GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI RABU TANGGAL 03 DESEMBER 2025
KELAS 4 SEMESTER GANJIL
SD AL AZHAR 2
BANDAR LAMPUNG
Assalamualaikum wr wb
|
INDIKATOR SOAL |
|
Disajikan dengan data
peserta didik mampu menuliskan lambang bilangan.dengan tepat |
|
Disajikan dengan data
peserta didik mampu menuliskan lambang bilangan.dengan tepat |
|
Disajikan dengan data peserta didik mampu menentukan urutan bilangan dari yang terkecil dengan tepat.
|
|
Disajikan dengan data peserta didik mampu menentukan symbol matematika bilangan dengan tepat. |
|
Disajikan data bilangan
peserta didik dapat menuliskan simbol bilangan dengan tepat |
|
Disajikan penjumlahan lambang bilangan peserta didik dapat menjumlahkan bilangan dengan tepat |
|
Disajikan soal cerita
peserta didik dapat menjumlahkan bilangan dengan tepat |
|
Disajikan soal pengurangan bilangan,
peserta didik dapat mengurangi bilangan dengan tepat |
|
Disajikan data peserta didik
dapat menuliskan kelipatan dengan tepat |
|
Disajikan data peserta didik
dapat menuliskan faktor dengan tepat |
|
Disajikan data peserta didik
dapat menuliskan faktor dengan tepat |
|
Disajikan data gambar pecahan, peserta didik dapat menentukan nilai pecahan dari gambar yang
diarsir dengan tepat |
|
Disajikan data pecahan peserta didik dapat mengisi bilangan yang sesua i dengan simbol matematika |
|
Disajikan data pecahan peserta didik dapat mengisi bilangan yang sesuai dengan simbol matematika |
|
Disajikan data pecahan peserta didik dapat menentukan bilangan dari pecahan senilai dengan tepat |
|
Disajikan data pecahan peserta didik dapat menentukan bilangan dari pecahan senilai dengan tepat |
|
Disajikan data pecahan peserta didik dapat menghitung penjumlahan pecahan dengan tepat |
|
Disajikan soal cerita peserta didik dapat mengubah pecahan dalam bentuk desimal dengan tepat |
|
Disajikan pola gambar
peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
|
Disajikan pola gambar
peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
|
Disajikan pola gambar
peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
|
Disajikan pola gambar peserta
didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
|
Disajikan pola gambar
peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
|
Disajikan soal cerita
peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
|
Disajikan data peserta didik
dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
|
Disajikan dengan data
peserta didik mampu menuliskan lambang bilangan.dengan tepat |
|
Disajikan data peserta didik
dapat membandingkan bilangan dengan tepat |
|
Disajikan penumlahan lambang bilangan peserta didik dapat menjumlahkan bilangan dengan tepat |
|
Disajikan data gambar pecahan, peserta didik dapat menentukan nilai pecahan dari gambar yang
diarsir dengan tepat |
|
Disajikan soal data didik
dapat mengurutkan pecahan dari yang terbesar dengan tepat. |
|
Disajikan soal cerita
peserta didik dapat mengubah desimal ke dalam pecahan dengan tepat |
|
Disajikan soal cerita
peserta didik dapat mengubah desimal ke dalam persen dengan tepat |
|
Disajikan data peserta didik
dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
|
Disajikan data peserta didik
dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
|
Disajikan soal cerita
peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
|
Disajikan pola gambar
peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
|
Disajikan data peserta didik
dapat membandingkan bilangan dengan tepat |
|
Disajikan penjumlahan lambang bilangan peserta didik dapat menjumlahkan bilangan dengan tepat |
|
Disajikan data gambar pecahan, peserta didik dapat menentukan nilai pecahan dari gambar yang
diarsir dengan tepat |
|
Disajikan data peserta didik
dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
|
Disajikan pola gambar
peserta didik dapat menentukan pola bilangan dengan tepat |
Pilihan Ganda
Operasi Hitung Bilangan
1. 456 + 378 = …
A. 824
B. 834
C. 844
D. 854
2. 902 – 487 = …
A. 405
B. 415
C. 425
D. 435
3. 125 × 4 = …
A. 400
B. 450
C. 475
D. 500
4. 840 ÷ 6 = …
A. 120
B. 130
C. 140
D. 150
5. Hasil dari 360 + 125 – 80 adalah …
A. 395
B. 405
C. 415
D. 425
KPK & FPB
6. KPK dari 4 dan 6 adalah …
A. 8
B. 10
C. 12
D. 14
7. FPB dari 18 dan 24 adalah …
A. 2
B. 3
C. 6
D. 9
8. Bilangan kelipatan 5 yang terletak antara 30 dan 50 adalah …
A. 32, 34, 36
B. 35, 40, 45
C. 31, 41, 49
D. 37, 39, 43
Pecahan
9. Pecahan yang senilai dengan ½ adalah …
A. 2/4
B. 3/4
C. 4/6
D. 5/10
10. Dari 1 kue, Andi makan ¼ bagian. Sisa kue adalah …
A. ½
B. ¾
C. ⅓
D. ⅕
11. 3/8 + 2/8 = …
A. 4/8
B. 5/8
C. 6/8
D. 7/8
12. 5/6 – 1/6 = …
A. 2/6
B. 3/6
C. 4/6
D. 5/6
SOAL POLA BILANGAN – KELAS 4
1. Pola bilangan 2, 4, 6, 8, … angka berikutnya adalah …
A. 9
B. 10
C. 11
D. 12
2. Pola bilangan 5, 10, 15, 20, … merupakan pola …
A. Penjumlahan 4
B. Penjumlahan 5
C. Pengurangan 5
D. Perkalian 5
3. Pola bilangan 3, 6, 12, 24, … merupakan pola …
A. Dikali 2
B. Ditambah 2
C. Dibagi 2
D. Dikurang 2
4. Angka selanjutnya dari pola 7, 14, 21, 28 adalah …
A. 29
B. 30
C. 34
D. 35
5. Pola 12, 11, 10, 9, … termasuk pola …
A. Penjumlahan 1
B. Pengurangan 1
C. Pengurangan 2
D. Penjumlahan 2
6. Pola 1, 4, 7, 10, … bertambah dengan …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
7. Pola kelipatan 9 dimulai dari 9 adalah …
A. 9, 17, 25, 33
B. 9, 18, 27, 36
C. 9, 20, 31, 42
D. 9, 30, 45, 60
8. 4, 8, 12, 16, … adalah kelipatan dari …
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
9. Pola bilangan 20, 18, 16, 14, … berkurang sebanyak …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
10. 6, 9, 12, 15, … bertambah dengan …
A. 2
B. 3
C. 4
D. 5
11. Pola 1, 2, 4, 8, 16, … adalah pola …
A. Dikali 2
B. Ditambah 2
C. Dikali 4
D. Ditambah 4
12. Bilangan ke-5 dari pola 3, 5, 7, 9, … adalah …
A. 9
B. 10
C. 11
D. 13
13. Pola 100, 90, 80, 70, … berkurang sebanyak …
A. 5
B. 8
C. 10
D. 20
14. Pola 2, 5, 8, 11, … bertambah dengan …
A. 1
B. 2
C. 3
D. 4
15. Bilangan berikutnya dari 50, 45, 40, 35, … adalah …
A. 30
B. 33
C. 34
D. 32
16. Pola 9, 18, 27, 36, … merupakan kelipatan dari …
A. 3
B. 6
C. 8
D. 9
17. Pola 4, 16, 64, … merupakan pola …
A. Dikali 2
B. Dikali 4
C. Dikali 3
D. Dikali 5
18. Bilangan selanjutnya dari 15, 20, 25, 30, … adalah …
A. 32
B. 34
C. 35
D. 36
19. 1, 3, 6, 10, 15, … adalah pola …
A. Segitiga
B. Persegi
C. Bilangan prima
D. Bilangan kelipatan
20. Pola 2, 6, 12, 20, … bertambah dengan …
A. 2, 4, 6, …
B. 1, 2, 3, …
C. 3, 6, 9, …
D. 4, 8, 12, …
21. Pola 11, 22, 33, 44, … mempunyai selisih …
A. 10
B. 11
C. 12
D. 13
22. Pola 30, 25, 20, 15, … termasuk pola …
A. Turun 3
B. Turun 4
C. Turun 5
D. Turun 10
23. Pola 5, 25, 125, … merupakan pola …
A. Dikali 2
B. Dikali 5
C. Ditambah 5
D. Dikurangi 5
24. Dalam pola 8, 12, 16, 20, … angka berikutnya adalah …
A. 21
B. 24
C. 25
D. 26
25. Pola bilangan 2, 3, 5, 8, 12, 17, … bertambah dengan pola …
A. 1, 2, 3, 4, 5, …
B. 1, 3, 5, 7, …
C. 2, 4, 6, 8, …
D. 1, 4, 7, 10, …
SOAL PECahan SENILAI – PILIHAN GANDA
1. Pecahan yang senilai dengan 1/2 adalah …
A. 1/4
B. 2/4
C. 3/4
D. 4/5
2. Pecahan 3/6 senilai dengan …
A. 1/2
B. 2/3
C. 3/4
D. 1/3
3. 4/8 senilai dengan …
A. 1/8
B. 2/4
C. 3/8
D. 5/8
4. Pecahan 6/9 dapat disederhanakan menjadi …
A. 2/3
B. 1/3
C. 3/4
D. 5/6
5. 10/20 = …
A. 1/3
B. 1/2
C. 3/4
D. 2/3
6. Pecahan 15/25 senilai dengan …
A. 3/4
B. 1/5
C. 3/5
D. 2/5
7. Bilangan pecahan yang senilai dengan 5/10 adalah …
A. 2/10
B. 3/10
C. 1/3
D. 1/2
8. 9/12 jika disederhanakan menjadi …
A. 2/3
B. 1/2
C. 3/5
D. 1/4
9. 8/16 senilai dengan …
A. 1/8
B. 1/4
C. 1/2
D. 2/3
10. Pecahan 12/18 senilai dengan …
A. 1/2
B. 2/3
C. 3/5
D. 4/5
B. menunjukkan arah dan membuat bentuk
C. membuat permukaan menjadi kasar
D. mencampur warna
B. 4D
C. 2D
A. rasa dan emosi
B. gelap terang
C. permukaan benda, halus atau kasar
D. ukuran dan jarak
A. Ruang
B. Garis
C. Tekstur
D. Warna
A. Bentuk
B. Tekstur
C. Ruang
D. Garis
A. ukuran objek
B. tempat objek berpijak atau berada
C. arah gerakan objek
D. jenis tekstur objek
A. dekoratif
B. seimbang dan nyata
C. rumit
D. berwarna
A. Merah, biru, hitam
B. Merah, kuning, biru
C. Kuning, hijau, ungu
D. Hitam, putih, abu-abu
A. Mencampur dua warna primer
B. Mencampur warna dengan hitam
C. Mencampur warna dengan putih
D. Mencampur tiga warna sekaligus
A. Ungu
B. Hijau
C. Oranye
D. Cokelat
A. Merah + biru
B. Kuning + biru
C. Hitam + merah
D. Putih + biru
A. membeli cat baru
B. mencampur warna dengan benar
C. membuat gambar 3D
D. menebalkan garis pada gambar
A. Kertas origami
B. Biji-bijian dan potongan kayu
C. Kain satin
D. Plastik transparan
A. Menggunakan kain yang lebih besar
B. Menambahkan bahan dengan permukaan berbeda, seperti goni atau flanel
C. Mengganti semua kain dengan kertas
D. Mewarnai kain dengan cat air
A. membuat karya menjadi mahal
B. hanya penting untuk kerajinan kain
C. dapat meningkatkan daya tarik visual dan sentuhan
D. membuat karya lebih sulit dibuat
A. Menghilangkan semua bahan kasar
B. Menambahkan bahan halus pada bagian tertentu agar kontrasnya seimbang
C. Menambahkan bahan kasar lebih banyak
D. Mewarnai semua bahan dengan warna gelap
A. Menghasilkan bahan baru
B. Melestarikan lingkungan
C. Menambah polusi
D. Membuat sampah lebih banyak
A. Karena bentuknya selalu sempurna
B. Karena dibuat dari bahan mahal
C. Karena memanfaatkan barang bekas sehingga mengurangi limbah
D. Karena warnanya lebih cerah dari yang lain
A. Tidak perlu membeli alat seni
B. Terbiasa menciptakan karya dengan bahan mewah
C. Belajar menghargai barang yang masih bisa digunakan kembali
D. Lebih suka membuang barang bekas
A. Membuat karya lebih berat
B. Mengajarkan cara memperbanyak sampah
C. Menunjukkan kesadaran lingkungan dan kreativitas tinggi
D. Membuat karya menjadi tidak rapi
A. Segitiga
B. Persegi panjang
C. Lingkaran
D. Trapesium
A. Lingkaran
B. Persegi
C. Belah ketupat
D. Trapesium
A. Lingkaran
B. Persegi atau persegi panjang
C. Trapesium terbalik
D. Segi lima
A. Garis patah dan warna gelap
B. Garis lengkung dan warna pastel
C. Garis tegas dan warna panas
D. Tekstur kasar dan warna merah
A. Warna sekunder
B. Gelap-terang
C. Ruang semu
D. Garis tebal
A. Pola tetap indah
B. Pola menjadi tidak jelas dan membingungkan
C. Pola terlihat lebih simetris
D. Pola menjadi lebih mudah dibuat
A. Menggambar langsung tanpa sketsa
B. Mengukur jarak dan membuat garis bantu sebelum menggambar pola
C. Menggunakan warna sebanyak-banyaknya
D. Menggambar motif secara cepat
A. Tekstur semu
B. Tekstur nyata
C. Tekstur datar
D. Tekstur visual
A. Semu – nyata
B. Nyata – semu
C. Semu – semu
D. Nyata – nyata


0 Comments:
Posting Komentar