Pages

Senin, 23 November 2020

TEMA 5 SUBTEMA 2 PB 5 DAN 6

 MATERI AJAR UNTUYK NHARI SENIN TANGGAL 23 NOVEMBER 2020


Assalamualaikum anak sholeh dan sholeha kelas V.F...Kita ketemu lagi dalam pembelajaran daring, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam menjalankan kegiatan daring ini. Sebelum anak-anak melakukan aktifitas belajar daring Tema 5 Sub Tema 2 Pembelajaran 1 dan 2,  pastikan kalian sudah melaksanakan sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah dan mengisi absen pada link di bawah ini:.

 ABSEN KELAS VF

 

 

Pembelajaran 5 dan 6

Muatan Pelajaran : IPA (KD 3. 5 dan 4. 5), Bahasa Indonesia (KD 3.7 dan 4.7), SBdP (KD 3. 2 dan 4. 2), dan PPKn (KD 3.

Rangkuman Materi :

IPA (KD 3. 5 dan 4. 5)

HUBUNGAN ANTARA MAKHLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGANNYA

A. Simbiosis

Hubungan antarmakhluk hidup yang khas disebut simbiosis. Di alam dikenal tiga macam kehidupan simbiosis yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme.

1.   Simbiosis mutualisme

Simbiosis mutualisme adalah hubungan antara dua jenis makhluk hidup yang saling menguntungkan.

Contoh :

1.   hubungan serangga dan tumbuhan berbunga.

Serangga seperti kupu-kupu, lebah, dan kumbang mengambil nektar dari bunga untuk makanannya, serangga membantu proses penyerbukan pada bunga.

2.   Simbiosis komensalisme

Simbiosis komensalisma adalah hubungan ketergantungan antara makhluk hidup, di mana satu pihak diuntungkan namun pihak yang lain tidak dirugikan. Contohnya adalah sebagai berikut:

A. Ikan remora dengan ikan hiu.

Ikan-ikan kecil yang disebut remora, menempel pada tubuh ikan hiu. Remora mendapatkan sisa-sisa makanan dari ikan hiu. Selain itu, remora dapat bepergian ke manapun tanpa takut dimangsa oleh ikan-ikan besar lain. Hiu tidak diuntungkan maupun dirugikan.

3.   Simbiosis parasitisme

Simbiosis parasitisma adalah hubungan ketergantungan yang hanya menguntungkan salah satu pihak. Contohnya adalah sebagai berikut:

A.Benalu yang hidup di pohon inang.

Selain menumpang hidup, benalu juga mengambil makanan dari tumbuhan inang yang ditumpanginya. Akibatnya tumbuhan yang ditumpangi mengalami kerugian karena kehilangan zat-zat makanan dan pertumbuhannya terganggu.

 

Bahasa Indonesia (KD 3. 7 dan 4. 7)

Melengkapi informasi teks nonfiksi yang dibaca

Untuk melengkapi informasi-informasi teks nonfiksi yang dibaca , kamu perlu memperhatikan hal-hal berikut:

a.       Membaca teks dengan seksama

b.      Menggaris bawahi kata kunci atau ide pokok pada setiap paragraph teks.

c.       Menjawab pertanyaan yang diberikan.

 

SBdP (KD 3. 2 Dan 4. 2)

properti adalah barang yang digunakan dalam tarian untuk memperjelas tema suatu tarian misalnya tari pakarena - dari sulawesi selatan dengan menggunakan properti kipas yang memakai lagu pakarena sebagai iringan tariannya

.Unsur pola lantai adalah pola yang digunakan sebagai posisi penari dalam menarikan suatu tarian, terdapat pola lantai garis lurus (vertical dan horizontal) seperti pada gerak tari tradisional seperti tari saman - dari aceh dengan menggunakan iringan berupa tepukan, terdapat pula pola lantai garis lengkung seperti pada tari kecak - dari bali dengan menggunakan iringan berupa ucapan "cak cak cak"

 

PPKn (KD 3. 4 dan 4. 4)

Semangat kekeluargaan dan gotong royong

Gotong royong merupakan sebuah kegiatan bersama yang bertujuan mencapai kemajuan bersama. Gotong royong telah menjadi kepribadian bangsa dan budaya semenjak dahulu. Budaya ini telah ada sebelum Indonesia merdeka dan telah berakar di dalam kehidupan masyarakat. Gotong royong menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan, dan tolong-menolong. Dengan demikian, rasa persatuan dan kesatuan nasional terus terbina. 

Bangsa Indonesia menganut prinsip Kolektivis. yakni mengutamakan kepentingan kelompok. Hal ini bisa kita lihat, dalam perembukan PANCASILA, yang tidak hanya mementingkan 1 kelompok, tapi juga kelompok lain.

Dalam era saat ini, gotong royong dapat diaplikasikan melalui

1. Kerja bakti

2. Musyawarah mufakat

3. Saling membantu sesuai bidang masing-masing

adapun gotong royong tercipta, karena adanya perasaan ketergantungan satu sama lain, dan perasaan senasib sepenanggungan

Bagaimana anak sholeh/sholeha bu Guru apakah paham dengan materi yang bu Guru ajarkan!
Jika kurang paham dapat kometar di blog ya nak atau bisa bertanya di WA grup kita.

 

TUGAS LATIHAN LIHAT LINK DI BAWAH INI :

 TUGAS LATIHAN SUBYEMA 2

 Terima kasih sholeh sholeha VF jangan lupa mengirimkan tugas ananda berupa screnshoot ke bu Guru dan kalau ada materi yang kurang paham silahkan ananda tulis komentar di blogger...tetap semangat dan jaga kesehatan.....Waalaikumsalam WR.WB

 Di bawah ini dokumentasi hasil pembelajaran Daring sholeh sholeha VF hari Jumat:









 

 

 


 

 

2 komentar:

  1. M.Hanif deski 5f
    Hadir
    Terimakasih materinya bu

    BalasHapus
  2. M.Raffa Aditya Setiawan
    KLS:5f
    HADIR
    Alhamdulilah materinya bisa dipahami bu terimakasih🙏🙏

    BalasHapus

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...