Pages

Kamis, 17 September 2020

TEMA 3 SUBTEMA 3 PB 3 DAN 4

 MATERI AJAR UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 17 SEPTEMBER 2020


Link absen di bawah ini ya nak :

ABSEN KELAS VF

 

 

Pembelajaran 3 dan 4

Muatan Pelajaran : Pkn (KD 3.3),Bahasa Indonesia (KD 3. 4), IPS (KD 3.2)

Rangkuman Materi

Manusia adalah makhluk sosial karena manusia tidak dapat hidup sendiri serta membutuhkan orang lain untuk memenuhi kebutuhan sehari – hari. Dalam kehidupan nya manusia selalu berinteraksi dengan manusia lainnya. Interaksi Sosial adalah hubungan timbal balik antara individu satu dengan individu yang lain dan sifatnya saling mempengaruhi. Interaksi sosial dapat terjadi dimana saja seperti di rumah, sekolah, lingkungan masyarakat, pasar ataupun tempat ibadah.

Interaksi dengan lingkungan hidup merupakan interaksi antara manusia dengan lingkungan yang terbentuk secara alami. Gunung, sungai, rawa, merupakan contoh-contoh lingkungan alam. Tadi kita bahas tentang interaksi dapat terjadi dimana saja salah satunya di Pasar. Di pasar terdapat banyak keberagaman profesi yang harus kita syukuri karena dapat membuat kita saling membatu memenuhi kebutuhan sehari – hari. Ada banyak keberagaman yang ada di Masyarakat, baik keberagaman sosial maupun budaya.

Keberagaman yang tinggi dapat kita temukan di lingkungan pasar tempat para petani menjual hasil pangannya. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan pasar merupakan tempat  bertemunya pedagang dan pembeli untuk melakukan kegiatan jual beli. Para penjual dan pembeli yang bertemu di pasar bisa berasal dari berbagai suku, agama, dan tingkat sosial ekonomi.  Oleh karenanya, diperlukan rasa toleransi dan tenggang rasa yang tinggi agar kerukunan tetap terjaga.

Kepedulian masyarakat Indonesia tentang toleransi  terhadap keberagaman sudah semakin tinggi. Hal ini dapat kita lihat dari banyaknya iklan masyarakat yang menekankan pada pentingnya toleransi antarsuku atau antaragama. Hal ini menunjukkan bahwa iklan bukan hanya mampu dijadikan sebagai alat untuk mempromosikan barang atau jasa, tetapi juga sebagai alat untuk  mempromosikan hal-hal positif atau kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat.

Berikut adalah beberapa contoh iklan masyarakat yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat, keberagaman adat istiadat, suku bangsa, dan agama. Coba diskusikan dengan orang tua kalian mengenai iklan di bawah ini kalimat iklan apa? Dan kata kunci iklan tersebut apa?

 

 

Tugas untuk ananda di rumah adalah :

Sholeh sholehanya Bu El membaca buku BOS tentang materi pelajaran ini, ananda pelajari, pahami, dan dihapal ya nak....tetap semangat sholeh sholeha V.F

Wassalam Wr.Wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...