Rabu, 05 Februari 2020

By elfida fida - Februari 05, 2020
MATERI AJAR UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 06 FEBRUARI 2020

MUATAN BAHASA INDONESIA

MENYAJIKAN INFORMASI DARI TEKS NONFIKSI

Teks nonfiksi adalah teks yang berisi informasi berdasarkan fakta atau kenyataan. Teks nonfiksi dapat ditemukan dalam artikel surat kabar atau majalah, misalnya jurnal tentang sejarah atau ilmiah, biografi, karya sastra.
Informasi dari teks nonfiksi didapatkan dengan membaca teks secara cermat. Kita dapat membaca dengan cara memindai kemudian menandai kata-kata penting yang terdapat pada setiap paragraf.
Setelah mengetahui kata- kata penting beserta maknanya dalam teks, maka kita dapat menyajikan informasi dari teks dalam bentuk rangkuman.

MUATAN PPKN
MANFAAT PELAKSANAAN KEWAJIBAN PELAJAR DALAM MENJAGA KEBERSIHAN DAN KESEHATAN LINGKUNGAN

Hak adalah segala sesuatu yang harus diterima. Sementara itu, kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan menurut aturan yang berlaku. Kewajiban dan hak harus dilaksanakan yu dengan seimbang agar tidak terjadi ketimpangan. Hak diperoleh setelah melaksanakan kewajiban
Manfaat menjaga kebersihan sekolah :
1.lingkungan bersih
2.tidak ada polusi
3.kegiatan belajar menjadi nyaman
4.dapat membuat kita menjadi disiplin dan bersih
5.agar bangunan sekolah dapat terawat
6.agar warga sekolah tidak mudah sakit
7.agar tamu yang datang dari luar sekolah dapat nyaman
8.agar bisa memdapat apresiasi
9.agar tercipta lingkungan sehat
10.supaya warga sekolah bisa nyaman
11. Terhindar dari penyakit

MUATAN SBDP
INTERVAL NADA G MAYOR

Iadalah jarak antara nada satu dengan nada yang lain. Interval juga bisa disebut selang nada
Tangga nada mayor adalah tangga nada yang berjarak interval 1 - 1 - 1/2 - 1 - 1 - 1 - 1/2.
Pada nada yang berjarak 1/2 hanya E ke F dan B ke C. Karena itu diperlukan penyesuaian dengan menggunakan tanda accidental (# / b)

Maka tangga nada G mayor adalah :
G - A - B - C - D - E - F# - G

Mayor dan G Minor
Tangga Nada G Mayor dan G Minor
G MayorG Minor Harmonik
GABCDEF#GGABCDEF#G


MUATAN BAHASA INDONESIA
MENGIDENTIFIKASI GAGASAN UTAMA DARI TEKS



Cara Menemukan Gagasan Utama Pada Paragraf – Gagasan Utama adalah pikiran utama yang terdapat dalam bacaan. Dalam setiap paragraf juga selalu memiliki gagasan utama, bisa itu di awal, akhir, atau disemua kalimat dalam paragraf.
Gagasan utama dapat berupa kalimat inti atau pokok paragraf. Gagasan utama disebut juga gagasan pokok atau kalimat utama. Dibawah ini penulis berikan informasi langkah-langkah cara menemukan gagasan utama pada paragraf.
perhatikan contoh kalimat yang menggunakan gagasan utama di bawah ini:
1. Gagasan utama pada awal paragraf
Contoh:
Ada sejumlah program yang direncanakan. Program terbesar adalah penyelenggaraan wajib belajar sembilan tahun senilai Rp17,76 triliun. Porsi program pendidikan dasar lebih banyak karena murid terbanyak yang harus dibina ada di tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Lalu, juga pemberantasan buta huruf, bantuan operasional sekolah (BOS), rehabilitasi gedung sekolah, peningkatan kualifikasi, dan kesejahteraan guru.
Gagasan utama paragraf tersebut terletak pada awal paragraf.
Paragraf ini disebut paragraf deduktif atau paragraf umum ke khusus. Paragraf ini disusun dengan mengemukakan pokok-pokok persoalan yang bersifat umum ke hal-hal yang bersifat khusus.
2. Gagasan utama pada akhir paragraf
Contoh:
Dalam Rencana Strategi Pendidikan Nasional yang disusun tahun 2005 tercantum rencana menggelar UN jenjang SD mulai 2008. Rencana tersebut relevan dengan topik yang diperdebatkan dalam forum.
Jangankan untuk UN SD yang rencananya mulai digelar tahun 2008, UN jenjang SMP/MTs dan SMA/MA/SMK juga akan dimulai pada tahun yang sama.
Gagasan utama paragraf di atas terletak pada akhir paragraf.
Paragraf ini disebut paragraf induktif atau paragraf khusus ke umum. Paragraf ini disusun dengan menguraikan rincian hal-hal yang bersifat khusus ke hal-hal yang bersifat umum.
3. Gagasan utama pada awal dan akhir paragraf
Contoh:
Hampir setiap hari media massa melaporkan soal dunia pendidikan kita yang mengenaskan. Banyak anak terancam putus sekolah. Para orang tua mengeluh tidak punya uang untuk membayar ongkos sekolah yang kini jumlahnya selangit. Padahal, tingginya biaya sekolah itu belum tentu menjamin mutu pendidikan yang kini kian terperosok peringkatnya.
Paragraf jenis ini merupakan campuran paragraf deduktif dengan paragraf induktif.
4. Gagasan utama tersirat dalam setiap kalimat
Contoh:
Roy menarik napas panjang. Menahan beban pikiran yang begitu berat. Ia mencoba tetap bersabar dengan segala perlakuan saudaranya. Di meja tamu, tampak Bram duduk dengan tenang. Tak sedikit rasa bersalah itu tampak. Sebaliknya, Roy merasa tak enak jika tidak dapat membantu saudaranya.
Pada paragraf ini gagasan utamanya tersirat dalam setiap kalimat di paragraf. Kalimat-kalimat yang membentuk paragraf tersebut mempunyai kedudukan yang sama penting. Paragraf ini berupa uraian yang bersifat deskriptif (paparan) atau naratif (cerita).
Cara menemukan gagasan utama pada paragraf mudahnya adalah selalu terletak diawal dan akhir paragraf, kecuali pada paragraf deskripsi yang kalimat gagasan utamanya bisa berada di tengah.
MUATAN IPA
PERGANTIAN MUSIM DI BELAHAN BUMI UTARA DAN SELATAN
Perubahan musim dibumi dipengaruhi oleh revolusi bumi terhadap matahari. posisi bumi yang miring 23 1/2 derajat menyebabkan adanya saat belahan bumi utara menerima lebih banyak sinar matahari dan bumi selatan lebih sedikit, serta ada saat belahanbumi selatan menerima lebih banyak dari sinar matahari dan bumi selatan lebih banyak.
ekuinok dan soltis tanggal
Keterangan:
Solstice = titik balik matahari
Equinox = waktu matahari lewat khatulistiwa
deklinasimatahari
Pada 21-22 Juni, posisi belahan utara bumi berhadapan langsung dengan matahari, sehingga mendapatkan lebih banyak sinar matahari daripada belahan bumi selatan. Hal ini menyebabkan dari 22 Juni hingga 22 September belahan bumi utara mengalami musim panas, sedangkan belahan bumi selatan mengalami musim dingin.
Pada 22-23 September, daerah di ekuator berhadapan langsung dengan matahari, sehingga mendapatkan lebih banyak sinar matahari. Hal ini menyebabkan dari 23 September hingga 21 Desember belahan bumi utara mengalami musim gugur, sedangkan belahan bumi selatan mengalami musim semi.
Pada 21-22 Desember, posisi di belahan bumi selatan berhadapan langsung dengan matahari, sehingga mendapatkan lebih banyak sinar matahari daripada belahan bumi utara. Hal ini menyebabkan dari 22 Desember hingga 21 Maret belahan bumi selatan mengalami musim panas, sedangkan belahan bumi utara mengalami musim dingin.
Pada 21-22 Maret, daerah di ekuator kembali berhadapan langsung dengan matahari, sehingga mendapatkan lebih banyak sinar matahari. Hal ini menyebabkan dari 22 Maret hingga 21 Juni belahan bumi utara mengalami musim semi, sedangkan belahan bumi selatan mengalami musim gugur.

Perubahan musim ini memberikan dampak bagi kehidupan di bumi. Perbedaan iklim untuk daerah tropis, subtropis dan daerah kutub juga memberikan dampak bagi kehidupan hewan dan tumbuhannya. Dampak perubahan musim yang berbeda memberikan ciri yang berbeda pada tanaman dan hewan yang hidup di daerah tersebut.
  1. Daerah Tropis
Memiliki ciri-ciri beriklim panas, matahari bersinar sepanjang tahun, perubahan suhu antara Januari hingga Desember sangat sedikit, curah hujan sangat tinggi. Terdapat ribuan spesies tumbuhan yang dapat membentuk suatu hutan tropis dengan ciri-ciri sebagai berikut.
  • Pohon-pohon besar dan tinggi.
  • Cabang pohon panjang dan banyak, membentuk naungan yang luas.
  • Di dalam naungan pohon-pohon terdapat tumbuhan yang menempel.
  • Tanah di bawah naungan hampir tidak pernah mendapat sinar matahari, menyebabkan tanaman merambat ke atas.
  • Di lapisan terbawah hidup lumut dan rumput sebagai makanan hewan kecil.
Hewan yang hidup di hutan tropis mulai dari bakteri pembusuk dalam tanah, burung, kera, harimau dan binatang besar lainnya. Dan ciri lingkungan abiotik daerah tropis adalah suhu udara pada siang hari sangat tinggi, sedangkan pada malam hari dapat mencapai 0ÂșC. Kelembapan udara sangat rendah, penguapan air sangat tinggi akibatnya tanah menjadi tandus.
  1. Daerah Subtropis
Daerah subtropis merupakan daerah beriklim sedang. Terdapat 4 musim yaitu: musim panas, musim gugur, musim dingin dan musim semi. Curah hujan sedikit menyebabkan tumbuhnya bermacam-macam rumput. Tanahnya banyak mengandung humus, karena daun dan rumput cepat mati dan membusuk ketika musim gugur. Hutannya merupakan hutan luruh. Gugurnya daun merupakan fase awal datangnya musim dingin dan bersemi kembali setelah musim dingin selesai. Pada musim dingin akan terbentuk salju, jumlah tumbuhan jauh lebih sedikit, dan jarak antar pohon tidak rapat dan tidak ada perdu di bawahnya.
  1. Daerah Kutub

Pada musim panas, matahari bersinar lebih dari 12 jam sehari di daerah ini. Pada musim dingin, matahari bersinar kurang dari 12 jam sehari. Tanaman yang khas di daerah beriklim dingin adalah hutan taiga yang pohonnya terdiri dari satu spesies (hutan homogen). Pohon khasnya adalah konifer, dan hewan yang hidup di sekitar hutan taiga seperti mus, beruang hitam dan marten. Di belahan utara (kutub utara) terdapat tundra. Daerah ini mendapat sedikit radiasi matahari, perbedaan siang dan malam pada musim panas dan dingin sangatlah besar. Binatang khas daerah ini adalah rendeer , beruang putih, dan musk axen.



MUATAN MATEMATIKA
PENILAIAN HARIAN KE -2

3.7 Menjelaskan bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang serta luas permukaan dan volumenya
4.7 Mengidentifikasi bangun ruang yang merupakan gabungan dari beberapa bangun ruang serta luas permukaan dan volumenya


0 Comments:

Posting Komentar

TEMA 3 SUBTEMA 2 PB 5

  GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS VI. A  UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 20 SEPTEMBER 2024   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamuala...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea