Rabu, 27 Agustus 2025

IPAS, BAHASA INDONESIA

By elfida fida - Agustus 27, 2025

GURU KELAS VI.A : ELFIDA, S.Pd

MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 28 AGUSTUS 2025



 


Selamat pagi,,,,Tabik pun

Assalamualaikum.wr.wb anak sholeh/sholeha IV.B apa kabar hari ini?Alhamdulillah semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.aamiin ya Robbal allamin. Jangan lupa sebelum belajar dengarkan tausiah dan rangkum isinya kemudian tadarus dan shalat dhuha.

MAPEL IPAS

TUJUAN PEMBELAJARAN:

 Menunjukkan contoh upaya pelestarian makhluk hidup di lingkungan sekitarnya.

MATERI IPAS

CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DAN PERAN MAKHLUK HIDUP DALAM RANTAI MAKANAN

A. CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP

Makhluk hidup adalah semua makhluk yang memiliki kehidupan, seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Makhluk hidup memiliki beberapa ciri-ciri yang membedakannya dari benda mati.

Ciri-ciri makhluk hidup:

  1. Bernapas
    ➤ Semua makhluk hidup memerlukan oksigen atau karbon dioksida untuk bernapas.
    Contoh: Manusia bernapas dengan paru-paru, ikan dengan insang, tumbuhan dengan stomata.

  2. Membutuhkan Makanan
    ➤ Makanan dibutuhkan untuk mendapatkan energi.
    Contoh: Manusia makan nasi, hewan makan tumbuhan atau hewan lain, tumbuhan membuat makanan sendiri melalui fotosintesis.

  3. Bergerak
    ➤ Makhluk hidup dapat bergerak, baik berpindah tempat atau hanya bagian tubuhnya saja.
    Contoh: Kucing berjalan, tumbuhan matahari bergerak mengikuti arah cahaya.

  4. Tumbuh dan Berkembang
    ➤ Makhluk hidup mengalami perubahan ukuran dan bentuk.
    Contoh: Bayi tumbuh menjadi anak-anak, tunas tumbuh menjadi pohon.

  5. Berkembang Biak (Reproduksi)
    ➤ Makhluk hidup menghasilkan keturunan untuk melestarikan jenisnya.
    Contoh: Ayam bertelur, manusia melahirkan bayi.

  6. Peka terhadap Rangsang
    ➤ Makhluk hidup bisa merespon perubahan di sekitarnya.
    Contoh: Manusia menutup mata saat terkena cahaya terang, daun putri malu menguncup saat disentuh.

  7. Mengeluarkan Zat Sisa
    ➤ Setelah makan, makhluk hidup akan membuang zat yang tidak dibutuhkan.
    Contoh: Manusia mengeluarkan keringat, urin, dan feses.


B. PERAN MAKHLUK HIDUP DALAM RANTAI MAKANAN

Rantai makanan adalah proses makan dan dimakan antar makhluk hidup untuk mendapatkan energi.

Komponen dalam rantai makanan:

  1. Produsen
    ➤ Makhluk hidup yang dapat membuat makanannya sendiri.
    Contoh: Tumbuhan hijau (membuat makanan melalui fotosintesis).

  2. Konsumen
    ➤ Makhluk hidup yang mendapatkan energi dengan memakan makhluk hidup lain.

    • Konsumen I: Memakan produsen (herbivora). Contoh: Kelinci, sapi.

    • Konsumen II: Memakan konsumen I (karnivora). Contoh: Ular, elang.

    • Konsumen III: Memakan konsumen II (karnivora tingkat tinggi). Contoh: Harimau.

  3. Pengurai (Dekomposer)
    ➤ Menguraikan sisa-sisa makhluk hidup yang mati.
    Contoh: Jamur, bakteri, cacing tanah.


Contoh Rantai Makanan:

🌱 Rumput → 🐇 Kelinci → 🐍 Ular → 🦅 Elang

  • Rumput = Produsen

  • Kelinci = Konsumen I

  • Ular = Konsumen II

  • Elang = Konsumen III


KESIMPULAN:

  • Makhluk hidup memiliki ciri-ciri khusus seperti bernapas, tumbuh, dan berkembang biak.

  • Dalam ekosistem, makhluk hidup memiliki peran masing-masing dalam rantai makanan: sebagai produsen, konsumen, dan pengurai.

  • Semua makhluk hidup saling bergantung satu sama lain untuk bertahan hidup.


LATIHAN SOAL :

  1. Sebutkan 5 ciri makhluk hidup!

  2. Apa peran tumbuhan dalam rantai makanan?

  3. Buat contoh rantai makanan sederhana yang berbeda dari yang dicontohkan di atas!

  4. Apa yang dimaksud dengan konsumen II?

  5. Sebutkan dua contoh makhluk hidup pengurai!

MAPEL BAHASA INDONESIA 

TUJUAN PEMBELAJARAN:

Melalui kegiatan memasangkan kata, murid dapat menjelaskan arti kosakata baru pada teks yang dibacakan dengan benar.

MATERI AJAR: MENEMUKAN ARTI KOSAKATA BARU

A. Pengertian Kosakata

Kosakata adalah semua kata yang dimiliki oleh seseorang atau digunakan dalam suatu bahasa.
Saat membaca atau mendengar cerita, kita mungkin menemukan kata-kata baru yang belum kita ketahui artinya.

B. Cara Menemukan Arti Kosakata Baru

Untuk mengetahui arti kata baru, kita bisa menggunakan beberapa cara berikut:

1. Melihat Kamus 

➤ Cara paling mudah adalah mencari arti kata di kamus (bisa kamus cetak atau digital).

Contoh:
Kata: Lestari
Arti di kamus: Tetap seperti keadaan semula; tidak berubah; tetap lestari (alam yang terjaga).

2. Melihat Kalimat di Sekitarnya (Konteks Kalimat) 

➤ Kita bisa menebak arti kata dari kalimat yang mengandung kata tersebut.

Contoh:
Kalimat: "Andi gemar membaca karena ia sangat haus akan ilmu."
Kata baru: Haus akan ilmu
Artinya: Sangat ingin tahu dan belajar lebih banyak.

3. Membandingkan dengan Kata yang Sudah Dikenal 

➤ Kata yang mirip bunyi atau bentuknya bisa membantu kita memahami kata baru.

Contoh:
Kata baru: Mengeluh
Mirip dengan: Keluhan
Artinya: Mengatakan hal yang tidak menyenangkan atau merasa tidak puas.

4. Bertanya kepada Orang Lain 🧑‍🏫

➤ Bisa bertanya pada guru, orang tua, atau teman yang tahu arti kata tersebut.


C. Contoh Kosakata Baru dan Artinya

Kosakata BaruKalimat ContohArti Kata
AntusiasSiswa sangat antusias mengikuti lomba membaca puisi.Semangat, bergairah, penuh minat
MandiriRani sudah mandiri dalam mengerjakan tugas rumah.Tidak bergantung pada orang lain
HarmonisKeluarga mereka hidup rukun dan harmonis.Serasi, rukun, penuh kedamaian
MenyimakSiswa menyimak penjelasan guru dengan saksama.Mendengarkan dengan baik dan penuh perhatian
TerpukauPenonton terpukau melihat pertunjukan tari tradisional.Sangat kagum, terpesona

Kesimpulan:

  • Kosakata adalah kata-kata yang kita gunakan dalam berbicara, membaca, dan menulis.

  • Untuk menemukan arti kosakata baru, kita bisa menggunakan kamus, memahami konteks kalimat, membandingkan dengan kata lain, atau bertanya kepada orang lain.

  • Semakin banyak kosakata yang kita tahu, semakin baik kita dalam berbahasa.

MEDIA/SUMBER PEMBELAJARAN:

- Buku MAPEL BAHASA INDONESIA, IPAS KELAS IV

- LCD

- GAMBAR

- VIDEO

*METODE PEMBELAJARAN:

- Ceramah, tanya jawab, pengamatan, diskusi, PBL

 REFLEKSI/KESIMPULAN:

Alhamdulillah kegiatan pembelajaran hari ini berjalan dengan baik dan hari ini para murid belajar tentang kosakata baru dan ciri-ciri makhluk hidup dan rantai makanan dalam hal ini anak-anak diberikan tugas latihan sebelumnya diskusi khusus di kelompok setelah itu baru diberikan latihan Mandiri dari hasil latihan masih ada beberapa murid yang masih kurang  memahami materi yang diajarkan.

 

3 Comments:

Bunda almoz mengatakan...

Assalamualaikum bu el alkalisya mozar sdh membaca blogger bu el 🙏🙏

Nauranisa fauzi wibowo mengatakan...

Assalamualaikum bu guru, Naura sudah membaca bloger dan mencatat

Halo buguru aku nana mengatakan...

Assalamualaikum buguru Nana sudah membaca bloger ibu

Posting Komentar

IPAS, BAHASA INDONESIA

  GURU KELAS IV. B: ELFIDA, S.Pd MATERI AJAR KELAS IV.B UNTUK HARI KAMIS TANGGAL 04 SEPTEMBER 2025   Selamat pagi,,,,Tabik pun Assalamualaik...

 

Elfida Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea