Pages

Kamis, 03 September 2020

TEMA 2 SUBTEMA 2 PB 5

 MATERI AJAR UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 03 SEPTEMBER 2020

Assalamu'alaikum.wr.wb anak Sholeh/Sholeha VF,,Apa kabar hari ini??

Alhamdulillah semoga kita semua dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT aamiin ya Rabbal Alamin. sebelum memulai pembelajaran janganlupa dengarkan tausiah serta dirangkum isinya,tadarus dan shalat Dhuha ya nak kemudian jika sudah selesai silahkan absen pada link berikut:

ABSEN KELAS VF

Nah hari ini kita akan mempelajari tentang penyakit atau gangguan pernapasan serta properti tari. 

Gangguan Respirasi (Pernafasan) yang Sering Terjadi

Jika salah satu bagian dari organ respirasi bermasalah, secara otomatis sistem respirasi pun akan terganggu. Berikut beberapa gangguan respirasi (Pernafasan):

Flu (influenza)

Penyakit influenza disebabkan oleh virus dan mudah sekali menular. Penularan bisa melalui kontak langsung ke cairan atau melalui cairan yang keluar dari penderita saat batuk atau bersin. Saat flu, hidung dipenuhi lendir sehingga mengganggu pernapasan.

Asma

Asma disebabkan oleh penyempitan saluran napas. Sesak napas menjadi tanda umum dari penyakit ini. Biasanya sesak napas dibarengi oleh mengi (wheezing) yang merupakan suara khas bernada tinggi saat pasien mengeluarkan napas.

Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan pada bronkus, yang merupakan saluran udara dari dan ke paru-paru. Bronkitis umumnya dicirikan dengan batuk berdahak yang kadang dahaknya bisa berubah warna.

Emfisema

Emfisema menyerang kantung udara alias alveoli. Seseorang yang terkena emfisema tidak selalu menunjukkan gejala yang khas. Namun seiring perjalanan penyakitnya, biasanya penderita kondisi ini lambat laun akan mengalami sesak saat bernapas. Gangguan ini adalah salah satu kondisi yang digolongkan sebagai penyakit paru obstruktif kronik (PPOK).

Pneumonia

Pneumonia, atau yang biasa disebut dengan radang paru-paru, merupakan peradangan akibat infeksi. Batuk berdahak, demam, dan sesak napas adalah gejala umum dari pneumonia. Ciri lain dari penyakit ini adalah dahak kental yang dapat berwarna kuning, hijau, cokelat, atau bernoda darah.

Kanker paru-paru

Merupakan salah satu jenis kanker paling berbahaya dengan angka kematian yang tinggi. Terjadinya kanker paru-paru pada seseorang berkaitan erat dengan merokok baik aktif maupun pasif, riwayat kanker paru-paru di keluarga, riwayat paparan zat kimia dan gas beracun seperti asbestos dan radon, atau menghirup udara berpolusi dalam jangka panjang

Untuk menjaga kesehatan pernapasan kita dapat lakukan dengan latihan fisik seperti olahraga selain itu kita dapat lakukan dengan menari atau gerakan tari. Dalam melakukan gerakan tarian memerlukan properti,properti merupakan salah satu unsur dalam seni tari. Properti tari adalah perlengkapan yang mendukung dalam gerakan tarian.



Berikut video gerakan tari serimpi:

 


 

Semoga kalian memahami materi yang di berikan ya nak tugasnya adalah silahkan buat video dengan menyebutkan nama dan kelas kemudian jelaskan 2 macam penyakit gangguan pernapasan dan praktekkan gerakan tarian serimpi salah satu gerakan saja dan jangan lupa gunakan properti tari nya yaitu selendang!

Jika selesai silahkan kirimkan video tersebut japri ke Bu guru ya nak! Terimakasih

Wassalamu'alaikum.wr.wb

 

 
 
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PEMBAHASAN SOAL MATEMATIKA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 10 MEI 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaikum.wr.w...