Rabu, 08 Oktober 2025

BAHASA INDONESIA DAN IPAS

By elfida fida - Oktober 08, 2025

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 09 OKTOBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

MAPEL BAHASA INDONESIA

Tujuan Pembelajaran

Melalui berdiskusi peserta didik dapat menjelaskan penyebab terjadinya masalah pada cerita "Awas! " Dan mengaitkannya dengan pengalaman pribadi.

MATERI AJAR: Mengidentifikasi Akar Permasalahan yang Timbul dalam Cerita

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan mampu:

  • Menjelaskan pengertian akar permasalahan dalam cerita.

  • Mengidentifikasi akar permasalahan dari cerita yang dibaca atau didengar.

  • Membedakan antara akar permasalahan dan konflik yang tampak di permukaan.

  • Menyajikan hasil analisis akar permasalahan secara lisan atau tertulis.


B. Pengertian Akar Permasalahan

Akar permasalahan dalam cerita adalah penyebab utama dari konflik atau peristiwa penting yang terjadi dalam alur cerita. Akar permasalahan biasanya tersembunyi di balik kejadian atau konflik yang tampak di permukaan.

 Contoh sederhana:

  • Konflik yang terlihat: Dua tokoh berselisih.

  • Akar permasalahan: Salah paham atau perasaan iri sejak lama.


C. Langkah-Langkah Mengidentifikasi Akar Permasalahan

  1. Membaca atau menyimak cerita secara menyeluruh.

  2. Menentukan konflik utama dalam cerita.

  3. Menganalisis latar belakang konflik tersebut:

    • Apa yang memicu konflik?

    • Apakah ada kejadian sebelumnya yang berkaitan?

    • Bagaimana hubungan antar tokohnya?

  4. Mencari penyebab paling awal atau mendasar dari konflik tersebut.

  5. Menarik kesimpulan: Apa akar permasalahan sebenarnya?


D. Contoh Analisis

Cuplikan Cerita:
Dina dan Rani sudah tidak saling berbicara selama seminggu. Semuanya bermula ketika Rani mendapat nilai lebih tinggi dari Dina pada ujian matematika. Dina merasa Rani telah menyontek.

Analisis:

  • Konflik yang tampak: Dina tidak berbicara dengan Rani.

  • Pemicu langsung: Dina cemburu dan menuduh Rani menyontek.

  • Akar permasalahan: Kurangnya rasa percaya Dina terhadap Rani dan perasaan tidak aman terhadap prestasi teman.

Akar Permasalahan: Kurangnya kepercayaan dan rasa iri Dina terhadap Rani.


E. Latihan Soal

  1. Baca cerita pendek yang dibagikan guru. Identifikasi:

    • Tokoh utama

    • Konflik utama

    • Akar permasalahan

  2. Diskusikan hasil identifikasi kalian secara berkelompok.

  3. Sajikan hasil analisis kalian di depan kelas.


MATA PELJARAN: IPAS

Tujuan Pembelajaran:

Murid mengidentifikasi berbagai perubahan wujud zat melalui pengamatan.

MATERI AJAR: PERUBAHAN WUJUD BENDA

Pengertian Perubahan Wujud Benda

Perubahan wujud benda adalah perubahan bentuk suatu benda dari satu wujud ke wujud lainnya karena pengaruh panas (suhu) atau tekanan.

Benda dapat berubah wujud dari:

  • Padat

  • Cair

  • Gas


Macam-Macam Perubahan Wujud Benda

1. Mencair (Meleleh)

➡️ Dari padat menjadi cair
๐ŸงŠ Contoh: Es batu yang dibiarkan di luar kulkas akan mencair menjadi air.


2. Membeku

➡️ Dari cair menjadi padat
๐Ÿ’ง Contoh: Air dimasukkan ke dalam freezer akan membeku menjadi es batu.


3. Menguap

➡️ Dari cair menjadi gas
๐Ÿ”ฅ Contoh: Air yang dipanaskan akan menguap menjadi uap air.


4. Mengembun

➡️ Dari gas menjadi cair
๐ŸŒซ️ Contoh: Uap air yang menempel di kaca akan berubah menjadi titik-titik air (embun).


5. Menyublim

➡️ Dari padat langsung menjadi gas
๐Ÿงผ Contoh: Kamper (kapur barus) di lemari yang lama-lama habis.


6. Mengkristal

➡️ Dari gas menjadi padat
❄️ Contoh: Uap air di udara dingin membentuk salju (terjadi di daerah bersalju).


Contoh Soal Sederhana

  1. Apa yang terjadi jika es dibiarkan di luar kulkas?

  2. Sebutkan tiga contoh perubahan wujud benda!

  3. Apa nama proses perubahan dari cair ke gas?


Percobaan Sederhana yang Bisa Dilakukan

  1. Letakkan es batu di atas piring → Amati proses mencair.

  2. Panaskan air → Lihat uapnya → Proses menguap.

  3. Letakkan kaca di atas air panas → Amati embun → Proses mengembun.


Contoh Perubahan Wujud di Sekitar Kita

KegiatanJenis Perubahan
Es batu mencairMencair
Air membeku di freezerMembeku
Air mendidihMenguap
Kaca berembun saat hujanMengembun


Kesimpulan

  • Perubahan wujud benda terjadi karena pengaruh panas atau suhu.

  • Ada enam macam perubahan wujud: mencair, membeku, menguap, mengembun, menyublim, dan mengkristal.

  • Kita bisa menemukan perubahan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari.

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL IPAS, SENI RUPA

 KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

- LILIN, KOREK API, KAPUR BARUS, PARFUM

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

Refleksi kegiatan pembelajaran hari ini:

Hari ini pembelajaran dilakukan masih tentang perubahan wujud benda hari ini anak-anak mencoba kegiatan praktek benda paatd menjadi benda cair dan benda cair menjadi gas dengan alat peraganya air dimasak air yang mendidih dan giling yang dibakar.

Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini:




1 Comments:

Nauranisa fauzi wibowo mengatakan...

Assalamualaikum bu guru, Naura sudah membaca bloger dan mencatat

Posting Komentar

STS B.INDONESIA DAN B.INGGRIS

GURU KELAS IV.B: ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI SELASA TANGGAL 14 OKTOBER 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun   SUMATIF TENGAH...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea