerita
18.
Media di bawah ini
yang sering diberi gambar cerita adalah …..
a. Poster
b. Nota
c. Kwitansi
d. Label
Kunci jawaban : a. Poster
19.
Gambar cerita dapat dibuat dengan teknik
basah, seperti dengan menggunakan media ….
a. Cat air
b. Pensil
c. Krayon
d. Pulpen
Kunci jawaban : a. Cat air
20. Kelebihan menggunakan teknik kering ketika membuat gambar cerita kecuali …
a. Cenderung lebih mudah membentuk objek dan kesan ruang dan volume.
b. Mudah mengontrol proses pendetailan.
c. Lebih mudah menghapus warna dengan cara menumpuk dengan warna lain.
d. Selama melukis pandangan akan terganggu dengan faktor cat yang mengkilat, serta cat akan lebih cepat kering.
Kunci jawaban : d. Selama melukis pandangan akan terganggu dengan faktor cat yang mengkilat, serta cat akan lebih cepat kering.
IPS
21.
Permasalahan sosial
yang disebabkan karena warga yang tidak mematuhi lalu lintas adalah …
a. Sampah menumpuk
b. Pengangguran
b. Bangunan liar
d. Kemacetan
Kunci jawaban : d. Kemacetan
22. Aktivitas ekonomi masyarakat di dataran tinggi yang lebih cocok adalah…;
a. Persawahan
b. Pembangunan gedung tinggi
c. Perkebunan
d. Menangkap ikan
Kunci jawaban : c. Perkebunan
23. Dataran yang merupakan wilayah sering dijadikan tempat tinggal bagi sebagian masyarakat Indonesia adalah dataran…
a. Dataran rendah
b. Dataran luas
c. Dataran tinggi
d. Dataran sempit
Kunci jawaban : a. Dataran rendah
24.
Pemerintah giat
melakukan pelatihan usaha untuk masyarakat. Hal ini adalah salah satu upaya
mengatasi masalah sosial berupa ….
a. Gizi buruk
b. Sampah
c. Kemacetan
d. Kemiskinan
Kunci jawaban : d. Kemiskinan
25.
Berikut ini yang tidak termasuk masalah sosial
berupa kenakalan remaja adalah ….
a. Perkelahian antar pelajar
b. Merokok dan mabuk-mabukan
c. Menggunakan obat terlarang dan narkoba
d. Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah
Kunci jawaban : d. Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah
Di bawah ini dokumentasi hasil pembelajaran Daring sholeh sholeha VF hari Senin:
3 Comments:
Azriel lionel yuri raffasya
Hadir bu
Terimakasih Bu materinya 🙏🙏🙏
sama-sama ananda sholeh bu el....
Posting Komentar