Rabu, 03 Desember 2025

SAS IPAS DAN BAHASA LAMPUNG

By elfida fida - Desember 03, 2025

  GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 04 DESEMBER 2025



 


SUMATIF AKHIR SEMESTER (SAS)

KELAS 4 SEMESTER GANJIL

 SD AL AZHAR 2

BANDAR LAMPUNG 



Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi sholeh sholeha kelas 4 B semoga masih tetap semangat dalam menjelankan kegiatan kita pada hari ini. Sholeh sholeha hari ini ini akan melaksanakan kegiatan Sumatif Tengah Semester ganjil nah tentunya anak - anak semua sudah siap kan. jangan lupa berdoa sebelum mengerjakan soal dan harap teliti dalam membaca soal jangan terburu - buru dan ingat ya "Kunci sukses adalah kejujuran"
baik lah selamat mengerjakan dan semangat..😍😍
Baiklah bu Elakhiri Wassalamualaikum wr wb 🙏🙏

Adapun Jadwal STS kelas 4 semester ganjil adalah sebagai berikut :





Berikut Kisi-kisi IPAS:

Disajikan narasi, siswa dapat menentukan  perubahan energi yang terjadi

 dengan benar.

Disajikan soal, siswa dapat menentukan pernyataan yang merupakan 

definisi dari energi dengan benar

Disajikan narasi, siswa dapat menentukan tujuan dari fotosintesis dengan benar.

Disajikan soal, siswa dapat menentukan kapan terjadinya fotosintesis dengan tepat.

Disajikan soal, siswa dapat menganalisi energi yang dibutuhkan untuk 

mengeringkan baju dengan benar

Disajikan soal, siswa dapat menentukan sumber energi yang tak terbatas dengan tepat

Disajiakan soal, siswa dapat melengkapi dari definisi energi dengan tepat

Disajikan soal, siswa dapat menentukan benda yang memanfaatkan energi listrik 

menjadi energi panas dengan benar

Disajikan narasi, siswa dapat menganalisis energi yang digunakan untuk mengeringkan 

pakaian dengan tepat

Disajikan gambar, siswa dapat menentukan huruf pada gambar bagian tubuh tumbuhan 

tempat terjadinya fotosintesis dengan tepat.

Disajikan soal, siswa dapat menentukan tanaman yang menyimpan makanan di akar

 dengan tepat

Disajikan soal, siswa dapat menentukan masing-masing dari contoh energi listrik

 dengn perubahannya menjadi energi gerak, panas, dan bunyi

Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan beserta fungsi

 bagian dari tubuh tumbuhan dengan benar

 

Disajiakan narasi, siswa dapat mengidentifikasi fungsi dari alat yang dapat 

menggerakan air sungai dengan benar

Disajikan gambar, siswa dapat menganalisis gaya yang terjadi dengan tepat

Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi hal yang terjadi dengan benar.

Disajikan soal, siswa dapat mengidentifikasi cara yang dapat memperbesar 

gaya gesek dengan benar.

Disajikan soal, siswa dapat menyebutkan gaya yang dihasilkan dari g

aya otot dengan tepat.

Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi cara memperbesar gaya

 gesek dengan menentukan nomor yang telah tersaji dengan benar.

Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi peristiwa yang terjadi pada kutup 

magnet A dan B yang sesama dengan tepat

Disajikan narasi, siswa dapat menentukan dua kutup yang berbeda jika didekatkan

 dngan benar

Disajiakn soal siswa dapat mengidentifikasi alat rumah tangga yang memanfaatkan 

magnet dengan tepat

Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi gaya yang terjadi dengan benar

Disajikan narasi, siswa dapat mengidentifikasi gaya yang digunakan untuk mendorong,

 menarik atau mengangkat benda dengan benar

Disajikan soal, siswa dapat menentukan 4 macam gaya dengan tepat

 

Disajikan narasi, siswa dapat menentukan bentang alam buatan dengan tepat

Disajikan soal, siswa dapat menentukan dua jenis peta dengan benar

Disajikan soal, siswa dapat menganalisis kenampakan muka bumi yang berbentuk 

datar dengan tepat

Disajiakan soal, siswa dapat mengidentifikasi komponen dari peta yang disebut 

dengan “Kunci Peta” dengan tepat

Disajikan soal, siswa dapat menentukan bentang alam perairan dengan tepat

Disajikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi daerah yang cocok pada mata

 pencarian dengan tepat

Disajiakan soal, siswa dapat menganalisis tanaman yang biasa tumbuh di sekitar

 pantai dengan benar

Disajikan soal, siswa dapat mencirikan perairan yang memiliki ciri-ciri air yang

 asin dengan tepat

 

Disajikan soal, siswa dapat menentukan dua musim yang ada di Indonesia dengan benar.

Disajiakan soal, siswa dapat menganalisis cara untuk mengurangi efek rumah kaca dengan benar

Disajikan gambar, siswa dapat menentukan situasi musim dengan tepat

Disajikan soal, siswa dapat menentukan batas antara laut dan daratan dengan tepat.

Disajiakn soal, siswa dapat mentukan dua musim yang ada di Indonesia dengan tepat

Disajikan soal, siswa dapat menentukan 5 komponen-koponen dari peta

Disajikan soal, siswa dapat mengidentifikasi peristiwa-peristiwa yang terjadi selama 

musim panas dengan benar


Berikut kisi - kisi IPAS :

BAB 1 Mengubah bentuk energi

• Perubahan bentuk energi

• Fotosintesis

• Manfaat perubahan energi

Disajikan narasi, siswa dapat menentukan  perubahan energi yang terjadi dengan benar.
Disajikan soal, siswa dapat menentukan pernyataan yang merupakan definisi dari energi dengan benar
Disajikan narasi, siswa dapat menentukan tujuan dari fotosintesis dengan benar.
Disajikan soal, siswa dapat menentukan kapan terjadinya fotosintesis dengan tepat.
Disajikan soal, siswa dapat menganalisi energi yang dibutuhkan untuk mengeringkan baju dengan benar
Disajikan soal, siswa dapat menentukan sumber energi yang tak terbatas dengan tepat
Disajikan soal, siswa dapat menentukan benda yang memanfaatkan energi listrik menjadi energi panas dengan benar
Disajikan gambar, siswa dapat menentukan huruf pada gambar bagian tubuh tumbuhan tempat terjadinya fotosintesis dengan tepat.
Disajikan soal, siswa dapat menentukan tanaman yang menyimpan makanan di akar dengan tepat
- Mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan beserta fungsi bagian dari tubuh tumbuhan dengan benar
- Mengetahui bagian tumbuhan tempat terjadinya proses fotosintesis (akar)
- Mengetahui tempat menyimpan makanan pada tanaman wortel.

Bab 2: Gaya di Sekitar Kita

• Pengaruh gaya terhadap benda

• Gaya gesek

• Sifat dan manfaat gaya magnet
 
Disajikan gambar, siswa dapat menganalisis gaya yang terjadi dengan tepat
Disajikan soal, siswa dapat mengidentifikasi cara yang dapat memperbesar gaya gesek dengan benar.
Disajikan soal, siswa dapat menyebutkan gaya yang dihasilkan dari gaya otot dengan tepat.
Disajikan beberapa pernyataan, siswa dapat mengidentifikasi cara memperbesar gaya gesek dengan menentukan nomor yang telah tersaji dengan benar.
- Siswa dapat mengidentifikasi peristiwa yang terjadi pada kutup magnet A dan B yang sesama dengan tepat
- Siswa dapat menentukan dua kutup yang berbeda jika didekatkan dngan benar
- Mengidentifikasi alat rumah tangga yang memanfaatkan magnet dengan tepat
- Mengidentifikasi gaya yang digunakan untuk mendorong, menarik atau mengangkat benda dengan benar
Disajikan soal, siswa dapat menentukan 4 macam gaya dengan tepat

Rangkuman/Tambahan materi :
Bentang alam kenampakan alam ditemukan dipermukaan bumi. contoh bentang alam buatan yaitu sawah. Gambar kenampakan muka bumi yang diperkecil dengan skala pada bidang datar disebut dengan peta.
Lima komponen penting peta yang perlu diperhatikan yaitu judul peta, insert, legenda, mata angin, skala peta, garis bujur.
Komponen peta yang disebut sebagai "kunci peta" adalah legenda
Peta dibagi menjadi dua jenis yaitu peta konversional dan tradisional
Sungai merupakan bentang alam perairan. Perairan yang luas memiliki ciri - ciri air yang asin disebut Laut.
Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi efek rumah kaca.

                               ---------------Selamat Belajar---
                                                                     ---- GOOD LUCK 💪-----

0 Comments:

Posting Komentar

SAS BAHASA INGGRIS DAN PAK

   GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 05 DESEMBER 2025   SUMATIF AKHIR SEMESTER (SAS) KELAS 4 SE...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea