GURU KELAS IV. B : ELFIDA, S.Pd
MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 11 SEPTEMBER 2025
Selamat pagi,,,,Tabik pun
Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.
MAPEL BAHASA INDONESIA
Tujuan Pembelajaran
Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat mengemukakan pendapat atau menceritakan pengalaman dengan santun.
M. Alur Tujuan Pembelajaran;
M Murid dapat menunjukkan antusiasme dan kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat dengan memperhatikan intonasi.
MATERI AJAR BAHASA INDONESIA
M MENYAMPAIKAN PENDAPAT DAN PENGGUNAAN KATA URUTAN (LALU, KEMUDIAN, AKHIRNYA)
1. Menyampaikan Pendapat
Pendapat adalah pikiran, ide, atau gagasan seseorang tentang suatu hal. Menyampaikan pendapat bisa dilakukan secara lisan (berbicara) maupun tertulis.
Ciri-ciri pendapat yang baik:
-
Disampaikan dengan sopan dan santun
-
Disertai alasan yang jelas
-
Tidak memaksakan kehendak
-
Menghargai pendapat orang lain
Contoh kalimat pendapat:
-
"Menurut saya, menjaga kebersihan lingkungan itu sangat penting karena bisa membuat kita sehat."
-
"Saya tidak setuju jika halaman sekolah dibiarkan kotor, karena bisa menjadi sarang penyakit."
2. Kata Urutan
Kata urutan digunakan untuk menjelaskan urutan waktu atau kejadian.
Kata urutan yang umum digunakan:
-
Lalu = setelah itu
-
Kemudian = sesudah itu
-
Akhirnya = pada akhirnya
Contoh penggunaan dalam kalimat:
-
Pertama, saya bangun pagi.
-
Lalu, saya mandi dan sarapan.
-
Kemudian, saya berangkat ke sekolah.
-
Akhirnya, saya sampai di sekolah tepat waktu.
3. Menggabungkan Pendapat dan Kata Urutan
Kita bisa menyampaikan pendapat yang disusun dengan kata urutan agar lebih runtut dan mudah dipahami.
Contoh:
"Menurut saya, kita harus menjaga lingkungan sekolah. Pertama, kita bisa memungut sampah di sekitar kelas. Lalu, kita menyapu halaman. Kemudian, membuang sampah pada tempatnya. Akhirnya, sekolah menjadi bersih dan nyaman."
MAPEL IPAS
TUJUAN PEMBELAJARAN:
Peserta didik mampu memberikan contoh tindakan ramah lingkungan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.
MATERI AJAR IPAS
DAMPAK EKSPLOITASI SUMBER DAYA ALAM
1. Pengertian Eksploitasi Sumber Daya Alam
Eksploitasi adalah kegiatan pengambilan atau pemanfaatan sumber daya alam secara besar-besaran untuk kepentingan manusia.
Contoh sumber daya alam (SDA):
-
Hutan (kayu, rotan)
-
Air
-
Tanah
-
Batu bara, minyak bumi, gas alam
-
Laut (ikan, garam)
2. Contoh Eksploitasi SDA
-
Penebangan hutan secara liar (ilegal logging)
-
Penambangan batu bara dan emas tanpa reboisasi
-
Penangkapan ikan dengan bom
-
Penggunaan air tanah berlebihan
3. Dampak Eksploitasi SDA Berlebihan
Jenis Eksploitasi | Dampak Negatif |
---|---|
Penebangan hutan | - Banjir - Tanah longsor - Kepunahan hewan |
Penambangan | - Pencemaran tanah dan air - Lubang bekas tambang |
Penangkapan ikan berlebih | - Rusaknya ekosistem laut - Ikan sulit ditemukan |
Penggunaan air berlebihan | - Kekeringan - Air tanah habis |
4. Cara Mengurangi Dampak Eksploitasi
-
Menanam kembali pohon (reboisasi)
-
Menggunakan SDA seperlunya
-
Daur ulang barang bekas
-
Menjaga lingkungan sekitar
-
Menggunakan energi alternatif (matahari, angin)
MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:
- Buku MAPEL BAHASA INDONESIA, IPAS KELAS IV
- LCD
- GAMBAR
- VIDEO
*METODE PEMBELAJARAN:
- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL
REFLEKSI/KESIMPULAN:
2 Comments:
Assalamualaikum
Naura sudah membaca
Assalamualaikum buguru Nana sudah membaca bloger ibu
Posting Komentar