MATERI AJAR KELAS V.F UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 21 JANUARI 2021
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha V.F,apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. setelah selesai silahkan absen pada link berikut :
Setelah absen jangan lupa ucapkan bismilah dan berdo'a ya nak!
Hari ini ini kita akan mempelajari materi tema 6 subtema 3 dengan mapel PPKn (KD 3.2 dan 4.2), Bahasa Indonesia (KD 3. dan 4.3), IPS (KD 3.2 dan 4.2).
Dengan tujuan pembelajaran :
- Siswa mampu meringkas teks penjelasan (eksplanasi) pada media cetak atau elektronik secara tepat.
- Siswa mampu membandingkan aktivitas masyarakat di bebarapa wilayah dalam upaya pembangunan ekonomi,sosial dan budaya Indonesia secara percaya diri.
- Siswa mampu mengidentifikasi akibat-akibat yang timbul karena tidak adanya penerapan tanggung jawab di masyrakat secara tepat.
Sebelumnya kita telah mempelajari materi tentang bahan konduktor dan isolator, kata kunci dari teks eksplanasi dari media cetak, menjelaskan informasi dari teks eksplanasi,menjelaskan ciri-ciri gambar cerita pada sampul buku depan.
Kata kunci adalah kata-kata yang penting dan sering muncul di dalam sebuah teks. Ada kata kunci yang sudah dipahami dan ada juga kata kunci yang belum dipahami maknanya. Kamu dapat memahami kata kunci dengan mencari maknanya melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Gambar cerita adalah yang digunakan ungtuk menjelaskan maksud isi cerita.
Hari ini kita akan belajar materi tema 6 subtema 3 pembelajaran 3 dan 4. Berikut materinya di bawah ini, disimak dan pahamin ya nak.
Bahasa Indonesia (KD 3. 3, 4.3)
Meringkas Teks Eksplanasi
Ringkasan adalah intisari dari suatu teks yang terdiri atas pokok pikiran tiap paragraf.
Langkah-langkah dalam membuat ringkasan :
- Bacalah teks dengan saksama.
- Identifikasi pokok pikiran dari setiap paragraf.
- Tuliskan pokok pikiran yang kamu temukan menggunakan bahasamu sendiri. Gunakan bahasa yang baik dan benar.
- Rangkailah kalimat-kalimat pokok pikiran tersebut menjadi sebuah paragraph yang padu dan mudah dipahami.
- Periksa kembali kata-kata yang belum sesuai dengan kosakata baku dan ejaan yang sesuai kaidah yang baik dan benar.
IPS(3.2, 4.2)
Kegiatan Ekonomi Masyarakat di Dataran Rendah
Dataran rendah adalah suatu hamparan tanah lapang yang luas dengan tingkat ketinggian yang di ukur dari permukaan laut adalah relatif rendah yaitu tidak lebih dari 200 meter di atas permukaan laut. Istilah ini diterapkan pada kawasan manapun dengan hamparan yang luas dan relatif datar yang berlawanan dengan dataran tinggi. Sebagai salah satu keragaman bentuk muka bumi, dataran rendah juga dikenal dengan istilah dataran aluvial.
Alluvial merupakan salah satu jenis tanah yang berasal dari endapan aliran sungai. Tanah ini juga subur dan baik untuk bercocok tanam., Selain itu, dataran rendah memiliki area yang relative datar sehingga kondisi ini membuat perpindahan masyarakat serta pengangkutan barang dan jasa menjadi lebih mudah.
Suhu udara di dataran rendah, khususnya untuk wilayah Indonesia berkisar antara 23 derajat Celsius sampai dengan 28 derajat Celsius sepanjang tahun.
Dataran rendah merupakan wilayah yang sering dijadikan tempat tinggal bagi sebagian masyarakat Indonesia, karena suhu di dataran rendah cukup nyaman karena tidak terlalu dingin seperti di dataran tinggi, dan tidak terlalu panas seperti di pesisir.
Kemudahan tersebut membuat dataran rendah berkembang menjadi pusat kegiatan masyarakat, salah satunya adalah kegiatan pembangunan pada bidang ekonomi seperti menanam padi dan menangkap ikan.
Mengidentifikasi Kegiatan Ekonomi di Dataran Tinggi
dataran adalah daratan datar yang luas dan umumnya tidak banyak berubah ketinggiannya. Dataran dapat berupa dataran rendah di sepanjang lembah atau di kaki pegunungan, dataran pesisir, dan dataran tinggi (plateau).
Dataran tinggi (disebut juga plateau atau plato) adalah dataran yang terletak pada ketinggian di atas 700 m dpl. Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil erosi dan sedimentasi.
Dataran adalah salah satu bentang alam utama di bumi. Dataran ada di semua benua, dan mencakup lebih dari sepertiga luas daratan dunia. Dataran dapat terbentuk dari aliran lava, diendapkan oleh air, es, angin, atau dibentuk oleh erosi oleh agen-agen ini dari bukit dan gunung. Dataran umumnya memiliki bioma padang rumput (sedang atau subtropis), stepa (semi-kering), sabana (tropis) atau tundra (kutub). Dalam beberapa kasus, gurun dan hutan hujan juga ada di dataran.
Dataran sering menjadi daerah yang penting untuk pertanian karena di mana tanah diendapkan sebagai sedimen, tanah itu dalam dan subur, dan kerataannya memudahkan mekanisasi produksi tanaman; atau karena dataran mendukung padang rumput yang menyediakan pakan yang baik untuk ternak.
Dataran tinggi terbentuk sebagai hasil dari erosi dan juga sedimentaasi (pengedapan material) yang tertimbun material-material dari lereng gunung yang berada di sekitarnya.
Aktivitas ekonomi masyarakat di dataran tinggi lebih cocok untuk perkebunan dan peternakan. Kedua kegiatan tersebut dapat dilakukan secara individu atau berkelompok. Interaksi manusia dengan lingkungan di bidang ekonomi dipengaruhi oleh beragamnya mata pencaharian masyarakat Indonesia. Perbedaan ini juga disebabkan oleh sumber daya alam yang terdapat di sekitarnya.
PPKn (3.2, 4.2)
Menjelaskan Akibat Tidak Adanya Penerapan Tanggung Jawab di Sekolah.
Sikap tanggung jawab tidak hanya perlu dilakukan di lingkungan maassyarakat, namun juga di lingkungan sekolah. Tanggung jawab di sekolah tidak hanya dilakukan oleh siswa, tetapi juga seluruh warga sekolah, misalnya guru, penjaga keamanan, dan pegawai sekolah. Setiap warga sekolah memiliki tanggung jawab masing-masing. Sebagai siswa bertanggung jawab misalnya untuk mengumpulkan tugass tepat waktu dan mengerjakan piket kelas sesuai jadwal. Tanggung jawab tidak diterapkan dengan baik, maka hal tersebut akan menimbulkan beberapa akibat, misalnya :
- Kelas menjadi kotor karena tidak ada kesadaran untuk membersihkan kelas.
- Mendapatkan teguran dari guru karena tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, dan
- Dijauhi atau tidak dihormati oleh teman.
Latihan dijawab secara voice note ya nak :
- Carilah informasi tentang kegiatan masyarakat di wilayah tinggalmu, lalu sebutkan 2 kegiatan masyarakat di wilayah tinggalmu!
- Apa yang terjadi jika tanggung jawab dari kegiatan tersebut tidak dilaksanakan?
Jika
tugas kalian sudah selesai dapat kirimkan dokumentasi kalian ke Bu Guru
ya nak! jadi hari ini kita telah mempelajari materi tentang meringkas teks eksplanasi, kegiatan ekonomi masyarakat di dataran rendah, mengidentifikasi kegiatan ekonomi di dataran tinggi, menjelaskan akibat tidak adanya penerapan tanggung jawab di sekolah.
Terimakasih
anak Sholeh/Sholeha Bu Guru serta Bunda2 sholeha yang dengan sabar dan
setia membimbing sholeh/sholeha bu Guru..tetap semangat dan jaga
kesehatan
Wassalamualaikum.wr.wb
Kemarin ananda sholeh sholeha sudah melaksanakan penilaian harian Matematika tentang bangun ruang kubus dan balok, bu guru akan membahas kembali soal dan pembahasannya agar anak-anak bu guru bisa lebih memahami materi yang sudah bu guru ajarkan, perhatikan ya nak :
Berikut ini adalah soal penilaian harian matematika dan pembahasan ya nak untuk dapat kalian pelajari!
A. BERILAH TANDA SILANG (X) PADA HURUF A, B, C ATAU D PADA JAWABAN YANG BENAR!
1. Bangun kubus mempunyai sisi sebanyak ….
a. 3
b. 4
c. 5
d. 6
2. Jumlah rusuk kubus sebanyak ….
a. 15
b. 12
c. 6
d. 8
3. Bangun kubus adalah bangun yang sisi-sisinya berbentuk ….
a. Segitiga
b. Persegi
c. Persegi panjang
d. Trapesium
4. Rumus untuk mencari volume kubus adalah ….
a. V = s x s
b. V = r x r
c. V = p x l x t
d. V = s x s x s
5. Budi mempunyai kardus berbentuk kubus yang mempunyai panjang sisi 40 cm. Volume kubus milik Andi adalah …. cm³
a. 64.000
b. 54.000
c. 16.000
d. 1.600
6. Rino mempunyai kotak pensil berbentuk kubus dengan panjang sisinya 20 cm. Tentukan luas permukaanya adalah …. Cm2
a. 2.400
b. 3.200
c. 3.400
d. 4.200
7. Balok mempunyai jumlah rusuk sebanyak ….
a. 6 buah
b. 8 buah
c. 10 buah
d. 12 buah
8. Perbedaan antara balok dan kubus di antaranya adalah ….
a. Jumlah sudutnya
b. Besar sudut-sudutnya
c. Bentuk sisi-sisinya
d. Jumlah rusuknya
9. Rina mempunyai kotak pensil berbentuk balok dengan panjang 15 cm, lebar 8 cm dan tinggi 4 cm. Volume kotak pensil Rina adalah …. cm³
a. 480
b. 540
c. 660
d 640
10.Tentukan luas permukaan sebuah bangun balok jika diketahui panjangnya 12 cm,lebarnya 10 cm dan tingginya 5 cm ..
a. 764
b. 600
c. 460
d. 376
KUNCI PEMBAHASAN
1.D 1.Bangun kubus memiliki 6 sisi
2.B. 2. Bangun kubus memiliki 12 rususk
3.B 3. Kubus memiliki 6 sisi yang berbentuk persegi
4. D 4.Rumus mencari volume kubus aadalah : sxsxs
5. A 5. VOLUME KUBUS = SXSXS
= 40X40X40
= 64000
6. A 6. Luas Permukaan kubus = 6 X S X S
= 6 X 20 X 20 = 2.400
7.D 7. Bangun Ruang Balok memiliki 12 rusuk
8.C 8. Perbedaan bangun kubus dan balok adalah pada bentuk sisinya.
Jika kubus semua bentuk sisinya sama ,bangun balok hanya sisi yang berhadapan yang bentuknya sama
9.A 9.VOLUME BALOK = PXLXT
= 15 X 8 X 4
= 480
10. C 10. LUAS PERMUKAAN BALOK = 2(PXL+PXT+LXT)
= 2(12X10+12X5+10X5
= 2(120+60+50)
= 2X230
= 460
Di bawah ini dokumentasi hasil pembelajaran Daring sholeh sholeha VF hari Rabu:
0 Comments:
Posting Komentar