Pages

Jumat, 04 September 2020

TEMA 2 SUBTEMA 2 PB 6

 MATERI AJAR UNTUK HARI JUMAT TANGGAL  04 SEPTEMBER 2020


PKn

Perhatikan gambar berikkut ini!

Pernahkah kamu melakukan hal seperti di atas??tentunya pernah kegiatan ini di lakukan saat pemilihan ketua kelas atau saat berdiskusi akan melaksanakan sebuah pementasan. Kegiatan tersebut adalah Musyawarah. Musyarawah adalah pengambilan keputusan bersama untuk menyelesaikan masalah dengan maksud mencapai mufakat. Mufakat adalah kesepakatan untuk melaksanakan hasil musyawarah.

Nilai yang mendasar tersebut di antaranya ialah sebagai berikut.

1.    Nilai Kebersamaan

2.    Nilai Kebebasan Mengemukakan Pendapat

3.    Nilai Menghargai Pendapat Orang Lain

4.    Nilai Jiwa Besar Serta Lapang Dada Melaksanakan Hasil Keputusan Dengan Rasa Penuh Tanggung Jawab

Ciri-ciri musyawarah untuk mufakat antara lain sebagai berikut.

1.    Sesuai dengan kepentingan bersama.

2.    Usul atau pendapat yang disampaikan mudah dipahami dan tidak  memberatkan.

3.    Dalam musyawarah, pertimbangan moral lebih diutamakan dan bersumber  dari hati nurani yang jujur.

4.    Pembicaraan harus dapat diterima dengan akal sehat dan sesuai dengan hati nurani.

Dalam pelaksanaan musyawarah untuk mencapai mufakat kita harus berpedoman pada prinsip-prinsip dan aturan musyawarah, antara lain sebagai berikut.

1.    Musyawarah dilandasi dengan akal sehat dan hati nurani yang luhur.

2.    Musyawarah dilandasi semangat kegotongroyongan dan kekeluargaan.

3.    Mengutamakan kepentingan umum.

4.    Menghargai pendapat orang lain.

5.    Keputusan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan secara moral  kepada Tuhan Yang Maha Esa.

6.    Melaksanakan keputusan bersama dengan dilandasi itikad baik dan penuh rasa tanggung jawab.

Tata cara dan persyaratan musyawarah antara lain sebagai berikut.

1.        Peserta musyawarah harus hadir sebelum musyawarah dimulai.

2.        Musyawarah dimulai jika peserta musyawarah telah mencapai kuorum.  Kuorum adalah penetapan jumlah minimum anggota yang harus hadir pada saat musyawarah.

3.        Ada susunan kepanitiaan yang minimal terdiri dari: ketua, notulis, dan peserta musyawarah.

4.        Setiap peserta musyawarah berhak menyampaikan pendapat.

5.        Setiap peserta musyawarah harus menghargai pendapat orang lain.

6.        Pendapat yang disampaikan harus dapat diterima akal sehat, tidak untuk  kepentingan pribadi atau golongan, tidak menimbulkan perpecahan, sesuai dengan norma, dan tidak menyinggung perasaan orang lain.

Cara-cara mengeluarkan pendapat antara lain sebagai berikut.

1.      Mengacungkan tangan sebagai tanda izin bicara.

2.      Berbicara setelah dipersilakan.

3.      Kalau ada yang berbicara menunggu sampai pembicaraan selesai.

4.      Bersikap sopan.

5.      Suara cukup jelas.

Sikap dalam musyawarah antara lain sebagai berikut.

1.      Menghargai/menghormati pendapat orang lain.

2.      Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain.

3.      Tidak boleh mencela pendapat orang lain.

4.      Tidak boleh memotong pembicaraan orang lain.

SBdP

Syarat musyawarah di atas dapat kita terapkan jika kita akan melakukan pementasan Tari. Sebelum melaksanakan peragaan karya tari, ada beberapa hal yang harus kita persiapkan. Tujuan persiapan yaitu agar peragaan karya tari berhasil dengan baik dan pantas untuk ditampilkan di depan orang lain. Persiapan yang dilakukan sebagai berikut.

1.      Menentukan Bentuk Karya Tari.

2.      Memilih Karya Tari.

3.      Menentukan Jumlah Penari.

4.      Memilih Properti Tari.

5.      Menentukan Iringan Tari

6.      Memilih Busana Tari.

 

Tugasnya adalah kalian cukup membaca materi di atas serta pahami semuanya karena senin kita akan Penilaian Harian Tema 2 Subtema 2 jadi belajar ya nak silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar blog ibu dengan menuliskan seperti contoh berikut ini:

Elfida

Saya telah mempelajari materi yang ada di blog hari ini

23 komentar:

  1. Saya telah mempelajari materi yang ada diblog ini
    Azriel lionel yuri raffasya

    BalasHapus
  2. Saya telah mempelajari materi yang ada di blog ini
    Anas Syuja Al ghani

    BalasHapus
  3. Saya telah mempelajari mareti yang ada diblog ini
    CAIRUL ZAKY

    BalasHapus
  4. Saya telah mepelajari materi yang ada dibloger ini
    M.izmi xavier

    BalasHapus
  5. Saya telah mempelajari Materi yang ada di Blog ini
    Adzka Rizqieditya

    BalasHapus
  6. Saya telah mempelajari materi yang ada di blog ni
    Keysa destalia

    BalasHapus
  7. Saya telah mempelajari materi yang da di blog ini
    Muhammad zakki

    BalasHapus
  8. Saya telah mempelajari materi yang ada di blog ini
    M.Hanif deski terimakasih

    BalasHapus
  9. Saya telah mempelajari materi yang ada di blog ini
    Naifah Davina Kiolita

    BalasHapus
  10. assalamualaikum...
    saya telah mempelajari materi yg ada di blog ini
    inoki maulana maayif

    BalasHapus
  11. Saya telah mempelajari materi yang ada di blog ini
    M.Raffa Aditya Setiawan
    5F
    Hadir

    BalasHapus
  12. Saya telah mempelajari materi yang ada di blok ini (Syafa Ezra alfarah)

    BalasHapus
  13. Saya telah mempelajari materi yang ada di blog ini
    Danish Ara Mutia

    BalasHapus
  14. M. Favian Dipo Abigael

    Saya telah mempelajari materi yang ada di blog ini..

    BalasHapus
  15. Saya telah mempelajari materi yang ada si blog ini

    Chalissa Fadia K

    BalasHapus
  16. Saya telah mempelajari materi yang ada di blog ini...
    Nadiva najwa maharani

    BalasHapus
  17. Saya telah mempelajari mater di blog ini
    Farah nabiilah faiha

    BalasHapus
  18. Saya telah mempelajarmateri ini di bloger ini
    Akhila ulung

    BalasHapus
  19. Saya telah mempelajari materi di blogger ini
    M Zafar Rayyan

    BalasHapus
  20. Saya telah mempelajari materi hari ini di blogger
    Khumeira Anjani Vinny Hidayat

    BalasHapus
  21. Saya telah mempelajari materi hari ini di bloger Bu guru

    BalasHapus
  22. Saya telah mempelajari materi hari ini di bloger bu guru
    Nayudira Quinndi Juliansyah

    BalasHapus

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...