Pages

Jumat, 20 November 2020

TEMA 5 SUBTEMA 2 PB 3 DAN 4

 MATERI AJAR UNTYK HARI JUMAT TANGGAL 20 NOVEMBER 2020


Assalamualaikum anak sholeh dan sholeha kelas V.F...Kita ketemu lagi dalam pembelajaran daring, semoga kita semua dalam keadaan sehat dan tetap semangat dalam menjalankan kegiatan daring ini. Sebelum anak-anak melakukan aktifitas belajar daring Tema 5 Sub Tema 2 Pembelajaran 3 dan 4,  pastikan kalian sudah melaksanakan sholat dhuha, tadarus, mendengarkan tausiah dan mengisi absen pada link di bawah ini:.

 ABSEN KELAS VF

 

Pembelajaran 3 & 4

Muatan Pelajaran : PPKn (KD 3. 4 Dan 4. 4), IPS (KD 3. 1 dan 4. 1), dan Bahasa Indonesia (KD 3. 7 Dan 4. 7)

Rangkuman Materi :

 

PPKn (KD 3. 4 dan 4.4)

Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebetulnya merupakan bagian dari pidato proklamasi yang disampaikan oleh Ir. Soekarno sebagai wakil bangsa Indonesia. 

 

 

Proklamasi tersebut dibacakan pada tanggal 17 Agustus 1945 pukul 10.00 WIB bertempat di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta.

 

Adapun isi Proklamasi tersebut adalah sebagai berikut. 

 

 

IPS (KD 3. 1 dan 4. 1)

 

Indonesia merupakan Negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau, dengan kenampakan alam yang berbeda-beda. Perbedaan kenampakan alam tersebut menyebabkan kegiatan ekonomi masyarakat juga berbeda sesuai dengan potensi alamnya.

Sebagai contoh, di daerah Kalimantan masyarakat memanfaatkan kenampakan alam berupa sungai-sungai besar sebagai pusat ekonomi. Pasar terapung yang berada di Banjarmasin tidak hanya menjadi pusat perdagangan masyarakat, namun juga telah dikembangkan menjadi pusat pariwisata di Kalimantan.

Bahasa Indonesia (KD 3. 7 Dan 4. 7)

 

Membuat ringkasan berdasarkan ide pokok dan informasi penting

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat membuat  ringkasan tekas nonfiksi.

1.      Membaca teks nonfiksi dengan saksama

2.      Menentukan ide pokok setiap paragraph pada teks nonfiksi

3.      Menyusun ide pokok tersebut ke dalam beberapa kalimat menggunakan bahasa sendiri sesuai dengan isi teks nonfiksi

4.      Memperhatikan pemilihan kata dan ejaan saat membuat ringkasan yang sesuai dengan pedoman penulisan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Di bawah ini contoh video cara membaca teks Proklamasi, disimak ya nak :


 

 TUGAS LATIHAN ;

Bacakan teks Proklamasi dengan baik dan benar, sesuai kriteria penilaian di bawah ini yaitu:

1. Intonasi bacaan

2. Ekspresi wajah

Terima kasih sholeh sholeha VF jangan lupa mengirimkan tugas ananda berupa video ke bu Guru dan kalau ada materi yang kurang paham silahkan ananda tulis komentar di blogger...tetap semangat dan jaga kesehatan.....Waalaikumsalam WR.WB


Di bawah ini dokumentasi hasil pembelajaran Daring sholeh sholeha VF hari Kamis:





 Assalamu'alaikum
Nama:Danish Ara Mutia
Kls:5F
Kali ini saya akan membaca kan tentang : "Rantai makanan"
padi di makan tikus-tikus di makan ular-ular di makan elang-saat elang mati elang akan di muaikan dengan bangkai-kemudian diuraikan oleh mikroorganisme atau jamur mnjd tanah atau pupuk kemudian tanah/pupuk digunakan utk tanam padi.
Terimakasih wasalamualaikum wr.wb...🙏🏻

 Ass,bu ini tugas Hasby ,,pada gambar tersebut ekosistem sawah pada sawah tikus ekosistem pertama di makan oleh ular ,ular ekosistam 2 di makan oleh elang elang mati hingga di jadi jamur🙏🙏

4 komentar:

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...