Rabu, 10 September 2025

IPAS, BAHASA INDONESIA

By elfida fida - September 10, 2025

 GURU KELAS IV. B : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 11 SEPTEMBER 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha. 

MAPEL BAHASA INDONESIA

Tujuan Pembelajaran

Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat mengemukakan pendapat atau menceritakan pengalaman dengan santun.    

M.  Alur Tujuan Pembelajaran;

M  Murid dapat menunjukkan antusiasme dan kepercayaan diri dalam mengemukakan pendapat dengan memperhatikan intonasi.

       MATERI AJAR BAHASA INDONESIA

M    MENYAMPAIKAN PENDAPAT DAN PENGGUNAAN KATA URUTAN (LALU, KEMUDIAN, AKHIRNYA)

       1. Menyampaikan Pendapat

Pendapat adalah pikiran, ide, atau gagasan seseorang tentang suatu hal. Menyampaikan pendapat bisa dilakukan secara lisan (berbicara) maupun tertulis.

Ciri-ciri pendapat yang baik:

  • Disampaikan dengan sopan dan santun

  • Disertai alasan yang jelas

  • Tidak memaksakan kehendak

  • Menghargai pendapat orang lain

Contoh kalimat pendapat:

  • "Menurut saya, menjaga kebersihan lingkungan itu sangat penting karena bisa membuat kita sehat."

  • "Saya tidak setuju jika halaman sekolah dibiarkan kotor, karena bisa menjadi sarang penyakit."


2. Kata Urutan

Kata urutan digunakan untuk menjelaskan urutan waktu atau kejadian.

Kata urutan yang umum digunakan:

  • Lalu = setelah itu

  • Kemudian = sesudah itu

  • Akhirnya = pada akhirnya

Contoh penggunaan dalam kalimat:

  1. Pertama, saya bangun pagi.

  2. Lalu, saya mandi dan sarapan.

  3. Kemudian, saya berangkat ke sekolah.

  4. Akhirnya, saya sampai di sekolah tepat waktu.


3. Menggabungkan Pendapat dan Kata Urutan

Kita bisa menyampaikan pendapat yang disusun dengan kata urutan agar lebih runtut dan mudah dipahami.

Contoh:

"Menurut saya, kita harus menjaga lingkungan sekolah. Pertama, kita bisa memungut sampah di sekitar kelas. Lalu, kita menyapu halaman. Kemudian, membuang sampah pada tempatnya. Akhirnya, sekolah menjadi bersih dan nyaman."

MAPEL IPAS

TUJUAN PEMBELAJARAN:

 Peserta didik mampu memberikan contoh tindakan ramah lingkungan yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

MATERI AJAR IPAS

DAMPAK EKSPLOITASI SUMBER DAYA ALAM 

1. Pengertian Eksploitasi Sumber Daya Alam

Eksploitasi adalah kegiatan pengambilan atau pemanfaatan sumber daya alam secara besar-besaran untuk kepentingan manusia.

Contoh sumber daya alam (SDA):

  • Hutan (kayu, rotan)

  • Air

  • Tanah

  • Batu bara, minyak bumi, gas alam

  • Laut (ikan, garam)


2. Contoh Eksploitasi SDA

  • Penebangan hutan secara liar (ilegal logging)

  • Penambangan batu bara dan emas tanpa reboisasi

  • Penangkapan ikan dengan bom

  • Penggunaan air tanah berlebihan


3. Dampak Eksploitasi SDA Berlebihan

Jenis EksploitasiDampak Negatif
Penebangan hutan- Banjir
- Tanah longsor
- Kepunahan hewan
Penambangan- Pencemaran tanah dan air
- Lubang bekas tambang
Penangkapan ikan berlebih- Rusaknya ekosistem laut
- Ikan sulit ditemukan
Penggunaan air berlebihan- Kekeringan
- Air tanah habis

4. Cara Mengurangi Dampak Eksploitasi

  • Menanam kembali pohon (reboisasi)

  • Menggunakan SDA seperlunya

  • Daur ulang barang bekas

  • Menjaga lingkungan sekitar

  • Menggunakan energi alternatif (matahari, angin)


       

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL BAHASA INDONESIA, IPAS KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

 REFLEKSI/KESIMPULAN:

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan penuh semangat hari ini para murid belajar tentang cara menyampaikan pendapat dengan kata urutan lalu kemudian dan akhirnya gimana para murid melakukan diskusi kelompok cerita yang ditentukan temanya oleh guru kemudian para murid mempersentasinya ke depan kelas  dalam mempresentasikan  masih ada literasi beberapa murid yang masih kurang tepat dalam hal ini guru memberikan bimbingan terhadap murid tersebut dalam menggunakan literasi yang tepat.
Berikut dokumentasi kegiatan pembelajaran hari ini:













2 Comments:

Naura mengatakan...

Assalamualaikum
Naura sudah membaca

Halo buguru aku nana mengatakan...

Assalamualaikum buguru Nana sudah membaca bloger ibu

Posting Komentar

P.PANCASILA

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV. B UNTUK HARI JUMAT TANGGAL 12 SEPTEMBER 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaiku...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea