Pages

Jumat, 27 November 2020

TEMA 5 SUBTEMA 3 PB 1,2,3,4

 MATERI AJAR UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 27 NOVEMBER 2020


Assalamualaikum anak sholeh dan sholeha kelas V.F...Kita ketemu lagi dalam pembelajaran daring, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam menjalankan kegiatan daring ini. Sebelum anak-anak melakukan aktifitas belajar daring Tema 5 Sub Tema 3 Pembelajaran 1 dan 2,  pastikan kalian sudah melaksanakan sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah dan mengisi absen pada link di bawah ini:.

 ABSEN KELAS VF

 

Hari/ Tanggal : Kamis/ 26 Noveember 2020

Pembelajaran : 1 dan 2

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)

Menemukan Makna Kosakata serta  Melengkapi Peta Pikiran

Setiap kali kita membaca teks, kamu akan menemukan kosakata di dalamnya. Kosakata dapat dicari maknanya dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Setelah membaca teks, informasi yang ditemukan dapat diringkas dengan menggunakan pikiran. Peta pikiran dapat disajikan dengan cara yang kreatif dan menarik untuk memudahkan seseorang memahami isi teks.

Muatan IPA ( KD 3.5 dan 4.5)

Hubungan Rantai Makanan dengan Jaring-jaring Makanan

Rantai makanan adalah urutan proses memakan dan dimakan antarmakhluk hidup di dalam suatu ekosistem. Di dalam rantai makanan terdapat beberapa peran, antara lain produsen, konsumen, dan pengurai. Sedangkan jarring-jaring makanan adalah kumpulan beberapa rantai makanan tersebut di dalam suartu ekosistem.

Pengertian jaring-jaring makanan adalah gabungan dari beberapa rantai makanan yang siklusnya saling berhubungan. Jadi disimpulkan bahwa rantai makanan adalah bagian dari jaring-jaring makanan dalam cakupan yang lebih luas lagi.

Perbedaan rantai makanan dengan jaring-jaring makanan.Kalau rantai makanan organisme yang terkumpul pada jaring-jaring makanan mempunyai beberapa jenis oragnisme yang dapat dipilih menjadi makanannya.

Sedangkan pada rantai makanan, organisme yang menjadi konsumen hanya memiliki satu pilihan makanan saja. Meskipun tersedia beberapa, tapi jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan organisme yang ada pada jaring-jaring makanan.

Contoh Jaring-jaring Makanan

 

Berdasarkan contoh di atas, dapat ditarik kesimpulan sederhana bahwa dari 13 mahluk hidup yang ada dalam sebuah jaring-jaring makanan terdapat 8 rantai makanan berbeda. Pada setiap rantai makanan, paus biru dan paus pembunuh menjadi mahluk hidup yang menjadi konsumen puncak.

Di sisi lain, rumput laut dan phytoplankton menjadi produsen pada jaring-jaring makanan tersebut. Berikut ini beberapa kesimpulan yang bisa diambil dari contoh di atas.

  • Organisme yang masuk ke dalam siklus jaring-jaring makanan tidak harus terlibat dalam seluruh rantai makanan yang terjadi.
  • Jaring-jaring makanan tersebut dibagi menjadi 2 kelompok berdasarkan produsen utamanya, yaitu phytoplankton dan rumput laut.
  • Pada siklus makanan dengan produsen phytoplankton, zooplankton dan udang menjadi konsumen tingkat 1. Ikan kecil jadi konsumen tingkat 2, burung camar dan anjing laut menjadi konsumen tingkat 4, paus biru dan paus pembunuh menjadi konsumen tingkat akhir.
  • Pada jaring-jaring makanan dengan produsen rumput laut, kepiting menjadi konsumen tingkat 1, gurita jadi konsumen  tingkat 2, pinguin dan gajah laut sebagai konsumen 3, anjing laut konsumen tingkat 4, dan paus pembunuh sebagai konsumen tingkat akhir
  • Konsumen seperti anjing laut, paus pembunuh, dan ikan kecil mempunyai beberapa pilihan organisme untuk dimakan.

 

Muatan Bahasa Indonesia (kd 3.7 dan 4.7)

Membuat Pertanyaan Teks Nonfiksi

Menemukan informasib dalam teks dapat dilakukan dengan membuat atau mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengann isi teks. Setiap kata tanya mempunyai makna dan tujuan yang berbeda. Contoh kata Tanya yang dapat digunakan adalah:

APA, fungsinya adalah untuk menanyakan SESUATU. Sesuatu yang dimaksudkan bisa keadaan atau pun perbuatan.
SIAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan mengenai PELAKU suatu kejadian.
KAPAN, fungsinya adalah untuk menanyakan WAKTU berlangsungnya suatu kerjadian.
(di, ke, dari) MANA, fungsinya adalah untuk menanyakan TEMPAT atau LOKASI.
MENGAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan perihal ALASAN atau PENYEBAB suatu peristiwa.
BAGAIMANA, fungsinya adalah untuk menanyakan hal hal yang berkaitan dengan PROSES atau CARA.
BERAPA, fungsinya adalah untuk menanyakan JUMLAH, BANYAKNYA, atau SATUAN.

Muatan IPA 9 KD 3.5 dan 4.5)

Pengaruh Perubahan Lingkungan terhadap Keseimbangan Ekosistem

Komponen-komponen dalam suatu ekosistem harus seimbang. Perubahan yang terjadi pada salah satu komponen dalam lingkungan dapat menyebabkan segala proses dalam ekosistem terganggu. Ekosistem yang terganggu menyebabkan terganggunya rantai makanan. Jika salah satu dari komponen rantai makanan tidak ada, komponen rantai makanan lainnya akan terganggu.

Akibat terganggunya jaring –jaring makanan, hewan yang ada dalam jaring-jaring makanan dapat memakan hewan lain di ekosistem yang berbeda.

Muatan SBdP ( KD 3.3 dan 4.3)

Ide Penciptaan Gerak Tari dan Properti Tari

Tari merupakan karya seni yang pengungkapannya melalui gerakan. Penciptaan gerak dalam seni tari diawali dengan menentukan ide atau gagasan. Sumber ide gerak tarian biasanyadiperoleh melalui pengamatan terhadap gerak manusia, hewan, tumbuhan, atau alam. Selanjutnya, ide tersebut dikembangkan dalam bentuk gerakan dan dilengkapi dengan property, busana, tata rias, dan music yang sesuai.

 

Pembelajaran : 3 dan 4

Muatan Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7)

Menyimpulkan Informasi dari Teks Nonfiksi

Menyimpulkan berarti menyarikan informasi berdasarkan apa yang telah diuraikan. Untuk menyimpulkan informasi dari teks nonfiksi, dapat mengacu pad hasil identifikasi teks nonfiksi berupa ide-ide pokok teks. Menyampaikan ide pokok dari dalam table atau peta pikiran ke dalam beberapa kalimat menggunakan bahasau sendiri.

Salah satu contoh teks nonfiksi adalah artikel. Artikel merupakan  sebuah tulisan yang berisi informasi yang disajikan berdasarkan fakta dan biasanya terdapat dalam majalah ataun surat kabar.

Muatan IPS ( KD 3.1 dan 4.1 )

Pengaruh Letak Geografis terhadap Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat

Pengaruh letak strategis Indoneisa memberikan keuntungan sebagai berikut :

1.       Terjadi akulturasi (percampuran) antara budaya Indonesia dengan budaya asing.

2.       Memudahkan  penyebran  budaya Indonesia ke luar negeri.

Sedangkan kerugiananya dalah banyak budaya daerah yang tersingkirkan akibat masuknya budaya asing yang belum sepenuhnya diterima di Indonesia karena bertentangan dengan norma-norma di Indonesia.

Indonesian dikenal sebagai Negara maritim dan Negara agraris. Indonesia mwrupaka Negara kepulauan. Indonesia terdiri dari ribuan pulau yang dikelilingi oleh lautan. Sebagian besar wilayah Indonesia merupakan perairan, disebut dengann Negara maritim.

Berdasarkan letak geografisnya, Indonesia memiliki  potensi maritim yang melimpah antara lain: pariwisata bahari, minyak bumi, dan sumberdaya laut yang beraneka ragam.

Selain potensi maritime, Indonesia dikenal dengan Negara agraris karena banyak penduduk nyab yang  bermata pencaharian sebagai petani dan berkebun, seperti rempeh-rempah, cokelat, tembakau dan buah-buahan.

Muatan PPKn ( KD 3.4 dan 4.4 )

Persatuan dan Kesatuan dalam Kehidupan Sosial Budaya, Ekonomi

Keragaman latar belakang rakyat Indonesia tidak jadi penghalang dalam kehidupan bermasyarakat. Beberapa contoh sikap yang menunjukkan persatuan dan kesatuan social budaya yaitu ;

1.       Saling menghormati penganut agama lain yang sedang beribadah.

2.       Bergotongb royong membeesihkan lingkungan.

3.       Bekerja saman membangun sarana umum

4.       Membantu korban bencana alam

5.       Menghargai kebudayaan suku lain.

Berikut cara menjaga persatuan dan kesatuan dalam kegiatan ekonomi adalah :

1.       Bersikap terbuka terhadap pelaku ekonomi lain

2.       Menhgormati dan menghargai sesame pelaku ekonomi

3.       Menyelesaikann masalah yang dihadapi dengan musyawarah

4.       Memanfaatkan sumber daya alam dengan bijaksana

5.       Menjalinn kerja sama dengan baik dan bersikap jujur

Berikut manfaat persatuan dan kesatuan dalam kegiatan ekonomi adalah :

1.       Kebutuhan ekonomi rakyat dapat terpenuhi

2.       Pemerataan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia dapat tercapai

3.       Terbukanya lapangan pekerjaan sehingga mengurangin penggangguran

 

 Bagaimana anak sholeh/sholeha bu Guru apakah paham dengan materi yang bu Guru ajarkan!
Jika kurang paham dapat kometar di blog ya nak atau bisa bertanya di WA grup kita.

Tugas latihannya bu El berikan lewat WA grup ya nak.

 
Terima kasih sholeh sholeha VF jangan lupa mengirimkan tugas ananda berupa screnshoot ke bu Guru dan kalau ada materi yang kurang paham silahkan ananda tulis komentar di blogger...tetap semangat dan jaga kesehatan.....Waalaikumsalam WR.WB

 Di bawah ini dokumentasi hasil pembelajaran Daring sholeh sholeha VF hari Kamis:











 

 

1 komentar:

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...