Selasa, 02 Desember 2025

SAS MATEMATIKA DAN SENI RUPA

By elfida fida - Desember 02, 2025

 GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI RABU TANGGAL 03 DESEMBER 2025



 


SUMATIF AKHIR SEMESTER (SAS)

KELAS 4 SEMESTER GANJIL

 SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG 





Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi sholeh sholeha kelas 4 B semoga masih tetap semangat dalam menjelankan kegiatan kita pada hari ini. Sholeh sholeha hari ini ini akan melaksanakan kegiatan Sumatif Tengah Semester ganjil nah tentunya anak - anak semua sudah siap kan. jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan soal dan harap teliti dalam membaca soal jangan terburu - buru dan ingat ya "Kunci sukses adalah kejujuran"
baik lah selamat mengerjakan dan semangat..😍😍
Baiklah bu Elakhiri Wassalamualaikum wr wb 🙏🙏

Adapun Jadwal SAS kelas 4 semester ganjil adalah sebagai berikut :
Berikut kisi-kisi Matematika:

INDIKATOR SOAL

Disajikan dengan data peserta didik mampu menuliskan lambang bilangan.dengan tepat

Disajikan dengan data peserta didik mampu menuliskan lambang bilangan.dengan tepat

Disajikan dengan data peserta didik mampu menentukan urutan bilangan dari yang

 terkecil dengan tepat.

 

Disajikan dengan data peserta didik mampu menentukan symbol matematika

  bilangan dengan tepat.

 

Disajikan data bilangan peserta didik dapat menuliskan simbol bilangan dengan tepat

Disajikan penjumlahan lambang bilangan peserta didik dapat menjumlahkan 

bilangan dengan tepat

Disajikan soal cerita peserta didik dapat menjumlahkan bilangan dengan tepat

Disajikan soal pengurangan bilangan, peserta didik dapat mengurangi bilangan dengan tepat

Disajikan data peserta didik dapat menuliskan kelipatan dengan tepat

Disajikan data peserta didik dapat menuliskan faktor dengan tepat

Disajikan data peserta didik dapat menuliskan faktor dengan tepat

Disajikan data gambar pecahan, peserta didik dapat menentukan nilai pecahan

 dari gambar yang diarsir dengan tepat

Disajikan data pecahan peserta didik dapat mengisi bilangan yang sesua

i dengan simbol matematika

Disajikan data pecahan peserta didik dapat mengisi bilangan yang sesuai

 dengan simbol matematika

Disajikan data pecahan peserta didik dapat menentukan bilangan dari

 pecahan senilai dengan tepat

Disajikan data pecahan peserta didik dapat menentukan bilangan dari 

pecahan senilai dengan tepat

Disajikan data pecahan peserta didik dapat menghitung penjumlahan 

pecahan dengan tepat

Disajikan soal cerita peserta didik dapat mengubah pecahan dalam

 bentuk desimal dengan tepat

Disajikan pola gambar peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

Disajikan pola gambar peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

Disajikan pola gambar peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

Disajikan pola gambar peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

Disajikan pola gambar peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

Disajikan soal cerita peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

Disajikan data peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

Disajikan dengan data peserta didik mampu menuliskan lambang bilangan.dengan tepat

Disajikan data peserta didik dapat membandingkan bilangan dengan tepat

Disajikan penumlahan lambang bilangan peserta didik dapat menjumlahkan 

bilangan dengan tepat

Disajikan data gambar pecahan, peserta didik dapat menentukan nilai

 pecahan dari gambar yang diarsir dengan tepat

Disajikan soal data didik dapat mengurutkan pecahan dari yang terbesar dengan tepat.

Disajikan soal cerita peserta didik dapat mengubah desimal ke dalam pecahan dengan tepat

Disajikan soal cerita peserta didik dapat mengubah desimal ke dalam persen dengan tepat

Disajikan data peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

Disajikan data peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

Disajikan soal cerita peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

Disajikan pola gambar peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

Disajikan data peserta didik dapat membandingkan bilangan dengan tepat

Disajikan penjumlahan lambang bilangan peserta didik dapat 

menjumlahkan bilangan dengan tepat

Disajikan data gambar pecahan, peserta didik dapat menentukan 

nilai pecahan dari gambar yang diarsir dengan tepat

Disajikan data peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat

Disajikan pola gambar peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat


LATIHAN SOAL:

Pilihan Ganda

Operasi Hitung Bilangan

1. 456 + 378 = …
A. 824
B. 834
C. 844
D. 854

2. 902 – 487 = …
A. 405
B. 415
C. 425
D. 435

3. 125 × 4 = …
A. 400
B. 450
C. 475
D. 500

4. 840 ÷ 6 = …
A. 120
B. 130
C. 140
D. 150

5. Hasil dari 360 + 125 – 80 adalah …
A. 395
B. 405
C. 415
D. 425


KPK & FPB

6. KPK dari 4 dan 6 adalah …
A. 8
B. 10
C. 12
D. 14

7. FPB dari 18 dan 24 adalah …
A. 2
B. 3
C. 6
D. 9

8. Bilangan kelipatan 5 yang terletak antara 30 dan 50 adalah …
A. 32, 34, 36
B. 35, 40, 45
C. 31, 41, 49
D. 37, 39, 43


Pecahan

9. Pecahan yang senilai dengan ½ adalah …
A. 2/4
B. 3/4
C. 4/6
D. 5/10

10. Dari 1 kue, Andi makan ¼ bagian. Sisa kue adalah …
A. ½
B. ¾
C. ⅓
D. ⅕

11. 3/8 + 2/8 = …
A. 4/8
B. 5/8
C. 6/8
D. 7/8

12. 5/6 – 1/6 = …
A. 2/6
B. 3/6
C. 4/6
D. 5/6

SOAL POLA BILANGAN – KELAS 4

1. Pola bilangan 2, 4, 6, 8, … angka berikutnya adalah …

A. 9
B. 10
C. 11
D. 12

2. Pola bilangan 5, 10, 15, 20, … merupakan pola …

A. Penjumlahan 4
B. Penjumlahan 5
C. Pengurangan 5
D. Perkalian 5

3. Pola bilangan 3, 6, 12, 24, … merupakan pola …

A. Dikali 2
B. Ditambah 2
C. Dibagi 2
D. Dikurang 2

4. Angka selanjutnya dari pola 7, 14, 21, 28 adalah …

A. 29
B. 30
C. 34
D. 35

5. Pola 12, 11, 10, 9, … termasuk pola …

A. Penjumlahan 1
B. Pengurangan 1
C. Pengurangan 2
D. Penjumlahan 2

6. Pola 1, 4, 7, 10, … bertambah dengan …

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

7. Pola kelipatan 9 dimulai dari 9 adalah …

A. 9, 17, 25, 33
B. 9, 18, 27, 36
C. 9, 20, 31, 42
D. 9, 30, 45, 60

8. 4, 8, 12, 16, … adalah kelipatan dari …

A. 2
B. 3
C. 4
D. 5

9. Pola bilangan 20, 18, 16, 14, … berkurang sebanyak …

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

10. 6, 9, 12, 15, … bertambah dengan …

A. 2
B. 3
C. 4
D. 5

11. Pola 1, 2, 4, 8, 16, … adalah pola …

A. Dikali 2
B. Ditambah 2
C. Dikali 4
D. Ditambah 4

12. Bilangan ke-5 dari pola 3, 5, 7, 9, … adalah …

A. 9
B. 10
C. 11
D. 13

13. Pola 100, 90, 80, 70, … berkurang sebanyak …

A. 5
B. 8
C. 10
D. 20

14. Pola 2, 5, 8, 11, … bertambah dengan …

A. 1
B. 2
C. 3
D. 4

15. Bilangan berikutnya dari 50, 45, 40, 35, … adalah …

A. 30
B. 33
C. 34
D. 32

16. Pola 9, 18, 27, 36, … merupakan kelipatan dari …

A. 3
B. 6
C. 8
D. 9

17. Pola 4, 16, 64, … merupakan pola …

A. Dikali 2
B. Dikali 4
C. Dikali 3
D. Dikali 5

18. Bilangan selanjutnya dari 15, 20, 25, 30, … adalah …

A. 32
B. 34
C. 35
D. 36

19. 1, 3, 6, 10, 15, … adalah pola …

A. Segitiga
B. Persegi
C. Bilangan prima
D. Bilangan kelipatan

20. Pola 2, 6, 12, 20, … bertambah dengan …

A. 2, 4, 6, …
B. 1, 2, 3, …
C. 3, 6, 9, …
D. 4, 8, 12, …

21. Pola 11, 22, 33, 44, … mempunyai selisih …

A. 10
B. 11
C. 12
D. 13

22. Pola 30, 25, 20, 15, … termasuk pola …

A. Turun 3
B. Turun 4
C. Turun 5
D. Turun 10

23. Pola 5, 25, 125, … merupakan pola …

A. Dikali 2
B. Dikali 5
C. Ditambah 5
D. Dikurangi 5

24. Dalam pola 8, 12, 16, 20, … angka berikutnya adalah …

A. 21
B. 24
C. 25
D. 26

25. Pola bilangan 2, 3, 5, 8, 12, 17, … bertambah dengan pola …

A. 1, 2, 3, 4, 5, …
B. 1, 3, 5, 7, …
C. 2, 4, 6, 8, …
D. 1, 4, 7, 10, …

SOAL PECahan SENILAI – PILIHAN GANDA

1. Pecahan yang senilai dengan 1/2 adalah …

A. 1/4
B. 2/4
C. 3/4
D. 4/5

2. Pecahan 3/6 senilai dengan …

A. 1/2
B. 2/3
C. 3/4
D. 1/3

3. 4/8 senilai dengan …

A. 1/8
B. 2/4
C. 3/8
D. 5/8

4. Pecahan 6/9 dapat disederhanakan menjadi …

A. 2/3
B. 1/3
C. 3/4
D. 5/6

5. 10/20 = …

A. 1/3
B. 1/2
C. 3/4
D. 2/3

6. Pecahan 15/25 senilai dengan …

A. 3/4
B. 1/5
C. 3/5
D. 2/5

7. Bilangan pecahan yang senilai dengan 5/10 adalah …

A. 2/10
B. 3/10
C. 1/3
D. 1/2

8. 9/12 jika disederhanakan menjadi …

A. 2/3
B. 1/2
C. 3/5
D. 1/4

9. 8/16 senilai dengan …

A. 1/8
B. 1/4
C. 1/2
D. 2/3

10. Pecahan 12/18 senilai dengan …

A. 1/2
B. 2/3
C. 3/5
D. 4/5

Berikut ini adalah Kisi-kisi dan Latihan Soal Seni Rupa

1. mengamati dan engeksplorasi elemen seni rupa (garis, bentuk, tekstur, ruang, warna) dalam karya 2D/3D
2. Mengingat unsur pembentuk rupa paling dasar.
3. Memahami tujuan penggunaan garis pijak dalam unsur rupa.
4. Menyebutkan warna dasar serta mampu mengaplikasikan pencampuran warna sekunder.
5. Mampu mengaplikasikan tekstur nyata pada kerajinan
6. Menganalisis alasan pentingnya daur ulang dalam Seni Rupa.
7. Mampu mengingat contoh bentuk dasar bidang geometris.
8. Menyebutkan unsur - unsur dasar seni rupa.
9. Mengaplikasikan prinsip pola pada karya dekoratif.
10. Mampu menganalisis perbedaan tekstur nyata dan semu.

Latihan Soal :
1. Unsur garis dalam seni rupa dapat digunakan untuk …
A. memberikan kesan jauh dekat
B. menunjukkan arah dan membuat bentuk
C. membuat permukaan menjadi kasar
D. mencampur warna

2. Bentuk yang tampak datar pada gambar disebut karya …
A. 3D
B. 4D
C. 2D
D. Realistis

3. Tekstur adalah unsur seni rupa yang berkaitan dengan …

A. rasa dan emosi
B. gelap terang
C. permukaan benda, halus atau kasar
D. ukuran dan jarak


4. Unsur paling dasar dalam seni rupa yang digunakan untuk membuat bentuk adalah …

A. Ruang
B. Garis
C. Tekstur
D. Warna


5. Unsur rupa yang memberikan kesan jauh-dekat pada gambar adalah …

A. Bentuk
B. Tekstur
C. Ruang
D. Garis


6. Tujuan utama penggunaan garis pijak adalah untuk menunjukkan …

A. ukuran objek
B. tempat objek berpijak atau berada
C. arah gerakan objek
D. jenis tekstur objek


7. Garis pijak membantu gambar terlihat lebih …

A. dekoratif
B. seimbang dan nyata
C. rumit
D. berwarna


8. Warna dasar (primer) terdiri dari …

A. Merah, biru, hitam
B. Merah, kuning, biru
C. Kuning, hijau, ungu
D. Hitam, putih, abu-abu


9. Warna sekunder diperoleh dari …

A. Mencampur dua warna primer
B. Mencampur warna dengan hitam
C. Mencampur warna dengan putih
D. Mencampur tiga warna sekaligus


10. Jika warna merah dicampur dengan kuning, maka menghasilkan warna …

A. Ungu
B. Hijau
C. Oranye
D. Cokelat


11. Warna ungu diperoleh dari mencampur warna …

A. Merah + biru
B. Kuning + biru
C. Hitam + merah
D. Putih + biru


12. Tujuan memahami warna dasar adalah agar siswa dapat …

A. membeli cat baru
B. mencampur warna dengan benar
C. membuat gambar 3D
D. menebalkan garis pada gambar


13. Kamu diminta membuat hiasan dinding dengan kesan kasar dan alami. Bahan yang paling sesuai untuk mencapai tujuan tersebut adalah …

A. Kertas origami
B. Biji-bijian dan potongan kayu
C. Kain satin
D. Plastik transparan


14. Adit membuat kolase dari kain perca, tetapi hasilnya terlihat kurang menarik karena semua kain memiliki tekstur yang sama. Apa yang sebaiknya ia lakukan agar teksturnya lebih bervariasi?

A. Menggunakan kain yang lebih besar
B. Menambahkan bahan dengan permukaan berbeda, seperti goni atau flanel
C. Mengganti semua kain dengan kertas
D. Mewarnai kain dengan cat air


15. Dalam pameran kelas, hanya satu karya yang tampak menonjol karena memiliki tekstur nyata yang kuat sehingga pengunjung ingin merabanya. Hal ini menunjukkan bahwa tekstur nyata …

A. membuat karya menjadi mahal
B. hanya penting untuk kerajinan kain
C. dapat meningkatkan daya tarik visual dan sentuhan
D. membuat karya lebih sulit dibuat


16. Karya kerajinan temanmu menggunakan banyak bahan bertekstur kasar sehingga tampak tidak seimbang. Saran yang paling tepat agar tekstur nyata dalam karya lebih harmonis adalah …

A. Menghilangkan semua bahan kasar
B. Menambahkan bahan halus pada bagian tertentu agar kontrasnya seimbang
C. Menambahkan bahan kasar lebih banyak
D. Mewarnai semua bahan dengan warna gelap


17. Ketika membuat karya dari botol plastik bekas, guru menjelaskan bahwa daur ulang penting karena dapat mengurangi sampah. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa seni rupa berperan dalam …

A. Menghasilkan bahan baru
B. Melestarikan lingkungan
C. Menambah polusi
D. Membuat sampah lebih banyak


18. Adit membuat tempat pensil dari kaleng susu bekas. Menurutmu, mengapa karya tersebut bernilai lebih dibandingkan membeli tempat pensil baru?

A. Karena bentuknya selalu sempurna
B. Karena dibuat dari bahan mahal
C. Karena memanfaatkan barang bekas sehingga mengurangi limbah
D. Karena warnanya lebih cerah dari yang lain


19. Jika sebuah sekolah mengadakan pameran karya daur ulang, dampak positif bagi siswa adalah …

A. Tidak perlu membeli alat seni
B. Terbiasa menciptakan karya dengan bahan mewah
C. Belajar menghargai barang yang masih bisa digunakan kembali
D. Lebih suka membuang barang bekas


20. Dalam sebuah karya seni, penggunaan barang bekas seperti kaleng, kardus, dan plastik dapat memberikan nilai tambah karena …

A. Membuat karya lebih berat
B. Mengajarkan cara memperbanyak sampah
C. Menunjukkan kesadaran lingkungan dan kreativitas tinggi
D. Membuat karya menjadi tidak rapi


21. Ketika menggambar gedung bertingkat, bentuk bidang geometris apa yang paling tepat digunakan sebagai dasar jendelanya?

A. Segitiga
B. Persegi panjang
C. Lingkaran
D. Trapesium


22. Dalam membuat logo sederhana, kamu ingin menggambarkan bola. Bentuk dasar geometris yang paling mendekati bentuk bola adalah …

A. Lingkaran
B. Persegi
C. Belah ketupat
D. Trapesium


23. Guru menampilkan gambar rumah sederhana terdiri dari dua bentuk dasar: atap dan badan rumah. Jika atap digambar sebagai segitiga, bentuk geometris apa yang paling logis untuk badan rumah?

A. Lingkaran
B. Persegi atau persegi panjang
C. Trapesium terbalik
D. Segi lima


24. Kamu ingin membuat gambar bunga agar terlihat lembut dan tenang. Kombinasi unsur rupa yang paling mendukung adalah …

A. Garis patah dan warna gelap
B. Garis lengkung dan warna pastel
C. Garis tegas dan warna panas
D. Tekstur kasar dan warna merah


25. Pada gambar tertentu, sebuah bola tampak bulat karena bagian kiri gelap dan bagian kanan terang. Hal tersebut menunjukkan penggunaan unsur …

A. Warna sekunder
B. Gelap-terang 
C. Ruang semu
D. Garis tebal


27. Dalam karya dekoratif, pola harus tetap teratur. Apa yang terjadi jika pola disusun tanpa mengikuti prinsip aturan pengulangan?

A. Pola tetap indah
B. Pola menjadi tidak jelas dan membingungkan
C. Pola terlihat lebih simetris
D. Pola menjadi lebih mudah dibuat


28. Kamu ingin menambahkan efek “kerapihan” pada pola yang sudah kamu buat. Teknik yang paling membantu adalah …

A. Menggambar langsung tanpa sketsa
B. Mengukur jarak dan membuat garis bantu sebelum menggambar pola
C. Menggunakan warna sebanyak-banyaknya
D. Menggambar motif secara cepat


29. Sebuah kerajinan menggunakan kulit jeruk kering untuk hiasan. Ketika disentuh, permukaannya terasa kasar. Tekstur tersebut termasuk …

A. Tekstur semu
B. Tekstur nyata
C. Tekstur datar
D. Tekstur visual


30. Kamu ingin membuat karya kolase yang memadukan daun kering dan gambar batang pohon. Bagian daun kering menimbulkan tekstur …, sedangkan gambar batang menimbulkan tekstur …

A. Semu – nyata
B. Nyata – semu
C. Semu – semu
D. Nyata – nyata

0 Comments:

Posting Komentar

SAS MATEMATIKA DAN SENI RUPA

  GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI RABU TANGGAL 03 DESEMBER 2025   SUMATIF AKHIR SEMESTER (SAS) KELAS 4 SEME...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea